Keistimewaan 10 Tempat Wisata di Korea Utara, Ternyata Tak Seseram itu


Reni  November 13, 2019  0 Comment

Jika Korea Selatan (Korsel) sangatlah dikenal dengan gemerlap budaya K-Pop serta keseruan drama/film Korea, hal sebaliknya justru identik dengan Korea Utara (Korut). Sudah sejak lama bahwa negara yang kini dipimpin secara diktator oleh Kim Jong Un itu memang tampak tidak bersahabat. Namun itu bukan berarti tempat wisata di Korea Utara juga tidak menyenangkan.


Sejauh ini masyarakat dunia memang menganggap Korea Utara sebagai negara yang amat sangat tertutup dengan masyarakat asing. Berbagai aturan ketat yang ditetapkan semakin memperkuat kesan ‘seram’ pada Korea Utara. Padahal negara dengan ibukota Pyongyang ini memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang tak kalah mempesona daripada Korsel.


Wilayah Korut ini dibagi menjadi tiga daerah administrasi khusus yakni Daerah Industri Kaesong, Daerah Pariwisata Kumgangsan dan Daerah Administratif Khusus Sinuiju dan sembilan provinsi. Nah supaya tidak salah kaprah lagi terhadap Korea Utara, yuk pelajari 10 tempat wisata di Korea Utara yang tanpa diduga memberikan kesan istimewa bagi seluruh turis.

Tempat Wisata di Korea Utara


1. Juche Tower

tempat wisata korea utara
tlasobscura.com


Inilah tempat wisata di Korea Utara yang merupakan main attraction bagi wisatawan, sekaligus kebanggan masyarakat Korut. Berada di sebelah timur sungai Taedong, menara Juche dibangun sebagai hadiah ulang tahun Kim Il Sung yang ke-70. Nama menara ini sendiri memang diambil dari ideologi Juche yang dianut secara resmi oleh penduduk Korea Utara.
Menjulang setinggi 170 meter, menara Juche adalah struktur empat sudut dengan bagian puncaknya ditutupi obor besi bercahaya, setinggi 20 meter. Di kompleks Juche Tower, Anda bisa menemukan patung setinggi 30 meter yang menampilkan dua pria dan seorang perempuan yang saling menggenggam palu, kuas dan sabit. Konon katanya Kim Jong Il adalah perancang Juche Tower.

Baca juga :  Betah Berwisata di 10 Tempat Wisata di Gayo Lues
Gotravelly

Makan-Makanan Korea Di Magal Korean BBQ

Mencicipi Ramen Monster Di Tokyo Belly


2. Victorious War Museum

wisata korea utara
koreakonsult.com


Jika monumen Arc of Thriumph sebagai pengingat akan kekuatan Korut saat melawan penjajahan Jepang, maka museum Victorious War adalah bukti kehebatan Kim Il Sung dalam mengatur militer. Di museum ini disimpan kendaraan perang seperti tank dan senjata berat. Wajib diingat, Anda tak boleh menghina Korut di tempat ini karena ganjarannya adalah dijebloskan ke penjara.


3. Kumsusan Palace of the Sun

tempat wisata korea utara
architectuul.com


Berada di pinggiran kota Pyongyang, bangunan ini memang sangat megah dan cocok menjadi salah satu tempat wisata di Korea Utara terbaik untuk dikunjungi. Bangunan yang juga bisa disebut sebagai Istana Matahari Kumsusan ini, awalnya dibangun Kim Il Sung untuk sang putra, Kim Jong Il pada 1976. Hanya saja ketika Il Sung meninggal dunia tahun 1994, Kumsusan berubah fungsi.
Jong Il melakukan perubahan besar-besaran pada Kumsusan hingga akhirnya menjadi mausoleum yang lebih megah daripada Taj Mahal. Kendati memiliki arsitektur yang sangat indah, Kumsusan tidaklah dibuka setiap hari. Sehingga saat dibuka, masyarakat Korut bakal berbondong-bondong demi memberikan persembahan kepada Il Sung, sang Presiden Abadi Korut.


4. The State Circus Pyongyang

obyek wisata menarik di north korea
youtube.com


Seolah membuktikan jika industri hiburan mereka tak kalah dari Korsel, The State Circus Pyongyang akan jadi pilihan wisata seru. Dianggap sebagai atraksi hiburan terbaik di Korut, event hiburan yang spektakuler dan profesional ini diyakini sudah ada sejak 1989. Untuk melihat The State Circus Pyongyang, Anda tinggal berkunjung ke gedung Pyongyang Circus di Pyongyang.


5. DMZ (Korean Demilitarized Zone)

hal menarik tentang korea utara
asiaone.com


Tidak lengkap rasanya tiba di Korea Utara tanpa berkunjun ke tourist attraction yang bikin tegang. Dan lokasi tempat wisata di Korea Utara yang seperti itu bisa Anda temukan di DMZ. Batas negara yang dibuat setelah perang kedua Korea usai ini membagi Semenjanjung Korea jadi sama besar.
Alih-alih pemandangan indah, situasi di DMZ bahkan cenderung sangat hening dan sunyi karena memang tak boleh ada keributan. Selayaknya medan perang yang mengalami gencatan senjata, sedikit saja bunyi-bunyian terdengar, maka bisa memicu baku tembak seketika.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Hawai, The Island of Aloha Cakep Banget!


6. Jembatan Sino

tempat wisata korea utara
wikipedia


Dianggap sebagai simbol persahabatan Tiongkok dan Korea Utara, jembatan Sino memang menghubungkan kota Dandong (China) dan Sinuiju (Korea Utara). Waktu paling tepat untuk menikmati keindahan jembatan Sino adalah saat malam hari. Kenapa begitu? Karena sinar lampunya saling berpendaran cantik.


7. Kaesong Koryo Museum

hel menarik tentang korea utara
flickr.com


Bagi pecinta sejarah, museum Kaesong Koryo bisa jadi pilihan tepat sebagai salah satu tempat wisata di Korea Utara. Anda bisa menemukan banyak sekali artefak Kerajaan Koryo dan tata kehidupan masyarakat kuno Korea di tempat ini. Dengan ribuan benda berharga peninggalan sejarah, museum ini sangat tepat untuk mempelajari kenapa kedua Korea itu bisa saling bermusuhan.
Yang cukup unik dari museum ini adalah dulunya merupakan bangunan Kerajaan Koryo yang sempat memerintah pada tahun 918 hingga 1392. Dengan banyaknya peninggalan sejarah, berkunjung ke museum Koryo seolah-olah membuat Anda merasakan kehidupan masyarakat kuno Korea.


8. Air Terjun Ullim

wisata ke korea utara
north-korea-travel.com


Pada dasarnya, tempat-tempat wisata di Korea Utara bukanlah bangunan bersejarah saja. Ada salah satu wisata alam yang harus didatangi yakni air terjun Ullim. Dengan sungai yang begitu jernih, air terjun Ullim akan jadi lokasi terbaik melepas penat akibat rutinitas. Untuk sampai ke tempat ini, perjalanannya bisa ditempuh dari pelabuhan Wonsan.


9. Monumen Arc of Thriumph

hal menarik di korea utara
tongiltours.com


Paris mungkin boleh berbangga memiliki Arc de Triomphe. Namun hal itu rupanya juga dimiliki oleh Korea Utara melalui monumen Arc of Thriumph. Berada di distrik Moranbong, kota Pyongyang, bangunan ini dengan mudah menjadi salah satu lokasi tempat wisata di Korea Utara yang wajib untuk Anda kunjungi, ketika berkesempatan datang ke sana.
Memiliki tinggi 60 meter dan lebar 52 meter, monumen ini dibuat dari sekitar 25.500 blok granit. Ada tiga lapisan atap dan gaya tradisional Korea yang semakin membuat keindahan monumen Arc de Thriumph mempesona. Menurut sejarah, monumen ini dibangun demi mengenang jasa Kim Il Sung, kakek Kim Jong Un. Diresmikan pada 1982, monumen ini sudah berusia 37 tahun.

Baca juga :  9 Tempat Wisata Pantai di Jogja yang Indah Tapi Jarang Diketahui


10. Gunung Baekdu/Paektu – Heaven Lake

hal menarik tentang korea utara
wikipedia


Berada di perbatasan Korea Utara dan China, gunung Baekdu sudah diyakini secara turun-temurun oleh masyarakat Korut sebagai Tanah Suci. Menjulang setinggi 2.744 mdpl, Baekdu adalah gunung tertinggi di Korea. Namun yang sangat mempsona di Baekdu ialah Heaven Lake (Danau Surga) yang merupakan danau kawah terbesar di puncak Baekdu.
Lantaran di puncak gunung, Heaven Lake akhirnya memiliki air yang luar biasa jernih dan jauh dari sampah-sampah. Bagi Anda yang hobi hiking dan ingin mencari udara segar, gunung Baekdu bisa jadi pilihan sangat tepat. Namun lepas dari keindahan pemandangannya, Baekdu masihlah aktif dan dikhawatirkan jika nanti meletus, bisa lebih mengerikan daripada ancaman nuklir Korut.
Nah, bagaimana? Terbukti kan kalau sekalipun merupakan negara yang amat sangat tertutup, Korea Utara memiliki segudang tempat wisata. Dengan memahami berbagai tempat wisata di Korea Utara, maka Anda bisa menentukan hal-hal yang disukai saat berkunjung ke tempat Korea Utara. Bukan tak mungkin beberapa tahun lagi, Korut bisa saja seterkenal Korsel.



Leave a Reply