Pemandangan Air Terjun Sigura Gura + Rute Lokasi


Reni  April 26, 2018  0 Comments

Keindahan alam Indonesia memang menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya pesona alam yang berada di provinsi Sumatera Utara, yakni air terjun sigura gura. Terlebih lagi air terjun ini merupakan wisata unggulan bagi masyarakat Kabupaten Toba Samosir.

Pesona Keindahan Air Terjun Sigura Gura

Pesona Keindahan Air Terjun Sigura Gura

ksmtour.com

Air terjun sigura gura dikenal dengan air terjun paling tinggi yang terdapat di Indonesia. Pasalnya, air terjun cantik ini berketinggian sekitar 250 meter. Jika mendengar namanya, mungkin banyak yang membayangkan hanya air terjun biasa.

Di tambah dengan bendungan dari aliran sungai Asahan yang digunakan sebagai PLTA. Namun sebenarnya pesona alam dari air terjun yang satu ini masih melimpah. Kawasan air terjun yang satu ini memiliki pesona alam yang masih asri dan belum banyak tersentuh oleh wisatawan.

Hanya melihat dari jauh saja, air terjun terlihat seperti air terjun raksasa. Bahkan, wisatawan bisa mendengar kerasnya dentuman airnya yang menerpa bebatuan di banyak dengan sangat jelas. Pasalnya, air terjun tersebut memang memiliki aliran debit air yang cukup deras. Di mana air tersebut berasal dari Sungai Asahan.

Pertama kali memasuki kawasan air terjun, wisatawan akan merasakan sejuknya udara pegunungan. Hal tersebut dikarenakan kawasan air terjun ini masih memiliki rimbunan pepohonan. Terlebih lagi, air terjun masih termasuk ke dalam wilayah dari Pegunungan Bukit Barisan. Di mana pegunungan ini membentang dari ujung Sumatera, yakni Aceh hingga Lampung. Maka tidak heran, air terjun yang satu ini dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan menyejukkan mata.

Masih dalam satu kawasan air terjun sigura gura, ada satu bendungan yang juga dinamakan dengan sigura gura. Bendungan yang satu ini dibangun pada tahun 1978 dan selesai pada tahun 1981. Sama seperti bendungan pada umumnya, bendungan sigura gura digunakan sebagai ketersediaan volume air. Energi air yang ada digunakan untuk PLTA atau pembangkit listrik tenaga air daerah sigura gura.

Masih kurang dengan pesona alam dari air terjun? Tenang, di belakang bendungan masih terdapat satu objek wisata yakni danau bendungan yang terbentuk akan sungai asahan yang dibendung. Walaupun bukan termasuk danau alami, namun keindahan alam yang ditawarkan tidak kalah menarik seperti danau pada umumnya.

Dengan airnya yang tenang dan warnanya yang mencerminkan pepohonan di sekitarnya akan sangat menenangkan siapapun yang berkunjung. Di tambah lagi dengan pegunungan bukit barisan di sekelilingya, seperti pagar alam nan elok. Terlebih lagi dengan adanya lima air terjun di sekitarnya yang langsung masuk ke dalam danau buatan tersebut.

Bisa dikatakan kawasan wisata air terjun sigura gura memiliki pesona alam yang benar – benar lengkap dan memanjakan para wisatawan. Hasil ciptaan Tuhan dan buatan manusia bersatu padu membentuk kawasan wisata yang berbeda. Kawasannya yang masih asri dan belum terjamah menjadi satu pelipur lara dan melepas penat setelah bekerja sehari – hari.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Air Terjun Sigura Gura

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Air Terjun Sigura Gura

youtube.com/channel/UCc7HcvXR-2KBabnkwA_O8Ew

Berkunjung air terjun sigura gura tidak hanya sebatas menikmati keindahan air terjunnya saja dari gardu pandang yang disediakan. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan. Dengan suasana yang masih sejuk dan asri, berendam di sekitar area air terjun manjadi kegiatan wajib yang dilakukan.

Airnya yang segar mengembalikan badan yang lelah setelah melewati jalanan yang panjang dan melelahkan. Jangan lupa untuk berselfie ria dengan latar belakang air terjun sigura gura yang menjadi agenda tidak boleh terlewatkan. Rasanya kalau belum berfoto, seperti belum pernah mengunjunginya. Namun tetap karena kawasan yang masih asri, pengunjung diwajibkan untuk selalu berhati – hati karena bebatuan terjal nan licin.

Bukan hanya menikmati sejuknya air terjun. Ada aktivitas outbond yang bisa memacu adrenalin para pengunjung, sebut saja arum jeram. Derasnya air sungai di kawasan air terjun sigura gura bisa dibilang cukup deras. Di tambah lagi dengan kontur bebatuan yang cukup pas sebagai kegiatan outbond yang satu ini.

Bahkan dengan derasnya air yang ada di sungai air terjun, beberapa kali pernah digunakan sebagai kompetisi arum jeram, baik nasional hingga internasional. Terlebih lagi, ada beberapa nama pemain arum jeram terkenal yang juga memeriahkan kompetisi yang satu ini. Kompetisi terselenggara berkat adanya kerja sama dari beberapa pihak, yakni Dinas Pariwisata setempat dan pihak internasional.

Keindahan alam yang dimiliki oleh air terjun mampu mendatangkan banyak wisatawan. Bahkan ada beberapa para pecinta alam yang tertarik datang. Tentunya kegiatan yang dilakukan oleh pencinta alam tersebut tidak terlepas dengan melakukan panjat tebing atau hanya berkemah menikmati pemandangan air terjun dan sekitarnya.

Fasilitas Air Terjun Sigura Gura

Fasilitas Air Terjun Sigura Gura

youtube.com/channel/UCbO3W3kDJpKxOrdfmLdzFuQ

Walaupun bisa dikatakan sebagai air terjun tertinggi, namun fasilitas yang ada masih bisa dibilang sangat minim. Pasalnya, di area sekitar air terjun masih belum disediakan parkir. Dengan begitu, pengunjung biasanya akan memarkirkan kendaraannya di bahu jalan. Selain itu, kawasan ini juga masih belum disediakan toilet umum sehingga akan sangat merepotkan pengunjung.

Namun sebenarnya hal tersebut bisa dimaklumi. Kemungkinan besar pengelola air terjun sigura gura memang menginginkan wisata yang masih asri dan bersih. Dengan begitu, saat berkunjung, wisatawan akan benar – benar merasakan menyatu dengan alam yang masih asri di sana.

Alamat dan Rute Lokasi Air Terjun Sigura Gura

Alamat dan Rute Lokasi Air Terjun Sigura Gura

sportourism.id

Air terjun sigura gura terletak di Kabupaten Asahan. Di mana untuk menuju air terjun ini hanya dibutuhkan waktu 4 jam dari kota Medan. Tempat wisata ini tidak jauh dari Danau Toba sehingga menjadi tempat wajib dikunjungi jika mengunjungi Danau Toba.

Akses untuk bisa sampai ke air terjun lebih mudah dijangkau dari Danau Toba. Wisatawan dari kota Medan cukup berkendara menuju Toba Samosir yang berjarak lebih kurang 250 km. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, seperti bus.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan asri khas Sumatera Utara yang mempesona. Selain itu, wisatawan juga bisa beristirahat di penginapan sekitar Danau Toba untuk melepaskan penat.

Lebih enak lagi mengunjungi air terjun satu paket dengan wisata Danau Toba sehingga lebih cepat. Jadi, wisatawan tidak perlu kebingungan menemukan rute menuju air terjun.

Itulah pesona alam yang disuguhkan oleh air terjun sigura gura dan rute untuk menuju ke sana. Satu tips saat berkunjung ke air terjun tersebut adalah fisik yang kuat. Pasalnya perjalanan yang panjang selama 4 jam mungkin membuat banyak wisatawan merasa lelah.

Selain itu, trek untuk menuju air terjun bisa dikataan cukup curam dan berkelok – kelok. Bagaimana tidak, rutenya melalui pegunungan bukit barisan. Bagaimana Anda tertarik? Tidak ada salahnya berkunjung untuk menikmati pesona keindahan alam Sumatera Utara.



Leave a Reply

One Response
  1. Andi Fitriani says:

    Rutenya seserem itu yah ? tapi buat pemandangan yang bagus emang butuh usaha sih hahaha
    thanks infonya min 🙂