10 Danau Terbesar di Dunia Nampak Seperti Lautan Luas


prita  October 28, 2022  0 Comment

Danau terbesar di dunia bisa jadi salah satu tujuana wisata yang menarik untuk dikunjungi. Diketahui, Danau Kaspia merupakan danau terbesar di planet ini karena danau ini melalui beberapa negara di Asia dan Eropa. Selain Danau Kaspia, ternyata ada banyak juga danau lainnya yang ukurannya besar serta memiliki pemandangan menawan. Nah, untuk kamu yang suka berwisata ke danau, berikut ini adalah daftar danau terbesar di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

1. Danau Kaspia

Danau Kaspia
deepoceanfacts.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Danau Kaspia merupakan danau terbesar di dunia yang menarik untuk dikunjungi. Danau yang terbentuk selama 5,5 juta tahu lalu ini memiliki air asin dan ukurannya hampir sama dengan negara Jepang.

Danau Kaspia memiliki volume air sebesar 78.200 kilometer kubik yang mana volume air yang ditampung ini setara dengan 3,5 lipat gabungan dari 5 danau terbesar di dunia. Danau ini melewati beberapa negara sekaligus, seperti Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan, Azerbaijan dan Iran.

Gotravelly

Telaga Sarangan, Tempat Healing Terbaik Di Magetan

Healing Di Graha Natura Park, Tempat Piknik Cantik Berlatar Danau

2. Danau Superior

Danau Superior
michigan.org

Danau terbesar berikutnya adalah Danau Superior. Danau yang berada di antara Kanada dan Amerika Serikat ini merupakan danau air tawar terbesar di dunia dengan luas mencapai 82.414 kilometer persegi, panjang 560 kilometer dan lebar 257 kilometer.

Danau Superior ini memiliki kedalaman hingga 149 meter dan kedalaman maksimalnya mencapai 406 meter sehingga danau ini mampu menampung air sebanyak 12.232 kilometer kubik. Danau ini juga melewati beberapa negara bagian Amerika seperti Minnesota, Michigan dan Wisconsin. Sementara di Kanada, Danau Superior ini melewati provinsi Ontario.

3. Danau Victoria

Danau Victoria
africafreak.com

Menempati urutan ketiga sebagai danau terbesar, Danau Victoria ini berada di benua Afrika dan melewati tiga negara sekaligus, yaitu Uganda, Kenya dan Tanzania. Danau Victoria ini memiliki luas mencapai 68.870 kilometer persegi dan panjangnya mencapai 322 kilometer.

Nama danau ini diambil dari nama Ratu Victoria dari kerajaan Inggris di abad ke-19. Berlokasi di Afrika, Danau Victoria ini menjadi sumber penghidupan bagi berbagai jenis satwa. Beberapa hewan khas Afrika, seperti Kuda Nil, Tikus, Berang-Berang juga tinggal di danau ini.

4. Danau Huron

Danau Terbesar di Dunia
glc.org

Danau terbesar yang tak boleh untuk kamu lewatkan selanjutnya adalah Danau Huron. Danau ini memiliki luas sekitar 82.100 kilometer persegi dan panjang mencapai 332 kilometer.

Danau yang berlokadi di antara Kanada dan Amerika Serikat ini termasuk danau besar di kawasan Amerika Utara. Nama Huron sendiri diambil dari nama masyarakat lokal yang dulunya tinggal di sekitar danau.

5. Danau Michigan

Danau Michigan
phys.org

Danau Michigan juga menjadi salah satu danau terbesar yang layak untuk dikunjungi. Memiliki luas 58.000 kilometer persegi dan panjang 494 kilometer, danau ini melintasi sejumlah negara bagian Amerika Serikat, seperti Wisconsin, Illinois, Indiana dan Michigan.

Danau Michigan ini dikenal dengan pelabuhan Chicago di Amerika Serikat. Menariknya, danau ini awalnya terbentuk dari pergerakan glasial dan terbuhung dengan laut melalui kanal buatan.

