Wisata

10 Kota Kuno Di Dunia Paling banyak dikunjungi Wisatawan, Tertarik Untuk Menelisik?


Berbicara tentang kota pasti yang ada dibenak kalian adalah penuh dengan gemerlap bukan? Tetapi ternyata ada beberapa kota yang justru ditinggalkan oleh penduduknya atau hilang secara misterius. Biasanya hilangkan kota tersebut tidak bisa dipisahkan dari cerita mistis ataupun peristiwa masa lampau.

Di dunia ini ternyata masih ada banyak sekali misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang. Termasuk misteri mengapa beberapa kota di bawah ini hilang secara misterius ditinggalkan oleh para penghuninya. Jika anda penasaran berikut ini daftar kuota kuno yang hilang secara misterius dan benar-benar ada di dunia.

10 Kota Kuno di Dunia Yang Hilang ini dijadikan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi penggila travelling. Apa saja daftar kota yang hilang tersebut, berikut ulasan lengkapnya.

1. Machu Picchu di Peru

kota kuno di dunia
photo via Tirto.ID


Kota kuno di dunia yang hilang pertama ada di negara Peru. Tentunya, anda sudah pernah mendengar nama kota ini bukan? Atau bahkan anda sudah pernah mengunjunginya? Ya, Machu Picchu ini berada di atas ketinggian 2430 mdpl ini, ternyata merupakan sebuah kota di masa lampau. Dimana ketika anda mengunjungi tempat ini maka anda akan menemukan banyak arsitektur yang memperlihatkan bagaimana peradaban Inca.
Kota kuno yang berlokasi di Lembah Urubamba ini kabarnya telah dibangun sejak tahun 1450 dan ditinggali selama kurang lebih 100 tahun. Machu Picchu sendiri hilang dan dihancurkan oleh bangsa Spanyol secara misterius. Untuk kemudian, berabad-abad kemudian, banyak ditemukan lahan luas yang tertutup oleh hutan lebat.

2. Memphis di Mesir

kota tertua di dunia
photo via sekolahumroh.com


Memphis yang satu ini tidak terletak di benua Amerika melainkan di tanah Arab yakni Mesir. Kabar yang berkembang, pada mulanya Memphis menjadi ibu kota Mesir di masa lampau dan menjadi ibukota pertama dari negara piramida tersebut.
Kota ini sendiri sudah berdiri sekitar 2200 sebelum masehi. Dan awalnya, ini merupakan kota yang dihuni oleh kurang lebih 30 ribu penduduk dan mengalami masa kejayaan pada saat dinasti ke-6. Saat ini, kota Memphis dijadikan sebagai destinasi wisata yang wajib untuk anda kunjungi ketika datang ke Mesir.

3. Petra di Jordania

kota kuno di dunia
photo via Dream


Tak bisa dipungkiri apabila tanah Arab memang dikenal dengan adanya peradaban kuno yang menyimpan misteri tersendiri. Masih ada kota hilang di dunia yang masih menjadi misteri hingga sekarang yakni Petra. Petra sendiri memiliki arti batu. Kota ini berada di lereng Gunung Hor di negara Yordania. Di wilayah ini sendri, anda bisa menemukan banyaknya pahatan atau ukiran yang terdapat pada batu.
Situs ini sendiri kabarnya baru terungkap pada sekitar tahun 1812 dan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO di tahun 1985. Hal ini tidak lain karena sejarah panjang yang tersimpan didalamnya. Ketika mengunjungi tempat ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang begitu mempesona.

4. Angkor di Kamboja

kota tua di dunia
photo via bookmundi.com


Mengunjungi wisata yang kaya akan sejarah seperti kota kuno ternyata masih menjadi pilihan bagai banyak traveller yang ingin merasakan nuansa pada masa lampau. Ada lagi kota kuno yang hilang secara misterius. Kali ini berada di Asia Tenggara tepatnya di negara Kamboja. Kota tersebut adalah Angkor.
Kota ini sendiri mengalami kejayaan mulai dari abad ke 9 hingga ke 15 dan setelah itu menjadi kota kuno yang ditinggalkan oleh penduduknya. Reruntuhan kota ini sendiri ditemukan di tengah hutan serta lahan pertanian. Tepatnya berada di sebelah utara Tonle Sap dan selatan Kulen hills. Situs ini juga ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

5. Pompeii di Italia

kota kuno hilang di dunia
photo via wowasiknya.com


Pernah mendengar kota yang satu ini? Ya, nama kota ini sendiri dijadikan sebagai nama salah satu band top dunia. Ternyata kota ini benar-benar pernah ada lho. Letaknya tidak jauh dari kota Naples. Tetapi kota ini sudah hancur dan hanya menyisakan sejarah.
Kota Pompeii sendiri hancur lantaran terkena material letusan dari gunung Vesuvius. Penggalian pun telah dilakukan untuk menemukan jejak kota Pompeii dimana hilang pada masa pemerintahan romawi. Tetapi di jaman sekarang ini, Pompeii menjadi salah satu tujuan wisata di Italia.

6. Palmyra di Suriah

kota kuno di dunia yang pernah hilang
photo via kbr.id


Pada awalnya, kota Palmyra sendiri menjadi salah satu kota yang cukup penting di Suriah. Kota ini juga memiliki sebutan sebagai kota Tadmur. Dan menjadi salah satu tempat perhentian Kafilah yang sangat penting bagi para pengelana yang melintasi gurun yang ada di Suriah.
Kabarnya, orang-orang Tadmur awalnya memabangun monument berukuran besar di kota tersebut. Monumen ini sendiri kini menggambarkan sebuah seni pemakaman. Dimana anda bisa menemukan adanya patung manusia yang membujur layaknya orang yang telah meninggal.

7. Vijayanagar di India

kota tua di dunia yang pernah hilang
photo via themysteriousindia.ne


Terkenal dengan drama Bollywood yang cukup populer, India juga terkena memiliki banyak bangunan dan kota kuno termasuk kota yang telah hilang bernama Vijayanagar. Kota ini sendiri didirikan pada masa Dinasti Sangama. Dimana ini merupakan pembesar Harihara dan Bukka sekitar tahun 1336.
Puncak kejayaan dari kota ini sendiri dipegang oleh pemerintahan Krishnadevaraya sekitar 1509-1529. Kabarnya, penduduk di kota ini sendiri mencapai setengah juta. Kota ini juga memiliki kekayaan berupa rempah-rempah hingga industry kapas.

8. Palenque di Meksiko

kota tua di dunia yang banyak dikunjungi wisatawan
photo via Pixabay.com


Palenque sendiri merupakan kota kota bagi bangsa suku Maya yang tidak jauh dari sungai Usumacinta di negara Meksiko. Di tempat ini, anda juga menemukan adanya arsitektur dengan nilai estetis terbaik hingga patung dan ukiran yang diciptakan oleh suku Maya.
Kota ini juga menjadi salah satu keajaiban yang dimiliki oleh kota Meksiko dan ditempati sekitar 100 sebelum masehi silam. Hilangnya kota ini sendiri diduga karena penghancuran yang dilakukan oleh musuh dari suku maya yakni suku Tonina pada tahun 703. Reruntuhan dari kota ini sendiri baru ditemukan pada abad ke 18, Hingga saat ini kota ini menjadi salah satu destinasi wisata yang mengesankan.

9. Sanchi di India

kota paling kuno di dunia
photo via culturalindia.net


Selain kota tua Vijayanagar, India masih memiliki kota tua yang begitu populer yakni Sanchi. Sanchi juga ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Letaknya ada di India tengah dan tidak jauh dari Sungai Betwa dimana terletak di perbukitan pasir sekitar 90 meter di atas pedesaan.
Di tempat ini anda bisa menemukan monument Budha yang berkesan dimana kota ini juga dikelilingi oleh pagar batu besar dengan ukiran yang cukup rumit. Kota ini juga sudah tidak di tinggali.

10. Ephesus di Turki

kota kuno di dunia
photo via yokosoeropa.com


Kota kuno di dunia yang hilang terakhir adalah Ephesus yang berlokasi di Turki. Kota ini sendiri merupakan peninggalan dari Yunani Kuno dan didirikan oleh kolonis Athena sekitar abad ke 10 sebelum Masehi.
Kota ini sendiri berada di Lonia dan tidak jauh dari sungai Cayster. Ephesus menjadi kota yang penting pada zaman kekristenan awal karena memiliki hubungan dengan keberadaan Paulus.
Demikian 10 kota kuno di dunia yang hilang dan kini menjadi tempat wisata yang populer di dunia. Manakah destinasi wisata yang akan anda kunjungi liburan tahun ini.? Jangan lupa siapkan budget.

2 Comments

  1. Haryadi Yansyah | Omnduut February 27, 2019
    • Reni February 28, 2019

Join The Discussion