23 Air Terjun Tertinggi Di Indonesia Paling Indah dan Lokasinya


sisil angelin  April 18, 2018  0 Comment

Tahukah Anda, air terjun di Indonesia tidak hanya menawarkan panorama alamnya yang indah dan mempesona, namun juga menawarkan keberadaan air terjun yang sangat tinggi. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa air terjun tertinggi di Indonesia, yaitu:

  • Air Terjun Sigura-Gura (250 Meter)

Air Terjun Sigura-Gura

KSMTour.com

Air terjun Sigura-gura adalah air terjun yang mempunyai ketinggian 250 meter. Curug Sigura-gura ini terletak di Dusun Sigura-gura, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kab. Toba Simosir, Provinsi Sumatera Utara. Air terjun Sigura-gura juga menjadi salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia. Air terjun ini berada di aliran sungai Asahan dengan ketinggian yang mencapai 820 kaki. Air terjun Sigura-gura dikontrol oleh pintu waduk Sigura-Gura yang yang sangat ideal di bagian atasnya.

review kuliner

Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Air Terjun Mangku Kodeq Yang Memikat Hati

  • Air Terjun Madakaripura (200 Meter)

Air Terjun Madakaripura

KSMTour.com

Air terjun Madakaripura merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian yang mencapai 200 meter. Air terjun Madakaripura terletak di Desa Branggah, di Desa Negororejo, wilayah Kecamatan Lumbang, yang masuh di area Kabupaten Probolinggo (Jawa Timur). Pada dasarnya air terjun Madakaripura ini berbentuk ceruk yang dikelilingi oleh bukit yang biasanya meneteskan air di seluruh area tebingnya, hal ini juga mirip seperti sedang adanya hujan.

  • Air Terjun Nokan Nayan (180 Meter)

Air Terjun Nokan Nayan

backpackerjakarta.com

Air terjun tertinggi di kawasan Indonesia selanjutnya adalah curug Nokan Nayan. Nokan Nayan mempunyai ketinggian sekitar 180 meter. Aliran air ke curug Nokan Nayan bersumber dari dua air terjun dan juga dua sungai yang berbeda, akan tetapi akan meluncur dalam satu tempat yang berada diujung sebuah lembah. Tahukah Anda, jika air terjun ini mempunyai debit air yang sangat besar, apalagi pada saat musim hujan. Sehingga tidak heran jika sekitar Nokan Nayan terdapat kabut yang membumbung cukup tinggi dan juga berbentu seperti pelangi abadi dibawahnya pada saat matahari sedang terik. Nokan Nayan berlokasi di pedalaman pulau Kalimantan atau lebih tepatnya berlokasi di Desa Deme, Kacamatan Ambalau, Kabupaten Sintang (Kalimantan barat).

  • Air Terjun Payakumbuh (150 Meter)

Air Terjun Payakumbuh

ekogeo-ekogeo.blogspot.co.id

Air terjun Payakumbuh merupakan salah satu air terjun yang memiliki ketinggian yang mencapai 150 meter. Air terjun Payakumbuh terletak di Ngarai harau atu lebih tepatnya berjarak sekitar 35 km dari kota Bukittinggi. Air terjun Payakumbuh ini berada di sela-sela perbukitan lembah Harua. Selain itu, air terjun Payakumbuh juga dekat dengan sebuah jurang yang sangat dalam.

  • Air Terjun Batang Kapas (133 Meter)

Air Terjun Batang Kapas

backpackerjakarta.com

Air terjun Batang Kapas memiliki ketinggian sekitar 133 meter. Air terjun Batang Kapas berlokasi di kawasan Desa Lubuk Bigau, Kenegerian Pangkalan kampas, Kacemaatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Suasana di sekitar air terjun Batang Kapas ini sangatlah sejuk, apalagi air terjun Batang Kapas dikelilingi oleh perpohonan yang masih sangat terjaga ataupun asri sehingga akan membuat air terjun ini semakin mempesona.

  • Air Terjun Sipiso Piso (120 Meter)

Air Terjun Sipiso Piso

mata-anginsumatera.blogspot.co.id

Air terjun Sipiso Piso mempunyai ketinggian 120 meter dan berlokasi di Dusun Hutabaringi, Desa Tongging, Kecematan Merk, Kabupaten Karo (Sumatera Utara). Air terjun ini meluncur sangat deras dan berbentuk garis vertikal. Air terjun ini juga terletak di sekitar bibir Danau Toba. Air terjun Sipiso Piso ini masuk ke dalam tipe Plunge karena airnya yang meluncur secara vertikal.

