Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Indah Berselimut Sejarah, Berikut 11 Tempat Wisata Menarik di Serbia


Reni  January 30, 2019  0 Comment

Baru-baru ini sedang hits liburan ala Benua Eropa karena objek wisata di sana mengundang sejuta tanya baik budaya maupun view alamnya yang berbeda dari negara lainnya. Ada banyak sekali tempat wisata di Serbia yang bisa Anda jadikan referensi untuk menambah pengetahuan ataupun koleksi album foto. Setiap tempat wisata yang ada di serbia ini selalu memberikan momen spesial dan Anda tidak akan pernah kapok untuk berkunjung lagi.

1. Biara Studenica

Studenica

UNESCO World Heritage Centre

Tempat ibadah yang satu ini sangat mengagumkan bentuk bangunannya karena didukung oleh pepohonan rindang hijau nan cantik. Kubah yang mencorakkan khas Agama Kristen Ortodoks ini sangat dikagumi sehingga terkenal dengan sebutan Ibu Biara Ortodoks di Serbia. Pendirinya adalah seorang bernama Stefan Nemanja yang memulai pembangunan pada abad 12 di Serbia Tengah. Ada hal menarik dari biara ini yaitu dibangunnya sebuah vihara sebagai tempat ibadah dan hal ini membuktikan bahwa kerukunan antar sesama memang selalu menjadi hal utama. Makam dari pendiri Biara Studenica berada di area terdekat dan Anda yang berkenan melihat dan mendoakan tak perlu jauh-jauh.

2. Prizren

prizen serbia
Lonely Planet

Kota Prizen dan sekitarnya dahulunya dikenal karena tidak ada pengakuan resmi wilayah dari Kozovo namun hal itu tidak berarti mematikan penduduk sekitarnya. Kota yang mulai hidup di abad pertengahan ini membuktikan eksistensinya hingga saat ini dengan salah satu daya tarik bangunan Benteng Prizren. Tak hanya benteng itu saja, bangunan ibadah Gereja Our Lady of Ljovis menunjukkan kemegahannya seantero kota, warga yang memuja Tuhan selalu mengutamakan kedamaian.

3. Temple Saint Sava

tempat wisata di serbia

Serbia.com

Satu tempat ibadah di serbia yang tidak kalah menariknya dengan kota lainnya yaitu Temple Saint Sava. Gereja ini bertempat di kota balkan dan memiliki kubah dengan tinggi mencapai 134 meter. Cukup mengesankan bagi pemeluk agama kristen ortodoks saat melakukan ibadah setiap minggunya. Apalagi jika sedang perayaan natal dan tahun baru, gereja ini tidak akan sepi dari pendoa Tuhan Yang Agung.

4. Belgrade Fortress dan Kalemegdan Park

Anda yang penasaran ingin mengetahui seluk beluk kota Belgrade bisa memasuki area kota ini tanpa perlu membayar mahal. Ada sebuah saksi bisu yakni benteng Belgrade yang dibangun pada abad 15 dengan sentuhan khas serbia. Benteng ini dibangun dengan 2 tempat, bagian atas dan bawah serta ada pula taman luas yang biasa digunakan warga sekitar untuk bermain, membaca, olahraga, melukis, serta konser mini. Jika Anda masuk ke bagian bawah tanah hanya perlu membayar sekitar Rp. 100 ribu saja untuk mengetahui masa zaman peperangan dan pahlawan yang ada di era tersebut.

5. Subotica

Penganut Katolik yang tekun bisa mencoba berkunjung ke Subotica, yakni terdapat tempat ibadah megah Katedral St. Theresa dari Avila. Terdapat juga cafe makanan khas serbia dan pusat belanja barang baru dan bekas yaitu Buvljak. Warga di Kota Subotica ini notabene menyukai warna biru sehingga bangunan yang ada di sini berwarna kombinasi biru dan putih. Warna yang menenangkan seperti warga yang menyukai kedamaian.

6. Museum Tesla

Anda pastinya pernah mendengar nama Nikola Tesla jika belajar fisika terapan bukan?

