Wisata

Air Terjun Kanto Lampo Obyek Wisata Air Terjun Anti-Mainstream yang bikin fresh badan dan pikiran + rute lokasi

Liburan di Bali terkesan biasa – biasa saja?

irhamfaridh.com

Atau mungkin, sudah jenuh dengan ragam eksotisme keindahan alam serta atraksi watersport yang ditawarkan?

Jangan khawatir, sebab selain pantai, pegunungan ataupun budayanya, Bali ternyata juga memiliki eksotisme air terjun tersendiri yang pastinya wajib bagi Kamu hukumnya untuk singgah dan menikmati kesegaran udara dan air yang jatuh dari tebing cukup tinggi. Dikenal dengan sebutan air terjun Kanto Lampo, wisata alam yang satu ini akan memanjakan Kamu dengan indahnya pemandangan alam pulau dewata dengan ekosistem hayati yang ada di dalamnya.

 

Penampakan Keindahan air terjun Kanto Lampo

kintamani.id

Destinasi wisata air terjun Kanto Lampo sering kali dijadikan sebagai lokasi yang cocok untuk menghilangkan rasa penat. Meskipun demikian, lokasinya yang memang terbilang tidak jauh dari pemukiman penduduk ini menjadikan tempat wisata air terjun tersebut terkesan sangat berbeda. Kamu harus menelusuri hutan yang cukup luas.

Sedangkan kondisi geografis wisata air terjun Kanto Lampo ini bisa terbilang sangatlah panas, namun Kamu akan merasakan kesejukan air terjun ketika menjejakkan kaki di bawah aliran sungai yang jernih ini. Rasa sejuk dengan dipadukan angin sepoi-sepoi juga menjadi menjadi alasan tersendiri para pengunjung lokal maupun mancanegara untuk berlama-lama menghabiskan waktu di lokasi ini. Di sekitar lokasi inipun juga terlihat perkebunan warga, sehingga hal inipun mampu mengurangi hawa panas yang ada di sekitar air terjun Kanto Lampo.

22MOTOMOTO.com

Jika dibandingkan dengan air terjun lainnya, untuk air terjun Kanto Lampo ini tidaklah terlalu tinggi, atau hanya sebatas 15 meter saja. Dengan tebingnya yang tidak terlalu curam, air terjun ini bisa membuat siapa saja terkesima dengan kunjungan pertamanya.

Tidak mengherankan jika hingga kini banyak sekali para wisatawan yang memfoto beberapa spot tertentu di sekitar air terjun yang kemudian menguploadnya di berbagai sosial media. Melalui cara inilah destinasi wisata air terjun ini kemudian menjadi viral di kalangan netizen. Dengan kata lain, obyek wisata ini terbilang cukup baru jika dibandingkan dengan obyek wisata air terjun lainnya.

 

Pemandangan Menawan yang Ditawarkan Air Terjun Kanto Lampo

balicoy.blogspot.com

Selepas Kamu tiba di lokasi wisata ini, pastinya lelah yang Kamu rasakan di sepanjang perjalanan akan terbayarkan dengan panorama indah alam di sekitar. Terpaan air yang jatuh di bebatuan yang menghitam dan berlumut memberikan kesegaran tersendiri untuk Kamu yang memang ingin melepas penat sembari bermain air di bebatuan tersebut.

Namun demikian, Kamu juga harus hati-hati mengingat lokasinya sangat licin dan berbahaya jika Kamu mendaki setiap bebatuan tersebut. sembari menikmati pemandangan, Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain air.

Tersusun dari undakan-undakan bebatuan yang berwarna hitam, air terjun Kanto Lampo ini memberikan sedikit ruang yang bisa Kamu gunakan untuk duduk sembari menikmati terpaan air yang jatuh di setiap undakannya. Segarnya air terjun dengan kombinasi udara yang sangat sejuk ini bisa membuat Kamu lebih tenang. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini demi merasakan keindahan serta kesegaran air terjun tersebut.

Selain mandi di bawah guyuran air, di lokasi air terjun Kanto Lampo ini, Kamu juga bisa melakukan aktivitas fotografi yang pastinya sangat menyenangkan. Banyak spot menarik yang bisa Kamu jajaki untuk dijadikan background foto bersama teman-temanmu. Bahkan, sebagian besar wisatawanpun juga mencoba untuk mengabadikan setiap momen di bawah air terjun dengan berfoto bersama teman.

