11 Air Terjun Terindah dari Belahan Dunia Salah Satunya Berada di Asia


Reni  December 4, 2018  0 Comment

Air terjun merupakan destinasi favorit bagi para wisatawan yang tidak dapat dipungkiri keindahannya. Salah satu keajaiban yang dihasilkan oleh alam ini memang terdapat di setiap daerah dan bahkan ada yang tersembunyi di dalam hutan belantara. Berikut saya hadirkan daftar Air terjun Terindah di dunia yang super kece.

1. Niagara Falls – Kanada

Niagara Falls

travel.usnews.com

Air terjun Niagara yang terletak di perbatasan antara Kanada dengan Amerika ini disebut sebagai air terjun paling kuat dan terkenal di dunia. Niagara Falls adalah hasil dari mencairnya gletser pada akhir zaman es dan air yang dipancarkan mencapai 6 juta kubik per menit dengan arus tinggi. Karena itulah air terjun ini dijadikan sebagai sumber PLTA.

Pembagian air terjun Niagara ini dibagi menjadi dua yakni, Horseshoe Falls berada di wilayah Kanada dan American Falls di wilayah Amerika. Keduanya memiliki tinggi yang berbeda, Horseshoe Falls jatuh dari ketinggian 53 meter sedangkan American Falls dari 21 hingga 30 meter.

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang Yang Sejernih Kaca

Air Terjun Coban Pelangi

2. Sutherland Falls – New Zealand

Sutherland Falls

steemkr.com

Jatuh dari ketinggian 580 meter menjadikan Sutherland Falls sebagai air terjun tertinggi di New Zealand. Air terjun ini terletak di Milford Sound, Pulau Selatan, New Zealand yang di temukan oleh Donald Sutherland pada tahun 1880. Ada tiga tingkatan ketika air jatuh yaitu ketinggian 229 meter yang merupakan paling tinggi, kemudian dari ketinggian 248 meter dan 103 yang merupakan paling rendah. Pemandangan yang disajikan air terjun ini sangat indah jika dilihat dari bawah.

Baca juga :  10 Air Terjun di Kulon Progo, Cakepnya Bikin Melongo

3. Ban Gioc Detian Falls – Vietnam

Ban Gioc Detian Falls

.thousandwonders.net

Lokasi air terjun Ban Gioc Detian di perbatasan Vietnam dan Cina, sebagian tepatnya di bukit Karst, Daxing Country, Kota Chongzuo Provinsi Guangxi, China dan sebagiannya lagi berada di Kabupaten Trung Khah, Provinsi Cao Bang, Vietnam. Jarak tempuh dari Hanoi menuju air terjun sekitar 272 km.

Lokasi air terjun yang memiliki ketiggian 30 meter ini sangat layak dijuluki sebagai tempat terindah dengan paduan antara pepohonan serta batu. Air yang jatuh dari tiga tingkat semakin membuat tempat ini sayang jika dilewatkan. Keindahan yang dihadirkan Ban Gioc Detian tak dapat terbantahkan. Ban Dioc Detian Falls juga merupakan air terjun terbesar di Asia.

4. Plitvice Falls – Kroasia

Plitvice Falls

tripadvisor.co.uk

Air terjun terindah di dunia selanjutnya jatuh kepada Plitvice Falls yang merupakan bagian dari Danau Plitvice, Kroasia. Plivtvice Falls termasuk ke dalam kawasan National Parl Plitvice Lake yang menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Puluhan air yang jatuh dari tebing-tebing kapur eksotis semakin memesona ditambah warna air yang biru dan kehijauan.

5. Multnomah Falls – Amerika Serikat

Multnomah Falls

multnomahfallslodge.com

Air terjun Multnomah jatuh dari ketinggian 165 meter dan 21 meter. Lokasi yang dikelilingi pepohonan rindang berhasil membuat udara sekitarnya lebih asri dan nyaman. Berdasarkan catatan Dinas Kehutanan Amerika Serikat, air terjun ini merupakan air terjun paling tinggi kedua di Amerika Serikat. Maka tak heran jika banyak yang bertualang langsung untuk menikmati pesona indahnya.

6. Havasu Falls – Amerika Serikat

Havasu Falls

thecanyon.com

Havasu Falls disebut-sebut sebagai bidadari di padang tandus karena posisinya yang berada di tengah bukit tandus Grand Canyon. Jarak tempuh menuju lokasi air terjun ini sejauh 10 km, cukup jauh memang. Namun semua perjuangan akan terbayar dengan biru, sempurna dan segarnya air terjun Havasu.

Baca juga :  10 Candi Terkenal di Magelang Selain Borobudur Yang Bersejarah

Air terjun ini memiliki ketinggian 100 meter di mana airnya yang jatuh akan tertampung dalam sebuah kolam alami besar di bawahnya. Tentu dapat terbayang betapa segarnya mandi di kolam setelah melakukan perjalanan penuh peluh di padang tandus.

7. Victoria Falls – Zimbabwe

Victoria Falls

airpano.com

Keindahan yang dihadirkan air terjun Victoria berhasil menjadikannya sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Victoria memang bukan air terjun tertinggi, mengingat air yang jatuh hanya dari ketinggian 100 meter. Namun jika dilihat dari lebar air terjun, maka Victoria adalah juaranya. Tidak salah jika Victoria dijuluki sebagai air terjun terlebar di dunia.

Ada beberapa keindahan yang unik dari air terjun ini salah satunya adalah pelangi bulan. Jika biasa pelangi tampak pada siang hari, maka berbeda dengan pelangi bulan yang ada di Victoria Falls. Warna pelangi justru dihasilkan oleh cahaya yang terpantul dari permukaan bulan.

8. Baatara Gorge Falls – Lebanon

Baatara Gorge Falls

dailymail.co.uk

Air terjun ini terdapat di dalam sebuah gua yang terdiri dari tiga lantai dan air jatuh ketiga lantai tersebut. Sehingga nampak bahwa Bataara Gorge Falls memiliki 3 air terjun. Air terjun yang terletak di Lebanon ini tidak dapat dinikmati setiap tahun karena airnya hanya mengalir ketika musim semi, tepatnya bulan Maret dan April saat salju mencair. Jatuh dari ketinggian 250 meter ke dalam kolam batu kapur yang terbentuk 160 juta tahun yang silam.

9. Iguazu Falls – Brazil

Iguazu Falls

intrepidtravel.com

Negara Argentina dan Brazil memiliki batas negara yang super keren yakni air terjun Iguazu. Letak air terjun Iguazu tepat di Provinsi Misiones, Argentina dan Parana, Brazil. Aliran air terjun ini sangat besar bahkan dapat dikatakan raksasa karena mengalir 300 kubik per detiknya. Bagian hulu terletak di Kota Curitiba di Brazil dan bagian hilir terletak di Sungai San Antonio, Argentina.

Baca juga :  Gunung Tertinggi Di Sumatera : Jelajahi Keindahan Luar Biasa

Air jatuh dari ketinggian yang bervariasi, mulai dari 60 – 82 meter dengan diameter membentang sekitar 2,7 kilometer. Iguazu Falls dapat ditempuh selama 4,5 jam menggunakan mobil dari Kota Posados, Argentina dan 8 jam dari Curitiba, Brazil.

10. Santo Angel – Venezuela

Santo Angel

voyagenation.com

Santo Angel dinobatkan oleh National Geographic Society sebagai air terjun tertinggi di dunia, dengan ketinggian mencapai 979 meter. Air terjun yang terletak di Venezuela ini ditemukan oleh seorang dari Amerika James Crawford Angel, yang selagi mencari tambang emas. Jalur satu-satunya yang dapat menjangkau Santo Angel adalah jalur udara. Tidak ada akses jalur darat menuju Canaima National Park tempat Santo Angel berada.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah bulan Mei – November, karena bulan Desember – April frekuensi hujan sangat tinggi hingga menyebabkan kawasan ini tertutup embun.

11. Kaieteur Falls – Guyana

Kaieteur Falls

reddit.com

Air terjun terindah di dunia yang merupakan bagian dari Hutan Amazon ini sangat menarik untuk dikunjungi. Terletak di pesisir Utara Amerika Selatan, tepatnya di Guyanan. Termasuk dalam kawasan Kaieteur National Park yang sudah pasti dikelilingi oleh hutan hujan dengan berbagai flora dan fauna. Keindahan alam sekitarnya yang asri dan masih terjaga layak jika air terjun Kaieteur menjadi salah satu air terjun terindah di dunia. Air terjun ini jatuh dari ketinggian 226 meter juga menjadi salah satu air terjun paling deras di dunia dengan kecepatan laju aliran 663 meter kubik per detik.

Air terjun terindah di dunia selalu menyimpan sejuta keindahan di mana pun keberadaannya. Suara gemericik air yang berjatuhan dapat mendamaikan jiwa yang kacau. Sungguh nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan? Alam ciptaan Tuhan begitu sempurna tanpa cela.



Leave a Reply