10 Wisata Hutan di Jawa Timur Yang Instagenic


prita  July 3, 2022  0 Comment

Wisata hutan di Jawa Timur bisa jadi salah satu pilihan tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bermain di alam memang bisa menjadi salah satu kegiatan paling seru untuk mengisi liburan. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dianugerani dengan keindahan wisata alam yang mampu membuat siapapun terpukau.

Beberapa hutan di wilayah Jawa Timur memang sangat seru untuk dijelajahi. Tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, suasananya juga sangat tenang sehingga mampu mengembalikan energi yang hilang setelah lelah bekerja. Nah, jika kamu ingin menjelajahi indahnya hutan di Jawa Timur, berikut ini adalah rekomendasinya.

Tempat Wisata Hutan di Jawa Timur

1. Hutan Alas Purwo

Hutan Alas Purwo
artikel.rumah123.com

Wisata hutan di Jawa Timur yang pertama wajib kamu kunjungi adalah Hutan Alas Purwo. Hutan yang berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi ini memiliki luas hingga 43.420 hektar.

Alas Purwo ini merupakan salah satu hutan tertua di Indonesia yang mengundang banyak wisatawan untuk datang. Hutan ini dipenuhi dengan ragam flora dan dauna sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Di Jawa Timur, Hutan Alas Purwo ini kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata favorit.

Gotravelly
Pesona Fantasi Dan Instagenic Di Hutan De Djawatan Banyuwangi

Kawah Ijen Mustika Di Ujung Timur Pulau Jawa

2. Hutan De Djawatan

Hutan De Djawatan
misteraladin.com

Masih di Banyuwangi, kamu akan menemukan salah satu wisata hutan di Jawa Timur lainnya yang cukup populer, bernama Hutan De Djawatan. Hutan ini menawarkan pemandangan yang eksotis dan berlokasi tak jauh dari Taman Nasional Baluran.

Baca juga :  Keindahahn 10 Wisata di Phuket Thailand Memikat Hati Banyak Selebriti

Banyak wistawan yang datang ke hutan ini dan menyebutnya mirip dengan hutan fiksi dalam gilm The Lord of the Ring. Hutan tua ini tak hanya menawarkan pemandangan yang indah, namun juga suasana yang tenang dan sejuk. Jika kamu pecinta fotografi, siapkan kamera untuk mengabadikan momen di hutan yang mirip dalam dunia fantasi ini.

3. Hutan Pinus Semeru

Hutan Pinus Semeru
mymilk.com

Hutan Pinus Semeru juga menjadi salah satu wisata hutan di Jawa Timur yang layak untuk kamu singgahi. Wisata yang berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memang cukup menarik dan menawarkan pemandangan indah.

Berada di kaki Gunung Semeru, hutan hujan ini cukup menarik untuk dijelajahi. Tak hanya memiliki bentang alam yang menakjubkan, hutan ini juga memiliki suasana asri dan sejuk sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung.

4. Hutan Pinus Gemaharjo

Hutan Pinus Gemaharjo
ksmtour.com

Wisata hutan di Jawa Timur yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah Hutan Pinus Gemaharjo. Hutan Pinus ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Kabupaten Pacitan.

Hutan yang berada di ketinggian ini menawarkana hamparan alam yang menakjubkan. Disini pengunjung tak hanya bisa merasakan suasana sejuk namun juga bisa berfoto dengan latar deretan pohon pinus yang menjulang tinggi di sekitar hutan. Hutan Pinus Gemaharjo ini juga menawarkan banyak spot foto yang menarik, lho.

5. Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo
sikidang.com

Beralih ke Kabupaten Madiun, disini kamu akan menemukan salah satu wisata hutan di Jawa Timur bernama Hutan Pinus Nongko Ijo. Hutan Pinus ini berada di lereng Gunung Wilis sehingga pemandangan yang ditawarkan sangat indah.

Tak hanya menawarkan pemandangan yang sangat indah, Hutan Pinus Nongko Ijo ini juga memiliki banyak spot foto menarik yang dibuat oleh pihak pengelola sehingga membuat pengunjung makin menyukai wisata ini. Saat akhir pekan, banyak pengunjung yang memenuhi hutan wisata ini untuk sekedar rekreasi ataupun berfoto.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Menarik di Singkawang, Dijamin Nggak Mau Pulang

6. Hutan Pinus Gogonoti

Hutan Pinus Gogonoti
jelajahblitar.com

Wisata hutan di Jawa Timur yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Hutan Pinus Gogonoti. Wisata hutan yang berada di Desa Kemirigede, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar ini memang menjadi tempat wisata yang cukup populer di Blitar.

