Panorama Air Terjun Tegenungan dan Rute Lokasi


Reni  December 18, 2017  0 Comment

air terjun tegenungan

Saat anda berencana untuk mengunjungi Bali,  sebaiknya anda tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi air terjun Tegenungan. Ya, air terjun Tegenungan adalah salah satu tempat indah di Bali. Inilah beberapa panorama menarik tentang air terjun Tegenungan.

Mengapa Harus Berkunjung ke Air Terjun Tegenungan?

Bali terkenal dengan keindahan alamnya. Ada begitu banyak pantai dan tempat wisata menarik lainnya yang wajib untuk anda kunjungi. Bali pun terkenal dengan berbagai sejarah dan juga keseniannya. Tak heran bila banyak wisatawan asing maupun lokal yang tertarik untuk mengunjungi Bali. Terkadang, wisatawan hanya tertarik untuk mengunjungi kawasan pantai. Sebenarnya, ada begitu banyak tempat indah di Bali yang kadang tidak diketahui oleh banyak orang. Misalnya saja air terjun Tegunungan.

Air terjun Tegunungan adalah air terjun yang sangat indah. Anda pastinya akan betah berlama-lama di tempat ini karena tempat ini begitu sejuk dan menakjubkan. Air terjun ini terletak di Gianyar, dekat dengan daerah Ubud. Jadi untuk anda yang sedang berkunjung ke Gianyar, anda bisa menyempatkan waktu anda untuk berkunjung ke air terjun Tegunungan. Inilah panorama unik yang bisa anda lihat di air terjun Tegunungan:

Air Terjun Unik

Saat anda berpikir tentang air terjun, anda mungkin membayangkan air terjun yang sangat tinggi sehingga bisa menguji adrenalin anda. Sebenarnya, air terjun Tegunungan tidak terlalu tinggi bila dibandingkan dengan air terjun lainnya. Air terjun ini memiliki tinggi 15 meter. Namun meskipun terkesan pendek, air terjun ini memiliki arus air yang deras. Jadi, pastinya panorama di air terjun Tegunungan sama-sama memesona dengan air terjun lainnya. Panorama indah di air terjun Tegunungan pun bisa menjadi pilihan tepat untuk berfoto bersama teman, keluarga maupun pasangan anda.

Air Terjun Alami

Selain memiliki panorama indah karena arus air yang cukup deras, air terjun Tegunungan pun tampak mempesona karena terbentuk secara alami. Ya, air terjun ini terbentuk secara alami, bahkan lokasinya pun terletak diantara hutan dan pesawahan. Hal tersebut membuat panorama sekitar air terjun Tegunungan menjadi lebih indah dan menawan. Di air terjun ini, anda tak hanya bisa melihat pemandangan menarik, namun juga bisa melihat sawah terasering khas Ubud.

Air Terjun Jernih

Air terjun bisa tampak memesona bila airnya jernih. Air terjun Tegunungan memiliki air yang sangat jernih sehingga panorama yang tercipta akan sangat indah dan menawan. Anda pun bisa mencoba berendam di bawah air terjun, untuk merasakan air jernih yang dingin dan segar. Namun, ada satu hal yang harus anda pertimbangkan. Bila anda ingin mengunjungi air terjun Tegunungan, sebaiknya anda mengunjungi air terjun ini saat kemarau tiba. Ya, saat kemarau air terjun ini akan sangat bersih. Bila musim hujan tiba, air jernihnya tidak akan terlalu jernih karena sedikit bercampur dengan tanah.

Air Terjun dengan Pancuran Unik

Sebenarnya kawasan air terjun Tegunungan cukup luas. Untuk anda yang tidak berani berenang di bawah air terjun, anda bisa mandi di air mancur dekat dengan air terjun Tegunungan. Tak jauh dari air terjun Tegunungan, anda akan menemukan pancuran-pancuran untuk mandi. Pancuran tersebut berasal dari mata air alami. Pastinya anda akan bisa merasakan kesegaran air dari air mancur tersebut.

