10 Air Terjun di Banyuwangi yang Paling Indah + Rute Lokasi

Reni  July 13, 2018  0 Comment

Berbicara mengenai alam Banyuwangi pastinya tidak akan ada habisnya, sebab keindahan alamnya sudah terbukti dengan peningkatan kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun. Tentunya hal ini tidak terlepas dari adanya keberadaan tempat wisata yang ada di wilayah tersebut. Mulai dari wisata pantainya hingga pemandangan alamnya yang masih terkesan alami hingga air terjun di Banyuwangi  tawarkan kesejukan tersendiri.

Terlepas dari itu semua, obyek wisata air terjun Banyuwangi sepertinya mulai mendapatkan perhatian dari kalangan wisatawan dan berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata air terjun Banyuwangi yang bisa dikunjungi selama melakukan perjalanan di Banyuwangi.

1. Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir

siranselpena.com

Memiliki ketinggian kurang lebih 10m dengan kolam air yang persis ada di bawahnya, air terjun Banyuwangi yang dikenal dengan sebutan air terjun Jagir ini berlokasi di Glagah, Kp. Anyar, Banyuwangi. Di sini Kamu bakalan menikmati indahnya pemandangan alam yang bisa dibilang masih asri dengan airnya yang sangat jernih.

Untuk mencapai lokasi wisata ini, dari simpang lima yang ada di pusat Banyuwangi, Kamu bisa menuju ke terminal sasak perot. Dari sini, perjalanan lurus hingga menemukan patung barong dan di pertigaan ini, Kamu bisa mengambil arah lurus dengan melintasi desa Kemiren dan juga desa Taman Suruh. Beberapa menit kemudian, Kamu akan tiba di dusun kampung anyar. Dari sini lokasi air terjun bisa dicapai, namun Kamu harus melewati jalan berundak sejauh 100m.

Review wisata

Air Terjun Mangku Kodeq Yang Memikat Hati

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang Yang Sejernih Kaca

2. Air Terjun Pertemon

Air Terjun Pertemon

twitter.com/isunbanyuwangi

Bisa dibilang lokasi air terjun Banyuwangi yang kerap kali dijuluki air terjun Pertemon ini lokasinya sangat tersembunyi, tepatnya ada di Dusun Sambungrejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi, Kamu akan disuguhkan pemandangan sawah dan perkebunan yang nampak sangat hijau.

Sedangkan rute menuju lokasi, bisa dimulai dari pusat kota Banyuwangi. Selanjutnya perjalanan diteruskan ke kecamatan Rogojampi hingga Kamu menemukan pasar. Dari pertigaan pasar ini, Kamu bisa mengambil arah kanan untuk tiba di kecamatan Songgon. Sesampainya di kecamatan ini, Kamu akan menemukan petunjuk jalan yang mengarah ke air terjun Banyuwangi yaitu air terjun pertemon.

Baca juga :  20 Tempat Wisata di Puncak Bogor Paling Indah Bagaikan Surga

3. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider

jatimtimes.com

Berlokasi di Sumberarum, Songgon, Banyuwangi, air terjun Banyuwangi yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Lokasinya yang berada di 1600mdpl, menjadikan air terjun Lider memiliki nuansa lingkungan alam yang sejuk dengan pemandangan yang indah. Bagi Kamu yang ingin berkunjung ke lokasi ini, perjalananmu akan menempuh jarak 45km.

Berawal dari pusat kota Banyuwangi, Kamu bisa menuju ke kecamatan Genteng yang dilanjutkan ke kecamatan sempu dengan jarak 7km. dari sini, perjalanan masih dilanjutkan ke desa Sumberarum dengan melintasi desa Jambewangi.

Sesampainya di dukuh Lider, perjalanan dilanjutkan sejauh 3km hingga sampai di batas akhir perkebunan cengkeh dan di sinilah Kamu memasuki pos 1 air terjun lider. Selanjutnya Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan merujuk pada petunjuk jalan.

4. Air Terjun Tirto Kemanten

Air Terjun Tirto Kemanten

banyuwangibagus.com

Bisa dibilang jika air terjun Banyuwangi yaitu air terjun Tirto Kemanten ini berbeda dengan air terjun pada umumnya. memiliki dua aliran air yang jatuh dari ketinggian tertentu, air terjun ini bak pengantin yang sedang bersanding. Berlokasi di Desa Wonorejo, Kota Kalibaruwetan, Banyuwangi, obyek wisata ini bisa dijangkau dengan perjalanan dari stasiun Kalibaru sejauh 50m.

