11 Air Terjun di Malang Paling Indah


Reni  December 11, 2017  2 Comments

Ingin menikmati keindahan alam sekaligus menyegarkan pikiran, Anda dapat mengunjungi salah satu dari 11 air terjun di Malang yang paling indah berikut ini.

  1. Sumber Pitu Tumpang

Air terjun yang satu ini memiliki 2 buah nama yaitu sebagai air terjun Sumber Pitu Tumpang karena lokasi air terjun ini berada di Kecamatan Tumpang.  Ada juga orang yang menyebut air terjun ini dengan Umbulan Pitu, karena air terjun ini juga berada di desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Yang unik dari air terjun yang satu ini adalah berjajarnya air terjun yang seolah-olah keluar dari sela rerumputan yang lebat. Tentunya pemandangan ini akan sangat menanjakkan mata Anda. Ada cerita yang menyebutkan, bahwa air terjun ini bersumber dari 7 mata air yang lokasinya berdekatan dan berada di sekitar tebing.

  1. Ringin Gantung

air terjun di malang

Tidak jauh dari lokasi Air terjun Sumber Pitu  Tumpang, Anda juga dapat menikmati indahnya air terjun lainnya, namanya adalah air terjun Ringin Gantung. Air yang terjun dari ketinggian 40 meter ini memperoleh nama Ringin Gantung, karena ada pohon beringin yang tumbuh menempel di dinding barat tebing, dan terlihat seperti mengantung. Tentunya ini akan menjadi pemandangan unik lainnya yang akan Anda peroleh dari air terjun tersebut. Hal unik lainnya dari air terjun yang satu ini adalah, tidak terpengaruh oleh cuaca. Baik cuaca sedang hujan atau sedang kemarau, debit air terjun ini seolah tidak mengalami perubahan.

  1. Sumber Pitu Pujon

Air terjun Pitu Pujon ini berlokasi di Dusun Tulung Rejo, desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang. Atau jaraknya kurang lebih 2 jam dari sumber Pitu Tumpang. Untuk masuk ke lokasi ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 10.000.

Sekilas pemandangan yang akan dilihat dari air terjun yang satu ini sama seperti air terjun Sumber Pitu Tumpang. Air terjun yang ada di tempat ini, seolah-olah keluar dari sela rerumputan, namun bedanya di tempat ini, hampir seluruh tebing dipenuhi oleh rerumputan nan hijau. Jadi Anda seperti melihat tirai hijau nan indah dan mengeluarkan kucuran air yang cukup deras.

  1. Coban Nirwana

air terjun di malang

Air terjun di Malang yang satu ini memang cukup terkenal, air terjunnya yang cantik, serta pas jika digunakan untuk berfoto ria. Lokasi air terjun ini memang berada di desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, walaupun lokasi air terjun ini berbatasan dengan Sumber Manjing Wetan, Malang.

Untuk masuk ke kawasan ini memang belum ada retribusi resmi, kalaupun ada, hanya subangan sukarela. Awalnya air terjun ini dikenal dengan nama Coban Mbok Karimah, yang tidak lain nama sesepuh yang tinggal di seputar air terjun.

Air terjun yang satu ini memang patut untuk Anda kunjungi, karena memiliki pemandangan yang indah. Air terjun dibagi menjadi 2 tingkat, dari tingkat pertama, Anda akan melihat 1 buah air terjun, sedangkan ditingkat kedua, Anda akan melihat 2 buah air terjun.

  1. Coban Talun

air terjun di malang

Air terjun bertingkat berikutnya yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Malang adalah Coban Talun. Jaraknya sekitar 1,5 jm, atau sekitar 15 Km dari pusat kota Malang. Letaknya di desa Tulungrejo, Kecatan Bumiaji, Batu, Malang. Untuk masuk ke kawasan air terjun yang tingginya sekitar 75 meter, ini Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 5000 per orang. Dari lokasi tiket, para pengendara dapat mengunakan kendaraan pribadinya, untuk masuk ke kawasan air terjun, yang berjarak sekitar 50 meter. Tarif parkir di tempat ini sekitar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 4.000 untuk mobil.

Yang menarik dari air terjun yang satu ini adalah air yang terjun seolah-olah ditampung oleh bebatuan alami, dan kembali dikucurkan menjadi beberapa air terjun kecil nan indah. Sama seperti air terjun lainnya,di tempat ini juga dipenuhi oleh aneka tumbuhan nan hijau, dan pastinya membuat pemandangan di tempat ini terlihat semakin indah.

  1. Coban Rondo

air terjun di malang

Siapa yang tidak kenal dengan air terjun Coban Rondo. Ini akan menjadi lokasi wisata yang pas untuk Anda dan keluarga kunjungi, lantaran akses menuju air terjun yang satu ini cukup mudah. Berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, air terjun yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Pemandangan air terjun yang ada di tempat ini sangat indah, dan selain lokasi air terjun, pengelola tempat ini juga menawarkan fasilitas wisata lainnya, yaitu taman labirin, area camping, aneka permainan outbond, dll. Harga tiket masuk ke lokasi yang satu ini cukup murah hanya sekitar Rp 15.000, sedangkan untuk masuk ke taman labirin, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 10.000.

  1. Coban Gintung

air terjun di malang

Coban Gintung ini berlokasi di desa Sidorenggo, kecamatan Ampel Gading, kabupaten Malang. Atau mencapai jarak terkitar 75 km dari pusat kota Malang. Untuk mencapai lokasi yang satu ini, tidak terlalu sulit. Krena ada beberapa papan petunjuk jalan menuju lokasi air terjun tersebut.

Yang menarik dari air terjun, selain indahnya air terjun adalah adanya rumah pohon yang dibangun di samping air terjun. Lokasi ini yang menjadi tempat favorit para wisatawan untuk berfoto di tempat tersebut. Tiket masuknya sendiri sebenarnya tidak ada, namun untuk biaya parkir, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp. 5000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

  1. Coban Anjlok

Coban Anjlok ini sendiri berlokasi di pantai Lenggoksono, dimana air yang terjun langsung mengalir ke laut. Dikenal dengan sebutan Coban Anjlok, karena debit air yang jatuh memang cukup besar. Dari lokasi pantai, Anda dapat naik ke atas tebing menuju air terjun, dari sana, Anda dapat berendam, sambil menikmati indahnya alam laut nan lepas. Air terjun yang satu ini berlokasi di Dampit, desa Tirtoyudo, kecamatan Tirtoyudo, kabupaten Malang.

  1. Air Terjun Telaga 3 Warna

air terjun di malang

Lokasinya sama dengan Coban Gintung, yaitu di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampel Gading Dampit, Malang. Jalur menuju lokasi yang satu ini terbilang cukup ekstrem, ada beberapa jalur ekstrem yang harus Anda lalui, dan jarak dari tiket parkir ke air terjun sekitar 90 menit. Namun semua rasa lelah yang ada terbayar sudah dengan keindahan alam yang ada, dimana air yang terjun terlihat sangat indah, demikian pula pemandangan alam di bawahnya air yang mengalir, seolah-olah ditampung oleh 3 tempat yang memiliki warna berbeda.

  1. Coban Pelangi

Air terjun Coban Pelangi ini berlokasi di desa Gubugklakah, kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Disebut dengan air terjun Coban Pelangi, karena air yang terjun, dan terkena sinar matahari, memantulkan bias warna pelangi. Lokasi ini termasuk kawasan Wana Wisata, yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang, dan terletak di Taman Nasional Bromo.

  1. Coban Kethak

air terjun di malang

Terletak di desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, air terjun yang satu ini termasuk baru. Ada yang unik dengan air terjun yang satu ini, salah satunya adalah adanya batu yang bentuknya mirip kepala singa, dan adanya persis di bawah aliran air terjun. Air terjun di tempat ini memang sangat indah dipandang, selain itu akses masuknya juga sangat mudah.

Ulasan kali ini tentunya akan menjadi inspirasi baru bagi Anda ketika mengunjungi kawasan Malang, yaitu dengan mengunjungi salah satu air terjun di Malang.



Leave a Reply

2 Comments
  1. pringadi says:

    wah keren banget, aku cuma pernah ke coban rondo sama coban pelangi
    jaraknya gimana dari kota.. tambahin dong