6 Spot Diving di Sulawesi,Keaneragaman Hayati Bawah Laut Yang Cakep!


sisil angelin  September 29, 2021  0 Comment

Indonesia memang kaya sekali dengan Destinasi wisata alam dari Gunung, Air Terjun, Danau, Goa, Sungai, dan Pantai dengan beraneka spot diving yang indah juga ada di Indonesia loh… Namun selain Bali, Raja Ampat, Gili Trawangan, Pulau Komodo, dan ternyata di daerah Sulawesi juga memiliki spot-spot diving yang indah banget sering disebut destinasi menyelam terbaik di dunia. Bahkan beberapa wisatawan dari berbagai pejuru dunia pencinta diving ternyata rela jauh-jauh datang hanya untuk menyelam di spot-spot diving terbaik di dunia yang ada di Sulawesi. Nah untuk kalian pencinta diving di Indonesia wajib banget nih mampir ke beberapa spot diving yang ada di sulawesi ini untuk menikmati pemandangan bawah lautnya yang indah. Ohya untuk kalian penyelam pemula ditempat ini juga tersedia beberapa spot untuk kalian pemula, dan selain tersedia spot untuk pemula dibeberapa tempat yang akan kita bahas ini juga teradapat spot untuk kalian penyelam profesional dengan ombak yang menantang. Nah dari pada kalian penasaran dimana saja spot-spot divingnya langsung aja yuk simak artikel GoTravelly kali ini!

1. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken
iTrip.com

Tempat yang pertama kita bahas ini memang menjadi salah satu dari 10 destinasi spot menyelam terbaik di dunia loh! Jadi di Taman Nasional Bunaken ini tersedia lokasi untuk menyelam dari penyelam pemula hingga penyelam profesional tersedia spot-spot yang menantang, dan unik. Namun meskipun spotnya berbeda-beda dari lokasi pemula, dan profesional hampir semua spot di Taman Nasional Bunaken ini indah loh! Kalian akan dimanjakan dengan beraneka bentuk terumbu karang, ikan yang berwarna-warni, dan uniknya disini kalian bisa melihat beberapa hewan langka yang hanya bisa kalian temukan di Taman Nasional Bunaken.

Gotravelly

Sensasi Tenang Dan Sejuknya Pemandian Mata Air Fotuno Rete Di Muna

Weekend Di Pulo Cinta Eco Resort, Gorontalo

2. Pulau Bangka

Pulau Bangka
detiktravel.com

Pulau Bangka berada di Provinsi Riau, dan Pulau Bangka ini menjadi salah satu lokasi diving dengan spot yang kaya akan pemandangan alam. Jadi Pulau Bangka ini memiliki arus yang deras, dan tidak sembarangan orang bisa menyelam di Pulau Bangka. Jadi benar-benar penyelam yang profesional yang hanya bisa diving ke Pulau Bangka dengan arus yang cukup extrime, dan air laut yang ada di Pulau Bangka ini dipercaya memiliki nutrisi yang banyak dengan pemandangan bawah laut yang sempurna. sehingga dengan nutrisi yang bagus ini membuat lingkungan dibawah laut di Pulau Bangka ini sehat, dan ideal. Jadi pemandangan bawah laut di Pulau Bangka ini ada terumbu karang yang berwarna-warni, ikan dengan beraneka jenis, dan biota laut disini memang sangat kaya. Jadi untuk kalian yang berada di Provinsi Riau wajib banget mampir ke Pulau Bangka ya!

3. Taman Karang Wakatobi

Taman Karang Wakatobi
KSMtour.com

Taman Karang Wakatobi ini berada di Kepulauan Wakatobi, dan menjadi salah satu surganya pencinta diving dengan semua tingkatan dari pemula hingga profesional mengakui Taman Karang Wakartobi dengan keindahan lautnya. Kenapa disebut sebagai surga tersembunyi? karena Taman Karang Wakatobi ini berada di Pulau yang cukup terpencil, dan dipulau yang kecil ini memiliki beraneka bentuk terumbu karang. Taman Karang Wakatobi memiliki pinggiran pasir yang mengalir 11 meter dalam cekungan sebesar 40 meter, dan untuk mencapai kedalaman yang ada dicekungan ini kalian akan melalui arus yang cukup deras. Namun tetep aman karena adanya cekungn ini akan melindungi pada penyelam dari ombak yang cukup kecang, dan saat didalam ini kalian akan melihat keindahan biota laut dengan suasana yang tenang. Jadi untuk kamu yang ingin berkunjung ke Kepulauan Wakatobi pastikan mampir ke Taman Karang Wakatobi untuk menjelajahi indahnya Taman Karang Wakatobi. Yang wajib kalian tau Wakatobi ini memiliki 90
% jenis akrang di dunia, dan memiliki 942 spesies ikan di seluruh dunia. Jadi tak heran jika Wakatobi diresmikan pemerintah menjadi Taman Nasional Laut terluas kedua di Indonesia pada tahun 1996, dan sampai saat ini Wakatobi tetap menjadi lokasi terbaik untuk menyelam di Indonesia.

