Danau di Bekasi : Wisata Air Tersembunyi yang Harus Dikunjungi 


Rio Handika  August 17, 2023  0 Comment

Wilayah Bekasi memang terkenal akan macet dan juga padat. Meskipun demikian, ada banyak wisata alam yang menarik, salah satunya Danau di Bekasi yang memiliki keindahan alam. Danau-danau tersebut seakan menjadi obat dari hiruk pikuk kota yang terkadang membuat penat. 

Menyuguhkan pemandangan yang cantik dengan ketenangan dan kenyamanan tempatnya, membuat danau kerap menjadi pilihan wisata. Selain itu, juga banyak spot foto yang keren dan alami. Penasaran, apa saja danau-danau tersebut? Mari Simak yang berikut dengan seksama. 

10 Danau di Bekasi :

1. Danau Cibeurem 

danau cibeureum
nativeindonesia.com

Di Kabupaten Bekasi, terdapat Danau Cibeuerem yang menawan, terletak di Desa Lambangjaya, Kecamatan Tambun Selatan. Keindahan alamnya begitu asri, menghadirkan suasana pedesaan yang menenangkan. Para pengunjung dapat menikmati udara segar desa, sekaligus memancing dan bersantai di warung-warung di sekitar danau. 

Sampai di sini, rasa panas dan kemacetan khas Bekasi lenyap, digantikan oleh pesona alami Danau Cibeuerem. Pengelolaannya ditangani oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung (BBWSC) dan Perum Jasa Tirta II (PJT II), bekerjasama dengan warga sekitar danau. Danau ini merupakan tempat yang ideal untuk melupakan kepenatan kota dan menciptakan kenangan indah di bawah gemerlap alam.

2. Danau Tambelang – Danau di Bekasi

danau tambelang
orami.id

Danau Tambelang, sebuah spot wisata indah, berlokasi di Kabupaten Bekasi, Desa Banjarsari, Kecamatan Sukatani. Akses mudah melalui tol Cibitung Cilincing, keluar di tol Gabus, dan menyusuri jalan persawahan menuju Cikarang Sukatani. Biaya masuk terjangkau, hanya Rp 10.000 per kendaraan. Buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 20.00. 

Baca juga :  8 Tempat Wisata di Kanada, Seru dan Penuh Pesona

Pengunjung akan menemukan pemandangan menakjubkan seperti perahu kayu dan kolam ikan yang sangat fotogenik, ideal untuk pecinta fotografi. Jika ingin santai, saung-saung di tepi danau menawarkan ketenangan. Danau Tambelang adalah tempat yang tepat untuk merasakan keindahan alam dan menciptakan kenangan tak terlupakan dalam momen-momen berharga bersama keluarga dan teman-teman.

3. Danau Situ Rawagede 

danau situ rawagede
happyholiday.id

Terletak di Kota Bekasi, Danau Situ Rawagede menjadi destinasi menarik yang berlokasi di Kampung Bojong Menteng, Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu. Pengunjung tidak dikenai biaya masuk untuk menikmati fasilitas dan pemandangan menakjubkan di Danau Situ Rawagede. Tempat ini buka mulai pukul 08.00 hingga larut malam. 

Akses menuju lokasi dapat dilakukan dari Tol Bekasi Barat atau Bekasi Timur, lalu menuju Rawapanjang dan mengarah ke Bojong Menteng. Alternatif lainnya, dari tol Jatiasih, pengunjung dapat mengarah ke Cipendawa dan selanjutnya ke Bojong Menteng. Danau Situ Rawagede adalah surga tersembunyi yang cocok dikunjungi sebagai tempat untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam.

4. Danau Situ Abidin – Danau di Bekasi

situ abidin
kompasiana.com

Tak hanya Danau Tambelang dan Cibeurem, Kabupaten Bekasi juga menyimpan pesona Danau Situ Abidin. Terletak di Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu, danau ini mencakup area seluas 11 hektare dengan pemandangan alam yang memukau, ideal sebagai latar belakang fotografi yang menarik. 

Saung-saung indah di sekitar danau menyediakan tempat nyaman bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alami sambil bersantai bersama keluarga atau kekasih. Danau Situ Abidin menghadirkan panorama asri yang memikat hati, menciptakan momen berharga dalam ketenangan alam.

 Jika mencari tempat untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kota dan menikmati keindahan alam Kabupaten Bekasi, Danau Situ Abidin adalah pilihan yang sempurna.

5. Danau Indah Kalibaru 

danau indah kalibiru
potretkita.com

Terletak di Kp Rw. Bambu No.54, RT.003/RW.008, Kalibaru, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi, Danau Indah Kalibaru sedang dikembangkan sebagai destinasi wisata alam menarik di kota tersebut. 

Baca juga :  10 Danau di Bogor dengan Pesona Menakjubkan

Sejak akhir 2022, Pemerintah Kota Bekasi telah merencanakan dan menggagas pengembangan danau ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata alam yang menarik. Rencananya, sekeliling danau akan dilengkapi dengan jogging track dan beragam pilihan wisata kuliner. 

