12 Kue Prancis Terpopular, Rekomendasi Banget!


Jehan  January 11, 2023  0 Comment

Negara Prancis merupakan salah satu destinasi Eropa yang sering menarik perhatian para turis mancanegara. Selain tempat yang sangat popular, Prancis juga punya kuliner kue yang terkenal loh. Apa saja kue Prancis yang bisa kita cicipi saat ke sana? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Berikut daftar Kue Prancis Terpopular

1. Bûche de Noël

buche de noel
unsplash.com

Bûche de Noël adalah salah satu kue prancis yang popular! Bûche de Noël adalah kue bolu gulung yang diisi dengan krim mentega beku. Biasanya bentuk dari kue ini dibuat menyerupai kulit pohon. Terlihat indah, bukan?

Kue ini merupakan salah satu kue Prancis yang biasa disajikan sebagai hidangan penutup menjelang Natal. Oleh karena itu, beberapa desain kue ini menggunakan dekorasi pernak-pernik bernuansa Natal.

2. Charlotte Russe

charlotte russe
tasteatlas.com

Charlotte Russe adalah salah satu kue prancis yang memiliki tampilan cantik dan menjadi banyak rekomendasi untuk dicoba. Kue yang telah ada sejak abad ke-18 ini adalah kue bolu yang diisi dengan custard kental.

Charlotte Russe dikenal sebagai salah satu hidangan manis favorit bangsawan Eropa. Lapisan di dalam kue ini juga berisi krim almond yang dihias dengan krim Chantilly dan buah beri loh. Tentu saja Charlotte Rose menjadi salah satu kue dengan tampilan cantik yang menyimpan rasa super lezat!

3. Dacquoise

dacquoise
flickr.com

Kue Prancis ini adalah salah satu kue terkenal yang cukup popular di mancanegara. Dacquoise merupakan kue tradisional yang memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam.  

Kue ini merupakan bolu meringue almond atau hazelnut yang diberi lapisan krim kocok atau krim mentega. Saat ini resep Dacquoise telah banyak dieksplor, sehingga banyak menghasilkan varian kue yang beragam. Apa kamu tertarik mencobanya?

Baca juga :  7 Tradisi Unik Isra’ Mi’raj Sejumlah Daerah di Indonesia

4. Galette des rois

Galette des rois
flickr.comgalette des rois

Kue Galette des rois adalah salah satu kue tradisional Prancis yang istimewa. dibagikan saat Epiphany berlangsung pada 6 Januari. Kue ini memiliki lapisan puff pastry dan berbahan dasar almond.

Oleh karena itu, biasanya Galette des rois ini disajikan dengan sebuah mahkota kertas sebagai simbolis dari perayaan tersebut. Kue ini menjadi salah satu kue terkenal prancis yang memiliki rasa manis dan tekstur renyah lunak yang sempurna.

5. Financier

financier
flickr.com

Apabila kamu melihat sekilas kue Financier, apakah kamu akan teringat dengan bentuk kue kering? Kue yang satu seringkali dikira sebagai kue kering, padahal tekstur dari Financier mirip dengan bolu. Jadi tentu saja, Financier bukanlah kue kering.

Financier ini dipanggang dalam cetakan yang memiliki bentuk menyerupai balok batu bata. Lalu, dihidangkan dalam potongan kecil-kecil seukuran cetakan tersebut. Biasanya kue ini menggunakan bahan almond, tepung, putih telor, mentega coklat, dan gula. Financier adalah salah satu kue Prancis terpopular yang memiliki tekstur cukup lunak namun tetap berserat.

6. Fraisier

fraiser
unsplash.com

Kue dengan tampilan cantik ini adalah salah satu kue prancis yang popular loh. Penamaan kue yang berasal dari kata ‘fraise’ tersebut merujuk pada buah stroberi yang jadi salah satu bahan dari kue ini.

Fraisier memiliki lapisan spons genoise, yakni sebuah kue bolu yang memiliki tekstur rasa sangat lembut. Lapisan spons genoise pda kue ditambah dengan krim mousseline dengan rasa vanila, marzipan, dan terakhir irisan buah stroberi yang segar, tentu adalah pilihan terbaik.

7. Fiadone

Fiadone
flickr.com

Fiadone atau yang dikenal juga dengan sebutan Korsika ini adalah salah satu kue Prancis terpopular. Makanan penutup tradisional ini berasal dari Korsica, sebuah pulau yang ada di garis mediterania.

Baca juga :  20 Hotel Dekat Bandara Palu, Tawaran Terbaik!

Kue ini menggunakan bahan brocciu atau keju khas dari Korsika yang terbuat dari susu kambing dengan tambahan telor, gula, kulit lemon, dan air jus lemon. Selain itu, bahan dasar Fiadone juga seringkali ditambahkan rasa dari minuman keras lokal.

