7 Kapal Selam Terbesar di Dunia, Kekuatan Maritim Terkuat


Jehan  August 7, 2023  0 Comment

Kapal Selam Terbesar di Dunia – Apakah sobat GoTravelly tahu tentang kapal selam? sebuah kendaraan yang bergerak di bawah permukaan laut ini pertama kali dikembangkan oleh seorang ilmuan bernama Cornelius Van Drebbel sejak tahun 1620.

kapal selam terbesar di dunia
unsplash.com

Awal mulanya ilmuwan dari Belanda tersebut merancang ide mengenai kapal selam agar dapat digunakan oleh manusia untuk belajar tentang lingkungan laut. Sejak adanya kapal selam sebagai salah satu sarana transportasi tersebut, kini keberadaannya menjadi lebih popular untuk kepentingan militer.

Eksistensi kapal selam semakin kuat ketika Perang Dunia terjadi. Kapal selam digunakan saat Revolusi Amerika serta perang antara AS dan Inggris pada tahun 1812. Saat ini perjalanan dari kendaraan maritim ini telah semakin berkembang.

Di lansir dari Marine Insight berikut deretan kapal selam terbesar di dunia yang perlu kamu ketahui. yuk, cari tahu nama serta asal kapal tersebut bersama GoTravelly berikut ini.

Kapal Selam Terbesar di Dunia

1. Kapal Selam Typhoon Class Terbesar di Dunia- Rusia

Apabila kamu penasaran dengan moda maritim yang terbesar di dunia, maka pada urutan pertama ada Typhoon Class. Kapal selam tersebut adalah transportasi terbesar yang pernah di buat.

Typhoon dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1960an untuk mempersenjatai diri ketika melawan AS dalam perang dingin. Namun saat ini kapal selam terbesar yang pernah ada di dunia tersebut telah dipensiunkan dari Angkatan Laut Rusia.

Baca juga :  10 Tradisi Lebaran di Indonesia Yang Unik dan Menarik

Kapal ini memiliki panjang mencapai 574 kaki, jika diperkirakan ukurannya lebih dari dua kali lipat lapangan sepak bola mungkin bisa mencapai ukuran 3 lapangan bola. Bagaimana menurutmu, ukuran yang sangat luar biasa, bukan?

2. Kapal Selam Borei Class Rusia

Kapal selam terbesar di dunia selanjutnya masih berasal dari negara yang sama, yakni Rusia. Generasi Borei keempat ini adalah sebuah kapal selamt kelas pertama yang dibuat pada akhir Rezim Soviet.

Borei Class dibuat untuk melayani kebutuhan pasukan Angkatan Laut Rusia. Di mana keberadaan kapal selam ini menggantikan kapal selam kelas Delta III – IV dan kelas Typhoon. Jika membicarakan ukuran dari kapal selam Borei Class ini, maka ukurannya tidak lebih besar dari Typhoon Class sebelumnya.

Kapal Selam Boreo Class ini memiliki panjang 170 meter dengna lebar sekitar 13 meter. Akomodasi ini memiliki ukuran yang bisa mencapai kapasitas 107 anggota awak, dengan kecepatan menyelam 25 knot.

Meski pun kapal Borei Class lebih kecil dibandingkan dengan kapal selam Typhoon Class, namun keberadaanya masih bisa dikategorikan sebagai kapal selam terbesar di dunia. Kapal ini dapat membawa 16 rudah Bulava-SLBM dan 6 rudal SS-N-15 loh!

kapal selam dunia
unsplash.com

3. Kapal Selam Ohio-Class – Amerika Serikat

Pada urutan ketiga kapal selam terbesar di dunia ada Ohio Class milik Amerika Serikat. Kapal ini memiliki panjang mencapai 560 kaki. Kapal besar ini digunakan pertama kali oleh angkatan laut AS di antara rentang tahun 1977 – 1998.

Fakta menarik yang menjadi keunggulan dari kapal selam Ohio Class ini adalah kapal yang bisa membawa kapasitas pembawa rudal lebih besar dibandingkan Typhoon dan Borei Class. Setiap kapal dilengkapi dengan 24 rudal trident II yang bisa menjangkau 12.000 kilometer.

Baca juga :  Daya tarik 10 Bandara Terbaik di Dunia Menjadikannya Sebagai Tempat Wisata Unik

Kapal selam dari Amerika Serikat ini dapat menampung 90 anggota awak, kapal pun dilengkapi dengan empat dek, sistem pemrosesan sonar. Akomodasi maritim ini juga ditenagai oleh reaktor air bertekanan (PWR), dan dua turbin. Kapal ini bisa mencapai kedalaman lebih dari 800 kaki dengan kecepatan lebihd ari 25 knot.

