6 Jenis Transportasi di Singapura yang Siap Mengantarmu Berlibur


Jehan  November 28, 2022  0 Comment

Apakah kamu memiliki rencana untuk berlibur di Singapura untuk pertama kali? Sebelum kamu melakukan perjalanan liburan di negara yang satu ini, ada baiknya kamu harus tahu beberapa hal dasar yang ada di Singapura. Salah satunya adalah jenis transportasi di Singapura yang nantinya akan menemanimu selama berada di sana.

Singapura sebagai salah satu negara maju yang ada di Asia Tenggara ini dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem transportasi publik terbaik di dunia loh. Mau tahu apa saja jenis transportasi di Singapura yang siap mengantarmu ke tempat wisata?

Yuk, simak 6 jenis transportasi yang dapat kamu temui dan kamu coba saat berada di Singapura.

1. Mass Rapid Transit Singapore

mass rapid transit
hlas.com.sg

Mass Rapid Transit (MRT) merupakan kereta cepat milik singapura yang akan mengantarkanmu dengan cepat ke tempat tujuanmu selama berada di Singapura. Sebagian besar destinasi wisata yang ada di Singapura memiliki rute jalur yang dilewati oleh MRT. Kamu hanya perlu menunggu di stasiun MRT untuk akhirnya akan berkeliling ke setiap sudut Singapura.

Saat kamu ingin mengakses MRT Singapura ini, kamu butuh Singapura Tourist Pass (STP). Jika kamu belum memiliki kartu ini kamu bisa mendapatkannya dengan membeli di kantor tiket yang dapat kamu temui di stasiun MRT. Selain itu STP juga dijual di kantor Concession Card Replacement yang berada di stasiun Somerset, Automated STP Kiosk yang ada du stasiun Orchard, stasiun HarbourFront, dan stasiun Changi Airport.

Jika kamu sudah memiliki STP kamu dapat mengisi saldo sesuai dengan kebutuhanmu. Kartu ini dapat kamu isi ulang, sehingga kamu dapat menggunakannya berulang kali untuk mengakses moda transportasi MRT.

Selain menggunakan STP, MRT juga dapat diakses dengan Mastercard tanpa kontak Visa yang diterbitkan di Singapura.

2. Bus

bus
futuretransport-news.com

Bus menjadi salah satu moda transportasi Singapura yang dikenal hemat biaya. Bus di Singapura memiliki jaringan rute cakupan yang cukup luas dan hampir menjangkau banyak destinasi di Singapura.

Transportasi yang satu ini akan mengajakmu berkeliling Singapura dengan cara terbaik. Kamu dapat menikmati pemandangan kota dengan tenang sembari bus berjalan menuju destinasi yang kamu inginkan. Apabila kamu ingin mencoba berkeliling dengan bus Singapura ini, kamu dapat menggunakan kartu pintar untuk membayar perjalananmu.

Bus Singapura dapat dibayar dengan EZ Link, Nets FlashPay, STP, atau Mastercard terbitan Singapura. Saat kamu menaiki bus Singapura ini, kamu harus menempelkan kartu pada mesin electronic card yang dapat kamu temui di samping pengemudi bis ketika naik.

Jika kamu ingin turun, maka kamu harus menempelkan kembali kartumu pada mesin electronic card yang ada di pintu keluar bus. Apabila kamu tidak memiliki kartu, kamu masih bisa menaiki moda tranportasi yang satu ini dengan uang tunai. Pastikan untuk menggunakan uang tunai dengan nominal yang pas.

3. Taxi

taxi
ulcanpost.com

Taxi merupakan moda transportasi yang cukup nyaman dan cocok untukmu yang menyukai berkendara dengan praktis. Taxi akan menjadi salah satu jenis transportasi yang ada di Singapura yang dapat menjangkau tujuanmu yang tidak bisa diakses oleh MRT atau bus.

Saat kamu memilih Taxi untuk menuju destinasi di Singapura, kamu bisa menanyakan pada driver Taxi mengenai biaya tambahan saat menaikinya. Selain harga yang tertetra di argometer, biasanya Taxi akan mengenakan biaya tambahan pada penumpangnya.

Taxi akan menjadi transportasi yang mudah untuk kamu akses dimana saja dan setiap saat tanpa harus mengantri dan menunggu terlebih dahulu.

