Ingin Menyendiri Dalam Tenang? Kunjungi 20 Kota Paling Sepi di Dunia


Altesa  December 12, 2021  0 Comment

Percaya atau enggak, ternyata terdapat beberapa kota yang sangat sepi, lho.Kota merupakan pusat permukiman dan kegiatan yang terdiri atas rumah, perkantoran yang dipadati oleh sejumlah penduduk.Uniknya, ternyata terdapat beberapa kota-kota di dunia yang sangat sepi karena jarangnya aktivitas dan hanya dihuni oleh sedikit penduduk.Bahkan, ada kota yang hanya dihuni oleh satu orang penduduk saja, lho.Wah! Kebayang enggak, sih, bagaimana sepinya kota tersebut?Penasaran? Yuk, kita simak 20 kota Paling sepi di dunia berikut ini!

1. Buford, Amerika Serikat

flickr.com

Kota paling sepi di dunia yang pertama adalah Buford, sebuah kota kecil yang berada di Albany County, Wyoming, Amerika Serikat. Kota ini terletak di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, di antara Laramie dan Cheyenne di Interstate 880. Hingga tahun 2013, kota ini hanya dihuni oleh satu orang saja, yaitu Don Sammons. Sebelumnya, Don pindah ke kota tak berpenghuni tersebut pada tahun 1980 bersama istri dan putranya dan membeli kota itu pada tahun 1992.

Pada tahun 1995 istrinya meninggal dan putranya pindah di tahun 2007. Pada 5 April 2012, kota berisi toko kelontong, stasiun bensin, dan rumah modular itu dijual dengan harga 900 ribu dolar Amerika kepada dua orang dari Vietnam. Kemudian, pemilik baru mengganti namanya menjadi PhinDeli Town Buford. Meski demikian, alamat pos masih menggunakan nama lama.

Gotravelly

Kuliner Legendaris Sejak 1960 : Kethan Merdeka Jombang

Cobain Sensasi Ngopi Ala Jepang Di Taketama Coffee

2. Monowi, Nebraska, Amerika Serikat

onmanorama.com

Kota paling sepi di dunia yang kedua adalah Dakota. Sekitar delapan kilometer dari perbatasan Dakota Selatan dan Nebraska, Amerika Serikat, terdapat satu kota yang unik bernama Monowi. Monowi merupakan kota yang dihuni oleh satu orang penduduk saja, yakni Elsie Eiler yang berusia 85 tahun. Sebelumnya, Elsie tinggal di Monowi bersama suaminya Rudy yang meninggal dunia pada tahun 2004, sehingga Elsie menjadi satu-satunya penduduk yang tinggal di Kota Monowi. Karena hanya hidup seorang diri, Elsie pun menjabat sebagai walikota, penjaga perpustakaan, dan penjaga kedai.

3. Jordan River, Kanada

timescolonist.com

Kota paling sepi di dunia yang ketiga adalah Jordan River. Pada dasarnya, Jordan River merupakan kota yang memiliki pantai yang sangat cantik dan tenang. Sayangnya, kota tersebut sering kali mengalami bencana alam, seperti polusi, erosi, naiknya air permukaan air laut, hingga gempa bumi. Bencana yang terjadi membuat penduduknya merasa tidak nyaman dan aman tinggal di Jordan River, nyaris seluruh penduduk memutuskan untuk meninggalkan kota ini.

Namun, kondisi tersebut tak membuat pria bernama Hugh Pite yang berusia 72 tahun untuk meninggalkan kota. Dia membagi waktunya antara dua rumahnya di Jordan River dan Brentwood Bay yang berdekatan. Meski sudah mendapat peringatan untuk meninggalkan kota tersebut, Pite tetap tidak mau meninggalkannya.