  • Air Terjun Jarakan (115 Meter)

Air Terjun Jarakan

andriantw1964.wordpress.com

Air terjun Jarakan mempunyai pemandian kecil di bagian bawahnya yang dapat digunakan oleh pengunung untuk mencuci muka atau bahkan berendam. Air terjun yang mempunyai ketinggian mencapai 100 meter ini terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

  • Air Terjun Tumpak Sewu (110 Meter)

Air Terjun Tumpak Sewu

Berkeliling.com

Air terjun Tampak Sewu ini juga cukup sering disebut dengan Coban Sewu yang merupakan salah satu air terjun tertinggi dikawasan Indonesia. Air terjun Tumpak Sewu mempunyai ketinggian hingga mencapai 110 meter. Tahukah Anda, jika air terjun yang satu ini juga menjadi sebuah air terjun paling terindah di Pulau Jawa ataupun di Indonesia. Hal ini dikarenakan curug Tumpah Sewu mempunyai aliran air yang melebar layaknya sebuah tirai. Air terjun Tumpak Sewu ini termasuk ke dalam tipe Tiered. Air terjun Tumpak Sewu berada di dalam sebuah lembah yang cukup curam atau lebih tepatnya terletak di Dusun Jagalan, yang masuk dalam Desa Sidomulyo, wilayah Kecamatan, Pronojiwo, di Kabupaten Lumajang (Jawa Timur).

  • Air Terjun Penimbungan (110 Meter)

Air Terjun Penimbungan

backpackerjakarta.com

Air terjun Penimbungan ini juga dikenal dengan sebutan air terjun Penimbungan Torean. Air terjun yang satu ini mempunyai ketinggian sekitar 110 meter yang ada dikawasan lereng utara Gunung Rinjani. Debit air terjun Penimbungan bersumber langsung dari Danau Segaran Anak, sehingga tidak heran jika aliran air terjun Penimbungan sangat deras dan mempunyai warna biru toska. Selain itu, Air terjun Penimbungan juga dapat menimbulkan kabut dibawahnya, hal ini dikarenakan air terjun Penimbungan ini di kelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi. Nah, karena diapit oleh tebing yang menjulang cukup tinggi maka membuat aliran air yang jatuh ke dalam kolam menimbulkan suara gemuruh yang cukup riuh.
Jika Anda hendak menikmati keindahan alam ditempat ini maka Anda bisa melihatnya dari atas Lembah Sungai Lokok Putih. Hal ini dikarenakan jalan untuk menuju ke bawah air terjun Penimbungan cukuplah terjal dan juga masih dilarang karena bisa membahayakan nyawa pengunjungnya. Air terjun penimbungan ini berlokasi di Desa Sajang, kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur (Nusa Tenggara Barat).

  • Air Terjun Kabut Pelangi (110 Meter)

Air Terjun Kabut Pelangi

YouTube.com

Air terjun kabut Pelangi juga dikenal dengan sebutan coban kabut pelangi yang merupakan salah satu air terjun yang mempunyai ketinggian mencapai 110 meter. Pemberian nama kabut pelangi ini karena di kawasan air terjun Kabut Pelangi sangat sering muncul pelangi. Hal ini disebabkan oleh cahaya matahari serta pembiasan airnya. Nah, bagi pengunjung yang beruntung maka Anda bisa melihat pelangi yang ada di bagian bawah air terjun. Air terjun Kabut Pelangi ini mempunyai debit air yang sangat deras, apalagi saat musim penghujan tiba.
Mengenai pemandangan di sekitar air terjun Kabut Pelangi ini memang tidak bisa diragukan lagi. Apalagi air terjun Kabut Pelangi dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi dan berwarna kecoklatan. Selain itu, air terjun Kabut Pelangi ini juga dikelilingi oleh perpohonan yang sangat lebat. Air terjun Kabut Pelangi ini berlokasi di kawasan Desa Pronojiwo, wilayah Kecamatan Pronojiwo, yang masuk di area kabupaten Lumajang, (Jawa Timur).

  • Air Terjun Sedudo (105 Meter)

Air Terjun Sedudo

ksmtour.com

Air terjun Sedudo berlokasikan di Kecamatan Sawahan, wilayah Kab. Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Tahukan Anda, masyarakat setempat air terjun Sedudo hingga kini masih meyakini jika Air terjun Sedodo ini mempunyai dominasi supranatural. Banyak para wisatawan yang mengunjungi curug ini di bulan Suran (Kalender Jawa). Hal ini dikarenakan sebuah mitos yang mengatakan jika pada bulan tersebut dapat membawa berkah awet mudah bagi setiap orang yang mandi di air terjun Sedodo.