Yah, tentunya ilmuwan tersebut lahir di Serbia dan telah melahirkan sebuah penemuan sumber listrik non kabel yang karyanya diakui hingga saat ini. Di museum ini Anda bisa memperdalam pengetahuan tentang ilmu fisika karena semua literatur, foto, hasil karya ada di sini semua. Museum Tesla merupakan salah satu tempat wisata di Serbia yang setiap hari tidak pernah sepi dari pengunjung lokal hingga internasional. Segala penemuan berbau fisika ditempatkan di sini, ada pula model komputer pertama beserta nama penemunya hingga pengembangan komputer terbaru. Berwisata sambil beredukasi sangat bermanfaat bagi mahasiswa semester akhir dalam mencapai nilai terbaik.

7. Taman Kopaonik

Jika Anda memiliki hobi mendaki gunung, di sinilah tempat yang pas sekali untuk Anda kunjungi Gunung Taman Kopaonik. Gunung yang telah resmi dibuat taman nasional sejak tahun 1981 ini merupakan gunung tertinggi di Serbia dan terkenal sekali dengan olahraga ice skatingnya. Taman Kopaonik telah mengalami kemajuan setiap tahunnya dengan menambah kereta gantung hingga 25 dan 30.000 lebih pengunjung ice skating setiap jamnya. Pemandangan memukau bisa Anda temui saat musim panas, sekitar pegunungan akan terlihat hamparan hijau dan jenis hewan yang cukup langka ditemui di kota. Gunung ini juga menyimpan harta bawah tanah emas yang sukar digali dan hanya menjadi aset negara saja.

8. Bukit Devil’s Town

Cerita misteri akan Anda temui saat menilik bukit devil’s town, konon bukit ini terbentuk dari kumpulan orang yang berada di pesta pernikahan dan terjadi kutukan oleh setan air (Djavolja voda). Entah benar atau tidak mitos tersebut namun seorang ahli geologi menyebutkan bahwa batuan yang berjajar tersebut terjadi karena erosi air lautan. Batuan yang berjajar ini hampir 200 lebih berdiri kokoh hingga sekarang dan belum ada orang yang mampu mendaki semua batuan tersebut.

9. Goa Resava

Negara Serbia tak hanya terkenal dengan wisata bangunannya yang unik dan megah namun ada sebuah wisata alam bawah tanah yakni Goa Resava yang cukup menantang adrenalin. Saat memasuki kawasan bertabur kelelawar dan tokek ini sedikit merinding, namun semakin Anda masuk ke dalam akan ada batuan stalagmit dan stalaktit yang saling berdampingan, mengkilap dan menjulang indah. Goa yang ditemukan pada tahun 1962 ini memang pada awalnya tidak terawat dan sumber mata air warga sekitar namun seiring berjalannya waktu, goa ini tidak lagi seram dan menjadi tujuan wisata bawah tanah yang mengasyikan. Goa ini tidak terlalu panjang namun cukup buat Anda mengenal berbagai pengetahuan bebatuan di dalamnya, hanya sepanjang 6,6 meter dan lebar 4,4 meter Anda perlu mencobanya.

10. Drvengrad

Drvengrad merupakan sebuah desa bentukan seorang sutradara film tersohor bernama Emir Kusturica. Beliau memiliki ide pembuatan desa wisata khas serbia mulanya hanya untuk kepentingan syuting film berjudul Life Is a Miracle. Akan tetapi, semakin banyak orang yang terpukau dengan desa bentukannya ini maka dijadikan desa wisata yang sejuk nan nyaman.

11. Novi Sad

Kota indah yang dekat dengan pantai di Serbia ini memang memiliki gaya arsitektur yang kuat. Kota yang dekat dengan Sungai Danube ini memberikan kesan adem kepada siapapun yang mengunjunginya. Tak hanya itu saja, Kota Novi Sad juga terkenal dengan Kastil Tua Dvorac Dundjerski dan Gereja Martir Agung St. George dan taman kota yang menyenangkan. Setiap bulan Juli pasti diadakan acara musik tahunan di Petrovaradin untuk meramaikan suasana kota.

Bagaimana Anda tertarik bukan untuk merencanakan liburan natal tahun 2019 di tempat wisata di Serbia bersama keluarga besar Anda.



Leave a Reply