4. Tomioka, Jepang

damoncoulter.com

Kota paling sepi di dunia yang keempat adalah Tomioka. Tomioka adalah kota di Jepang yang terletak di “zona terlarang”, karena terdapat pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima. Pada 11 Maret 2011 PLTN Fukushima dihantam gempa dan tsunami, mengakibatkan rusaknya PLTN sehingga kadar tinggi nuklis mendekati kota. Hal itu menyebabkan kontaminasi kadar tinggi ke daerah sekitarnya dan memaksa evakuasi ratusan ribu penduduk. Kawasan paling terkontaminasi dalam radius 20 kilometer sekitar PLTN masih menjadi daerah terlarang. Dari peristiwa itu menyisakan satu penduduk, yaitu Naoto Matsumura yang berusia lebih dari 50 tahun. Naoto Matsumura menjadi penduduk tunggal kota yang dulunya berpenduduk hampir 16 ribu orang itu. Dia hidup di sana tanpa aliran air ataupun listrik.

Baca juga :  12 Pantai di Bengkulu Terpopuler Tahun Ini Harus Kamu Kunjungi

5. Cass, Selandia Baru

alamy.com

Kota paling sepi di dunia yang kelima adalah Cass. Cass juga menjadi salah satu deretan kota yang hanya memiliki satu penduduk. Kota ini berada di Distrik Selwyn, Pulau Selantan, Selandia Baru. Barrie Drummond merupakan satu-satunya penduduk tunggal yang menghuni kota ini. Pada awalnya Barrie Drummond ditawari suatu pekerjaan di Cass dan ia berpikir pekerjaan tersebut hanya akan berlangsung 2 tahun. Setelah 25 tahun, ia tetap tidak mau pergi dari kota tersebut meskipun hanya menjadi satu-satunya penduduk di sana. Barrie bekerja di KiwiRail dan bertanggung jawab atas bagian tertinggi lintasan rel yang menghubungkan Christchurch dengan Greymouth. Barrie mengungkapkan dirinya tidak pernah merasa kesepian atau terasing. Selain itu, dia juga tidak merasa khawatir meski berada di kota Cass sendirian.

6. Ittoqqortoormiit. Greenland

adventuretravel.co.id

Kota paling sepi di dunia yang keenam adalah Ittoqqortoormiit. berada di pesisir Greenland ini memiliki penduduk hanya 550 jiwa. cocok untuk kalian yang ingin merasakan liburan yang tenang. Kota terisolasi ini menyajikan pemandangan yang luar biasa indah. Fenomena langit aurora dan lautan yang membeku menjadi daya tarik kota ini. Wisatawan juga dapat melihat beruang kutub, menaiki kereta salju ataupun memancing. Selain itu, desain rumah kecil hangat dengan warna merah, biru, kuning dan hijau nampak seperti berada di negeri dongeng. Kota ini dapat diakses dengan pesawat dari Constable Point Airport dan kapal hanya pada bulan Juli dan Agustus. Meskipun kota ini memiliki luas seperti Inggris, tenyata tidak mudah untuk kamu berkunjung ke sana, karena laut di sekitar pulau ini selalu beku dan jalur penerbangan sangat langka.

7. Alert, Kanada

accuweather.com

Kota paling sepi di dunia yang ketujuh adalah Alert. Kota terisolasi ini terletak di Pulau Ellesmere, Nunavut, Kanada. berjarak 500 mil dari kutub utara ini hanya bisa diakses melalui jalur udara dan laut. Memiliki suhu rata-rata -33,2°C dan suhu terendah tercatat -50°C.

Kota Alert masuk dalam jajaran kota terdingin dunia, dengan suhu yang dimiliki mampu membekukan kulit dalam hitungan menit. Kota yang memiliki luas 2.093.190 km² ini memiliki kepadatan penduduk hanya 1 orang per 65 km². Alert sebenarnya adalah instalasi militer yang  berperan sebagai sinyal unit intelejen Pasukan Kanada.

