8 Danau Terbesar di Indonesia dengan Pemandangan Menakjubkan


Fida  November 11, 2022  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menyimpan banyaknya destinasi wisata, khususnya wisata alam. Kamu dapat mengunjungi beberapa pilihan wisata alam di Indonesia seperti pantai, gunung, hingga danau. Terdapat beberapa pilihan danau di Indonesia yang dapat kamu datangi. Salah satu yang paling menarik adalah mengunjungi danau terbesar di Indonesia. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar 8 rekomendasi danau terbesar di Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Danau Toba

danau toba
travel.detik.com

Saat berbicara tentang danau di Indonesia, Danau Toba menjadi salah satu primadona yang kerap diperbincangkan. Danau yang satu ini dikenal sebagai salah satu danau terbesar di Indonesia, bahkan juga di Asia Tenggara. Dengan luas mencapai 1130 km², danau ini memiliki panjang sekitar 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau Toba dapat kamu kunjungi di kawasan Provinsi Sumatera Utara.

Selain dikenal sebagai danau terbesar, Danau Toba juga dikenal memiliki panorama alam yang menakjubkan. Destinasi wisata yang satu ini juga memiliki cerita legenda yang populer tentang Pulau Samosir yang terletak di tengah danau. Saat datang ke Pulau Samosir, pengunjung juga akan dibuat kagum dengan adanya danau di tengah pulau yakni Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Menarik sekali bukan?

Gotravelly

Telaga Sarangan, Tempat Healing Terbaik Di Magetan

Nongkrong Di Cale Cafe Malang, Bikin Betah Dan Enggan Pulang

2. Danau Singkarak

danau singkarak
suarakampus.com

Tidak hanya Danau Toba, kamu dapat mengunjungi danau terbesar di Indonesia lainnya yakni Danau Singkarak. Danau yang satu ini memiliki luas mencapai 107,8 km2. Saking luasnya, danau ini membentang di dua kabupaten di provinsi Sumatera Barat tepatnya di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

Saat mengunjungi Danau Singkarak, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yang menakjubkan. Hamparan perairan yang luas dan ditambah dengan mengadakan perbukitan di sekeliling danau tentu membuat pengunjung betah dan enggan pulang. Danau yang menjadi danau terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Danau Toba ini tentu sangat cocok kamu datangi sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur.

3. Danau Kelimutu

danau kelimutu
liputan6.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Danau Kelimutu bukan? Sesuai dengan namanya, danau yang satu ini merupakan kawah yang dapat kamu datangi di puncak Gunung Kelimutu. Dengan luas mencapai 1.051.000 m², danau ini berhasil menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya.

Hal unik yang dapat kamu jumpai saat berkunjung ke Danau Kelimutu adalah airnya yang dapat berubah-ubah warna. Pengunjung juga akan dibuat betah dengan suasana serta panorama alam yang ditawarkan. Saat berkesempatan datang ke kawasan Nusa Tenggara Timur, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk menghabiskan waktu berlibur dengan menikmati indahnya danau ini.

4. Danau Towuti

danau towuti
askara.co

Dikenal sebagai salah satu danau terbesar di Indonesia, Danau Towuti juga menjadi destinasi wisata alam yang sayang untuk kamu lewatkan. Danau yang satu ini berlokasi di kawasan Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Dengan luas danau mencapai 561 km², Danau Towuti mampu menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah untuk mengunjunginya.

Danau Towuti geseran lempeng tektonik. Tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata, Danau Towuti juga dipilih sebagai tempat konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Sulawesi Selatan. Menarik sekali bukan?

Menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga dengan mengunjungi Danau towuti tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Indahnya pemandangan tentu akan membuatmu betah berlama-lama berada di sekitar danau ini.

5. Danau Ranau

danau ranau
regional.kompas.com

Danau terbesar di Indonesia berikutnya yang dapat kamu kunjungi adalah Danau Ranau. Danau yang satu ini memiliki luas mencapai 125 km². Karena memiliki perairan yang luas, maka tidak heran jika Danau Ranau memiliki lokasi yang mencakup dua provinsi yakni Lampung dan Sumatera Selatan.

Danau Ranau terbentuk akibat ledakan gunung berapi serta gempa. Akibat ledakan tersebut, terbentuklah cekungan besar yang menjadi danau. Saat memutuskan untuk mengunjungi Danau Ranau, kamu juga dapat sekaligus berwisata ke tempat-tempat yang berlokasi tidak jauh dari Danau Ranau. Tempat wisata yang dapat kamu kunjungi diantaranya Pulau Marisa dan Gunung Seminung. Pengunjung datang juga dapat mencoba berbagai permainan yang ditawarkan seperti kolam air panas, taman air, hingga jetski. Kawasan sekitar danau ini juga sudah dilengkapi dengan adanya tempat makan sehingga pengunjung dapat mengisi perut di sela-sela waktu berlibur.

6. Danau Matano

danau matano
nationalgeographic.grid.id

Tidak hanya dikenal sebagai danau terdalam di Indonesia, Danau Matano juga dikenal sebagai salah satu danau terbesar di Indonesia. Danau yang satu ini memiliki luas mencapai 16.000 hektar dengan panjang sekitar 28 kilometer dan lebar 8 kilometer.

Karena menawarkan keindahan alam yang luar biasa, maka tidak heran jika danau ini banyak didatangi wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah. Selain dikenal memiliki pemandangan indah, Danau Matano juga menjadi tempat tinggal bagi hewan-hewan langka seperti ikan Butini. Ikan Butini merupakan sebutan bagi ikan purba. Tidak hanya itu, Danau Matano juga merupakan tempat tinggal bagi kepiting bungka hingga keong air tawar.

7. Danau Poso

danau poso
traverse.id

Danau Poso juga masuk ke dalam daftar danau terbesar di Indonesia. Danau yang satu ini memiliki luas mencapai 323,2 km². Jika ingin menikmati indahnya wisata Danau Poso, kamu dapat datang langsung ke kawasan Kabupaten posi Sulawesi Tengah.

Danau Poso terbentuk akibat pergeseran lempeng tektonik yang terjadi sekitar 12 hingga 16 juta tahun yang lalu. Lokasinya yang berada di ketinggian 657 meter di atas permukaan laut juga menjadikan pengunjung dapat merasakan suasana sejuk di sekeliling danau.

Saat datang ke Danau Poso, kamu akan disuguhkan dengan adanya pasir putih serta gelombang yang mirip dengan air laut. Jika dilihat dengan jeli, Danau Poso juga memiliki gradasi warna yang tidak kalah indah dengan pantai. Menarik sekali bukan?

8. Danau Sentani

danau sentani
regional.kompas.com

Satu lagi rekomendasi danau terbesar di Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Danau Sentani. Danau yang satu ini dikenal memiliki luas wilayah mencapai 104 km². Kamu dapat datang dan menghabiskan waktu berlibur di Danau Sentani yang terletak di kawasan Jayapura, Papua.

Selain kerap dikunjungi sebagai destinasi wisata, pengunjung juga dapat menikmati kesenian serta budaya di kawasan danau ini pada acara festival yang digelar setahun sekali. Beberapa pertunjukan yang dapat dinikmati oleh wisatawan diantaranya tarian isosolo hingga tari perang khas Papua.

Nah itulah daftar 8 danau terbesar di Indonesia yang dapat kamu kunjungi. Panorama alamnya yang menakjubkan tentu menjadikan beberapa danau di atas cocok kamu datangi sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. Dari rekomendasi di atas, danau manakah yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply