10 Air Terjun di Inggris yang akan Membawamu Berpetualang


Jehan  November 18, 2022  0 Comment

Ada banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi saat berliburan ke Inggris. Namun apabila kamu menyukai petualangan yang tidak terduga, maka kamu harus coba untuk berkunjung ke air terjun yang ada di Inggris ini.

Berikut 10 rekomendasi air terjun di Inggris yang bisa kamu kunjungi dan siap mengajakmu berpetualang. Simak yuk!

1. Jesmon Dene Waterfall

jesmon dene waterfall
freepik.com

Jesmon Dene adalah air terjun yang ada di sudut Newcastle. Sebenarnya Jesmon Dene merupakan salah satu air terjun buatan yang ada di Inggris. Jesmond Dene merupakan sebuah lembah dengan hutan sempit, di mana arahnya mengikuti aliran sungai Ouseburn di antara South Gosforth da Jesmond Vale.

Jika kamu berkunjung ke sini kamu bisa menemui pemandangan yang menakjubkan. Perpaduan beragam pohon yang eksotis menjadikan tempat ini sebagai rumah untuk satwa liar.

Jika beruntung, kamu juga akan melihat binatang hutan, seperti tupai merah, burung kingfisher, dan burung hutan lainnya. Jesmon Dene akan menjadi tempat istirahat terbaik untukmu yang ingin suasana tenang.

Saat berkunjung Jesmon Dene, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti berjalan melewati jembatan dan mengikuti aliran sungai menuju air terjun, berpiknik, berkunjung ke tempat bermain anak-anak yang ada di sana, atau bahkan kamu juga bisa menikmati penampilan teater yang ada di sana.

2. Stock Ghyll Force waterfall

stock ghyll force
fotospot.co.uk

Stock Ghyll Force waterfall merupakan air terjun di Inggris yang bisa kamu temui di Lake District. Apabila kamu sudah berada di Lake District dan menemui sebuah tulisan “Force” itu artinya kamu sudah dekat dengan tujuan utama air terjun.

Stock Ghyll adalah anak sungai dari aliran Rothay yang mengalir ke Waterwheel dn Bridg House yang ada di kota Ambleside.

Letak Stock Ghyll berada terselip dan tersembunyi di dalam hutan yang cantik. Sehingga tidak jarang orang menyebutnya sebagai air terjun yang dramatis.

Tidak hanya itu saja, air dari aliran Stock Ghyll juga menjadi daya untuk bangunan serta pabrik industri yag ada di sekitar sana loh.

3. Ingleton waterfalls

ingleton waterfall
milhousecottages.co.uk

Ingleton adalah salah satu air terjun di Inggris yang cukup terkenal. Letaknya di Ingleton, Tenggara Kendall di Taman Nasional Yorkshire Dales. Jika kamu berencana ke air terjun ini, kamu bisa mengambil langkah dari Kendall M6 dan mengarah ke arah selatan.

Setelahnya kamu harus mengambil arah ke Kirkby Lonsdale A65 dari sana kamu bisa ke arah Ingleton. Jika kamu bingung dengan arah menuju Ingleton kamu bisa mengikuti penunjuk arah yang banyak terpasang di sana. Jadi kamu tidak perlu khawatir tersesat saat menuju ke Ingleton.

Saat kamu berkunjung ke sini, kamu akan mendapati pemandangan indah. Air terjun Ingleton menawarkan pemandangan yang cantik dengan hutan ek yang dikenal sangat bagus di Inggris.

Perjalanan menuju ke Ingleton ini membutuhkan waktu sekitar dua setengah hingga empat jam, tergantung bagaimana langkahmu berjalan. Jangan lupa persiapkan tubuh dengan baik saat ingin berkunjung ke air terjun yang satu ini.

4. Pecca Falls

pecca falls
mylondon.news

Pecca Falls merupakan salah satu nama air terjun yang akan kamu temui saat berkunjung ke taman air terjun Ingleton. Pecca Falls adalah nama yang diberikan untuk serangkaian air terjun di Sungai Twiss di Swilla Glen, dekat Ingleton sebagai salah satu air terjun di Inggris. Biasanya Pecca ini menjadi air terjun pertama yang ditemui di kawasan Ingleton Waterfall Walk.

5. Aira Force

aira force
parkcliffe.co.uk

Aira Force dikenal dengan pemandangan tamannya yang memiliki gaya khas Victoria yang manis. Selain itu pemandangan dari bebatuan menambah Aira Force semakin lebih indah. Aliran dari Aira force ini jatuh di bawah jembatan batu dan letaknya ada di lahan National Trust.

Jika ingin sampai ke Aira Force ini, kamu harus melakukan perjalanan menyusuri hutan. Medan yang akan kamu temui juga sedikit memintamu untuk mendaki dan menuruni beberapa bukit curam.

6. Middle Black Clough

middle black clough
cluedinwithkids.co.uk

Apabila kamu ingin berkunjung ke Middle Black Clough, kamu harus menyusuri Peak District. Jika kamu dari arah Trans Pennine Trail maka kamu hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk berjalan dan sampai di lembah Longdendale, lokasi di mana Middle Black Clough bersembunyi.

Berjalan untuk menemui air terjun ini sangat cocok kamu lakukan di musim gugur. Middle Black Clough memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Pemandangan cantikknya sangat cocok untukmu yang gemar mengabadikan memori dengan mengambil foto. Selama menyusuri jalan menuju ke lokasi, jalan yang kamu tempuh tidak begitu sulit, hanya saja batu-batu yang akan kamu pijak cukup licin. Sehingga kamu harus berhati-hati saat melangkahkan kaki ya.

7. Beezly Falls

beezly falls
myyorkshiredales.co.uk

Beezley merupakan serangkaian air terjun yang berada di sungai Doe. Letaknya tepat di atas ngarai Baxenghyll. Air terjun ini akan menjadi air terjun pertama yang akan kamu temui ketika kamu beranjak kembali dari perjalanan air terjun Ingleton.

8. St Nectan’s Glen

st nectans glen
cornwalls.co.uk

St Nectan’s Glen sebenarnya merupakan areal hutan yang ada di Trethevy tidak jauh dari Tintagel yang ada di sisi utara Cornwall. Sedangkan di dalam area ST Nectan’s Glen ini terdapat sebuah air terjun yang cantik.

Orang lebih sering menyebutnya dengan nama dari area hutan ini, meskipun begitu air terjun di dalamnya memiliki nama tersendiri, yakni St Nectan’s Kieve.

Air terjun ini memiliki pemandangan yang cukup unik, karena aliran airnya mengalir melewati lubang bebatuan. Aliran air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 kaki.

Saat kamu berkunjung ke sini, kamu pasti akan mendapatkan pemandangan yang berbeda dari penampakan air terjun pada umumnya.

9. Thornton Force

thornton force
myyorkshiredales.co.uk

Air terjun yang satu ini termasuk air terjun populer di Yorkshire Dales. Bahkan air terjun Thornton force ini disebut sebagai air terjun yang terbaik dari sepanjang rangkaian Ingleton Waterfalls Walk.

Dari ketinggian sekitar 46 kaki, air ini mengalir dari atas sebuah tebing batu kapur. Saat kamu berkunjung ke sini, kamu akan mendapatkan pemandangan yang mampu membuatmu takjub.

Pemandangan dari air terjun ini terlihat sangat terbuka. Sebagian besar bebatuan yang kamu lihat ketika berkunjung ke sini, merupakan bebatuan yang memiliki usia sangat tua sekitar ratusan juta tahun lamanya. Menarik, bukan?

Beberapa turis yang berkunjung ke sini, seringkali berhenti sejenak untuk memperhatikan pemandangan dari bebatuan besar yang ada di air terjun tersebut. Apabila kamu ingin berkunjung ke sini, coba datanglah pada hari biasa, karena Thornton Force ini cukup dikenal ramai dengan pengunjung di akhir pekan.

10. Low Force

low force
englandsnortheast.co.uk

Air terjun Low Force, salah satu air terjun di Inggris yang memiliki pemandangan sederhana nan cantik. Air terjun ini merupakan bagian dari rangkaian air terjun yang berada di sungai Tees Dale yang indah di Inggris.

Air terjun yang satu ini sangat mudah untuk diakses, kamu bisa memulai langkah perjalananmu dari pusat pengunjung Bowless.

Air terjun Low Force memiliki kekuatan air yang tidak begitu kencang dengan ketinggian rendah. Saat kamu berkunjung ke sini, kamu akan melihat air mengalir di atas lapisan bebatuan dolerit atau warga lokal mengenalnya dengan whinstone.

Saat kamu berada di sini, cobalah untuk mengikuti arah air dan menyusurinya ke arah hulu, nanti kamu akan bertemu dengan air terjun lainnya yang juga dikenal dengan air terjun High Force.

Bagaimana dari deretan 10 air terju di Inggris tersebut, apakah ada yang ingin kamu kunjungi dan jelajah?

Jangan lupa ambil foto sebanyak-banyaknya untuk menyimpan memori perjalanan indahmu!



Leave a Reply