10 Bukit Di Sulawesi dengan Kecantikan Alam yang Mempesona 


Rio Handika  August 18, 2023  0 Comment

Setiap pulau di Indonesia memiliki keindahan alam seperti bukit-bukit yang indah, misalnya saja bukit di Sulawesi. Pulau Sulawesi sendiri terbagi menjadi 6 provinsi dan memiliki 6 taman nasional, 19 cagar alam serta 3 kawasan lindung lautan.  Selain itu juga terdapat banyak bukit dengan pemandangannya yang indah. Mau tau apa saja? Mari Simak yang berikut dengan seksama. 

10 Bukit di Sulawesi dengan Kecantikan Alam Mempesona :

1. Bukit Lamando 

bukit lamando
pinterest.com

Pernah menonton film Teletubies? Bagi anak-anak 90an pasti tidak asing dengan tempat tinggal para teletubies. Dimana, tempat tinggal tersebut ada di padang yang luas dengan gundukan-gundukan kecil. Nah, ternyata di Sulewasi juga terdapat Bukit bernama Lamando yang hampir mirip seperti di Teletubies. 

Hal ini karena Bukit Lamando merupakan sebuah bukit indah dengan hamparan savana yang luas dengan gundukan-gundukan kecil yang membentang. Tentunya, hal ini cukup menarik dan sangat menakjubkan. Jika musim kemarau bukit Lamando akan memiliki warna coklat keemasan, sedangkan di musim hujan akan memiliki hijau cerah. 

Pasalnya, Bukit Lamando memang di penuhi rerumputan hijau yang membentang luas bak permadani. Lokasi Bukit Lamando ini berada di Desa Sangan Pangan, Sampolawa, kabupaten Busel, Sulawesi Tenggara.  

2. Bukit Alebo – Bukit di Sulawesi 

bukit alebo
wisato.id

Berikutnya ada bukit Alebo yang juga memiliki banyak keindahan alam yang bisa dinikmati. Bukit Alebo menyuguhkan pemandangan dengan pepohonan yang hijau asri. Sebagian dari Bukit Alebo ditanami perkebunan milik warga yang membuatnya terlihat indah. 

Baca juga :  10 Air Terjun di Amerika Serikat Indah Tiada Tara

Rumput-rumput yang hijau sangat indah untuk dijadikan spot foto yang menarik. Selain itu, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Bukit Alebo seperti berkemah, pemandian air panas, sunrise, dan sunset, serta masih banyak lagi. Lokasinya sendiri ada di desa Alebo, Konda, kabupaten, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. 

3. Bukit Pampea 

bukit pampea
tnrawku.wordpress.com

Bukit di Sulawesi memang sangat mempesona dan menarik perhatian, seperti Bukit Pampea. Nah, bukit Pampea ini merupakan bukit dengan keindahan alam serta edukasi yang menarik. Kenapa demikian, karena di Bukit ini ada banyak Hayati Langka yang tentunya akan menambah pengetahuan baru. 

Bukit Pampea ini juga menjadi termasuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohal. Dimana, Kawasan tersebut juga menjafi ikon lindung yang cukup terkenal di Sulawesi. Untuk Lokasinya sendiri ada di Kawasan taman nasional Rawa Aopa. 

4. Bukit Maddo 

bukit maddo
celebes.co

Di Sulawesi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak bukit. Ada salah satu bukit yang cukup terkenal akan keindahan lamanya yakni ada Bukit Maddo. Terdapat sungai yang berkelok-kelok yang ada diantara perbukitan dan hutan membuatnya sangat indah. 

Ditambah lagi, hutannya yang masih asri dan suasana alamnya yang mempesona. Bukit Maddo sendiri terletak di Tellumpanua, Tanete Riau, kabupaten Baru, Sulawesi Selatan. Jika tertarik mengunjunginya, maka bisa lewat jembatan Masjid di desa Bottoe, nantinya akan ada jalan menuju desa maddo. 

5. Bukit Nona Enrekang – Bukit di Sulawesi 

bukit nona enkreang
travel.detik.com

Bagi pecinta alam, mungkin tidak asing dengan bukit Nona enrekang yang ada di Sulawesi. Bukit ini sangat unik yang dinamai Nona, sebab jika dilihat dari kontur lereng dataran tinggi yang berkelok layaknya kesintalan tubuh gadis muda. Bukit Nona Enrekang menyuguhkan berbagai keindahan alam yang menarik. 

Baca juga :  10 Destinasi Terbaik Untuk Merayakan Imlek Di dunia, Ramai Banget!

Salah satu keungulannya adalah Bukit Nona Enrekang memiliki banyak spot foto yang terbentuk secara alami. Tentu, jika mengunjunginya jangan lupa mengabadikan momen Bersama keindahan alam lainnya. Lokasi bukit Nona enrekang ini terletak di jalan Trans Sulawesi yang berbatasan dengan Tana Toraja. 

6. Bukit Doggia 

bukit donggia
makassar.tribunnews.com

Jika kamu ingin berwisata ke bukit dan mengadakan camping seru, maka Bukit Doggia bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Pasalnya, Bukit Doggia memiliki banyak hal yang mendukung wisata camping yang menarik. Di tambah lagi pesona alamnya yang menakjubkan. 

Jika malam hari di puncak akan melihat keindahan kota Bulukumba yang keren dan apik. Apalagi bintang-bintang yang membuat suasana semakin menarik. Lokasinya sendiri ada di dusun Lurayya desa Kahayya, Kindang, Sulawesi. 

7. Bukit Nane 

bukit nane
travel.kompas.com

Setiap bukit tentu memiliki keunikan dan keindahannya sendiri yang membuatnya semakin menarik. Bagi pecinta alam mengunjungi bukit akan menjadi hal luar biasa, seperti bukit di Sulawesi yakni Bukit Nane. Bukit Nane ini merupakan bukit yang Sebagian besar dipenuhi savana. 

Menariknya, Bukit Nane merupakan bukit yang terletak di tepi pantai. Jadi, ketika di puncak Bukit Nane akan melihat keindahan laut Selayar yang eksotis berwarna biru. Cukup menarik bukan? Jika tertarik silakan datang yang berlokasi di Pulau Polassi, Bontosikuyu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. 

8. Bukit Salena – Bukit di Sulawesi 

bukit salena
palu.tribunnews.com

Provinsi Sulawesi memang kaya akan keindahan alamnya. Tidak kurang-kurang bahwa ada banyak bukit cantik nan indah seperto Bukit Salena. Bukit Salena memilih kenampakan alam luar biasa yang menyuguhkan rumput hijau, alang-alang yang alami. Jika mengunjungi bukit Salena ini, kamu bisa melakukan aktivitas Paralayang. 

Bukit Salena terkenal akan aktivitas paralayang. Dimana, ketika melakukan paralayang tersebut pengunjung akan menikmati keindangan pegunungan serta pemandangan kota palu serta teluk-teluk. Lokasinya Bukit Salena ada di Kelurahan Buluri, Ulujadi, Kota Palu, Sulawesi Tengah. 

Baca juga :  10 Pendakian di Mojokerto Dengan Panorama Alam Keren!

9. Bukit Modus 

bukit modus
zonasultra.id

Perlu diketahui bukit modus merupakan bukit di Sulawesi yang merupakan kepanjangan dari Moronene Dusun yang lokasinya tak jauh dari suku asli Moronene. Bukit Modus ini memiliki ketinggian sekitar 125 mdpl yang secara keselurhan terdiri atas tutupan hutan serta savana. Perbukitan memanjang pada ekosistem savana yang memiliki luasa sekitar 677 ha. 

Sebenarnya, Bukit Modus ini dulunya merupakan bagian dari perbukitan yang dulu dikenal dengan nama Hoki-Hokio. Secara administrasi, Bukit Modus ada di wilayah kabupaten Bombona, Sulawesi Tenggara. Dimana, jarak dari jalan Pros Kendari Bombana yakni sekitar 18 KM. 

10. Bukit Bollangi Pattalassang 

bukit bollangi
kataomed.com

Bukit Bollangi merupakan salah satu tempat wisata di Gowa Selatang yang kini menjadi perbincangan. Hal ini disebabkan, karena ternyata Bukit Bollongi Pattalassang menyimpan keindahan alam yang mempesona dan menarik dikunjungi. Tidak heran jika, ada banyak wisatawan yang berkunjung ke bukit eksotik ini. 

Tidak sedikit yang bilang, bahwa Bukit Bollangi Pattalassang memiliki keindahan seperti pemandangan di Raja Ampat Papua. Ada banyak hal yang bisa dinikmati dan dilakukan di Bukit bollangi, yang pastinya jangan lupa mengabadikan moment. Lokasi bukit ini yakni di Desa Timbuseng, Pattalassang, Gowa, Sulawesi Selatan. 

source : https://www.youtube.com/@farida.nurhan

Demikian sedikit penjelasan mengenai berbagai bukit di Sulawesi yang memiliki keindahan alam menakjubkan. Masih ada banyak lagi wisata yang ada di Sulawesi yang indah. Informasi diatas akan menambah pengetahuan dan bisa menjadi inspirasi wisata bagi Anda.   



Leave a Reply