Saat ini, Danau di Bekasi ini telah menjadi daya tarik bagi para penggemar pemancing, yang menikmati waktu berharga di tepi danau yang menawan ini. Dengan upaya pengembangan ini, danau ini berpotensi menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona alam luar biasa.

6. Danau Duta Harapan – Danau di Bekasi

danau duta harapan
koranbekasi.id

Berlokasi tak jauh dari pusat Kota Bekasi, Danau Duta Harapan terletak di kawasan perumahan Duta Harapan, Kelurahan Harapan Baru, Bekasi Utara. Untuk mencapai danau ini, pengunjung dapat menuju bagian utara Bekasi melalui kawasan Summarecon Bekasi, lalu mengarah ke Jalan Perjuangan. 

Awalnya, Danau Duta Harapan berfungsi sebagai resapan air yang dibangun oleh pengembang, namun kemudian dijadikan tempat wisata keluarga oleh warga sekitar. 

Pengunjung dapat menikmati pesona danau ini tanpa biaya masuk, asalkan menjaga kebersihan area. Keindahan Danau Duta Harapan Indah menjadi pilihan tepat bagi keluarga untuk bersantai, bermain, dan menciptakan kenangan berharga di tengah suasana tenang Kota Bekasi.

7. Danau Summarecon 

danau summarecon
nativeindonesia.com

Terletak di kawasan Summarecon Bekasi, Danau Summarecon dapat ditemukan di Jalan Boulevard, Margamulya, Bekasi Utara. Tempat ini merupakan danau yang berada di pusat Kota. 

Pengunjung dari Jalan Ahmad Yani dapat dengan mudah mencapai danau ini melalui flyover Summarecon dan melewati bundaran Summarecon, di mana danau terletak di seberang Summarecon Mal Bekasi (SMB). 

Selain menjadi destinasi wisata alam keluarga, Danau Summarecon juga menawarkan berbagai spot menarik untuk berfoto dan berolahraga. Terdapat jogging track dan lintasan khusus pesepeda yang ramah bagi keluarga dan pengunjung. Danau ini adalah pilihan tepat untuk menciptakan momen berharga di tengah kenyamanan pusat kota.

Baca juga :  Eksplorasi 7 Danau di Bandung: Pesona Alam yang Memikat

8. Danau Situ Cipeucang – Danau di Bekasi

danau situ cipeucang
wartakota.tribunnews.com

Danau Cipeucang, yang masih berada di wilayah Kota Bekasi, berlokasi di Perumahan Bekasi Timur Regensi 3, Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya. Selain menjadi destinasi wisata keluarga yang menarik, danau ini juga berfungsi sebagai tempat penampungan air atau resapan air. 

Awalnya, danau ini hanya digunakan oleh warga sekitar sebagai lokasi pemancingan atau menjala ikan. Namun, pada tahun 2021, Wali Kota meresmikan danau ini sebagai tempat wisata alam dengan beragam wahana, termasuk jogging track di sekitarnya. 

Pengunjung dapat menikmati pesona alam dan kesegaran di Danau Cipeucang serta menikmati berbagai kegiatan rekreasi bersama keluarga dan teman-teman.

9. Danau Gramapuri

danau gramapuri
evangeliodelosreyesmagos.wordpress.com

Terletak di Desa Sukajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Danau Gramapuri Persada (atau dikenal sebagai Danau Gramapuri) merupakan resapan air yang berperan bagi Perumahan Gramapuri. Meskipun demikian, danau ini telah menjadi destinasi wisata alternatif yang populer bagi keluarga di sekitar perumahan tersebut. 

Pengunjung dapat menikmati beragam kuliner dan menyediakan berbagai pilihan aktivitas rekreasi untuk anak-anak. Setiap akhir pekan, khususnya Sabtu dan Minggu, danau yang satu ini menjadi ramai dengan kedatangan keluarga dan pedagang kaki lima. 

Keberadaan danau ini telah menjadi daya tarik yang menyenangkan bagi warga sekitar dan tempat yang menyenangkan untuk bersantai dan menikmati waktu berkualitas bersama keluarga.

10. Danau Marakash

danau gramapuri
sikidang.com

Terletak di wilayah perbatasan antara kota dan Kabupaten, Danau Marakash berada di komplek Perumahan Pondok Ungu Permai (PUP), Bekasi Utara. Sejak tahun 1992, danau ini merupakan hasil pembangunan wisata danau buatan oleh pengembang perumahan. 

Selain berfungsi sebagai tempat resapan air untuk perumahan, Danau ini juga menawarkan berbagai objek wisata keluarga dan kuliner yang menarik bagi para pengunjung. Tempat ini telah menjadi pilihan populer bagi warga sekitar untuk bersantai dan menikmati momen berharga bersama keluarga. 

Dengan beragam kegiatan dan atraksi menarik, Danau Marakash menjadi tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

source : https://www.youtube.com/@TRANSTVofficial

Itulah tadi 10 danau di Bekasi yang memiliki keindahan alam dan recommended untuk dikunjungi. Wisata danau tersebut memiliki banyak keindahan, wahana, serta menawarkan kenyamanan. Tentunya, sangat cocok untuk menghabiskan waktu Bersama, teman dan keluarga di danau yang indah. 



Leave a Reply