gizeline | Traveler
Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia | Historical Places
06 Jan 2020


Gapura Wringin Lawang, Megahnya Gerbang Kerajaan Majapahit
Kota Mojokerto memang memiliki banyak sekali peninggalan Kerajaan Majapahit yang masih terjaga hingga saat ini, salah satunya adalah Gapura Wringin Lawang ini. Simak Megahnya Candi ini yuk..

How to Get There

Masih seputaran wisata sejarah di Mojokerto, setelah mengunjungi Maha Vihara Buddha Tidur, Museum Majapahit dan Candi Bajang Ratu, aku dan temanku kembali melanjutkan perjalanan ke sebuah candi yang juga peninggalan Kerajaan Majapahit yaitu Gapura Wringin Lawang atau yang juga sering disebut sebagai Candi Jati Pasar.

Disebut sebagai Candi Jati Pasar karena situs sejarah ini berlokasi di Desa Jati Pasar, tepatnya di Dusun Wringin Lawang, Trowulan, Mojokerto. Wisata ini mudah sekali ditemukan guys karena lokasinya tak jauh dari jalan utama. Untuk menuju kesini kalian juga bisa naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.gapura wringin lawangPintu masuk Gapura Wringin Lawang

What to Do

Meskipun lokasinya ngga jauh dari jalan utama, tapi tak membuat wisata ini menjadi banyak dikunjungi oleh wisatawan lho guys. Jika dibandingkan dengan beberapa wisata lain yang ada di Trowulan, Gapura Wringin Lawang ini adalah yang paling sepi. Terbukti, saat kami berkunjung di sore hari saat jam operasionalnya akan berakhir, hanya ada kami berdua aja pengunjungnya di hari itu, ngga ada lainnya.

gapura wringin lawang

Untuk mengunjungi wisata ini, pengunjung sama sekali ngga dikenakan tiket masuk ataupun parkir kendaraan. Kalian cukup mengisi buku tamu di pos penjagaannya aja dan kemudian bisa melanjutkan menikmati indahnya Gapura Wringin Lawang ini.

Lalu, kenapa candi ini disebut sebagai Gapura Wringin Lawang? Menurut beberapa sumber, dulunya di situs ini berdiri sepasang pohon beringin yang dalam bahasa Jawanya adalah “Wringin”. Bentuknya yang menyerupai pintu ini lah yang kemudian membuatnya disebut sebagai “Lawang”. Karena ukurannya yang sangat besar dan megah, banyak masayarakat yang menyebutnya sebagai candi.

gapura wringin lawang

Gapura Wringin Lawang terbuat dari batu bata dan sebagian dari anak tangganya terbuat dari batu. Sekilas bangunan ini agak mirip dengan Candi Bajang Ratu, tapi Gapura Wringin Lawa ngga punya gunungan diatasnya. Bentuk dari gapura ini adalah candi yang terbelah dua dengan denah empat segi panjang yang memiliki panjang 13 meter, lebar 113 meter dan tingginya mencapai 15,50 meter.

gapura wringin lawang

Gapura ini menghadap ke timur dan barat, diperkirakan menuju timur ke barat dan terbukti banyak ditemukan sumur-sumur disebelah barat daya gapura dan ditemukan juga barang pecah belah dan pecahan-pecahan genteng menghadap ke timur.

gapura wringin lawang

Gapura Wringin Lawang diperkirakan sudah ada sejak tahun 1815 dan konon ditemukan dalam keadaan rusak parah juga ditumbuhi rerumputan. Kemudian pada tahun 1991 hingga 1995 Gapura Wringin Lawang ini mengalami pemugaran hingga menjadi yang nampak saat ini.

gapura wringin lawang

Masyarakat Islam kuno masih menganggap Gapura Wringin Lawang ini adalah tempat yang masih keramat. Mereka yang akan memiliki hajatan biasanya mengadakan ritual tumpengan dan memberikan beberapa sesaji berupa kepala, sayang dan ekor ayam yang diletakkan di gapura ini.

gapura wringin lawang

Di balik segala kisahnya, Gapura Wringin Lawang ini bisa menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Sama halnya dengan candi-candi lain yang ada di kawasan Trowulan ini, Gapura Wringin Lawang juga dikelilingi oleh taman yang cantik dan juga asri. Untuk itu, kalo kalian pengen berwisata sejarah, kalian perlu mempertimbangkan untuk mengunjungi tempat ini.

gapura wringin lawangTaman di sekitar Gapura Wringin Lawang

gapura wringin lawang

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Gapura Wringin Lawang bisa dikunjungi setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.
  • Tiket masuknya gratis.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Jangan merusak bangunan bersejarah ini.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY