Cari Tahu 8 Keju Termahal di Dunia, yuk!


Jehan  March 10, 2023  0 Comment

Keju termahal di dunia – Biasanya orang akan membuat keputusan terkait dengan pilihan dalam melakukan sesuatu. Misalnya saja saat mereka menyukai makanan, orang akan terbagi menjadi dua tipikal, yakni mereka yang menyukai makanan sekadar menikmatinya atau mereka yang menyukai makanan hingga menggilainya.

Jika sudah menggilai, tentu orang tersebut akan melakukan sesuatu demi mendapatkan apa yang mereka sukai. Bahkan membayar sesuatu dengan harga tinggi pun tak menjadi masalah bagi mereka. Nah food lovers, kali ini GoTravelly lagi bahas keju termahal di dunia yang bisa buat kantong dan perut kaget.

Seperti yang kita ketahui, keju yang merupakan olahan makanan berasal dari susu ini adalah makanan popular. Selain memiliki berbagai macam jenis, keju pun memiliki ragam harga yang cukup melejit untuk setiap irisnya.

Jika kamu seorang yang sangat menyukai keju, sepertinya ulasan berikut akan sangat cocok untukmu. Mau tahu apa saja jenis keju termahal di dunia? Yuk, ikuti terus pembahasan berikut ini.

Keju Termahal di Dunia:

1. Keju Pule

keju pule
thecheeseatlas.com

Jika biasanya keju terbuat dari susu sapi atau kambing berbeda dengan Pule yang terbuat dari susu keledai. Pule adalah jenis keju yang hanya diproduksi oleh satu tempat, yakni Cagar Alam Zasavica di Serbia.

Namun meski dibilang berasal dari keledai, sebenarnya keju Pule ini tidak seutuhnya terbuat dari susu keledai saja loh. Melainkan 40% dari keseluruhan keju Pule adalah campuran susu kambing. Pencampuran tersebut dilakukan karena kandungan dari susu keledai tidak cukup mengandung kasein untuk membuat keju.

Baca juga :  10 Keju Terkenal di Belanda, Yuk Pecinta Keju Kumpul!

Hal yang menarik dari Pule adalah ia terjual dengan harga $600 setiap ponnya. Bukankah itu harga yang cukup fantastis untuk 500 gram keju dibayar dengan harga hampir menyentuh 10 juta Rupiah? Harga yang tinggi dari keju tersebut dikarenakan sumber produksi keju Pule tidak semudah didapatkan seperti keju dari susu sapi pada umumnya.

Perbandingan pemerahan susu keledai jauh lebih sedikit dibandingkan sapi. Apabila 20 keledai menghasilkan 5 liter dalam sehari Sapi bisa menghasilkan 60 liter. Tentu saja itu membuat keju Pule menjadi salah satu jenis termahal di dunia karena proses produksinya yang lambat dan langka. Luar biasa, bukan?

2. Keju Cabrales

keju cabrales
flickr.com

Keju termahal di dunia selanjutnya adalah Cabrales. Pada tahun 2018 keju ini tercatat di Guinness Book of World Records sebagai keju termahal yang dilelang. Keju dengan berat lebih dari 2 kilogram tersebut laku dengan harga pukulan terakhir mencapai $16.000 atau setara Rp242.112.000,00 loh.

Keju super mahal ini adalah keju yang terbuat dari susu kambing dan domba dengan menggunakan metode tradisional yang menggenerasi di Spanyol. Jadi, apakah kamu tertarik memberikan harga mahal saat menonton acara lelang keju seperti Cabrales?

3. Keju Moose

keju moose
atlasobscura.com

Keju termahal di dunia selanjutnya ada Moose. Moose merupakan keju dengan harga fantastis yang hanya diproduksi di Elk House, Bjurholm, Swedia. Sesuai dengan Namanya, keju ini memang terbuat dari Moose yakni seekor binatang rusa. Sebagai rumah produksi, Elk House telah menghasilkan 4 jenis keju Moose, yakni White Mould Cheese, Creamy Blue Cheese, Dried Blue Cheese, dan Feta Cheese.

Di antara ke 4 keju tersebut, banyak orang yang memilih Feta Cheese karena memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus serta keasaman rasa yang tidak begitu pekat. Keju Moose adalah keju mahal yang dihargai sebesar $500 per pon.