  • Air Terjun Moramo (100 Meter)

Air Terjun Moramo

backpackerjakarta.com

Air terjun Moramo merupakan air terjun bertingkat yang mempunyai ketinggian sekitar 150 meter. Nah, dari ketinggian 100 meter tersebutlah air akan mengalir melewati tujuh jenis penampung utama dan 60 jenis penamupung ala pantai yang berukuran kecil. Air terjun Moramo ini terletak di Hutan Suaka Alam Semenanjung Provinsi Sulawesi Tenggara.

  • Air Terjun Curug Citambur (100 Meter)

Air Terjun Curug Citambur

Wisatalova.com

Curug Citabur merupakan sebuah air terjun yang memiliki ketinggian 100 meter dan berlokasikan di Desa Karang Jaya, yang berlokasi di Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur (Jawa Barat). Curug Citabur ini mempunyai air yang sangat tinggi sehingga tidak ada seorangpun yang berani mandi ditempat ini. Meskipun tidak bisa mandi, namun Anda tetap masih bisa melihat pemandangan alamnya yang masih sangat asri karena belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

  • Curug Ngebul (100 Meter)

Curug Ngebul

travelwisatajabar.blogspot.co.id

Curug Ngebul merupakan salah satu air terjung yang mempunyai ketinggian mencapai 100 meter. Pemberian nama Curug Ngebul ini di karenakan sebuah cerita jika ada seorang putri yang mandi di air terjun Ngebul sehingga membuat airnya tiba-tiba menjadi ngebul dan juga berasap. Selain cerita tersebut, ada juga cerita versi lainnya yang mengatakan jika air dari curug ini beruap dikarenakan terpaan batu di bagian bawahnya. Oleh sebab itulah airnya menjadi selalu terlihat ngebul dan juga berasap. Bagi Anda yang hendak berkunjung ke air terjun Ngebul memang cukup sulit untuk sampai ke bawah. Hal ini dikarenakan hamburan air terjunnya yang sangat banyak sehingga membuat jarak pandang cukup dekat.
Tahukan Anda, banyak orang yang mengatakan jika Curug Ngebul ini merupakan sebuah surga tersembunyi tersembunyi yang ada di Kabupaten Cianjur. Curug Ngebut ini juga berada di ketinggian 1.000 meter dari atas permukaan air laut. Curug Ngebul ini juga mempunyai panorama yang sangat indah dan mempesona sehingga tidak heran sangat banyak wisatawan yang berkunjung ke air terjun yang satu ini. Air terjun Atau Curug Ngebul ini berlokasi di Desa Bunijaya, yang masuk dalam Kecamatan Pagelaran, di wilayah Kabupaten Cianjur (Jawa Barat).

  • Air Terjun Ponot (100 Meter)

Air Terjun Ponot

sipohonlontar.blogspot.co.id

Air terjun Ponot merupakan air terjun yang berketinggian 100 meter. Air terjun Ponot  berlokasi di kawasan Dusun Sampuransiarimo, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kab. Toba Samosir, Provinsi Sumatera Selatan. Aliran air terjun Ponot bersumber langsung dari Sungai Ponot. Debit air terjun Ponot cukuplah besar dan desar sehingga membuat pemandangan di curug Ponot menjadi lebih indah. Dibawah air terjun Ponot terdapat berbatuan alam yang cukup banyak. Berbatuan alam ini berukuran cukup besar dan membuat panorama sekitar air terjun Ponot menjadi lebih indah dan mempesona.

  • Air Terjun Surodipo (100 Meter)

Air Terjun Surodipo

bakpiamutiarajogja.com

Air terjun Surodipo merupakan sebuah air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 100 meter. Air terjun Surodipo ini berlokasi di Kabupaten Temangung, Jawa Barat. Aliran air terjun Surodipo bersumbar dari sungai Tracoh. Kawasan air terjun Surodipo  ini juga sangat terkenal karena pemandangan alam sekitarnya yang sangat indah dan juga suasana yang sejuk.