Saat menikmati Fiadone paling cocok disandingkan dengan taburan madu atau selai buah yang memiliki rasa segar. Kue ini sangat mirip dengan hidangan penutup Italia yang terbuat dari ricotta. Meskipun tampilan dari kue ini cukup sederhana, tapi rasa lezatnya sangat terkenal loh!

8. Kouign-amann

kouign-amann
flickr.com

Kouign-amann adalah kue khas Prancis yang telah ada sejak tahun 1800-an. Sesuai namanya kue ini terbuat dari mentega (amann). Kouign-amann memiliki lapisan mentega dan gula yang dilipat menjadi adonan.

Kue ini memiliki tekstur sisik dengan warna kuning keemasan yang punya tekstur padat. Rasa dari Kouign-amann cukup lengkap. Jika mencobanya, kamu akan menemukan perpaduan dari manis dan asin yang membaur menjadi rasa enak sempurna.

9. St. Honoré Cake

st. honore cake
flickr.com

Sajian penutup yang dikenal sebagai kue dengan proses pembuatan terumit ini adalah salah satu kue prancis terpopular. St. Honoré Cake adalah salah satu seni kembang gula Prancis yang sangat terkenal.

Disebut sebagai seni kembang gula karena kue ini menyatukan banyak komponen dasar dalam segala jenis pembuatan kue khas Prancis. Selain itu, kue St. Honoré Cake memiliki rasa manis yang legit pada setiap bagiannya.

Kue yang ditemukan pada abad ke-19 ini juga biasa dikombinasikan dengan rasa segar dari buah-buahan tropis. Sehingga membuatnya semakin memiliki rasa yang seimbang sekaligus variatif saat dicoba. Apa kamu tertarik mencoba kue Maha Karya ini?

10. Gâteau Basque

gateau basque
flickr.com

Gâteau Basque adalah salah satu kue klasik Prancis yang memiliki rasa manis. Kue Ini menjadi salah satu kue Prancis terpopular yang sering dicari oleh para turis mancanegara. Kue yang terdiri dari dua lapis shortcrust yang diberi isian dari selai ceri hitam atau krim kue dengan rasa vanila ini, memiliki tampilan yang berbeda.

Baca juga :  10 Festival Unik Paling Menyeramkan di Dunia, Berani datang?

Baca Juga :

Lihat! Ada Makanan Terpedas di Dunia

Apabila Gâteau Basque dibuat dengan isian selai ceri hitam, maka bagian atas dari Basque akan dihiasi dengan pola salib Basque. Sedangkan jika Gâteau Basque diisi dengan krim kue, maka akan memiliki pola garis silang di atasnya. Selain krim dengan rasa vanila, Gâteau Basque juga biasa diisi dengan krim rasa lemon, rum atau kacang almond. Kamu tertarik mencoba varian yang mana?

11. Far Breton

far breton
flickr.com

Far Breton adalah makanan yang disajikan sebagai hidangan penutup di Prancis. Kue ini adalah makanan tradisional yang telah ada sejak abad ke-18.

Baca Juga :

Muslim Traveller! Nih 10 Makanan Perancis Halal

Far Breton merupakan kue custrard flan yang terbuat dari bahan susu, tepung, telor, plum, dan kismis. Biasanya kue ini dinikmati dengan hidangan utama daging. Sehingga menghasilkan padu padan rasa yang lengkap. Bayangkan tekstur lembut ditambah dengan aroma smoky dari daging di setiap gigitan, tentu ini akan menjadi kue lezat!

12. Gâteau mille crêpes

gateau mille crepes
flickr.com

Gâteau mille crêpes adalah kue prancis yang memiliki banyak lapisan bertumbuk. Kue ini menjadi salah satu hidangan penutup klasik Prancis. Setiap lapisannya, kue ini diberi isian gula icing atau krim kue dengan rasa manis yang lembut.

Baca Juga :

Yuk, Cari Tahu Makanan Termahal di Dunia!

Di bagian tumpukan paling atas dari kue ini biasanya ditambahkan lapisan gula karamel untuk melengkapi. Kue dengan tampilan sederhana ini memiliki tekstur padat dan rasa manis yang sangat cocok dinikmati dengan buah atau es krim. Terlihat seperti rasa yang sempurna, ya?

Dari berbagai macam jenis kue Prancis di atas, apakah ada yang sudah pernah kamu coba? Jika belum, mana kue yang menarik perhatianmu di atas? Jangan lupa, tambahkan rekomendasi kue di atas ke dalam rencana kuliner mancanegaramu ya!



Leave a Reply