10 Keju Paling Enak di Dunia Hadirkan Rasa Gurih Asin Yang Khas


Fida  March 27, 2020  0 Comment

Keju menjadi salah satu olahan susu yang sangat populer dan banyak disukai. Lezatnya rasa keju menjadikan olahan yang satu ini disukai oleh banyak kalangan baik anak-anak, remaja, hingga dewasa itulah mengapa keju paling enak di dunia banyak diburu. Tidak jarang keju diolah sebagai tambahan bahan makanan atau menjadi topping untuk berbagai hidangan makanan. Keju juga bisa disantap dan dinikmati secara langsung.Selain lezat dan kaya manfaat, ternyata keju juga memiliki cukup banyak jenis yang berasal dari berbagai negara di dunia lho.

10 Keju Paling Enak di Dunia :

1. Parmesan, Italia

keju parmesan
sajiansedap.grid.id

Parmesan menjadi salah satu jenis keju yang cukup dikenal. Jenis Keju Parmesan berasal dari negara Italia, tepatnya di daerah Parma. Bentuk Keju Parmesan cukup unik dan mudah dikenali yakni berbentuk bundar seperti kue bolu.

Keju Parmesan memiliki tekstur yang padat dengan rasa yang sedikit manis. Cara pembuatan keju parmesan ini cukup lama lho, yakni sekitar 3 bulan hingga 1 tahun lamanya. Karena rasanya yang lezat, Keju Parmesan sering digunakan sebagai tambahan makanan atau topping. Salah satu keju paling enak di dunia ini wajib Anda coba.

retoran terdekat

Delicioso Bistro & Restaurant, Tawarkan Sajian Gluten Free

Chicken Skak: Olahan Ayam Ala Youtuber Bayu Skak!

2. Cheddar, Inggris

keju cheddar
jakarta.tribunnews.com

Keju paling enak di dunia selanjutnya adalah Cheddar. Keju Cheddar berasal dari negara Inggris, tepatnya di Desa Cheddar. memiliki keunikan yakni teksturnya yang keras dan berwarna putih gading.

Baca juga :  10 Camilan Terenak di Afrika, Unik Dan Enak Dikunyah

biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan kue atau makanan lainnya. Keju cheddar dibuat dari susu sapi dan mengandung banyak vitamin, salah satunya vitamin B12. Di Indonesia, Keju Cheddar termasuk jenis keju yang cukup mudah dijumpai.

3. Emmental, Swiss

Emmental
bobo.grid.id

Keju Emmental merupakan salah satu keju paling enak di dunia. Keju yang berasal dari negara Swiss ini memiliki bentuk yang unik. Bentuk keju dengan banyak lubang ini tentu sudah tidak asing Anda lihat. Keju Emmental memiliki warna kuning dengan bentuk bulat.

Proses pembuatan Keju Emmental yang berasal dari Swiss ini memiliki proses yang cukup panjang. Susu yang digunakan untuk membuat Keju Emmental merupakan susu yang berasal dari sapi yang diberi makan jerami. Jika Anda pecinta keju, lezat dan lembutnya Keju Emmental wajib Anda coba.

4. Mozzarella, Italia

keju mozzarella
teknoboga.com

Selain Keju Emmential, Mozzarella juga menjadi salah satu keju paling enak di dunia. Keju Mozzarella berasal dari negara Italia, yakni dari daerah Campania. Jika kebanyakan keju dibuat dari susu sapi saja, lain halnya dengan Keju Mozzarella ini. Selain dibuat dari susu sapi, Keju Mozzarella juga dibuat dari susu kerbau.

Keju Mozzarella identik dengan warnanya yang putih. Tekstur yang lembut dan rasa yang gurih menjadikan Keju Mozzarella cocok digunakan sebagai topping suatu hidangan. Keju Mozzarella cocok ditambahkan dalam hidangan pizza, lasagna, hingga hidangan lokal seperti ayam geprek mozzarella.

5. Gouda, Belanda

Gouda
kumparan.com

Gouda merupakan jenis keju yang berasal dari negara Belanda. Salah satu keju paling enak di dunia ini dibuat dengan menggunakan susu sapi, hampir sama dengan keju pada umumnya. Bedanya, Keju Gouda diproses lebih lama dengan cara memanaskan susu sapi hingga dadih terpisah dengan susunya. Setelah itu, proses masih terus berlanjut hingga menghasilkan cita rasa keju yang lezat.