Kemudian Kamu bisa belok kiri hingga menemukan persimpangan pertama dan belok kanan lalu belok kiri hingga menemui perkebunan PTPN XII. Dari portal perkebunan ini, Kamu bisa lurus saja hingga memasuki gapura dusun Wanarejo. Selanjutnya, dari sini Kamu akan menemukan jalan perbatasan aspal dan tanah dan Kamu bisa belok kanan untuk menemukan lokasi wisata air terjun Banyuwangi tersebut.

5. Air Terjun Slendang Arum

Air Terjun Slendang Arum

wisatasonggon.wordpress.com

Dengan ketinggian yang mencapai 20 meter, air terjun ini jatuh dengan menuruni tebing yang tidak terlalu curam. Bagi Kamu yang penasaran dengan air terjun Banyuwangi yang dikenal dengan nama air terjun Slendang Arum, Kamu bisa meluncur ke Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Sedangkan untuk rutenya, bisa dimulai dari kecamatan Genteng. Sesampainya Kamu dipertigaan Gendok, Kamu bisa belok ke kiri hingga melewati perkebunan cengkeh dan nantinya Kamu tiba di suatu pertigaan lalu beloklah ke kanan. Sesampainya di sini, Kamu bisa bertanya kepada penduduk lokasi wisata tersebut dan pastinya lokasi tersebut tidak jauh.

Baca juga :  11 Gunung Terkenal di Jepang Bikin Kaki Gatel Pingin Nanjak

6. Air Terjun Kedung Angin

Air Terjun Kedung Angin

banyuwangi.merdeka.com

Air terjun Banyuwangi yang cukup terkenal lainnya adalah air terjun Kedung Angin yang ada di Pakel, Licin, Banyuwangi. Dengan akses perjalanan yang sangat mudah dan keindahan air terjun yang tidak terbantahkan, menjadikan banyak wisatawan yang singgah di obyek wisata yang satu ini.

Untuk menikmati derasnya air dari tebing dan segarnya berenang di kolam bawah air terjun, perjalanan bisa dimulai dari stasiun Banyuwangi baru – ke utara Jalan St. I (40m) – belok kanan ke Jalan St. II(160m) – belok kanan Jalan Gatot Subroto (3.6km) – terus ke Jalan Nasional III (8.4km) – belok kanan Jalan Nasional III (5.9km) – belok kanan Jalan Tambong (1.3km) – belok kiri Jalan Desa Macan Putih (700m) – belok kiri (1.1km) – belok kanan (3.1km) – belok kanan (3.7km) – tibalah di air terjun kedung angin.

7. Air Terjun Telunjuk Dewa Raung

Air Terjun Telunjuk Dewa Raung

suetoclub.wordpress.com

Keindahan alam air terjun Banyuwangi juga bisa Kamu nikmati dengan mengunjungi air terjun Telunjuk Dewa Raung. Eksotisme alamnya yang menyatu dengan gemuruh air yang jatuh dari tebing, menjadikan setiap wisatawan ingin menikmati mandi di bawah air terjun. Jika Kamu berkeinginan demikian, perjalanan dari kota Banyuwangi dilanjutkan kearah Rogojampi hingga perempatan kantor pos rogojampi.

Selanjutnya belok ke arah barat ke Songgon. Ikuti jalan tersebut sampai lewat pasar songgon dan ambil ke arah Sragi. Terus ikuti jalur tersebut sampai perempatan sragi lalu belok kanan. Ikuti terus jalur tersebut dengan melewati air terjun Temcor hingga mentok di pertigaan dan Kamu akan menemukan petunjuk jalan kea rah air terjun Telunjuk Dewa Raung. Ikuti petunjuk jalan tersebut hingga Kamu tiba di lokasi wisata yang dimaksud.

Pesona alam air terjun Banyuwangi memang sangat mengesankan dengan keindahan alamnya yang jauh dari kata rusak. Tidak mengherankan jika hal semacam ini menjadi alasan bagi wisatawan untuk berkunjung ke Banyuwangi. Dengan menjadikan daftar lokasi wisata air terjun di Banyuwangi, kini Kamu tidak perlu lagi bingung ketika telah menginjakkan kaki di bumi Banyuwangi.