4. Bicycle

bicycle
channelnewsasia.com

Singapura merupakan negara dengan rute jalur pesepeda yang cukup baik. Apabila kamu menyukai bersepeda dan ingin berkeliling Singapura maka kamu bisa melakukannya. Kamu tidak perlu khawatir akan ribet perjalanan, karena rute sepeda di Singapura sangat jelas.

Berkeliling dan bersepeda akan menjadi sangat menyenangkan, terlebih saat melakukannya kamu juga dapat menikmati suasana jalanan yang ada di Singapura. Apabila kamu ingin menggunakan sepeda, kamu dapat menyewa pada beberapa operator resmi yang memiliki lesensi di Singapura. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan aplikasi sewa sepeda yang ada di sana.

Ketika kamu merasa lelah dengan bersepeda dan ingin melanjutkan perjalananmu menggunakan transportasi lain kamu bisa memasukkan sepedamu ke dalam kereta dan bus. Namun perlu diperhatika, sepeda yang dapat masuk ke moda tranportasi lainnya adalah sepeda model lipat.

5. Trishaw Uncle

trishaw uncle
www.trishawuncle.com.sg

Apabila Indonesia memiki becak, Singapura memiliki Trishaw sebagai salah satu jenis transportasinya. Kendaraan yang satu ini menjadi salah satu tranportasi di Singapura yang cukup popular di kalangan para wisatawan.

Apabila kamu ingin menaiki kendaraan yang satu ini, kamu bisa mencoba Trishaw Uncle yang menjadi satusatunya operator tur becak di Singapura yang memiliki lisensi resmi Tourism Board. Trishaw Uncle akan memberi pelayanan terbaik dan siap mengantarkan siapa saja dan kapan pun.

Istilah Uncle sebagai sebutan pengemudi Trishaw menjadi bentuk penghormatan pada orang yang mengemudi Trishaw. Sebutan itu dikaitkan dengan bagaimana anak-anak di Singapura yang telah diajarkan untuk memanggil orang yang lebih tua dengan sebutan “uncle”.

Berkeliling dengan Trishaw Uncle akan mengajakmu menjelajah ke dalam lokasi wisata Singapur yang penuh warna. Kamu akan melewati banyak lokasi yang penuh dengan cerita nostalgia bersejarah di Singapura.

6. Boat

boat
theculturetrip.com

Apabila kamu ingin menikmati waktu liburan dengan bersantai di Singapura, kamu bisa mencoba transportasi Boat yang ada di Singapura. Kamu bisa menaiki Boat ini selagi menikmati pemandangan yang ada. Dengan Boat, kamu bisa berkunjung ke sisi lain destinasi wisata yang ada di Singapura.

Setelah kamu berkeliling di daratan Singapura, kamu dapat mengunjungi empat kepulauan yang ada di Singapura dengan menggunakan kapal feri umum menuju pulau St. John, pulau Lazarus, pulau Kusu atau pulau Sisters dari dermaga selatan Marina.  

Baca Juga :

10 Tempat Makanan Halal di Singapore

Selain kapal feri, Singapura juga memiliki boat yang dapat kamu nikmati pelayanannya. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai kendaraan jalur air yang akan mengantarmu berkeliling menyusuri sepanjang sungai Singapura.

Kamu dapat berdiam di boat sekitar 40 menit. Saat kamu menggunakan moda transportasi ini, jangan lupa untuk mengambil foto selama bumboat berjalan. Ada dua pilihan lokasi seat yang dapat kamu pilih ketika menaiki bumboat.

Baca Juga :

Wisata Anak di Singapura yang Seru dan Menyenangkan!

Penumpang dapat memilih untuk duduk di dalam atau di bagian luar bergantung dengan kesediaan seat yang ada saat kamu menaikinya. Nikmatilah pemandangan dari objek-objek bangunan di Singapura yang kamu temukan selama perjalanan airmu.

Baca Juga :

Jajan Street Food di Singapore : Cobain Chang Kee Hokkien Mee di Chinatown

Setelah kamu tahu 6 jenis transportasi di Singapura, apakah kamu sudah bersiap dan mengemasi barang-barangmu untuk berlibur?



Leave a Reply