8. Motuo, Cina

steemit.com

Kota paling sepi di dunia yang kedelapan adalah Motuo. Kota ini sangat terpencil di Cina bahkan tidak memiliki jalan raya menuju ke sana. Ada upaya untuk membangun satu jalan pada tahun 1993, tapi itu sangat cepat ditelan oleh hutan. Semua perlengkapan ke kota ini harus dilakukan oleh tangan.

9. McMurdo, Amerika Serikat

nbcnews.com

Kota paling sepi di dunia yang kesembilan adalah McMurdo. Stasiun McMurdo adalah pusat penelitian milik Amerika Serikat yang terletak di Pulau Ross, tepi Pantai Selat McMurdo di Benua Antartika. McMurdo hanya ditinggali oleh para peneliti yang tergabung dalam United States Antartica Program. Sekitar 1200 ilmuan dan peneliti tinggal di sana selama berbulan-bulan saat musim panas.

Resmi beroperasi pada tahun 1956, penelitian yang dilakukan meliputi aeronomi, astrofisika, biologi, kedokeran, geologi, geofisika, glasiologi, geologi glasial, sistem samudera dan iklim. McMurdo juga memiliki tempat bersejarah yaitu Tugu Byrd atau Tugu Bersejarah Richard E. Byrd dan Nuclear Power Plant Plaque.

10. Barrow, Alaskan

republicworld.com

Kota paling sepi di dunia yang kesepuluh adalah Barrow. Kota kecil di Alaskan ini berpenghuni 4000 orang. Alasan utama untuk itu adalah karena setiap tahun matahari terbenam untuk seluruh dua bulan, mulai November.

Baca juga :  10 Wisata Malam di Kyoto, Sudut Terindah di Jepang

11. Oymyakon, Rusia

alinaslanguagelessons.co.uk

Kota paling sepi di dunia yang kesebelas adalah Oymyakon. Kota yang terletak di Sakha, Rusia ini memiliki penduduk hanya sebesar 521 jiwa. merupakan Kota terdingin di dunia, suhu terdingin yang pernah tercatat sebesar -71.2°C. Iklim yang ekstrem membuat hidup di kota ini tidaklah mudah.

Namun kota di ujung timur Rusia ini menawarkan berbagai tujuan wisata menarik seperti teater, museum, area perbelanjaan, berburu rusa, memancing di es dan pastinya sensasi hidup di tempat ekstrem. Perlu dua hari perjalanan dengan mobil untuk mencapai Kota ini dari Yakutsk. Sedangkan dari Moskow menuju Yakutsk memerlukan perjalanan udara selama 6 jam 30 menit.

12. Lost Spring, Wyoming

wyomingtalesandtrails.com

Kota paling sepi di dunia yang keduabelas adalah Lost Spring. Kota Lost Spring didirikan pada 1911. Saat itu, kota ini dihuni oleh 200-an orang. Penduduk di kota ini rata-rata bekerja sebagai penambang. Namun, seiring berjalannya waktu penduduk mulai meninggalkan kota ini. Akhirnya, semenjak 2010, kota ini hanya dihuni oleh empat orang saja. Dari keempat orang itu, satu di antaranya adalah Leda Price. Ia adalah walikota di daerah ini. Ia sudah tinggal di sana selama 37 tahun.

13. Picher, Oklahoma

advocate.jbu.edu

Kota paling sepi di dunia yang ketiga belas adalah Picher. Picher adalah kota tambang yang dihuni oleh banyak orang. Pada 1967, air di kota ini mulai tercemar oleh tambang. Akhirnya, penduduk kota diminta untuk pindah, karena kota ini sudah tidak layak dihuni lagi. Namun, ada satu orang yang bertahan. Orang itu adalah Gary Linderman. Pada 2015 dia meninggal. Kini, Kota Picher pun berubah menjadi kota hantu.

