9 Air Terjun Paling Keren Di Sukabumi, Pesonanya Bikin Adem Hati


Reni  October 21, 2019  0 Comment


Kota Sukabumi merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat yang terkenal akan keindahan wisata alam yaitu adanya beberapa wisata air terjun Sukabumi. Meskipun secara administratif Kota Sukabumi ini memiliki luas daerah paling kecil di Jawa Barat, namun letak dari Kota Sukabumi sangat strategis karena berada di kawasan pegunungan dan banyak akan perkebunan


Maka dari itu, tak heran bila banyak wisatawan baik wisatawan asing maupun domestik yang tengah berlibur di Provinsi Jawa Barat ini selalu menyempatkan diri untuk berwisata di Kota Sukabumi untuk sekedar melihat indahnya perkebunan teh yang terhampar luas dan juga mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya seperti air terjun yang berlokasi di Kota Sukabumi ini.


Kota Sukabumi memang dikenal akan banyaknya tempat wisata berupa air terjun atau dalam bahasa sunda disebut “curug” yang viral sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena dikenal akan keindahannya. Untuk itu inilah tempat wisata ait terjun atau curug yang kini tengah viral di media sosial sehingga menarik minat para wisatawan untuk mengunjunginya diantaranya adalah :

1. Curug Cikaso

Curug Cikaso


Air terjun atau curug pertama yang terkenal dari Kota Sukabumi adalah curug cikaso. Berlokasi di Dusun Ciniti, Cibitung, Kecamatan Surade ini memang memiliki panorama air terjun yang cukup indah karena sumber air di curug cikaso ini tidak hanya satu melainkan tiga sumber air terjun yang mengalir deras. Anda dapat mandi di bawah air curug cikaso ini.

Untuk harga tiket masuk ke lokasi curug cikaso ini pun juga cukup murah. Anda cukup membayar Rp. 3.000 untuk masuk ke kawasan wisata curug cikaso dan membayar Rp. 10.000 untuk sewa sampan atau perahu kecil guna mengelilingi anak sungai curug cikaso ini.

wisata terdekat

Curug Pulosari, Curug Segar Yang Masih Alami Dan Sepi!!!

Liburan Keluarga Hits Di Ruang Publik Bandung , Teras Cikapundung!

2. Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik


Curug yang tengah viral dan berlokasi di kawasan Kota Sukabumi adalah curug puncak manik yang berlokasi di Desa Cibenda, Ciemas, Kota Sukabumi. Ya, curug puncak manik ini berada di kawasan Geopark Ciletuh. Yang menjadikan air terjun puncak manik ini viral adalah keindahan pemandangan yang dilihat dari Bukit Panenjoan.

Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi curug puncak manik ini Anda harus berjalan kaki menuruni perbukitan selama kurang lebih satu jam. Yang perlu Anda persiapkan adalah membawa perbekalan standart seperti air minum, roti, dan kudapan karena di sekitar area curug puncak manik ini tidak ada yang menjual jajanan.

Untuk harga tiket masuk ke kawasan puncak manik ini tidak dipungut biaya dan Anda hanya membayar biaya parkir sebesar Rp. 3000 saja.

3. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa


Curug cigangsa ini terletak di desa pasiripis, surade, Kota Sukabumi. Nama curug ini konon katanya diambil dari nama tokoh terkenal yang berada di lokasi sekitar curug yakni Eyang Gangsa. Yang menarik dari curug cigangsa ini adalah bentuk batuan air terjun yang berundak-undak. Curug cigangsa ini memang menjadi tempat keramat bagi warga sekitar.

Oleh sebab itu, Anda wajib menjaga sopan santun ketika tengah berwisata di kawasan wisata curug cigangsa ini. Bagi Anda yang berencana mengunjungi kawasan wisata curug cigangsa ini, Anda harus membayar biaya parkir sekitar Rp. 10.000 dan membayar biaya tiket masuk kawasan curug cigangsa sekitar Rp. 5000 per orang.