Baca juga :  10 Kuliner Indonesia Dengan Nama Unik Bikin Otak Ngeres Hingga Lucu

Jika Anda suka dengan cita rasa keju yang manis, Keju Gouda cocok menjadi pilihan Anda. Tekstur Keju Gouda yang renyah dan gurih juga berhasil membuat banyak orang ketagihan. Biasanya, Keju Gouda digunakan sebagai topping leleh atau disajikan secara utuh.

6. Stilton, Inggris

Stilton
brilicious.brilio.net

Selain Cheddar, Inggris memiliki satu jenis keju lagi yang tak kalah popular yakni Stilton. Salah satu keju paling enak di dunia ini memiliki bahan yang cukup unik untuk menghasilkan rasa yang lezat. Jika kebanyakan keju dibuat dengan bahan dasar susu sapi, ada tambahan jamur dalam proses pembuatan Keju Stilton ini.

Keju Stilton memiliki warna yang unik, takni dengan corak kebiruan di dalamnya. Corak biru yang berada di Keju Stilton berasal dari jamur yang ditambahkan dalam pembuatan keju ini. Keju Stilton memiliki bentuk silinder dengan lubang-lubang kecil di sisi luar keju. Lubang-lubang kecil yang terbentuk di kulit Stilton berasal dari jarum yang ditusukkan ke kulit keju.  

7. Blue Cheese, Denmark

blue cheese
idntimes.com

Blue Cheese merupakan salah satu keju paling enak di dunia. Sesuai dengan namanya, Blue Cheese merupakan keju dengan corak kebiruan yang menjadi ciri khasnya. Hampir sama seperti Keju Stilton, bedanya hanya ada pada permukaan keju yakni Blue Cheese memiliki warna kebiruan pula.

Bagi Anda yang tidak suka dengan bau tajam, mengonsumsi Blue Cheese sangat tidak disarankan. Hal itu dikarenakan Blue Cheeese memiliki bau yang tajam dan sangat menyengat. Tekstur yang sedikit lembab menjadikan Blue Cheese terasa lembut saat dinikmati.

8. Edam, Belanda

keju edam
idntimes.com

Edam merupakan keju yang berasal dari Negara Belanda. Salah satu keju paling enak di dunia ini memiliki bentuk mirip seperti apel jika dilihat sekilas. Bagian luar keju yang merah dan dalamnya yang berwarna kuning pucat menjadi ciri khas Keju Edam.

Baca juga :  10 Jenis Mochi di Jepang Jajanan Yang Cocok Buat Oleh Oleh

Kandungan lemak di Keju Edam juga dikenal sangat sedikit jika dibandingkan dengan keju lainnya. Karena hal tersebut, tak jarang Keju Edam menjadi pilihan untuk disantap saat berdiet. Lezatnya Keju Edam cocok digunakan untuk topping maupun hidangan tambahan dalam sebuah menu.

9. Camembert, Perancis

Camembert
food.detik.com

Perancis memiliki keju dengan cita rasa lezat dan masuk ke dalam daftar keju paling enak di dunia lho. Keju Camembert namanya. Keju yang dibuat degan bahan dasar susu sapi mentah ini diproses dengan cara diberi tambahan bakteri rennet dan diasamkan selama 1 hingga 1,5 jam.

Bentuk Keju Camembert cukup khas yakni berbentuk bundar dan agak tipis. Bagian luar Keju Camembert dilapisi dengan jamur putih. Cita rasa asin dari Keju Camembert sangat cocok digunakan sebagai tambahan olahan makanan seperti olesan roti.  

10. Chevre, Perancis

Chevre
bacaterus.com

Selain Keju Chamembert, Keju Chevre juga menjadi keju khas Perancis. Jika kebanyakan keju dibuat dengan bahan dasar susu sapi atau susu kerbau, Keju Chevre ini menggunakan susu kambing sebagai bahan dasar pembuatan keju.

Lezatnya Keju Chevre cocok digunakan untuk tambahan hidangan seperti isian sandwich. Keju Chevre dikenal memiliki tekstur yang lunak dan lembab. Proses pembuatan dan fermentasi yang cukup lama menghasilkan cita rasa keju lezat yang bisa Anda nikmati.



Leave a Reply