9 Makanan Khas Jawa Timur Berbahan Petis Dengan Rasa Pedas


Fida  August 23, 2021  0 Comment

Sudah tidak asing lagi bahwa Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan berbagai kuliner lezat. Berbagai kuliner khas Indonesia dibuat dengan rempah dan berbagai pilihan bumbu serta menghasilkan cita rasa lezat dan aroma yang menggugah selera. Petis salah satunya dipercaya menambah rasa gurih dalam makanan Khas Jawa Timur dengan petis yang bbiasanya disajikan peda.

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang juga dikenal kaya akan kuliner lezat. Berbagai makanan khas Jawa Timur sangat cocok dinikmati khususnya oleh lidah orang Indonesia. Pernah mencoba makanan berbahan petis? Saat datang ke Jawa Timur, Anda dapat dengan mudah menjumpai makanan berbahan petis yang menawarkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Berikut daftar Makanan khas Jawa Timur dengan bahan dasar petis yang wajib Anda coba

1. Lontong Mie

Lontong Mie
idnimes.com

Salah satu makanan khas Jawa Timur pakai petis adalah lontong mie. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini memiliki lontong dan mie sebagai isian utama. Lontong mie juga dilengkapi dengan berbagai pelengkap lainnya seperti irisan tahu, tauge, serta topping tambahan seperti udang.

Lontong mie disajikan bersama dengan kuah dengan cita rasa khas yang segar. Sebelum dinikmati, petis terlebih dahulu harus dicampur rata dengan kuah lontong mie. Bagi pecinta pedas, Anda dapat menambahkan sambal sebelum menyantapnya. Kelezatan petis menjadi poin penting enaknya kuliner yang satu ini. Tidak lupa adanya tambahan kerupuk menjadikan kuliner lontong mie semakin lengkap dan lezat untuk dinikmati.

paket wisata murah

Hunting Rujak Cingur Enak Di Surabaya? Mampir Ke Warung Rujak Cingur Joko Dolog Yuk!

Dermaga Rindu, Caffe And Resto Terbaik Untuk Menikmati View Jembatan Suramadu Dan Laut

2. Lontong Kupang

 Lontong Kupang
food.detik.com

Lontong kupang juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Jawa Timur pakai petis. Tentu saja kuliner yang satu ini dikenal khas karena kupangnya. Kupang merupakan kerang kecil yang dipilih sebagai bahan utama makanan yang satu ini. Jadi, sebutan lontong kupang bukan berarti hidangan yang satu ini berasal dari Nusa Tenggara, ya.

Lontong kupang biasa disajikan dengan berbagai isian diantaranya lontong, kupang, lentho, serta siraman kuah dan jeruk nipis. Cita rasa petis juga menentukan lezat atau tidaknya kuliner yang satu ini. Lontong kupang banyak dijumpai di Jawa Timur khususnya di daerah Sidoarjo. Makanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 15.000,- per porsi.

3. Tahu Tek

Tahu Tek
today.line.me

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan kuliner tahu tek. Tahu tek merupakan makanan khas Jawa Timur menggunakan petis sebagai salah satu bahannya. Kuliner yang satu ini biasa ditawarkan keliling dengan menggunakan gerobak dan dijual dengan harga yang terjangkau.

Kuliner tahu tek memiliki beberapa isian diantaranya kentang rebus, tahu goreng, lontong, dan taoge. Yang menjadi ciri khasnya adalah bumbu berbahan dasar petis, kacang tanah, bawang putih, dan cabai. Anda dapat menentukan tingkat kepedasan kuliner yang satu ini sesuai selera. Tahu tek biasa dinikmati dengan kerupuk udang kecil yang menjadi ciri khasnya.

4. Lontong Balap

Lontong Balap
nusadaily.com

Saat ingin mencoba salah satu kuliner khas Jawa Timur yang menggunakan petis sebagai salah satu bahannya, Anda dapat mencoba lezatnya lontong balap. Kuliner yang satu ini sangat mudah dijumpai di pinggir jalan di berbagai daerah di Jawa Timur.