  • Air Terjun Curup Tenang (99 Meter)

Air Terjun Curup Tenang

suzannita.com

Air terjun Curup tenang merupakan air terjun yang mempunyai ketinggian 99 meter. Air terjun Curup Tenang juga menjadi yang paling tinggi dikawasan Sumatera Selatan. Curug Curup tenang ini berlokasi di Desa Bedegung, wilayah Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Banyuasin (Sumatera Selatan), ataupun lebih tepatnya berjarak 56 kilometer dari selatan Muara Enim. Aliran air di celah tebing menuju ke barisan dan juga kebawah ini juga tidak pernah kering. Sehingga tidak heran jika air terjun Curup Tenang meluncur sangat deras.

  • Air Terjun Curug Cipendok (92 Meter)

Air Terjun Curug Cipendok

garispena.blogspot.co.id

Curug Cipendok merupakan air terjun yang memiliki ketinggian hingga 92 meter dan terletak di kawasan lereng Gunung Slamet. Air terjun Curug Cipendok juga mempunyai daya tarik tersendiri yang mampu menarik minat pengunjung. Apalagi air terjun Cipendok masih sangat terjaga lingkungannya dengan baik dan asri karena belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Air terjun Curug Cipendok ini juga dikelilingi oleh hutan yang menawarkan keindahan alamnya yang sangat indah. Tidak hanya itu saja, sepanjang perjalanan menuju ke Curug Cipendo ini juga terdapat hamparan perkebunan yang cukup luas yang dapat memanjakan mata para pengunjungnya. Air terjun Curug Cipendok  ini berlokasi di Desa Karang Tengah, wilayah Kecamatan Cilongok, di Kabupaten Banyumas atau sekitar 25 kilometer dari Purwokerto.

  • Air Terjun Curug Cimahi (85 Meter)

air terjun tertinggi di indonesia

zulkiflisaid.com

Air terjun Curug Cimahi terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, kabupaten Bandung, Jawa Barat, atau berjarak 10 kilometer dari Cimahi. Selain itu, jika dari Bandung maka Anda harus menempuh jarak selama 1 jam untuk bisa tiba di Curuh Cimahi ini. air terjun Curug Cimahi menjadi salah satu air terjun yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sekitar 85 meter.

  • Air Terjun Coban Rondo (84 Meter)

Air Terjun Coban Rondo

Tabloidwisata.com

Air terjun Coban Rondo merupakan air terjun yang mempunyai ketinggian 84 meter. Air terjun Coban Rondo berlokasi di Kecamatan Pujon, di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Debit air terjun Coban Rondo berkisar antara 90 liter per detiknya jika pada saat musim kemarau, namun jika saat musim penghujan makka debit airnya mencapai 150 liter per detiknya. Air terjun Coban Rondo ini juga cukup mudah untuk di jangkau dengan kendaraan umum. Akses ke Air terjung yang paling mudah ialah melalui Jalan Raya dari kawasan Malang menuju batu.

  • Air Terjun Grojogan Sewu (81 Meter)

Air Terjun Grojogan Sewu

yasiryafiat.wordpress.com

Air terjun Grojogan Sewu merupakan air terjung yang mempunyai ketinggian sekitar 81 meter. Air terjun Grojogan Sewu ini berlokasi di kawasan kaki Gunung Lawu atau berjarak 27 kilometer dari Kabupaten Karang Anyar, Provinsi  Jawa Tengah. Tahukah Anda, jika air terjun Grojogan Sewu juga menjadi program wisata yang diberi nama intanpari atau singkatan dari Industri pertanian dan parawisata.

  • Air Terjun Cikaso (80 Meter)

Air Terjun Cikaso

hargatiketmasuk.info

Air terjun cikaso merupakan air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 80 meter. Air terjun Cikaso berlokasi di Desa Cibitung, wilayah Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Jawa Barat). Aliran air terjun Cikaso ini bersumber dari tiga air terjun yang saling berdampingan dan juga dari anak sungai Cikaso.

  • Air Terjun Lembah Harau ( 80 Meter)

air terjun tertinggi di indonesia

traveling.indonesiaflight.id

Lembah Harau merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia yang mempunyai ketinggian sekitar 80 meter. Air terjun Lembah Harau ini terletak di sela-sela perbukitan dan jurang yang sangat dalam. Air terjun Lembah Harau dipenuhi oleh kupu-kupu yang bertebangan sehingga membuat air terjun Lembah Harau menjadi semakin mempesona. Air terjun Lembah Harau berlokasi di Kota Payakumbuh, di Kabupaten Limba Puluh Koto, Provinsi Sumatera Barat.



Leave a Reply