10 Tempat Wisata di Tawangmangu Selalu Bikin Rindu


prita  May 29, 2021  0 Comment

Tempat Wisata di Tawangmangu dikenal sebagai salah satu kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kawasan ini memang cukup akrab di telinga wisatawan karena memang tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tawangmangu dikenal sebagai destinasi wisata pegunungan karena memang lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu. Nah, jika kamu tertarik untuk berlibur ke Tawangmangu, Berikut ini adalah tempat wisata di Tawangmangu

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu
superadventure.co.id

Wisata di Tawangmangu yang pertama wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Air terjun setinggi 80 meter memang menjadi wisata favorit di kawasan Tawangmangu.

Untuk mencapai air terjun ini kamu harus melalui anak tangga sebanyak 1.250 anak tangga yang pastinya akan membuatmu kelelahan. Sambil menyusuri tangga, kamu akan diajak melewati hutan yang sangat asri dengan udara yang sejuk, bahkan kamu juga bisa berpapasan dengan monyet-monyet yang tinggal di hutan ini. Namun, semuanya akan sebanding dengan keindahan air terjun ini.

review kuliner

Jajan Sate Di Jalan Tembus Sarangan. Kuliner Yang Bikin Kangen Anak Rantau

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

2. Kedung Sriti

 Kedung Sriti
youtube.com

Wisata di Tawangmangu selanjutnya juga masih berupa air terjun, yaitu Kedung Sriti.

Mungkin Kedung Sriti tidak sepopuler Grojogan Sewu, namun air terjun ini memiliki pemandangan yang cukup indah.

Kedung Sriti memiliki pemandangan air terjun yang asri dengan pepohonan di sisi air terjun. Air terjun setinggi 10 meter ini memang masih sangat asri meskipun tidak ada pengurus yang merawatnya. Untuk itulah, kamu harus ekstra hati-hati saat menyusuri jalan setapak yang ada disampingnya yang berupa jurang.

3. Kebun Teh Kemuning

 Kebun Teh Kemuning
jejakpiknik.com

Kebun Teh Kemuning adalah salah satu wisata di Tawangmangu yang sayang sekali untuk dilewatkan. Kebun ini berada di bawah lereng Gunung Lawu dan sangat terkenal di kalangan wisatawan karena tiket masuknya yang terjangkau dan pemandangannya yang indah.

Kebun Teh Kemuning menawarkan panorama alam yang luar biasa. Kamu bisa menikmati hamparan hijau pohon teh yang menyegarkan mata. Tempat ini memang sangat cocok bagi destinasi wisata kamu yang menyukai menghabiskan waktu di area pegunungan. Udara disini sangat sejuk dan sejauh mata memandang kamu bisa melihat indahnya hamparan hijau yang cocok untuk dijadikan spot foto.

4. Taman Ria Balekambang

Taman Ria Balekambang
surakarta.pro

Wisata di Tawangmangu yang satu ini juga sangat cocok bagi kamu yang hobi fotografi. Taman Ria Balekambang ini berada tak jauh dari kawasan wisata Tawangmangu dan menawarkan pemandangan berupa landmark-landmark dunia yang bagus untuk spot foto.

Taman Ria Balekambang ini menawarkan sensasi berkeliling dunia dalam satu tempat. Tak hanya menampilkan landmark-landmark keren untuk berfoto, disini kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Selain itu, beragam fasilitas lain juga disuguhkan disini, mulai dari 3D Art Studio hingga wahana permainan air yang sangat seru. Kamu juga bisa melakukan beragam kegiatan yang memacu adrenalin, seperti flying fox, high rope hingga bermain ATV.

5. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan
inews.id

Jika kamu menyukai wisata alam, maka berkunjung ke Telaga Sarangan ini bisa menjadi pilihan. Telaga Sarangan adalah sebuah danau yang berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut.

Telaga sedalam 28 meter ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah dengan udara yang sangat sejuk, mengingat lokasinya yang ada di kaki Gunung Lawu. Disini kamu kamu bisa mencoba wahana boat yang bisa disewa seharga Rp 50.000 yang akan membawamu berkeliling danau selama 2 putaran dengan kecepatan yang fantastis.