4. Curug Cikanteh

Curug Cikanteh


Air terjun yang viral dari Kota Sukabumi selanjutnya adalah curug cikanteh. Curug cikanteh ini berlokasi di desa ciwaru, ciemas, Kota Sukabumi. Curug cikanteh ini memiliki keindahan alam tersendiri karena memiliki 2 sumber air terjun dengan salah satnya memiliki tatanan batuan yang memiliki 3 tingkat yang cukup indah apabila dipandang mata Anda.

Lokasi dari curug cikanteh ini cukup jauh dari pusat Kota Sukabumi. Untuk Anda yang ingin mengunjungi lokasi curug cikanteh ini maka Anda dapat langsung menuju ke kecamatan ciemas via cimanggu yang dapat Anda tempuh sekitar 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Setelah dari ciemas Anda langsung menuju ke desa ciwaru sekitar 1 jam

5. Curug Sodong

Curug Sodong


Curug sodong ini pun merupakan sebuah tempat wisata air terjun yang masih satu lokasi dengan curug cikanteh. Bahkan curug sodong dan curug cikanteh ini masih satu lokasi dengan kawasan geopark ciletuh yang menjadi lokasi penelitian alam yang dilakukan oleh peneliti maupun mahaasiswa Indonesia maupun luar negeri.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi curug sodong, maka Anda cukup berjalan sekitar 10 menit dari area parkir dan kemudian Anda akan menemukan air terjun kembar yang biasa diberi nama oleh warga sekitar yakni curug sodong.

6. Curug Batu Tapak

Curug Batu Tapak


Curug batu tapak merupakan salah satu dari tempat wisata curug yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sebab, curug batu tapak ini melewati bebatuan yang membawa debit air yang cukup jernih sehingga Anda dapat mandi di sekitar curug. Ya, sumber dari air terjun batu tapak ini berasal dari Gunung Salak yang juga menjadi sumber air warga sekitar.

Curug batu tapak ini berlokasi di desa cidahu yang terletak di kaki Gunung Salak, Kota Sukabumi. Untuk mencapai lokasi wisata curug batu tapak ini Anda dapat menempuh jalur darat dari Cicurug menuju Cidahu yang jaraknya sekitar 15km.

Setelah itu, Anda dikenai biaya Rp. 10.000 untuk memasuki kawasan wisata Gunung Salak dan kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan trek perjalanan cukup curam dan sedikit berbahaya sehingga Anda perlu membawa perlengkapan pendakian standart.

7. Curug Sawer

 Curug Sawer


Curug sawer menjadi salah satu wisata air terjun sukabumi terkeren dan banyak menarik animo wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Ya, curug sawer ini didominasi oleh tebing bebatuan yang menjulang serta pada bagian tengah tebing ini menyemburkan air terjun yang cukup eksotik.

Di curug sawer ini terdapat jembatan gantung terpanjang yang melewati situ gintung suspension bridge. Untuk dapat melewati jembatan gantung tersebut, Anda diharuskan membayar biaya Rp. 50.000 per orang.

8. Curug Cirajeg

Curug Cirajeg


Tempat wisata air terjun yang berlokasi di Kota Sukabumi selanjutnya adalah curug cirajeg. Curug cirajeg ini berlokasi di dusun cirajeg, desa negalsari, kecamatan purabaya, Kota Sukabumi. Yang unik dari curug cirajeg ini adalah lokasi dari air terjun ini berada di areal persawahan sehingga air dari curug tersebut dijadikan sebagai sumber air irigasi pertanian.

9. Curug Gentong

Curug Gentong


Tempat wisata air terjun yang terakhir dari Kota Sukabumi adalah curug gentong. Curug gentong ini berlokasi di desa cibalok waluran Kota Sukabumi. Curug gentong ini adalah sebuah air terjun yang berasal dari muara sungai sehingga aliran air tidak terlalu deras.

Namun, yang unik adalah terdapat susunan batu berundak sehingga aliran air terjun dari curug gentong sangatlah unik.
Kota Sukabumi merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat dan dikenal sebagai kota wisata karena memiliki berbagai lokasi wisata air terjun yang banyak dikunjungi wisatawan baik wisatawan asing maupun domestik.



Leave a Reply