Muslim Traveller! Nih 10 Makanan Perancis Halal


prita  July 29, 2022  0 Comment

Siapa yang tak kenal Perancis? Negara yang terkenal dengan kota romantis dan pusat fashion dunia ini memang menawarkan sejuta pesona yang mampu menarik banyak wisatawan, termasuk wisatawan Muslim. Perancis belakangan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ramah Muslim karena selain menawarkan banyak destinasi wisata keren, negara ini juga memiliki deretan makanan Perancis Halal. Nah, untuk kamu Muslim Traveler yang sedang berencana untuk berlibur ke Perancis, tak perlu khawatir soal mencari kuliner halal, karena berikut ini adalah daftar makanan halal khas Perancis yang bisa kamu coba.

1. Soupe a Loignon

Soupe a l'oignon
iga.net

Soupe a Loignon merupakan makanan Perancis halal pertama yang wajib untuk coba. Soupe a l’oignon ini mirip dengan makanan khas Italia, namun memiliki cita rasa yang otentik.

Soupe a l’oignon merupakan sup bawang dengan kandungan gizi yang sangat baik. Sup ini dibuat dengan cara merebus kuah sapi kental bersama dengan potongan bawang putih. Setelah itu, sup ini disajikan dengan suwiran daging ayam dan parutan keju di atasnya. Biasanya Soupe a l’oignon ini menjadi menu andalan di beberapa restoran internasional yang ada di Perancis.

Gotravelly

Ternyata Makan Bekicot Prancis (Escargots) Di Union, Lebih Enak Dari Daging Sapi Loh

Cafe Bali Menu Perancis, Seminyak-Bali

2. Crème Brulee

Creme Brulee
youtube.com

Makanan Perancis halal berikutnya adalah crème brulee. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sajian yang satu ini karena sajian ini sempat hits di Indonesia beberapa waktu lalu.

Crème Brulee merupakan hidangan penutup yang terbuat dari campuran susu, buah-buahan dan vanilla yang dimasak dengan cara dioven. Sajian ini memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur yang lembut. Tak hanya itu, saat mencicipinya kamu akan merasakan rasa segar yang berasal dari buah-buahan.

3. Confit de Canard

Confit de Canard
tribunnewswiki.com

Confit de Canard juga menjadi salah satu makanan Perancis halal yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Sajian ini terbuat dari daging bebek yang diolah dengan cara tak biasa.

Daging bebek ini dimasak selama 36 jam terlebih dahulu untuk menghasilkan tekstur daging yang empuk dan lembut. Confit de Canard ini juga terasa semakin nikmat karena diolah dengan aneka bumbu seperti garam, bawang putih serta thyme. Ada dua jenia penyajian dari daging bebek ini, yaitu dengan cara digoreng atau dipanggang. Kamu bisa pilih sesuai selera kamu.

4. Cassoulet

Cassoulet
thekitchn.com

Makanan Perancis halal berikutnya adalah cassoulet. Cassoulet mungkin menjadi salah satu menu yang agak asing, namun sajian ini terkenal memiliki rasa yang nikmat.

Cassoulet merupakan sajian yang terbuat dari campuran kacang putih dan sosis yang dimasak menjadi satu. Sajian tersebut agak mirip sup, namun kuahnya jauh lebih kental. Warna kuahnya pun merah dan pastinya sangat menggugah selera. Tak hanya itu, kandungan lemak yang tinggi akan membuatmu kenyang lebih lama.

5. Coq Au Vin

Coq Au Vin
bbcgoodfood.com

Coq Au Vin juga layak untuk masuk dalam daftar makanan Perancis halal yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Jika diartikan, Coq Au Vin berarti ayam jantan diberi wine.

Sesuai dengan namanya, coq au vin ini merupakan hidangan khas Perancis yang berbahan dasar kaki ayam dan sajian ini diolah dengan cara yang tidak biasa. Cara memasak coq au vin ini diolah dengan cara merebus kaki ayam dalam wine atau anggur merah dalam waktu yang lama. Proses memasak tersebut membuat sajian ini memiliki tekstur daging yang lebih empuk dan lembut serta bumbu yang lebih meresap. Dalam penyajiannya, makanan yang satu ini biasa disajikan dengan menggunakan irisan jamur dan bumbu khas Perancis.

6. Escargot

Escargot
epicurious.com

Makanan Perancis halal yang satu ini pastinya juga sudah tidak asing lagi, yaitu Escargot. Escargot disebut sebagai salah satu makanan khas Perancis yang tak biasa bahkan cenderung ekstrim.

Escargot merupakan makanan khas Perancis yang terbuat dari daging bekicot atau siput. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa aneh bahkan jijik dengan jenis kuliner yang satu ini. Namun, siapa sangka jika bekicot memiliki kandungan gizi yang baik di dalamnya. Daging siput ini diolah dengan bawang putih dan mentega hingga menciptakan rasa yang khas.

7. Beef Bourguignon

Makanan Perancis Halal
bbc.co.uk

Kalau Indonesia memiliki rendang, maka Perancis memiliki beef bourguignon. Sajian ini tak hanya menjadi makanan Perancis halal namun juga menjadi makanan paling lezat di Perancis. Tak heran jika tak sedikit orang yang rela antri untuk menikmati makanan tersebut.

Sesuai dengan namanya, beef bourguignon ini terbuat dari daging sapi dengan kualitas terbaik. Daging sapi tersebut direbus dalam anggur merah dalam waktu yang lama. Tak heran jika sajian yang satu ini memiliki rasa yang lezat dan terkesan mewah. Sajian ini terasa nikmat karena penggunaan beberapa bumbu tambahan, seperti jamur, bawang merah, bawang putih dan aneka rempah lainnya.

8. Foie Gras

Foie Gras
lifestyle.okezone.com

Makanan Perancis halal selanjutnya adalah Foie Gras. Foie Gras merupakan salah satu sajian tertua di Perancis dengan cita rasa otentik. Sajian ini dulunya hanya dinikmati oleh para raja di abad pertengahan, namun sekaranh semua kalangan sudah bisa mencicipinya.

Foie Gras ini merupakan sajian yang terbuat dari daging angsa, tepatnya hati angsa pilihan. Hati angsa tersebut akan dibuat menjadi pasta dan disajikan dengan berbagai macam cara. Mulai dari digoreng, dibakar ataupun dipanggang dengan menggunakan bumbu khas Perancis yang lezat.

Soal cita rasa, Foie Gras ini tak perlu diragukan lagi. Foie Gras ini memiliki cita rasa gurih yang lezat dan membuatnya menjadi salah satu menu yang paling banyak dipesan oleh pengunjung restoran.

9. Crepes

Delish
delish.com

Crepes menjadi salah satu makanan Perancis halal yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Sajian ini memang telah mendunia. Bahkan kamu bisa menemukannya di pinggir halan, café hingga di restoran ternama.

Crepes merupakan hidangan penutup khas Perancis yang berasal dari Bretagne. Penyajian crepes ini mirip panekuk, namun lebih tipis dengan berbagai macam isian di dalamnya. Isian dari crepes ini bisa berupa aneka buah, keju, cokelat, es krim, telur dan masih banyak lainnya. Tentu saja, crepes yang dibuat langsung di Perancis memiliki cita rasa yang berbeda.

10. Croissant

Croissant
blog.tokowahab.com

Makanan Perancis halal yang terakhir adalah croissant. Sama halnya dengan crepes, croissant juga menjadi salah satu sajian khas Perancis yang mendunia.

Croissant banyak ditemukan di hampir seluruh toko kue di dunia. Sesuai dengan namanya, croissant ini memiliki bentuk bagaikan bulan sabit. Pastry ini dibuat dalam berbagai macam varian rasa, mulai dari keju, almond, cokelat dan masih banyak lagi lainnya. Croissant di Perancis memiliki cita rasa yang berbeda dibandingan dengan croissant di negara lainnya. Croissant di Perancis ini memiliki rasa mentega yang lebih kuah dan cocok jika dinikmati bersama secangkir kopi atau teh.



Leave a Reply