Baca juga :  10 Tradisi Lebaran di Indonesia Yang Unik dan Menarik

4. Keju White Stilton Gold

keju white stilton gold
prestigeonline.com

Dalam sejarah mengenai keju termahal di dunia terciptalah keju White Stilton Gold yang dijual dengan harga $400 untuk setiap pon-nya. Bukan seperti keju sebelum-sebelumnya yang menggunakan bahan susu dari hewan selain sapi atau kambing.

Keju White Stilton Gold adalah keju yang dihasilkan dari susu sapi. Diproduksi di satu desa Long Clawson di Inggris keju ini pernah menjadi favorit para tokoh besar yang mendunia. Jika kamu memperhatikan tampilan dari keju ini, kamu akan melihat adanya lapisan kertas emas yang bertaburan di dalam keju. Itulah yang membuat keju menjadi sangat berharga.

5. Keju Wyke Farm

keju wyke farms
cheeseshop.sg

Sebagai pecinta keju, apa kamu pernah mendengar salah satu merk dagang Wyke Farms ini? Mereka adalah salah satu produsen keju terbesar di Inggris yang telah melegenda sejak tahun 1950-an loh. Keju Wyke Farms terbuat dari susu sapi dan dimasak dengan metode perusahaan yang rahasia.

Terlebih lagi Wyke Farm memang telah memiliki citra brand-nya tersendiri dan cukup terkenal di dunia. Sehingga tidak khayal mereka bisa memberikan harga yang cukup tinggi dari hasil produksi kejunya. Keju produksi Wyke Farm yang memiliki usia lebih lama, akan dijual dengan harga lebih mahal mencapai $200. Sedangkan keju dengan usia lebih muda akan dihargai lebih murah.

Baca Juga:

Keju Terkenal di Spanyol

Keju Popular dari Belanda

6. Keju Extra Old Bitto

keju extra old bitto
dopitalianfood.com

Extra Old Bitto adalah keju yang dijual dengan harga $150 untuk setiap pon-nya. Sesuai dengan Namanya, keju termahal di dunia ini memiliki usia yang sangat tua. Sebelum keju ini dijual, mereka telah memiliki usia 18 tahun.

Ada fakta menarik tentang keju Extra Old Bitto ini loh! keju dari Italia ini adalah salah satu jenis keju tertua yang dapat dimakan dalam sejarah perkejuan. Bagaimana menurutmu tentang keju Extra Old Bitto? Tertarik mencoba keju tertua ini?

Baca juga :  7 Tradisi Unik Isra’ Mi’raj Sejumlah Daerah di Indonesia

7. Keju Rogue River Blue

keju rogue river blue
thecheeseatlas.com

Keju termahal di dunia selanjutnya adalah keju bernama Rogue River Blue. Keju yang dinamai sesuai asal tempatnya di Oregon ini merupakan olahan susu sapi yang dibuat dalam waktu satu tahun sekali selama musim gugur.

Satu hal yang membuat keju Rogue River Blue ini menjadi unik adalah proses pembuatannya yang melibatkan tahap pembungkusan keju dengan daun anggur yang dibasahi pear spirit di umur kematangan 11 bulan. Proses tersebut menciptakan rasa unik dari keju.

Apabila ingin mencicipi Rogue River Blue, seseorang harus membayar seharga $75 untuk setiap pon. Bagaimana, apakah kamu ingin mencicipinya? Tampilannya terlihat lezat ya!

8. Keju Caciocavallo Podolico

keju caciocavallo podolico
castagnasrl.com

Caciocavallo Podolico adalah keju yang memiliki bentuk unik dan dijual dengan harga $50 per pon. Nama yang digunakan untuk keju ini merupakan istilah yang diambil sebagai simbol proses pengangkutan keju produksi yang diangkut oleh kuda (cavallo). Sedangkan kata Podolico merujuk pada jenis ternak sapi yang berkembang di Italia Selatan.

Keju Caciocavallo Podolico memiliki bentuk yang berbeda dengan keju pada umumnya, bentuknya seperti balon kecil berisi air atau terlihat seperti kantong. Selain memiliki bentuk yang unik, keju ini juga dikeringkan dengan cara digantung dan dibiarkan matang hingga tiga bulan saat musim dingin berlangsung

Dari 8 keju termahal di dunia yang telah dirangkum oleh GoTravelly di atas tersebut, mana yang membuatmu tertarik untuk mencobanya? Tentu saja memakan keju sangat enak jika disandingkan dengan sajian lainnya. Kamu bisa menikmati keju dengan berbagai macam pilihan menu lain entah itu berupa makanan atau minuman seperti anggur. Bukankah itu akan membuat keju semakin nikmat untuk dicicipi?



Leave a Reply