8. Air Terjun Coklak

Air Terjun Coklak

tripzilla.id

Di kelilingi oleh vegetasi hijau nan rindang, air terjun Banyuwangi dengan sebutan air terjun Coklak ini berada di wilayah Tegalharjo, Glenmore, Banyuwangi. Pesona indah obyek wisata ini bisa dilihat dari lokasinya yang sangat sejuk dan air terjunnya yang sangat segar.

Baca juga :  10 Gereja Terbesar di Dunia Dengan Arsitektur Yang Unik

Jika Kamu berminat untuk menikmati keindahan alam ini, dari stasiun Banyuwangi Baru, berkendaralah sejauh 40m melalui jalan St. I kemudian belok kanan menuju jalan St. II sepanjang 160m. dari sini, Kamu bisa belok kanan menuju Jalan Gatot Subroto sejauh 3,6km dan dilanjutkan ke Jalan Nasional III sejauh 8.4km lalu belok kanan untuk tetap ada di jalan nasional III sepanjang 12km dan belok kanan lagi untuk ada pada jalur jalan nasional III sepanjang 9,2km.

Selanjutnya, belok kanan sejauh 4.8km hingga sampai di Jalan Raya Parijatah sepanjang 1.3km. dilanjutkan ke Jalan Kihajar Dewantoro sejauh 30m lalu ke jalan raya Kalisetail sejauh 2,5km. perjalanan dilanjutkan ke jalan Sumberwadung sejauh 3,7km lalu lurus sejauh 180m, belok kanan 2,2km, belok kiri 1,9km, belok kanan lagi sejauh 7.3km, belok kanan 1,1km, belok kanan 1.8 km, belok kanan 1,5km dan tibalah di air terjun yang dimaksud.

9. Air Terjun Banyu Lor

Air Terjun Banyu Lor

mday.info

Pesona keindahan air terjun Banyuwangi selanjutnya adalah air terjun Banyu Lor. Lokasinya yang ada di Bayu, Songgon, Banyuwangi, menjadikan lokasi ini sangat mudah untuk diakses para pengunjung. keindahan alamnya bisa dinikmati dengan melalui rute perjalanan dari Jalan Nasional III menuju ke wilayah Rogojampi dan diteruskan ke selatan Jalan Nasional III mengarah ke Jalan Penataran.

Dari sini, beloklah ke kanan untuk tetap pada jalur Jalan Nasional III dengan melewati Hotel Santika Banyuwangi pada kiri jalan. Ambil jalur yang mengarah ke Songgon dan dari sini Kamu bisa belok ke kanan untuk menuju jalan Songgon. Selanjutnya beloklah ke kiri untuk tetap di jalur tersebut dan air terjun Banyu Lor ada di sebelah kanan jalan.

10. Air Terjun Temcor

tempat wisata terdekat

giant.tours

Dengan ketinggian kurang lebih 10m, air terjun Banyuwangi yang berlokasi di Dusun Sumberarum, Desa Sragi, Kecamatan Songgan, Banyuwangi ini memiliki aliran air yang sangat deras. Meskipun demikian, obyek wisata ini bisa dijadikan solusi relaksasi dengan berenang di kolam bawah air terjun.

Jika Kamu ingin menikmati keindahan air terjun ini, perjalananmu bisa dimulai dari kota Banyuwangi yang dilanjutkan menuju Bunderan Patung Rogojampi hingga menemukan pertigaan kantor pos Rogojampi. Ambil sisi kanan yang mengarah ke Songgon dan ikuti perjalanan tersebut hingga melalui pasar Songgon. Setelah menemukan pertigaan kedua, ambil arah Sragi lalu ikuti jalan hingga mentok pada suatu pertigaan dan beloklah ke kanan.

Di sini Kamu akan melewati wisata air terjun lider dan di sebelah kanan jalan akan ditemukan pondok pesantren Assidiqiyah, lalu ambil gang masuk ke sebelah kanan sampai pertigaan mentok. Untuk kendaraan bisa dititipkan di rumah warga dan Kamu bisa berjalan kaki menuju lokasi wisata.