 

Lokasi Air Terjun Kanto Lampo

Viva.co.id

Untuk Kamu yang memang tertarik ingin mengeksplorasi lebih jauh tentang wisata alam ini, Kamu bisa pergi ke Bali, tepatnya di Br. Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan/Kabupaten Gianyar. Bisa dibilang, jika perjalanan Kamu berawal dari Denpasar, Kamu akan menempuh perjalanan setidaknya 30 km untuk mencapai lokasi tersebut.

Sedangkan jika Kamu sedang berada di pusat Gianyar, air terjun ini bisa Kamu jangkau dengan jarak sekitar 3 km saja. sangat dekat bukan? Tidak mengherankan jika dengan lokasinya yang mudah dijangkau menjadikan air terjun Kanto Lampo ini sebagai pilihan untuk menghilangkan rasa penat dan jenuh. Bahkan, untuk mencapai lokasi wisata itu, Kamupun tidak perlu bingung, sebab banyak penunjuk jalan yang akan menghantarkan Kamu beserta rombongan untuk tiba di lokasi.

Untuk mencapai air terjun Kanto Lampo ini, Kamupun akan diajak menuruni anak tangga di mana Kamu juga bakalan menemukan banyak pedagang ataupun tempat peristirahatan yang bisa digunakan untuk bersantai sembari menikmati keindahan alamnya yang masih terkesan asri.

Akan tetapi, perlu diperhatikan jika anak tangga tersebut cukup licin, sehingga akan sangat disarankan untuk mengunjungi wisata ini di musim kemarau saja. Sebelumnya, jalan menuju wisata ini sudah ada sebab banyak warga lokal yang mengambil air suci guna keperluan upacara adat. Namun, seiring dengan popularitas tempat wisata yang semakin meningkat, pihak pemerintah daerah kemudian membuatkan jalan berupa tangga untuk mencapai air terjun Kanto Lampo.

 

Rute dan Cara Menjangkau Wisata Air Terjun Kanto Lampo

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa rute perjalanan untuk menuju lokasi wisata ini tidaklah terlalu susah. Jika Kamu memulai perjalanan dari Taman Kota Gianyar, Kamu akan menempuh setidaknya 2,3km atau setara dengan 7 menit perjalanan dengan memanfaatkan kendaraan bermotor. Sedangkan jika Kamu ada di Bandara Internasional Ngurah Rai, Kamu hanya memerlukan perjalanan 42 km dengan waktu tempuh sekitar 65 menit.

Adapun rute perjalanan menuju air terjun Kanto Lampo dari Bandara Ngurah Rai ini bisa Kamu lakukan dengan mengambil jalur jalan Tol Bali Mandara hingga akhirnya sampai di jalan by pass Ngurah Rai.

Selanjutnya, Kamu bisa menuju ke arah timur hingga menemukan tempat wisata Patung Titi Banda. Dari tempat wisata ini, Kamu bisa mengambil arah by pass Ida Bagus Mantra hingga akhirnya Kamu tiba di perempatan Pantai Lebih. Untuk menuju lokasi, beloklah ke kiri menuju jalan raya pantai lebih yang kemudian diteruskan menuju ke jalan sakura serta jalan Kapten Dipta.

Saat Kamu ada di ujung jalan Kapten Dipta, Kamu akan bertemu dengan traffic light dan selanjutnya perjalanan diteruskan menuju ke Jalan Kalantaka hingga bertemu traffic light. Kemudian, Kamu bisa mengarah ke jalan Gunung Agung yang nantinya Kamu akan bertemu dengan berbagai petunjuk jalan yang mengarah ke tempat wisata air terjun Kanto Lampo.

Keindahan alam air terjun Kanto Lampo memang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Namun demikian, banyak pula para wisatawan yang singgah dan mencoba mengeksplorasi keindahan alam di sekitar lokasi. Akses jalan yang begitu mudah menjadikan tempat wisata ini sebagai destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi saat Kamu berpergian ke Gianyar. Jadi, manfaatkan liburan Kamu di Bali dengan berkunjung ke tempat wisata yang anti-mainstream ini.

 

Join The Discussion