Hutan Pinus Gogonoti ini tak hanya menawarkan pemandangan deretan pohon pinus yang tinggi menjulang, tapi juga udara yang sejuk dan nyaman. Disini sudah disediakan ragam fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung, mulai dari area bermain, tempat istirahat hingga pemandangan indah dari Gunung Kelud yang terlihat dari kejauhan.

7. Hutan Gua Pinus Pujon

Hutan Gua Pinus Pujon
nativeindonesia.com

Kalau kamu berada di Malang Raya, kamu bisa mengunjungi Hutan Gua Pinus Pujon ini sebagai salah satu destinasi wisata hutan di Jawa Timur. Hutan ini berada di kawasan Pujon, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kabupaten Malang.

Hutan pinus ini memiliki suasana alam yang sejuk dan tenang. Disini kamu juga bisa menikmati alamnya yang indah. Tak hanya itu, disini banyak spot foto menarik yang dibuat oleh pihak pengelola untuk menarik perhatian para pengunjung. Ditambah lagi, ada sebuah gua bersejarah bekas peninggalan galian Jepang yang menjadi daya tarik tersendiri.

8. Hutan Curah Jati

Hutan Curah Jati
bluemarine73.wordpress.com

Wisata hutan di Jawa Timur yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Hutan Curah Jati. Sama halnya dengan Hutan De Djawatan, Hutan Curah Jati ini juga memiliki pemandangan yang indah dan mirip dalam cerita fantasi.

Hutan yang berlokasi di Grajagan, Purwoharjo, Banyuwangi ini memang bukan objek wisata komersil, namun masyarakat kerap mengunjungi lokasi hutan tersebut karena memiliki pemandangan yang indah. Hutan Curah ini berada di sepanjang jalan utama menuju Pantai Grajagan dimana kamu bisa melihat hamparan pohon di sepanjang area dan sangat instagramable.

Baca juga :  Pantai di Pandeglang untuk Liburan Keluarga

9. Wisata Akar Langit Trinil

Wisata Akar Langit Trinil
lamongantourism.com

Kalau kamu ingin mengunjungi wisata hutan di Jawa Timur yang unik, maka kamu wajib berkunjung ke Wisata Akar Langit Trinil. Wisata hutan di Jawa Timur yang satu ini berada di kawasan Lembor, Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Wisata ini merupakan destinasi wisata yang cukup populer karena ada sebuah pohon unik yang dikenal masyarakat setempat dengan nama AkAR Langit Trinil. Bentuk pohon yang unik ini memang kerap dibandingkan dengan salah satu pohon fiksi dalam cerita Harry Potter, yaitu Whomping Willow.

Sebelum ramai dikunjungi oleh wisatawan, wisata yang berada di kawasan Perhutani Lambor ini kerap ditakuti oleh masyarakat setempat karena dianggap angker. Berkat ide pengelola, sekarang hutan ini menjadi salah satu objek wisata di Lamongan yang paling populer.

10. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

Hutan Mangrove Pancer Cengkrong
jatimsmart.id

Wisata hutan di Jawa Timur yang terakhir adalah Hutan Mangrove Pancer Cengkrong. Berlokasi di Jalan Pantai Cengkrong, Tirto, Karangrandu, Kabupaten Trenggalek, hutan ini merupakan salah satu ekowisata yang cukup dikenal oleh masyarakat Jawa Timur.

Disini kamu bisa melihat deretan pohon bakau yang indah dengan pemandangan yang menawan. Tak hanya menjadi objek wisata, Hutan Mangrove Pancer Cengkrong ini juga kerap dijadikan sebagai kawasan edukasi masyarakat setempat yang ingin mengenal ragam jenis pohon bakau yang tumbuh di area hutan tersebut.

Itulah tadi daftar wisata hutan di Jawa Timur yang cukup seru untuk dijelajahi karena keindahan alam yang ditawarkan. Tak kalah dengan yang di luar negeri kan?



Leave a Reply