17 Tempat Wisata di Jakarta dan Sekitarnya Rekomended


sisil angelin  May 7, 2018  0 Comment

Tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya memang sudah tidak perlu diragukan lagi banyaknya. Meskipun terkenal dengan kota yang sudah dipenuhi gedung bertingkat, namun tempat wisata tetap bisa ditemukan di sini. Nah, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

tripjalanjalan.com

Tempat wisata yang dibangun untuk memberikan gambaran miniatur Indonesia dari Sabang sampai Merauke ini memang cukup legendaris. Selain mengenalkan berbagai budaya dan adat dari 34 provinsi, di tempat wisata yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto ini juga terdapat danau dengan pulau buatan berbentuk seperti pulau-pulau besar yang ada di Indonesia. Pengunjung bisa melihatnya secara nyata dari atas ketinggian dengan menggunakan gondola. Berbagai jenis permainan seru, pertunjukan di panggung teater, maupun bangunan-bangunan unik yang dibangun semakin melengkapi tempat wisata ini. Tak heran jika pengunjung TMII tidak hanya orang dewasa saja, namun juga anak muda dan anak-anak.

Review kuliner

Mengenal Sejarah Kepolisian Di Museum Polri

2. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

raunsumatra.com

Tempat wisata yang penuh dengan permainan mengasyikkan ini merupakan taman rekreasi terbesar di Jakarta Utara. Dunia Fantasi, Atlantis, Ocean Ecopark, hingga Gelanggang Samudera menjadi zona-zona permainan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bukan hanya permainan seru, di tempat ini juga terdapat beberapa pantai pribadi yang sangat rugi untuk dilewatkan saat mengisi liburan. Bahkan, di tempat ini juga terdapat Pasar Seni yang menjual berbagai kerajinan tangan, mulai dari lukisan, batik, hingga tembikar. Di tempat ini wisatawan tidak hanya menikmati kerajinan yang sudah ada, namun juga diperbolehkan belajar membuatnya sendiri.

3. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas)

harnas.co

Inilah ikon kebanggan warga Jakarta. Bangunan setinggi 132 meter ini mempunyai mahkota berupa obor api. Jika malam tiba, bangunan ini sangat indah karena dihiasi berbagai lampu warna-warni secara bergantian. Di siang hari, terlebih di hari libur pagi, biasanya area monas dijadikan warga Jakarta sebagai tempat untuk berolahraga. Yang penasaran ingin melihat pemandangan Jakarta dari atas ketinggian, juga bisa naik Monas dan berdiri di pelataran atasnya.

Baca juga :  8 Padang Savana di Jawa Keindahannya Bagaikan Taman Liar di Afrika

4. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

cumacuma.org

Taman wisata ini juga sering disebut hutan mangrove pantai indah kapuk. Kawasannya yang cukup luas ini memberikan kenyamanan luar biasa bagi para pengunjungnya. Rimbunnya pepohonan membuat suasana tempat ini terasa sejuk dan asri, sangat cocok dijadikan sebagai tempat pelepas penat. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas, seperti trekking hutan, kano, berburu objek fotografi, hingga menanam bibit sendiri. Bibitnya sendiri bisa diperoleh dari petugas setempat dengan menukar sejumlah uang sambil menyumbang.

5. Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan

bisniswisata.co.id

Tempat wisata ini dahulu lebih dikenal dengan nama Kebun Binatang Ragunan. Dengan luas sekitar 140 hektar, di tempat ini dihuni oleh kurang lebih 4.000 ekor binatang dengan 295 spesies. Tidak hanya menikmati berbagai satwa yang ada, pengunjung juga bisa duduk-duduk di bawah pohon yang ada di sepanjang jalan kawasan ini. Dengan kata lain, tempat ini tidak hanya digunakan untuk memberi wawasan kepada anak-anak terhadap dunia hewan, namun juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan kepenatan pikiran.

6. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

pulautidung-indonesia.com

Siapa yang tidak kenal tempat wisata ini? Hampir seluruh masyarakat Indonesia, bahkan wisatawan manca, sangat familier dengan tempat wisata yang satu ini. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Keindahan alam pulau-pulau tanpa penghuni yang ada di tempat ini seakan menghipnotis setiap pengunjung yang datang. Beberapa pulau yang sangat populer di tempat ini antara lain Pulau Pari, Pulau Bidadari, dan Pulau Tidung. Belum lagi dengan keindahan berbagai biota di bawah laut, seperti ikan warna-warni dan terumbu karang. Tak heran jika Kepulauan Seribu dijadikan sebagai salah satu tujuan para penggemar diving dan snorkeling.

7. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

JejakPiknik.com

Jembatan yang terletak di Pademangan, Jakarta Barat, ini mempunyai keunikan tersendiri. Jembatan jungkit berwarna merah marun dan mempunyai konstruksi dari besi serta kayu ini merentang di atas Kali Besar. Kali yang berwarna keruh ini dahulu menjadi penghubung antara benteng Inggris dengan benteng Belanda. Jembatan dengan panjang sekitar 30 meter dan lebar 4,43 meter ini dahulu sempat berganti-ganti nama. Nama Jembatan Kota Intan ini akhirnya disematkan karena terletak dekat dengan Bastion Diamont (intan), salah satu kastil Batavia. Jembatan ini menjadi sangat indah jika dilihat pada malam hari. Sebab, di kanan kiri jembatan dipasang sistem sorot lampu yang menawan. Tak heran jika malam tiba, banyak warga yang berkunjung ke tempat ini.

8. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

satupedang.blogspot.co.id

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, museum Fatahillah sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata. Bukan hanya isi dari museum yang akan membuat setiap mata terkagum-kagum, namun juga keindahan arsitekturnya yang menakjubkan. Sebab, bangunan tersebut sangat mirip dengan Istana Dam di Amsterdam Belanda. Sejarah Jakarta, Replika peninggalan Tarumanegara, gerabah, prasasti, koleksi, patung Dewa Hermes, hingga beberapa ruang prasejarah lainnya. Tak heran jika banyak warga yang menganggap museum ini sebagai gudangnya sejarah Jakarta maupun Indonesia.

Baca juga :  10 Kedai Kopi Paling Legendaris di Indonesia Rasanya Otentik!

9. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Garnesia.com

Tak jauh dari museum Fatahillah, ada juga museum bank Indonesia. Mengapa museum ini cukup menarik perhatian masyarakat? Sebab, museum ini ternyata merupakan museum termodern di Indonesia. Banyak koleksi alat peraga berteknologi tinggi yang dipamerkan di tempat ini, salah satunya hologram uang koin terbang. Alat yang terdapat di salah satu ruang bernama Ruang Transisi ini akan memunculkan beberapa informasi jika koin tersebut ditangkap.

10. Sky Rink

Sky Rink

Tiansbook.blogspot.co.id

Bermain seluncur es ternyata tidak harus membuat Anda terbang keluar negeri. Di Sky Ring yang ada di Mall Taman Anggrek pun Anda bisa melakukannya. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan mereka, terutama para kawula muda. Konon, Sky Rink ini diklaim sebagai tempat seluncur es terbesar se-Asia Tenggara karena berukuran luas 1.248 m2. Yang membuat ini semakin nyaman dijadikan tujuan wisata, karena dilengkapi berbagai fasilitas menyenangkan, seperti ruang tunggu yang nyaman, disediakan snack bar, ada loker dengan kuncinya, serta adanya ruang first aids untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan di arena seluncur es.

11. Kota Tua

Kota Tua

kabarwisata.com

Kota Tua merupakan salah satu kota di Jakarta yang sangat bersejarah. Sebab, pada saat Pelabuhan Sunda Kelapa berdiri, tempat tersebut dijadikan sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda. Hingga saat ini, beberapa gedung lama bernilai sejarah tetap dipertahankan. Sehingga, saat Anda berkunjung ke tempat ini, serasa seperti berada di zaman Eropa dan Tionghoa tua. Terlebih jika Anda ingin berjalan-jalan sambil mengendarai sepeda onthel keliling Kota Tua. Nuansa jadul akan sangat terasa.

12. Grand Indonesia Shopping Town

Grand Indonesia Shopping Town

indonesia-holidays.com

Mall yang berada di kompleks hotel, apartemen, dan perkantoran ini merupakan salah satu terbesar di Jakarta. Berbagai tenant yang menyediakan kebutuhan, seperti kuliner, fashion, hingga hiburan, akan memanjakan setiap pengunjung yang mempunyai hobi shopping. Ada dua bagian bangunan utama, yaitu West Mall dan East Mall.

13. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

berita2bahasa.com

Meskipun ini merupakan salah satu tempat peribadatan salah satu agama di Indonesia, namun masjid ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Sebagai masjid terbesar se-Asia Tenggara, pastinya menawarkan berbagai keindahan dan keunikan. Selain terdiri dari lima lantai, masjid ini mempunyai ornamen yang indah, megah, dan cantik. Begitu juga dengan seni kaligrafinya yang sangat aduhai. Beribadah di tempat ini membuat ibadah semakin khusyuk dan nyaman.

Baca juga :  10 Kota Terindah di Rusia Yang Wajib Untuk Kamu Singgahi

14. Pecinan Glodok

Pecinan Glodok

id-blog.zenrooms.com

Mau jalan-jalan di Tiongkok? Tenang, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri dan mengeluarkan budget tinggi. Cukup mengunjungi tempat wisata Pecinan Glodok, Anda serasa sudah berada di Tiongkok beneran. Berkunjung di tempat ini akan lebih nyaman jika dilakukan dengan jalan kaki. Sebab, di sepanjang jalan nanti, Anda akan disajikan pernak-pernik lampion seperti saat tahun baru imlek. Belum lagi adanya bangunan-bangunan khas Tiongkok di kanan kiri jalan. Kuliner khas Tionghoa pun tersaji di tempat ini.

15. Kampung Betawi Setu Babakan

Kampung Betawi Setu Babakan

superunik15.blogspot.co.id

Salah satu kampung yang layak dilestarikan sekaligus dijadikan tempat wisata adalah kampung betawi Setu Babakan. Sebab, di kampung ini berbagai adat dan kebudayaan betawi asli masih digunakan, seperti rumah adat, pakaian tradisional, hingga makanan khas betawi seperti kerak telor. Bagi Anda yang tertarik berkunjung dan menjadi bagian dari warga betawi, bisa juga berkeliling kampung dengan menggunakan sepeda tradisional di tempat ini.

16. Planetarium

Planetarium

ramadhanii18.blogspot.co.id

Planetarium merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang cukup digemari, terlebih bagi para pecinta pengetahuan tentang angkasa. Tak heran jika tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama para pelajar yang penasaran ingin mengetahui secara langsung benda-benda angkasa luar. Sebab, selain menyediakan film 3 dimensi, di tempat ini pengunjung juga bisa melihat kondisi luar angkasa dengan menggunakan teleskop yang sudah disediakan.

17. Curug Ciherang dan Rumah Pohon Bogor

Curug Ciherang dan Rumah Pohon Bogor

bundahaifa.com

Tak jauh dari kota Jakarta, tepatnya di Bogor, Anda juga akan dimanjakan dengan adanya tempat wisata Jakarta  sekitarnya berupa curug. Air terjun bernama Curug Ciherang ini memang sangat menakjubkan. Airnya yang bening dan meluncur dari atas melalui beberapa undakan ini menampilkan pemandangan yang sangat luar biasa. Belum lagi dengan pemandangan di sekitarnya yang menyejukkan. Rerimbunan pohon hijau yang ada sekitar membuat mata setiap pengunjung terpesona. Tak jauh dari tempat ini, terdapat juga rumah pohon dan hembatan gantung Curug Ciherang. Bagi Anda yang gemar dengan aktivitas yang memacu adrenalin, inilah wisata yang cocok buat Anda. Melewati jembatan gantung di atas ketinggian menuju rumah pohon akan memberikan sensasi tersendiri. Belum lagi saat sudah berada di atas rumah pohon. Pemandangan di sekitar rumah tersebut sangat pas dijadikan sebagai latar untuk berselfie ria. Tak heran jika tempat ini banyak dikunjungi para kawula muda. Spot yang instagrammable ini membuat mereka merasa betah di tempat ini.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Jakarta maupun sekitarnya. Untuk melepas lelah, tidak harus ke luar kota, bahkan ke luar negeri. Anda bisa menikmati semua itu di Jakarta. Di berbagai penjuru kota ini, Tuhan telah menciptakan keindahan alam yang tidak terlupakan. Anda tinggal menikmatinya. So, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan Anda dengan mengunjungi salah satu dari tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya di atas.



Leave a Reply