Rute Lokasi Air Terjun Tegunungan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air terjun Tegunungan terletak di Gianyar. Alamat lengkapnya berada di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Saat anda berencana untuk pergi ke air terjun ini, pastinya anda ingin mengetahui rute lokasi air terjun ini. Sebenarnya, tak ada kendaraan khusus yang bisa membawa anda ke sini. Dari mana pun anda pergi, anda harus menuruni ratusan anak tangga untuk sampai ke air terjun ini.

Jika anda ingin pergi ke air terjun ini dari arah bandara Ngurahrai, anda harus melalui jalan By Pass Ngurah Rai. Perjalanannya memakan waktu selama satu jam. Begitu pun jika anda berangkat dari Kuta. Jarak dari Kuta ke air terjun ini adalah sekitar 29 km. Untuk anda yang berangkat dari Denpasar, anda bisa melalui Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Perjalanan akan memakan waktu 42 menit. Dan untuk anda yang berangkat dari kota Gianyar, anda bisa melalui Jl. Dharmagiri. Perjalanan hanya memakan waktu 18 menit.

Untuk anda yang masih kebingungan dengan rute lokasi air terjun Tegunungan, anda bisa menjadikan pasar seni Sukowati sebagai patokan. Darimana pun anda berangkat, pastikan untuk menuju ke arah pasar seni Sukowati terlebih dahulu. Setelah sampai di daerah pasar seni Sukowati, anda bisa bertanya pada masyarakat sekitar tentang rute lokasi air terjun Tegunungan. Mengenai biaya masuk, anda tidak perlu khawatir. Biayanya sangat murah, yaitu sekitar 15 ribu per orang.

Tips Mengunjungi Air Terjun Tegunungan

Setelah membaca beberapa informasi di atas, mungkin anda ingin segera mengunjungi air terjun Tegunungan. Namun ada baiknya anda mempersiapkan beberapa hal. Misalnya saja adalah alas kaki. Pastikan anda memakai alas kaki yang nyaman karena anda harus melewati banyak anak tangga untuk sampai ke air terjun Tegunungan. Alas kaki yang tidak nyaman hanya akan membuat kaki anda lecet atau terpeleset.

Tips berikutnya adalah sarana transportasi. Seperti yang dikatakan sebelumnya, tak ada transportasi umum untuk menuju air terjun tegunungan. Jadi, sebaiknya anda menyiapkan kendaran pribadi untuk sampai ke air terjun ini. Dari area parkir, nantinya anda akan melewati anak tangga untuk sampai ke air terjun. Meski perjalanan terkesan panjang, namun panorama yang nanti anda lihat akan sebanding dengan perjalanan panjang yang sudah anda tempuh.

Tipa berikutnya adalah tentang waktu yang tepat untuk berkunjung ke air terjun Tegunungan. Musim kemarau adalah waktu yang tepat, karena air terjun Tegunungan di musim kemarau akan sangat jernih. Lalu, anda pun sebaiknya mengunjungi air terjun saat pagi hari atau sore hari. Dengan begitu, anda akan bisa merasakan udara yang sangat sejuk. Mengunjungi air terjun pagi hari atau sore hari pun tidak akan membuat anda kepanasan karena sinar mentari.

Jika anda takut tersesat saat mengunjungi air terjun Tegunungan, anda bisa menyewa mobil beserta sopirnya untuk mengantar anda ke area air terjun Tegunungan. Ya, banyak sekali jasa rental mobil yang bisa anda pilih untuk membantu anda menuju air terjun Tegunungan. Akhirnya anda akan sampai ke air terjun dengan lebih mudah. Mengenai hari yang cocok untuk berkunjung, anda bisa mengunjungi air terjun ini kapan pun anda mau. Hari apa pun tak akan menjadi masalah karena air terjun ini selalu dibuka untuk umum setiap hari.

Itulah beberapa informasi tentang air terjun Tegunungan. Setelah membaca beberapa uraian di atas, mungkin anda ingin segera mengunjungi air terjun ini sesegera mungkin. Tunggu apa lagi? Anda bisa segera merencanakan perjalanan anda menuju air terjun Tegunungan untuk menikmati liburan yang menyenangkan.



Leave a Reply