Selain naik boat, kamu juga bisa mencoba mengendarai kuda berkeliling telaga. Di kawasan ini juga kamu bisa mencoba kuliner khasnya serta berbelanja berbagai macam souvenir cantik juga kebutuhan sayuran juga buah-buahan.

6. Candi Cetho

Candi Cetho
nativeindonesia.com

Wisata di Tawangmangu yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Candi Cetho. Candi Cetho merupakan Candi Hindu yang berada di kaki Gunung Lawu. Sampai saat ini Candi Cetho masih digunakan untuk tempat ibadah juga tempat ziarah Umat Hindu serta digunakan untuk menggelar upacara rutin setiap tanggal 1 Syuro dan setipa 6 bulan sekali untuk memperingati Wuku Medangsia.

Konon, Candi Cetho ini dibangun bertujuan untuk tempat Upacara Ruwatan, yaitu sebuah upacara penyucian diri. Meskipun candi ini banyak dikenal sebagai tempat yang cukup mistis, namun keindahan dari Candi Cetho ini sungguh sangat sayang untuk dilewatkan.

7. Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia
mytrip123.com

Rumah Atsiri Indonesia juga menjadi salah satu wisata di Tawangmangu yang tak boleh dilewatkan. Rumat Atsiri merupakan hasil dari restorasi Pabrik Citronella Indonesia Bulgaria.

Disini kamu bisa berkunjung ke Aromatic Garden yang dipenuhi berbagai jenis bunga yang berwarna-warni. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke Museum Essential Oil untuk memberikan informasi mengenai sejarah dari minyak Atsiri ini. Kamu pun bisa menikmati makanan khas Atsiri hingga berbelanja di toko aromatic serta mengikuti workshop.

Tempat wisata ini dipenuhi dengan beragam koleksi bunga yang cantik dari berbagai jenis tanaman penghasil minyak atsiri. Tak hanya itu, setiap sudut dari kawasan ini juga cukup instagramable, lho.

8. Sakura Hills

Sakura Hills
brobali.com

tempat Wisata di tawangmangu yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang hobi fotografi. Sakura Hills merupakan sebuah wisata yang mengusung konsep ala Jepang dengan suasana khas Gunung Lawu.

Disini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah pepohonan sakura yang berlatar belakang Gunung Lawu. Tak hanya itu, taman ini juga dilengkapi dengan bangunan-bangunan khas Jepang yang ikonik, seperti Gerbang Torii, Benteng Takeshi hingga Samurai Park. Bahkan, disini kamu pun bisa mencoba mengenakan pakaian tradisional Jepang untuk berfoto agar membuatmu seolah-olah berada di Jepang.

9. Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang
travelspromo.com

Bukit Mongkrang juga masuk dalam daftar tempat Wisata di tawangmangu yang layak untuk kamu kunjungi. Wisata ini cocok sekali bagi kamu yang suka berwisata alam atau yang masih pemula dalam hal mendaki.

Bukit yang berada di sebelah selatan Gunung Lawu ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, tak heran jika bukit ini menjadi salah satu spot foto favorit. Di bukit ini terdapat padang ilalang yang sangat indah dan instagramable. Jika kamu ingin menikmati lebih banyak waktu di bukit ini, kamu bisa mendirikan tenda untuk bisa menikmati kesejukan udara di bukit ini serta fanomena matahari terbit di pagi hari yang sangat indah.

10. The Lawu Park

The Lawu Park
wartabengawan.com

Tempat Wisata di tawangmangu yang terakhir adalah The Lawu Park. The Lawu Park ini memang menjadi salah satu wisata yang cukup baru namun sudah banyak menyedot perhatian banyak wisatawan.

The Lawu Park menawarkan keindahan hutan pinus dengan sejumlah aktivitas serta wahana yang cukup menarik. Disini kamu bisa mencoba bermain flying fox, ATV hingga naik jeep dan trail adventure. Tak hanya itu, kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan berfoto-foto di kawasan taman ini karena pemandangan ala pegunungan dengan hutan pinusnya menjadi daya Tarik tersendiri.



Leave a Reply