6. Danau Tanganyika

Danau Tanganyika
mensjournal.com

Danau terbesar di dunia selanjutnya adalah Danau Tanganyika. Danau ini tak hanya menyandang predikat sebagai dalah satu danau terbesar, tapi juga menjadi salah satu danau paling dalam di dunia dengan kedalaman 1.436 meter.

Danau Tanganyika ini melintasi sejumlah negara di Benua Afrika, seperti Zambia, Burundi, Tanzania dan Republik Demokrat Kongo. Dulunya, Danau Tanganyika ini terbentuk karena aktivitas tektonik sehingga membentuk cekungan yang terisi air. Sunber air danau ini berasal dari beberapa sungai seperti Sungai Ruzizi, Sungai Kalamboo dan Malagari.

7. Danau Baikal

Danau Baikal
theconversation.com

Danau Baikal juga masuk dalam daftar danau terbesar di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi. Danau Baikal ini dibentuk dari gerakan dan aktivitas pecahan tektonik. Danau ini berada di Rusia dan melewati Mongolia.

Danau Baikal ini memiliki luas sekitar 31.500 kilometer persegi dengan kedalaman sekitar 744,4 meter. Air danau ini mengandung 22 hingga 23% air segar yang lebih banyak dibandingkan dari danau di Amerika Utara. Danay Baikal ini juga dikenal sebagai danau terdalam dan terbersih di dunia, tak heran jika UNESCO memasukkan danau ini sebagai Situs Warisan Dunia di tahun 1996.

8. Danau Great Bear

Danau Great Bear
pinterest.se

Danau terbesar di dunia berikutnya bisa kamu temukan di Kanada, yaitu Danau Great Bear. Danau ini ditemukan pertama kali oleh seorang pedagang yang berasal dari North West Company. Disebut sebagai Great Bear karena dulunya pedagang tersebut menemukan beruang di sekitar danau.

Danau Great Bear ini memiliki luas sekitar 31.080 kilometer persegi, panjang 320 kilometer dan kedalaman sekitar 413 meter. Danau ini juga memiliki air yang jernih dan di sekitarnya terdapat pemukiman warga. Danau Great Bear ini juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi karena pemandangannya yang indah.

9. Danau Malawi

Danau Malawi
siyabona.com

Danau Malawi merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang berada di Benua Afrika. Danau sepanjang 579 kilometer persegi dan luas 29.500 kilometer persegi ini melewati 3 negara di Afrika, yaitu Malawi, Mozambik dan Tanzania.

Danau Malawi ini awalnya ditemukan oleh pedagang Portugis yang berkunjung di tahun 1846. Danau ini terbentuk karena lempeng tektonik dan memiliki arus air yang berasal dari Sungai Ruhuhu dan Sungai Shire.

10. Danau Great Slave

Danau Great Slave
worldatlas.com

Danau terbesar di dunia yang terakhir adalah Danau Great Slave. Danau yang berada di Kanada ini memiliki luas 27.000 kilometer persegi dan panjang 480 meter. Danau ini termasuk dalam danau terbesar kedua di Kanada setelah Danau Great Bear.

Tak hanya itu, Danau Great Slave juga atermasuk dalam danau terdalam di Amerika Utara dengan kedalaman mencapai 614 meter. Air danau ini berasal dari Sungai Mackenzie yang bermuara di Samudera Arktik.

Itulah tadi daftar danau terbesar di dunia yang patut untuk kamu kunjungi. Jika masih belum bisa mengunjungi salah satunya karena memang lokasinya yang cukup jauh dari Indonesia, kamu bisa berkunjung ke salah satu wisata danau di Indonesia yang cukup populer, yaitu Danau Toba.

Sayangnya, Danau Toba yang dikenal sebagai danau terbesar di Indonesia tidka masuk dalam daftar danau terbesar di dunia. Meskipun begitu, Danau yang berada di Provinsi Sumatera Utara ini menjadi salah satu danau terbesar di Asia Tenggara yang memiliki luas mencapai 1.145 kilometer persegi. Pemandangan yang ditawarkan oleh Danau Toba ini juga tak kalah menawan. Nah, danau mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply