Eksplorasi 7 Danau di Bandung: Pesona Alam yang Memikat


Fida  January 1, 2024  0 Comment

Bandung, selain dikenal sebagai kota kreatif dan berbudaya, juga menawarkan keindahan alam yang memesona, terutama dalam bentuk danau yang tersebar di berbagai kawasan. Setiap danau memiliki daya tariknya sendiri, menyuguhkan pengalaman unik dan pemandangan alam yang menakjubkan bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa danau di Bandung yang patut untuk dijelajahi:

1. Situ Patenggang

situ patenggang
orami.co.id

Terletak di kawasan Ciwidey, Situ Patenggang merupakan sebuah surga tersembunyi dengan danau eksotis dan panorama alam yang memukau. Di tepi danau ini, terdapat spot perahu yang memungkinkan pengunjung untuk menyewa dan merasakan keaslian alam yang sejuk. Kesegaran dapat dirasakan ketika berkeliaran di sekitar danau yang dikelilingi oleh kebun yang menawan. Setiap sudut di area ini menawarkan spot foto yang Instagrammable, memperkaya perjalanan dengan kenangan indah.

Bagi mereka yang berminat mengunjungi Situ Patenggang, tiket masuk tersedia dengan harga Rp 25.000 per orang. Danau ini dapat dinikmati setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Situ Patenggang berlokasi di Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

2. Situ Ciburuy

situ ciburuy
infobdg.com

Situ Ciburuy, dengan kekhasannya yang unik, menampilkan danau yang berada di tengah danau, mencerminkan sejarah wilayah Kian Santang. Hamparan alam di sekitarnya sangat beragam, mulai dari pegunungan, tebing, hingga hutan yang indah. Kejernihan air danau dan suasana yang dipenuhi pepohonan alami menjadikan objek wisata di Situ Ciburuy menarik perhatian. Pengunjung dapat mengeksplorasi danau dengan menyewa perahu, menciptakan pengalaman tak terlupakan.

Baca juga :  10 Wisata Pemancingan di Bandung Paling Seru

Tiket masuk ke Situ Ciburuy tersedia dengan harga Rp 30.000 per orang, dan danau ini buka 24 jam setiap hari. Lokasinya berada di Ciburuy, Padalarang, Kabupaten Bandung.

3. Situ Cukul – Danau di Bandung

situ cukul
gravity-adventure.com

Situ Cukul, sebuah danau alami, menawarkan pengalaman yang unik dengan berada di pinggir jalan dalam area perkebunan teh Cukul. Dikelilingi oleh hamparan perbukitan, pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Pangalengan dan jalanan yang berkelok-kelok. Dari ketinggian 1.600 meter, pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunrise yang memukau, sekaligus berfoto di berbagai sudut untuk mendapatkan hasil yang menarik.

Tiket masuk ke Situ Cukul tersedia dengan harga Rp 10.000 per orang. Situ Cukul buka setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 18.00 WIB dan berlokasi di Jalan Cukul Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

4. Situ Cileunca – Danau di Bandung

situ cileunca
radarcianjur.com

Situ Cileunca, sebuah perhiasan alam di kawasan Pangalengan, menjadi destinasi yang memikat dengan keindahan dan ketenangan yang ditawarkannya. Selain pesona danau yang memukau, keberadaan kebun strawberry di sekitar memberikan pengunjung kesempatan untuk merasakan pengalaman memetik buah segar. Tak hanya itu, ragam aktivitas seperti katepel, memanah, dan tangga jumbo menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung juga dapat merasakan kemewahan berkemah di tepi danau dengan sensasi alam yang sejuk. Selain itu, aktivitas outbound rafting di Situ Cileunca memberikan pengalaman mendebarkan bagi mereka yang mencari tantangan.

Tiket masuk Situ Cileunca tersedia dengan harga Rp 5.000 per orang, dan danau ini dapat dinikmati setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Lokasinya terletak di Jalan Situ Cileunca, Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

5. Situ Cisanti

situ cisanti
desainggris.com

Situ Cisanti, yang menjadi titik nol kilometer sekaligus sumber Sungai Citarum, memukau pengunjung dengan keasrian alamnya. Di antara pegunungan dan hutan yang masih alami, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang memesona. Keunikan danau ini terletak pada jarangnya pengunjung, menjadikannya tetap asri dan alami. Menyewa perahu adalah satu-satunya cara bagi pengunjung untuk menikmati keindahan danau sambil berkeliling.

Baca juga :  Rekomendasi Soto Enak di Bandung, Menu Comfort Food Banget!

Tiket masuk ke Situ Cisanti dapat diperoleh dengan harga Rp 15.000 per orang. Situ Cisanti buka 24 jam setiap hari dan berlokasi di Neglawangi, Kertasari, Kabupaten Bandung.

6. Sang Hyang Heleut

sang hyang heleut
kumparan.com

Sang Hyang Heleut menawarkan keindahan danau kecil berwarna hijau jernih di antara bebatuan. Dengan kedalaman mencapai delapan meter, danau ini menciptakan pemandangan yang memukau. Tersembunyi di tempat pelosok, perjalanan menuju Sang Hyang Heleut menjadi petualangan tersendiri. Meskipun membutuhkan usaha ekstra untuk mencapai tujuan, pengunjung akan disambut dengan panorama yang menakjubkan dan air yang segar di kolam.

Tiket masuk ke Sang Hyang Heleut tersedia dengan harga Rp 20.000 per orang. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, berlokasi di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

7. Situ Umar – Danau di Bandung

situ umar
cianjurpedia.pikiran-rakyat.com

Terletak di kawasan Floating Market Lembang, Situ Umar menawarkan pengalaman unik dengan pesona wisata apung menggunakan perahu. Terkenal sebagai tempat jual beli yang sering diadakan di atas perahu, danau ini juga menjadi daya tarik bagi para penggemar memancing. Area sekitar Situ Umar memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi dan berjalan-jalan, menemukan berbagai tempat menarik seperti rainbow slide, miniatur kereta api, kota mini, taman kelinci, dan wahana lainnya. Selain bermain, pengunjung juga dapat merasakan kelezatan kuliner yang ditawarkan di area ini dengan harga yang ramah di kantong.

Tiket masuk ke Situ Umar tersedia dengan harga Rp 35.000 per orang. Danau ini dapat dinikmati setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Lokasinya yang terletak di Jalan Grand Hotel No.33, Lembang, Kabupaten Bandung, menjadi destinasi yang mudah dijangkau bagi para wisatawan.

Baca juga :  10 Oleh-oleh Khas Tawangmangu Yang Murah Dan Berkesan
source : https://www.youtube.com/@TempatWisataHits

Dengan keberagaman dan keunikan setiap danau yang ada di Bandung, pengunjung dijamin akan merasakan keindahan dan kenikmatan yang luar biasa saat menjelajahi alam yang menakjubkan ini.



Leave a Reply