14. Bonanza, Colorado

uncovercolorado.com

Kota paling sepi di dunia yang keempat belas adalah Bonanza. Kota ini pernah terbakar pada 1937. Kejadian itu membuat Kota Bonanza ditinggalkan penduduknya. Namun, ada satu orang yang bertahan di kota ini. Orang itu adalah Mark Perkovich. Dia adalah pensiunan pemadam kebakaran. Untuk mengisi hari-harinya, Mark akan pergi ke padang gurun dan membaca Alkitab. Tak terbayang, betapa sepinya jadi Mark.

15. Gross, Nebraska

onlyinyourstate.com

Kota paling sepi di dunia yang kelima belas adalah Gross. Pada 1904, Kota Gross dihuni oleh 600 penduduk. Namun, ada beberapa bencana yang membuat penduduk pergi meninggalkan kota. Satu di antaranya adalah kebakaran. Pada 1970, penduduk di kota ini hanya tinggal delapan orang. Dua di antaranya adalah Mike dan Mary. Mereka adalah pasangan suami istri. Seiring berjalannya waktu, penduduk kota terus berkurang. Kini, Kota Gross hanya dihuni oleh Mike dan Mary.

16. Tawergha, Libya

hrw.org

Kota paling sepi di dunia yang keenam belas adalah Tawergha. Terletak 38 kilometer dari kota Misrata, Tawergha dulunya merupakan salah satu kota indah di Libya. Tempat ini sangat nyaman terlebih dengan kondisi geografisnya yang lumayan dekat dengan lautan. Tawergha juga jadi kota penghasil kurma dan palem berkualitas tinggi. Konstuksi kotanya sendiri sangat rapi dengan bangunan berjajar apik. Namun keindahan kota ini akhirnya berakhir dongeng setelah beberapa tahun lalu Tawergha ikut menanggung dampak dari konflik Ghadaffi.

Saat konflik pecah, pasukan anti Ghaddafi menempati kota ini dan mengultimatum sekitar 24 ribuan penduduknya untuk pergi atau dihadapkan dengan pembantaian. Alhasil, semua penduduk kota ini pun mengungsi dan menyisakan bangunan-bangunan sepi. Hingga saat ini belum ada satu pun penduduk yang kembali menempati rumah mereka dulu. Bagaimana tidak, kota ini ternyata sudah dipasangi ranjau yang tersebar di penjuru kota.

Baca juga :  6 Roller Coaster Paling Menantang di Dunia Bikin Jerit jerit Nggak Karuan

17. Consonno, Italia

tripadvisor.com

Kota paling sepi di dunia yang ketujuh belas adalah Consonno. Mario Bagno, mungkin kamu belum pernah mendengar nama ini sebelumnya. Ia merupakan seorang miliuner Italia yang dikabarkan pernah membeli sebuah desa hanya untuk menyulapnya menjadi taman bermain. Kejadian ini terjadi pada tahun 1962 dan menghabiskan $ 16,600. Ketika itu ia membeli sebuah desa bernama Consonno yang letaknya hanya satu jam dari Milan. Rencana pembangunan taman bermain di desa berpenduduk 200 orang ini awalnya berjalan mulus.

Namun pada tahun 1972 prosesnya terhenti gara-gara satu-satunya jalan menuju desa ini terputus karena tanah longsor. Bagno pun akhirnya menghentikan pembangunan taman bermainnya ketika itu, di samping uangnya ternyata sudah terlanjur habis duluan. Consonno pun akhirnya jadi kota mati yang tidak ada penghuninya sama sekali.

Desa ini pernah dibuka lagi pada tahun 80an sebagai rumah sakit. Namun hal ini tak berlangsung lama gara-gara bangunannya banyak yang sudah tua dan rapuh. Desa yang sebenarnya indah ini pun kembali ditutup dan belum pernah dibuka lagi hingga saat ini.