Lontong balap biasa disajikan dengan berbagai isian diantaranya tahu, lontong, taoge, lento, dan tidak lupa disiram dengan kuah kaldu yang lezat. Adanya tambahan petis dan bawang goreng menjadikan kuah semakin sedap dan cocok disantap dengan berbagai isian yang ditawarkan.

5. Rujak Cingur

Rujak Cingur
doyanresep.com

Saat ingin mencoba salah satu makanan khas Jawa Timur petis, rujak cingur tentu menjadi makanan yang cukup populer dan sudah tidak asing didengar. Rujak cingur di kenal memiliki isian khas yakni cingur yang berarti moncong sapi.

Moncong sapi yang telah diolah hingga empuk dan gurih sangat cocok dinikmati bersama dengan bumbu khas rujak cingur. Bumbu rujak cingur dibuat dengan bahan utama petis. Kuliner ini juga dilengkapi dengan berbagai isian seperti sayuran hingga tahu dan tempe goreng. Saat berkunjung ke Jawa Timur, tidak ada salahnya bagi Anda untuk berburu dan mencoba lezatnya kuliner rujak cingur.

6. Tahu Campur

Tahu Campur
puteramentari.com

Campur tentu menjadi menu favorit kebanyakan orang, hal itu dikarenakan kuliner yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dengan isian daging sapi. Makanan khas Jawa Timur yang satu ini juga dikenal sedap karena menggunakan petis sebagai bahan utamanya.

Tahu campur juga memiliki berbagai isian lainnya selain daging sapi yakni mie kuning, tahu, serta berbagai sayuran seperti selada dan tauge. Kuliner yang satu ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin karena akan memberi sensasi hangat dan lezat. Bagi Anda yang belum pernah mencobanya, jangan lewatkan untuk berburu tahu campur saat datang ke Jawa Timur.

7. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi
surabayarollcake.com

Ada cukup banyak pilihan masakan khas Jawa Timur petis yang cukup populer dan bisa Anda coba, salah satunya adalah pecel Semanggi. Pecel Semanggi juga merupakan kuliner berbahan petis, lo. Petis yang digunakan pada pecel Semanggi tidak sebanyak makanan lainnya. Tetapi hal itu menjadikan kuliner yang satu ini semakin sedap dan lezat saat disantap.

Kuliner ini biasa disajikan dengan dibungkus menggunakan daun pisang. Siraman bumbu kacang yang kental dan menggugah selera tentu sayang untuk tidak Anda coba. Pecel Semanggi juga dikenal memiliki berbagai isian yang tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan.

8. Rujak Tolet

Rujak Tolet
endeus.tv

Jawa Timur dikenal sebagai salah satu daerah yang kaya akan kuliner lezat. Salah satu makanan khas Jawa Timur petis yang sayang untuk dilewatkan adalah rujak tolet. Rujak tolet juga merupakan kuliner berbahan petis dengan tambahan potongan cabai.

Rujak tolet biasa disajikan dengan berbagai isian buah seperti mangga, pepaya, melon, nanas, dan masih banyak lagi. Kuliner yang satu ini juga sangat segar dan cocok dipilih bagi Anda yang suka makanan sehat. Adanya tambahan potongan tahu goreng tentu sangat lezat dan sayang untuk tidak Anda coba. Perpaduan buah-buahan serta bumbu dengan cita rasa manis dan pedas menjadi perpaduan yang pas. Kuliner yang satu ini biasa dijumpai di pinggir jalan dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

9. Tahu Telur

Tahu Telur
kompas.com

Hampir mirip dengan tahu tek, tahu telur juga menjadi salah satu makanan khas Jawa Timur petis. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini dikenal dengan isian tahu dan telur. Campuran tahu dan telur yang telah digoreng akan dipadukan bersama dengan bumbu kacang berbahan petis yang menggugah selera.

Kuliner yang satu ini sangat mudah dijumpai di berbagai daerah di Jawa Timur. Selain dikenal dengan cita rasanya yang lezat, kuliner ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Anda juga dapat menentukan tingkat kepedasan sesuai selera.



Leave a Reply