5 Rekomendasi Wedang Ronde di Jogya Asyik Buat Nongkrong Bersama


prita  August 31, 2021  0 Comment

Tempat untuk menikmati nikmatnya wedang ronde di Jogya. Siapa suka banget sama wedang ronde? Wedang ronde merupakan minuman hangat yang banyak ditemukan di Pulau Jawa. Minuman yang biasa dinikmati saat cuaca sedang dingin ini berisikan ronde yang terbuat dari beras ketan dan air yang dibentuk bulat kemudian direbus hingga matang. Biasanya ronde berisikan kacang tanah cincang, kacang hitam atau wijen. Namun, ada juga ronde yang tanpa isian. Ronde kemudian disajikan dalam kuah jahe hangat dan gula.

Kenikmatan ronde ini pastinya tidak perlu diragukan lagi. Apalagi jika dinikmati saat cuaca hangat yang mana kandungan jahe dalam minuman ini mampu membuat tubuh kita menjadi lebih hangat. Minuman ini memang banyak ditemukan di banyak daerah di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Yogyakarta. Meskipun begitu, tahukah kamu jika minuman ini sebenarnya adalah perpaduan dari budaya Nusantara dan Tionghoa?

Dalam budaya Tionghoa, ronde dikenal dengan nama tangyuan, yang terbuat dari tepung ketan dan memiliki tekstur lengket. Sajian ini identik sebagai simbol mempererat tali kekeluargaan. Biasanya tangyuan ini dinikmati bersama dengan keluarga dalam perayaan tertentu. Di Tiongkok, tangyuan ini disajikan disajikan dengan kuah manis atau kaldu daging. Menariknya lagi, penamaan wedang ronde ini bukanlah berasal dari Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Mandarin, melainkan dari Bahasa Belanda, yaitu rond yang memiliki arti bulat. Lalu menjadi rondje karena dalam Bahasa Belanda kata jamak menggunakan akhiran je. Namun, kata rondje agak sulit diucapkan oleh masyarakat Indonesia sehingga berubah menjadi ronde.

Wedang Ronde ini biasanya dijual di gerobak pinggir jalan dan sampai saat ini masih banyak ditemukan. Salah satu kota yang paling banyak ditemukan penjual wedang ronde adalah Jogya. Jika berlibur kesana, tentunya kamu tidak akan merasa kesulitan untuk menemukan wedang ronde ini. Dari sekian banyak penjual wedang ronde di Jogya, ada beberapa yang namanya sudah cukup dikenal dan legendaris. Nah, jika kamu akan berkunjung kesana, sempatkan untuk mampir ke salah satu penjual wedang ronde di Jogya berikut ini.

1. Ronde Mbah Payem

Ronde Mbah Payem
seva.id

Jika berbicara soal wedang ronde di Jogya, tentu saja kamu wajib untuk berkunjung ke Ronde Mbah Payem ini. Ronde Mbah Payem ini menjadi ronde paling terkenal dan legendaris di Kota Gudeg ini karena telah ada sejak tahun 1965 dan menjadi ronde langganan Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto.

Menariknya lagi, wedang ronde Mbah Payem ini dibuat dengan cara tradisional sehingga menghasilkan cita rasa wedang ronde yang khas. Wedang ronde Mbah Payem ini menjadi salah satu wedang ronde di Jogya yang patut untuk kamu coba, terutama saat cuaca sedang dingin. Meskipun telah berjualan sejak puluhan tahun lalu, namun cita rasanya masih tetap konsisten dan enak. Tak heran jika pembelinya masih banyak sampai saat ini.

Kamu tak perlu meragukan kenikmatan dari perpaduan beras ketan dan sensasi hangatnya jahe yang dicampur dengan kolang kaling berwarna meah muda bertekstur kenyal. Ngga lupa juga ada kacang yang gurih. Untuk mencicipi ronde Mbah Payem ini kamu bisa datang ke Jalan Kauman, sebelah barat Alun Alun Yogyakarta mulai jam 19.30 malam.

Gotravelly

Agrowisata Bhumi Merapi, Tempat Edukasi Hingga Swafoto. Ada Santorini Disini!