18. Oradour-sur-Glane, Perancis

diary-sikepik.blogspot.com

Kota paling sepi di dunia yang kedelapan belas adalah Oradour-sur-Glane. Meskipun sepi, mungkin kamu takkan betah tinggal di Oradour-sur-Glane. Bagaimana tidak, setiap malam kamu akan dihantui dengan suara-suara seperti terbakar dan juga teriakan-teriakan mencekam. Tentu ada alasan kenapa bisa sampai seperti ini. Yup, Oradour-sur-Glane merupakan kota bekas jajahan Nazi yang jadi bukti kekejaman pasukan Hitler tersebut. Hal tersebut terjadi ketika Perang Dunia II masih bergolak hebat.

Menurut cerita, anak-anak dan wanita di kota ini diungsikan ke dalam sebuah gereja. Sedangkan para prianya dikumpulkan untuk kemudian dieksekusi. Pasukan Nazi pun katanya juga merampas harta para penduduk dan kemudian membakar gereja tempat wanita dan anak-anak berkumpul tadi. Sekitar 247 wanita dan 205 anak-anak mati terpanggang.

Ada pula yang berhasil meloloskan diri namun mati karena ditembak pasukan kejam ini. Sebenarnya ada wacana untuk membangun lagi kota ini, namun pemerintah menolaknya dengan maksud agar tempat ini jadi saksi atas kekejaman Nazi.

19. Varosha, Cyprus

turkishminute.com

Kota paling sepi di dunia yang kesembilan belas adalah Varosha. Kembali ketahun 70an, Varosha adalah salah satu tempat wisata kelas dunia dan bahkan sering dijadikan destinasi para selebriti mancanegara. Tempat ini memiliki segala kemewahan, mulai tempat shopping, hotel berbintang, night club sampai showroom mobil-mobil keren. Satu hal lagi yang paling menarik dari kota ini adalah pantai indahnya yang bisa ditempuh dalam waktu tak sampai 5 menit.

Namun semua keindahan ini berubah ketika Turki menginvasi Cyprus, termasuk menjadikan Varosha sebagai daerah jajahan. Ketika itu pasukan Turki pun memerintahkan kepada semua penghuni kota ini untuk pergi dalam beberapa jam dan kemudian mulai membangun pagar-pagar pembatas. Penduduknya dilarang kembali bahkan untuk sekedar mengambil harta bendanya. Sekarang kota indah ini pun jadi daerah yang sangat sepi.

Beberapa orang kabarnya pernah menyusup ke dalam kota ini dan menemukan banyak sekali hal-hal unik. Mulai dari pakaian-pakaian baru tahun 1970an hingga deretan mobil-mobil tua tapi masih baru. Bahkan di beberapa apartemen ditemui pula makanan-makanan yang tersaji di meja.

20. Agdam, Azerbaijan

nusantaranews.co

Kota paling sepi di dunia yang kedua puluh adalah Agdam. Agdam dulunya merupakan tempat tinggal bagi sekitar 40 ribu orang. Namun pada bulan Juli tahun 1993, pasukan Armenia melakukan invasi dan memaksa semua orang di kota ini untuk pindah. Agdam pun akhirnya beralih fungsi menjadi kamp-kamp militer tempat pasukan Armenia  menetap sementara.

Setelah keadaan mulai mereda, pemerintah Armenia pun menarik pasukannya kembali. Pasukan ini pun tak lupa menghancurkan kota dengan tujuan menghindari penggunaan Agdam sebagai basis militer. Alhasil, kota pun hancur berantakan dan menjadi tak bisa lagi dihuni. Namun, uniknya sebuah masjid tetap kokoh berdiri hingga sekarang.

Meskipun sepi penduduk bukan berarti Agdam benar-benar tak dihuni. Kota ini sekarang jadi tempat tinggal bagi hewan-hewan ternak yang dulunya ditinggalkan warga. Mereka sukses bertahan dan selamat dari perusakan brutal yang dilakukan pasukan Armenia.



Leave a Reply