Wisata Mainstream! 11 Gua Paling Extreme di Dunia, Berani Selusuri?


sisil angelin  September 24, 2019  0 Comment

Bagi pencinta wisata mainstream, maka beberapa gua paling extreme di dunia yang akan dibahas di bawah ini dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi untuk di taklukan. Bukan hanya menawarkan pemandangan tidak biasa, namun beberapa di antaranya juga acapkali memakan korban jiwa. Jika tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Silakan simak informasi selengkapnya.

1. Gua Krubera

Krubera
image credit : https://www.charismaticplanet.com

Krubera merupakan goa terdalam di dunia. Pada tahun 2012 lalu, goa yang berada di Pegunungan Kaukasus, Abkhazia, Georgia ini dinyatakan memiliki kedalaman sekitar 2000 meter. Meskipun sebenarnya hasil tersebut tidak terlalu akurat. Karena kedalaman goa tersebut belum diketahui hingga saat ini. Jadi, masih menjadi misteri bagi publik.

Meskipun kedalaman goa ini membuat tercengang. Namun Goa Krubera memiliki keindahan yang sangat memukau. Di dalam goa terdapat lorong bercabang, dan pada bagian dasarnya terdiri atas sumur vertikal yang saling berhubungan. Jika berhasil turun ke goa ini, maka Anda akan disuguhi sebuah pemandangan mengagumkan, yaitu kolam biru yang sangat dalam.

Gotravelly

Menyusuri Pantai Goa Cina Malang, Sepi Banget!

Wisata Goa Pote: Bukit Kapur Instagramable Ikon Kota Bangkalan

2. Gua Swallows

Swallows
image credit : https://i.pinimg.com

Dalam Bahasa Spanyol, goa ini bernama Sotano de las Golondrinas. Memiliki kedalaman hingga 376 meter, goa ini menawarkan sensasi terjun bebas kepada pengunjung yang ingin menjelajahi keindahannya. Goa yang berada di Meksiko ini memang digadang-gadang sebagai goa bawah tanah yang berada pada peringkat ke 2, sebagai goa terdalam.

Bagi pencinta tantangan, goa ini wajib dimasukkan ke dalam list Anda. Karena moment base jumping di goa ini pasti akan menguji adrenalin. Selain itu, untuk naik ke permukaan wisatawan diharuskan mendaki. Bukan main-main, Anda hanya akan diberi senjata seutas tali saja untuk naik ke atas. Jadi, dibutuhkan fisik yang sangat prima untuk ke tempat ini.

Baca juga :  Pingin Liburan Anti Mainstream ? Kunjungi 11 Kota Hantu di Dunia

3. Gua Waitomo

Waitomo
image credit : https://upload.wikimedia.org

Goa yang terletak di Selandia Baru ini memang harus dikunjungi oleh para pencinta wisata ekstrem, terutama goa. Berbeda dengan goa lainnya, keindahan yang ditawarkan oleh Goa Waitomo ini bisa dibilang tidak biasa. Jika biasanya saat masuk ke goa Anda akan disambut oleh kegelapan abadi. Berbeda dengan Waitomo, dimana Anda akan disambut kilau cahaya.

Cahaya tersebut dihasilkan oleh glow worn yang hidup di bagian dinding goa. Untuk menikmati fenomena alam yang tidak biasa ini, Anda bisa mengambil paket tur menggunakan perahu untuk menelusuri goa. Disini, Anda bisa merasakan sensasi hidup di negeri dongeng, menjelajah dalam gelap ditemani dengan kelap kelip cahaya yang memesona.

4. Gua Jomblang

Jomblang
image credit : http://www.goa-jomblang.com

Goa legendaris yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta ini juga menarik perhatian banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Goa sedalam 800 meter ini terkenal dengan pemandangan menakjubkan berupa cahaya abadi. Yang membuat pengunjung merasa sedang berada di tanah antah berantah.

Untuk bisa menelusuri goa ini, maka Anda harus memiliki keberanian menuruni goa dengan seutas tali. Namun hal tersebut akan langsung terbayar saat Anda tiba di dasar Goa Jomblang ini. Menariknya, Anda juga akan menemukan tumbuhan langka dari zaman purba yang masih hidup di dalam goa. Jadi, sangat worth to explore.

5. Manjanggul Lava Tube

Lava Tube
image credit : http://ttnotes.com

Goa yang terletak di pulau Jeju, Korea Selatan ini menawarkan pemandangan eksotis tersendiri. Yang sudah pasti bisa menghipnotis para pengunjung. Sejarah terbentuknya goa alami ini juga cukup unik, karena terjadi akibat dialiri oleh lava secara terus menerus dalam jangka waktu lama. Sehingga membentuk goa lava terbesar di dunia.

Baca juga :  20 Wisata di Nagasaki Pesonanya Membekas di Hati

Memiliki panjang mencapai 8.929 meter, ketinggian sekitar 30 meter, dan lebar hingga 23 meter. Goa ini menawarkan pemandangan megah yang tidak akan bisa dilupakan. Pengunjung akan disuguhi keindahan perpaduan warna, yang tercipta dari karbonat bercampur stalagmit, stalaktit, dan lava. Dijamin akan membuat mata tidak berkedip.

6. Jacob’s Well

Jacob’s Well
image credit : http://www.jacobswellexplorationproject.org

Jacob’s Well merupakan salah satu bagian dari goa paling extreme di dunia. Bahkan tempat ini juga menyandang predikat mematikan. Apabila dilihat dari permukaan air, Jacob’s well memiliki keindahan yang luar biasa. Memiliki air bening yang transparan, Anda bisa dengan mudah melihat goa di dalam air yang dikelilingi oleh tanaman sejenis ganggang.

Namun, yang menjadi masalah adalah apabila Anda nekad mencebur ke dalamnya tanpa persiapan. Goa dalam air tersebut memiliki banyak sekali lorong yang sering membuat para penyelam tersesat. Dan kemudian menemui ajal karena kehabisan napas. Goa ini berada di Texas, Amerika Serikat.

7. Fingal Cave

Fingal Cave
image credit : https://www.iona-bed-breakfast-mull.com

Gua paling extreme dunia berikutnya Fingal Cave ini merupakan salah satu goa laut dengan bebatuan yang tersusun secara geometris. Goa ekstrem satu ini berada di Skotlandia. Menurut riset, goa ini memiliki kedalaman 82 meter, dengan lebar mulut goa seluas 21 meter. Terdiri atas pilar-pilar kokoh tersusun, yang berpadu dengan birunya lautan. Goa ini menawarkan eksotisme luar biasa.

8. Cenote Meksiko

Cenote Meksiko
image credit : https://d36tnp772eyphs.cloudfront.net

Goa yang berada di Meksiko ini juga terkenal sebagai salah satu wisata ekstrem di dunia. Jika dilihat dari atas permukaan, tempat ini sebenarnya kelihatan normal. Namun, ternyata di balik indahnya kolam bening tersebut, tersembunyi sebuah goa yang memiliki sungai dengan air asin. Selain itu, goa ini juga memiliki banyak labirin menyeramkan berisi tengkorak.

Baca juga :  Bonjour! Nih Rekomendasi 7 Pantai Terindah di Perancis

9. Reed Flute Cave

Reed Flute Cave
image credit : https://amazingchinatrip.com

Gua paling extreme dunia selanjutnya Reed Flute Cave merupakan salah satu goa terunik yang terletak di Guilin, Cina. Di dalam goa yang terbentuk dari ukiran pegunungan Karst ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan fenomenal, berupa cahaya warni warni lampu, yang menerangi perpaduan formasi stalagmit, stalaktit, dan bebatuan yang terbuat dari karbonat.

10. Cave of Crystals

Cave of Crystals
image credit : https://upload.wikimedia.org

Mendambakan Gua paling extreme dunia dengan pemandangan yang tidak biasa? Silakan berkunjung ke Cave of Crystals di Meksiko. Menyajikan pemandangan mewah nan megah ala negeri dongeng karena seluruh permukaan goa dilapisi dengan kristal. Goa ini ternyata sangat berbahaya. Karena manusia tidak bisa tahan lebih dari sepuluh menit di dalamnya. Ini dikarenakan suhunya sangat panas.

Proses pengkristalan ini terjadi karena pemanasan yang terjadi pada magma, yang ada di bagian bawah goa. Sehingga menciptakan pemandangan yang begitu memukau dan bisa membekukan mata siapa pun.

11. Mammoth Cave

Mammoth Cave
image credit : https://www.nps.gov

Gua paling extreme dunia selanjutnya Mammoth Cave. Hingga saat ini Mammoth Cave masih menduduki peringkat sebagai goa terpanjang yang ada di dunia. Mammoth yang berada di Kentucky ini tercatat memiliki 579 lorong. Jadi, memang sangat luas sekali. Memasuki goa ini dengan modal nekad saja sangat tidak disarankan, karena Anda bisa tersesat dan kabar buruknya adalah tidak bisa kembali lagi.

Meskipun memberikan kesan menyeramkan, faktanya tidak menyurutkan niat orang-orang yang ingin menjelajahinya. Apalagi, Mammoth cave ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Dimana pastinya akan memuaskan dahaga para pemburu petualangan yang memang menyukai tantangan.

Bagi sebagian orang, mendengar nama goa mungkin sudah akan membuat bergidik. Sedangkan bagi sebagian yang lain, justru menggugah rasa penasaran. Bagi Anda yang memang menghabiskan waktu untuk berpetualang dengan cara hunting destinasi tidak biasa. Bisa menjadikan goa-goa yang disebutkan di atas sebagai bahan pertimbangan untuk petualangan selanjutnya.



Leave a Reply