Menikmati Indahnya Air Terjun Niagara dan Rute Lokasinya


sisil angelin  April 17, 2018  2 Comments

Membentang di Ontario lokasi perbatasan antara Kanada dengan Amerika Serikat, Air Terjun Niagara tetap menjadi air terjun yang keindahannya tidak tertandingi oleh air terjun lainnya yang terbentuk secara alami hasil bukti karya ciptaan Yang Maha Kuasa.

Berbeda Dengan Air Terjun Lainnya

Air terjun yang terletak di sungai Niagara ini melintang sebagai pembatas antara kota New York Amerika Serikat dengan kota Ontario di Kanada. Karena itu air terjun ini bisa dinikmati oleh kedua warga negara ini baik Kanada maupun Amerika Serikat. Walau termasuk air terjun yang tidak terlalu tinggi karena tingginya hanya berkisar kurang lebih 50 meter saja tapi Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan terkenal sebagai air terjun yang sangat deras dan sangat kuat karena bisa mengalirkan air sebesar 168.000 meter kubik air per menitnya dan karena itu air terjun Niagara juga dijadikan sebagai sumber pembangkit listrik terbesar di Amerika Serikat.

air terjun niagara

news.detik.com

Air Terjun Niagara terbagi dalam 3 bagian besar dan masing-masing bagian memiliki namanya masing-masing dan ketiga bagian air terjun ini terletak di area yang berbeda-beda namun masih dalam satu kesatuan Air Terjun Niagara. Bagian pertama dari air terjun ini dinamakan Horseshoe Falls karena bentuknya dikatakan seperti sepatu kuda dengan tinggi air terjun sekitar 57 meter dan lebar 790 meter dan terletak di batas negara Kanada.

lokasi Air Terjun Niagara

Gogonesia.com

Bagian kedua dari Air Terjun Niagara adalah dinamakan American Falls dengan tinggi antara 21 sampai 30 meter dan lebar sekitar 320 meter dan dari seluruh bagiannya itu masuk ke dalam bagian negara Amerika Serikat dan terdapat pulau bernama Goat Island di areanya  Bagian yang terakhir dinamakan Bridal Veil Falls dimana bagian ini juga termasuk berada dalam wilayah Amerika Serikat dan dipisahkan oleh kedua bagian air terjun lainnya oleh suatu pulau yang bernama Pulau Luna.

Baca juga :  Kagum Dengan Pesona 10 Air Terjun di Blitar

Awal Mula Niagara

Konon Air Terjun Niagara terbentuk dari turunnya gletser pada saat berakhirnya jaman es dulu. Nama Niagara sendiri itu menurut sejarawan bangsa Indian Bruce Trigger konon dulu berasal dari nama penduduk asli sekitar tempat tersebut yang sering disebut sebagai orang Niagagarega.
Sedangkan pendapat yang berbeda diutarakan oleh George R. Stewart yang mana dikatakan namanya diambil dari sebuah kota yang bernama Ongniaahra yang merupakan suatu kota  dari masyarakat Indian dari salah satu sukunya yang bernama Iroquois yang katanya berarti suatu titik dimana suatu wilayah tanah terbagi menjadi dua.
Info yang berbeda diutarakan oleh Henry Schoolcraft dimana diutarakannya bahwa asal kata Niagara sebenarnya diambil dari kosa kata bahasa dari suku Mohawk yang artinya adalah leher untuk kata Niagara tersebut. Hal ini dilandasakan oleh area tanah di lokasi Niagara yang memang terkesan berbentuk seperti leher yang terletak diantara Danau Ontario dengan Danau Erie.

wisata Air Terjun Niagara

Pixabay

Ada beberapa kisah tentang penemuan awal lokasi Air Terjun Niagara ini. Ada kisah tentang penjelajah dari Perancis bernama Samuel de Champlain. Dimana ketika beliau datang ke Kanada pada tahun 1604, salah satu anggota ekspedisinya melaporkan bahw melihat suatu air terjun yang luar biasa dan kemudian kejadian itu dituliskan pada catatan Samuel.
Ada juga kisah tentang pecinta alam dari Finlandia yang bernama Pher Kalm, dimana beliau mengadakan ekspedisi pada abad ke 18 ke lokasi Niagara dan kemudian mencoba menuliskan Niagara secara ilmiah.
Tahun 1677 seorang misionaris dari Belgia bernama Hennepin dengan rekannya dua orang penjelajah bernama Rene Robert Cavelier dan Sieur de la Salle. Mereka inilah yang kemudian menyebarkan cerita tentang Air Terjun Niagara ke masyarakat Eropa.

Baca juga :  10 Destinasi Musim Panas Terbaik di Asia yang Sangat Populer

Niagara Sebagai Daya Tarik Bagi Wisatawan

daya tarik Air Terjun Niagara

Pinterest.com

Kira-kira jutaan orang wisatawan baik dari mancanegara maupun wisatawan dari Kanada dan Amerika selalu memadati Air Terjun Niagara ini setiap harinya. Ada banyak orang yang berpendapat jikalau Air Terjun ini lebih kelihatan cantik jika dilihat dari Kanada. Hal ini dikarenakan jika kita melihat dari sisi Kanada maka pada malam hari air terjunnya dihiasi dan disorot dengan lampu warna warni. Tempat wisata air terjun ini memang selalu dibuka dari pagi hari sampai malam hari.
Sslain keindahannya dan juga hiasan lampunya di malam hari. Air Terjun Niagara juga seringkali dihiasi dengan munculnya pelangi yang semakin memperindah suasana di sekitar air terjun itu. Pada saat musim dingin lingkungan air terjun ini sering menyelenggarakan festival musim dingin. Pada acar festival tersebut maka di sekitar air terjun akan dihiasi lampu sorot berwarna warni dengan sinar yang spektakuler dan dilengkapi dengan variasi dan animasi warna yang beragam. Sering gambar para karakter Disney juga ditampilkan pada festival tersebut.

Rute Perjalanan Menuju Niagara

Disarankan Anda yang hendak menuju Air Terjun Niagara bisa melakukan penerbangan ke Kanada ke kota Toronto. Dimana jarak tempuh dari kota Toronto ke lokasi Niagara itu kira-kira memakan waktu 2 jam jika menempuh jalur darat. Jika menggunakan jalur darat maka beberapa opsi transportasi yang bisa digunakan adalah dengan sewa mobil (biaya berkisar 100 dolar perhari) atau dengan menggunakan bus dengan biaya kira-kira 40 dolar untuk pulang pergi. Atau bisa juga menggunakan kereta Api di Kanada.

Menurut kesaksian mereka yang menggunakan bus dari Toronto setelah menggunakan taxi dari hotel menuju terminal bus di Toronto lalu di terminal kita bisa menggunakan bus dari megabus.com bisa langsung beli di terminalnya atau lebih disarankan untuk membelinya secara online terlebih dahulu karena pada waktu libur pembelian tiket di termin bus nya langsung akan penuh dan bisa jadi kita kehabisan tiket.
Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam dan akan berhenti di terminal Niagara Falls dimana sebenarnya jarak terminal ke lokasi Air Terjun Niagara masih cukup jauh dan biasanya dari terminal tersebut akan ada shuttle bus yang secara rutin akan menjemput wisatawan yang turun di terminal menuju ke lokasi Air Terjun Niagara tersebut.

Baca juga :  Berjuluk Serambi Madinah Berikut 10 Tempat Wisata di Gorontalo

Jika Ada Kesempatan Harus Mencobanya

Jika Anda memiliki dana yang cukup untuk melakukan perjalanan secara wajar ke Air Terjun Niagara dengan lewat kota Toronto Kanada maka itu akan lebih baik untuk menjaga kenyamanan liburan Anda. Tapi jika ternyata biayanya pas-pasan maka jangan malu untuk mencoba jalur backpacker yang tentunya dengan mencari tiket pesawat yang semurah mungkin tentunya yang sedang promo menuju Kanada.

rute perjalanan Air Terjun Niagara

alamliar13.blogspot.co.id

Atau sekalian melakukan pembelian tiket pergi-pulang baru setelah itu cari hotel yang sederhana yang penting layak ditempati di Toronto Kanada dan setelah itu gunakan jalur transportasi yang paling murah menuju Air Terjun Niagara tersebut apakah naik bus atau naik kereta api dan jika ada rute yang bisa dilalui dengan jalan kaki maka tidak ada salahnya untuk dicoba dengan berjalan kaki sekalian olah raga maksudnya.

Selamat mencoba dan menikmati liburan yang tidak akan terlupakan di Air Terjun Niagara.



Leave a Reply

2 Comments
  1. Desry says:

    Wow bagus banget