4. Pulau Siladen

 Pulau Siladen
waktu.news

Nama dari Pulau Siladen ini memiliki arti yaitu Kandas, dan dulu ada sejarah di Pulau Siladen ini ada sebuah kapl yang digunakan oang Sangier saat berlayar lalu kecelakaan ditengah laut hingga tenggelam nama kapal itu ialah Siladen. Hal inilah yang membuat Pulau ini diberi nama Pulau Siladen, dan untuk masalah pemandangan bawah laut yang ada di Pulau Siladen ini memang tidak perlu diragukan lagi! Karena disini kalian bisa melihat indahnya terumbu karang, air yang jernih, laut yang biru,k dan beraneka jenis ikan hidup di Pulau Siladen dengan kedalaman mencapai 20 hingga 50 meter. Untuk kalian yang ingin menyelam bisa memilih spot yang mana yang ingin kalian coba, dan disini tersedia spot untuk pemula hingga profesional. Untuk kalian yan ingin snorkeling juga bisa loh guys! Jadi tunggu apalagi yuk buruan mampir ke Pulau Siladen, dan lihat langsung bagaimana keindahan biota laut yang ada di Pulau Siladen ini.

5. Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak
trapedia.com

Taman Laut Tumbak ini berada di Sulawesi Utara, dan memang masih jarang diketahui wisatawan diluar Sulawesi bahkan masyarakat yang tinggal di Sulawesi juga masih asing dengan Taman Laut Tumbak ini guys! Namun karena jarang diketahui, dan hal inilah yang membuat Taman Laut Tumbak ini terlihat seperti lautan yang tak tersentuh. Jadi pemandangan laut yang ada disini masih asri, ikan yang hidup di Taman Laut Tumbak juga banyak, dan perairan yang ada disini terlihat sangat jernih. Namun untuk sampai ke Taman Laut Tumbak ini kalian harus melakukan perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Manado, dan meskipun melakukan perjalanan sekitar 3 jam kalian akan dibuat puas dengan pemandangan bawah laut yang ada di Taman Laut Tumbak. Jadi tunggu apalagi yuk buruan ke Taman Laut Tumbak yang kaya akan biota laut, dan merasakan sensasi memiliki pulau pribadi.

6. Selat Lembeh

 Selat Lembeh
indonesia.go.id

Spot Diving terbaik yang ada di Sulawesi yang akang kita bahas terakhir ini adalah Selat Lembeh. Jadi Selat Lempeh ini berada di ujung Timur Laut Sulawesi, dan terkenal sekali dengan pemandangan bawah lautnya yang dihidupi oleh beraneka jenis ikan langka serta terumbu karang yang berwarna-warni. Namun yang menjadi andalan di Selat Lembeh adalah gurita, udang karang, kuda laut, ikan kalajengking, ikan setan, flamboyan, dan beberapa spesies ikan langka hidup di Selat Lembeh dengan pemadangan terumbu karang yang berwarna-warni. Bahkan Selat Lembeh ini pernah difilmkan oleh beberapa dokumenter National Geographic dengan kehidupan yang ada di Selat Lembeh. jadi jangan diragukan lagi untuk masalah pemandangan bawah laut Selat Lembeh ini memiliki spot-spot terbaik untuk kalian pencinta diving.

Itulah beberapa Spot diving terbaik di Sulawesi yang wajib banget kalian kunjungi, dan jelajahi. Karena beberapa Spot diving terbaik di Sulawesi ini memang memanjakan mata, dan membuat siapa saja takjub dengan keindahan Indonesia. Jadi tunggu apalagi yuk buruan ke Sulawesi untuk menyaksikan betapa indahnya lautan yang ada di Sulawesi, dan smoga informasi ini bermanfaat untuk kalian yang ingin menjelajahi indahnya lautan yang ada di Sulawesi. Selamat mencoba!



Leave a Reply