4. Kapal Selam Delta Class – Russia

Kapal selam terbesar di dunia selanjutnya adalah Delta Class dari Rusia. Delta Class merupakai serangkaian kapal selam rudal balistik milik Rusia pada tahun 1970an. Kapal ini memiliki 4 sub kelas, yakni Delta I, II, III, dan IV.

Delta Class memiliki panjang rangka sekitar 167 meter dengan lebar 12,5 meter. Masing-masing dari keberadaan Delta Class tersebut dibuat untuk melakukan sebuah misi yang berbeda.

Kapal selam Delta Class I melakukan sebuah patroli di laut Norwegia dan laut Barents. Selanjutnya keberadaan kapal Delta II ini adalah sebuah pembaruan dari Delta I sebelumnya.

Delta II memiliki ukuran lebih panjang 16 meter dan membawa 16 rudal yang juga dilengkapi dengan sistem peredam bising. Setelah itu untuk kapal selam Delta III dirancang dengan kemampuang mampu menyerang target yang berbeda dalam waktu bersamaan. Jarak serangan yang dimiliki oleh kapal Delta III ini sekitar 7.000 hingga 8.000 kilometer.

Kapal selam Delta Class selanjutnya yang ke IV dibangun pada tahun 1981 dan 1993. Kapal keempat ini menjadi bagian dari armada utara Rusia. Di mana dek kapal dirancan dengan lapisan akustik dan sistem peluncuran D-9RM.

5. Kapal Selam Oscar Class Russia

Kapal selam Oscar Class berikutnya adalah sebuah kapal yang menjadi bagian dari armada utara Rusia. Saat ini kapal ini sedang dalam proses perawatan modernisasi agar meningkatkan umur penggunaan mereka.

Baca juga :  10 Tari Pedang di Dunia Yang lincah Dan Mengesankan

Akomodasi kapal selam ini dibuat dengan ukuran panjang mencapai 154 meter dengan lebar 18 meter. Bentuk dari kapal selam ini cukup menawan dengan sirip berukuran besar dan baling-baling tujuh bilah.

Kapal Selam Oscar Class 949 A Antey dilengkapi dengna 24 rudal SS N 19 yang bisa menjangkau 600 kilometer. Kapal ini memiliki perpindahan 24.000 ton dengan kecepatan jelajah bawah laut sekitar 30 knot.

kapal maritim
unsplash.com

6. Kapal Selam Vanguard Class United Kingdom

Selanjutnya ada sebuah kapal dari UK bernama Vanguard Class. Kapal kelas ini berisi empat kapal selam rudal balistik yang dibuat untuk kekuatan maritim Angkatan Laut Inggris pada tahun 1994.

Kapal ini dirancang sekitar tahun 1985 – 1999 oleh sebuah perusahaan bernama Vickers Shipbuilding & Engineering. Setiap kapal selam mereka dirancang untuk berisi 16 tabung rudal dan rudal nuklir Trident II D5 yang dapat menjangkau target sejauh 5.000 mil.

Vanguard Class juga dapat membawa 192 hulu ledak loh. Kapal selam dari UK ini memiliki sitem sonar yang bisa mendeteksi keberadaan kapal lainnya lebih dari lima puluh mil jauhnya.

7. Yasen (Graney) ClassRussia

Kapal selam berikutnya adalah kelas Yasen yang juga dikenal dengan kelas Graney. Yasen dirancang oleh sebuah perusahaan kapal terbesar di Rusia. Kapal selam ini pertama kali beroprasi pada tahun 2013 bernama Severodvinsk.

Dua tahun sebelumnya pada tahun 2021, kapal selam dari kelas Yasen bernama Kazan dan Novosibirsk juga telah beroperasi. Kapal ini dirancang dengan kemampuan tempur. Kabar terbaru dari kapal selam terbesar di dunia ini, mereka memiliki rencana akan meluncurkan kapal kelas Yasen pada tahun 2029.

Kapal yang masih dalam proses pembuatan ini dibuat dengan rudal jelajah untuk melancarkan sebuah serangan darat. Apakah kamu tahu, jika kapal selam Yasen yang memiliki panjang mencapai 140 meter ini memiliki kapasitas membawa 32 rudal.  

https://www.youtube.com/@NotWhatYouThink

Sobat GoTravelly itulah deretan kapal selam terbesar di dunia yang pernah ada. Apakah kamu ingin mendapatkan informasi menarik lainnya? yuk, temukan di GoTravelly!



Leave a Reply