Museum Ullen Sentalu

2. Ronde Wasis

Ronde Wasis
putratravel.net

Wedang ronde enak di Jogya yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Ronde Wasis. Berbeda dengan ronde lainnya, ronde wasis ini merupakan wedang ronde khas Temanggung.

Semangkok wedang ronde ini terdiri dari ronde, kacang tanah, kolang kaling dan emping yang diguyur dengan kuah jahe yang manisnya pas. Jika kamu ingin mencicipi ronde wasis ini, kamu bisa datang ke Jalan Affandi (Gejayan), Sleman. Lokasinya tepat berada di sebelah Warung Bebek H Slamet dan saat berkunjung kesana kamu harus bersiap untuk mengantri.

3. Ronde Sor Ringin

Ronde Sor Ringin
laperpuol.wordpress.com

Ronde Sor Ringin juga masuk dalam daftar wedang ronde di Jogya yang wajib untuk kamu kunjungi. Berdiri sejak belasan tahun lalu, warung wedang ronde ini juga menjadi salah satu destinasi untuk mencicipi dua kuliner khas Jogya yang paling banyak diburu, yaitu bakmi dan ronde.

Meskipun telah berdiri sejak belasan tahun lalu, namun cita rasa dari wedang ronde ini masih bertahan sampai saat ini. Bahkan, penikmat wedang ronde ini semakin banyak dari tahun ke tahunnya. Wedang ronde disini disuguhkan dengan cita rasa yang pas di lidah dan hangatnya jahe tentu bisa membuat tubuh semakin segar dan hangat serta membuat tenggorokan semakin plong. Untuk mencicipi Wedang Ronde Sor Ringin ini kamu bisa datang ke Jalan Anggakaya 1, Depan Kantor Desa Condong Catur. Jangan lupa untu mencicipi bakmi-nya juga ya saat berkunjung kesana. Namun, pastikan juga kamu bersabar untuk mengantri.

4. Ronde Lek Dhie

Ronde Lek Dhie
youtube.com

Warung wedang ronde di Jogya yang satu ini juga sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja, yaitu Ronde Lek Dhie. Semangkok wedang ronde ini berisikan potongan roti yang kecil, kolang kaling dan kacang tanah yang gurih. Tak lupa, kuah jahe pada wedang ronde ini terasa manis dan menyegarkan tenggorokan. Pastinya juga bisa membuat tubuhmu kembali hangat dan nyaman. Wedang Ronde Lek Dhie ini berlokasi di Jalan Dagen no 7-12, Sosromenduran, tepat di depan Ameer Boutique Hotel. Tempatnya pun cukup nyaman untuk nongkrong sehingga banyak pengunjung yang datang untuk nongkrong sekaligus menikmati semangkok wedang rondenya yang nikmat. Wedang Ronde Lek Dhie ini buka mulai jam 5 sore hingga tengah malam, cocok banget untuk kamu yang ingin nongkrong di tengah kota Jogja sambil mencicipi hangatnya ronde.

5. Ronde Pak Seno

Ronde Pak Seno
idntimes.com

Tempat untuk menikmati wedang ronde di Jogya yang terakhir adalah Ronde Pak Seno. Ronde Pak Seno ini juga terkenal di kalangan penikmat wedang ronde dan wisatawan yang tengah berlibur ke Jogya.

Semangkok wedang ronde Pak Seno ini memiliki cita rasa yang sangat khas dengan jahe yang sedikit pedas dan butiran ronde yang kenyal dengan isian kacang yang tidak terlalu manis. Menariknya lagi, tempatnya juga sangat nyaman dan membuatmu betah berlama-lama berada disana karena warungnya memiliki dekorasi yang sangat tradisional khas Yogyakarta. Jika kamu ingin mencicipi Wedang Ronde Pak Seno, kamu bisa berkunjung ke Jala Sidorejo, Ngerstiharjo, Bantul. Warung ini buka mulai jam 3 sore hingga tengah malam.

Nah, itulah tadi daftar tempat terbaik untuk menikmati wedang ronde di Jogya yang patut untuk kamu kunjungi. Dari sekian banyaknya penjual wedang ronde di Jogya, 5 diatas lah yang terbaik dan paling banyak digemari. Selamat mencoba.



Leave a Reply