Menengok Peninggalan Kerajaan Majapahit di Museum Majapahit Trowulan

museum majapahit trowulan

gizeline | Traveler
Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia | Museum
31 Dec 2019


Menengok Peninggalan Kerajaan Majapahit di Museum Majapahit Trowulan
Suka jalan-jalan ke Museum? Kalian wajib banget mengunjungi Museum Majapahit yang ada di Mojokerto ini. Seperti apa isinya? Simak ulasanku berikut ini yuk

How to Get There

Masih soal wisata di Mojokerto, destinasi yang aku kunjungi setelah Vihara Buddha Tidur adalah Museum Majapahit. Sebelumnya aku emang belum pernah kesini, jadi ini pertama kalinya aku masuk ke museum ini. Museum Majapahit ini berlokasi di Jalan Pendopo Agung, Trowulan, Mojokerto. Untuk menuju kesini, kalian bisa naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

What to Do

Museum Majapahit Mojokerto ini ternyata sudah dibangun sejak puluhan tahun yang lalu. Namun semakin berkembangnya zaman, museum kerap dilupakan sehingga kesannya terbengkalai dan terkesan monoton. Tapi Museum Mojopahit ini hadir lebih menarik dan informatif.

museum majapahit trowulan

Sekitar tahun 1924, Bupati Mojokerto saat itu R.A.A Kromodjojo bekerjasama dengan Ir Henry Maclaine yang merupakan seorang arsitek Belanda, mereka membentuk perkumpulan untuk meneliti penemuan peninggalan Kerajaan Majapahit bernama OVM atau Oudheed Vereeneging Majapahit. Awalnya mereka hanya memanfaatkan gudang kecil yang sederhana untuk menyimpan artefak dan mengamankannya dari penjarahan. Barulah tahun 1926 dibangun dengan nama Museum Trowulan. Kira-kira begitulah sejarah singkat mengenai Museum Majapahit ini guys.

Museum Majapahit ini punya suasana yang nyaman dan asri, meskipun berada di tengah perbatasan kota. Museum ini berada di sebuah lahan seluas 57 hektar yang masih alami dan dipenuhi pepohonan besar yang berjejer. Penataan tamannya juga cukup ciamik sehingga menjadi spot foto yang menarik.

museum majapahit trowulan

Koleksi yang disimpan di museum ini cukup beragam guys. Mereka dipamerkan dalam beberapa klasifikasi, seperti Koleksi Tanah Liat, Koleksi Keramik, Koleksi Logam dan Koleksi Batu. Koleksi-koleksi tersebut berupa koleksi arca, mata uang kuno, guci, alat-alat rumah tangga hingga miniatur. 

museum majapahit trowulanRuang Koleksi Logam

museum majapahit trowulanSalah satu koleksi logam di Museum Majapahit

museum majapahit trowulan

museum majapahit trowulan
Ruang Koleksi Batu dan Tanah Liat

museum majapahit trowulan

museum majapahit trowulan

museum majapahit trowulan


Di bagian belakangnya terdapat sebuah pendopo dimana ditengahnya terdapat beberapa koleksi benda purbakala. Tak hanya itu, disini juga terdapat beberapa arca, seperti Arca Wisnu menunggang Garuda yang berukuran besar. Arca ini merupakan penggambaran Airlangga, Raja Kahuripan yang dipercaya sebagai titisan Dewa Wisnu. Tak jauh dari sana terdapat Arca Gajasura Samhara Murti.

museum majapahit trowulan

Ohya, di taman museum ini juga bisa kalian temukan pohon buah Maja lho, buah Maja berbentuk bulat dan berwarna hijau. Ceritanya, saat Raden Wijaya dan para pengikutnya sedang membabat alas Tarik untuk dijadikan pemukiman, pengikutnya memakan buah Maja muda yang rasanya pahit. Maka dari itu kerajaan ini diberi nama Majapahit yang kemudian berkembang menjadi sebuah kerajaan terkuat di Nusantara.

Saat berkunjung ke museum ini, museum ini dipenuhi rombongan karya wisata dari beberapa sekolah. Mereka tak hanya berwisata, tapi juga belajar soal sejarah Majapahit lho. So guys, kalo kalian suka banget berwisata sejarah, jangan lupa untuk berkunjung ke Museum Majapahit ini ya.

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Tiket masuk yang dikenakan untuk museum ini adalah Rp 5.000 per orang.
  • Museum ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.
  • Jangan datang sendirian, ajak teman-teman dan keluarga kalian.
  • Jaga kebersihan tempat ini.
  • Jangan rusak koleksi yang ada disini.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY