10 Jajanan Khas Malaysia Cocok Dibawa Sebagai Oleh-Oleh


Fida  May 10, 2021  0 Comment

Malaysia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyak tempat wisata, kuliner, serta ragam budaya juga jajanan Khas Malaysia yang enak. Banyak wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia untuk menikmati banyaknya wisata yang ditawarkan di negara yang satu ini.

Puas mengunjungi tempat wisata, tentu sangat disayangkan bagi Anda jika tidak pulang dengan membawa oleh-oleh. Ada cukup banyak pilihan oleh-oleh khas Malaysia mulai dari pakaian, souvenir, hingga jajanan khas. Jajanan khas Malaysia menawarkan bentuk serta cita rasa yang menarik untuk dicoba.

1. Kuih Kapit

Kuih Kapit
indonesian.alibaba.com

Kuih Kapit menjadi salah satu jajanan khas Malaysia yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan. Anda akan dimanjakan dengan sensasi renyah saat mengkonsumsi jajanan yang satu ini. Kuih Kapit termasuk jajanan tradisional yang masih mudah dijumpai hingga saat ini.

Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung dan telur. Anda dapat dengan mudah membelinya di berbagai toko oleh-oleh atau toko kue di Malaysia. Harganya yang cukup terjangkau serta kemasan praktis yang digunakan menjadikan jajanan yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

Gotravelly

Explore Kuala Lumpur: Central Market, Pasar Seni, Kasturi Walk, Petaling Street

Ketemu Avengers Di Marvel Studios: Ten Years Of Heroes Exhibition

2. Papadum

Papadum
bukalapak.com

Tidak hanya kaya akan kuliner khas Melayu, Malaysia juga dikenal menawarkan berbagai makanan khas India. Papadum merupakan salah satu jajanan khas Malaysia berasal dari India namun telah diramu dengan cita rasa lokal.

Jajanan yang satu ini menawarkan cita rasa yang khas dan cocok dipilih sebagai teman untuk bersantai. Tidak jarang papadum disajikan sebagai pendamping nasi Kandar. Pernah mencoba uniknya jajanan yang satu ini?

3. Apam Balik

 Apam Balik
cookandrecipe.com

Pernah mendengar sebutan apam balik? Apam balik merupakan salah satu jajanan khas Malaysia yang dikenal memiliki bentuk unik serta cita rasa lezat.

Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung, telur, dan labu. Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai varian rasa saat mengkonsumsinya, diantaranya coklat, kacang, dan keju. Jajanan yang satu ini tentu sangat mudah dijumpai dan menawarkan harga yang sangat terjangkau.

4. Roti Jala

 Roti Jala
rotinrice.com

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar jajanan roti jala? Sesuai dengan namanya, salah satu jajanan khas Malaysia yang satu ini memiliki bentuk menyerupai jala.

Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut saat mengkonsumsinya. Roti jala menawarkan cita rasa manis dan asin yang pas. Jajanan yang satu ini biasa disajikan bersama dengan saus kacang atau dipilih sebagai pendamping kari ayam. Jajanan khas Malaysia yang satu ini cukup mudah dijumpai dan menawarkan cita rasa unik yang sayang untuk tidak Anda coba saat berkunjung ke Malaysia.

5. Keropok Lekor

 Keropok Lekor
id.wikipedia.org

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Malaysia yang sayang untuk tidak Anda coba, salah satunya adalah keropok lekor. Jajanan yang satu ini menawarkan citarasa khas yang mirip dengan pempek.

Keropok lekor dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan yang telah dihaluskan. Ikan yang telah dihaluskan kemudian ditambahkan dengan bumbu serta tepung terigu. Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang kenyal serta aroma khas ikan yang sangat menggugah selera. Jajanan yang satu ini tentu sangat cocok dikonsumsi dalam keadaan hangat dan disajikan bersama dengan saus. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyempatkan mencoba jajanan yang satu ini saat berkunjung ke Malaysia.

6. Roti John

Roti John
tribunnews.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan roti John. Di Indonesia sendiri, roti John termasuk jajanan yang cukup mudah dijumpai.

Roti John juga merupakan salah satu jajanan khas Malaysia. Banyak yang mengatakan bahwa roti yang satu ini dikenal sebagai sandwich lokal orang Malaysia. Anda akan dimanjakan dengan tampilan yang sangat menggugah selera serta porsi yang besar. Berbagai isian serta bumbu yang ditawarkan menghasilkan cita rasa lezat dan sayang untuk tidak dicoba. Bagi Anda yang biasa makan dengan porsi besar, jajanan yang satu ini bisa cukup membuat kenyang saat dikonsumsi. Sangat menggugah selera bukan?

7. Roti Kaya

Roti Kaya
liputan6.com

Salah satu jajanan khas Malaysia yang sayang untuk tidak dicoba adalah roti kaya. Jajanan yang satu ini sudah cukup populer dan dikenal oleh warga lokal maupun wisatawan.

Jika dilihat dari tampilannya, roti yang satu ini memang terlihat cukup biasa dan tidak jauh berbeda dengan roti pada umumnya. Namun saat mencobanya, Anda akan dimanjakan dengan isian srikaya yang sangat memanjakan lidah. Saat berkunjung ke Malaysia, tidak ada salahnya untuk berburu dan mencoba lezatnya roti kaya. Jajanan yang satu ini cukup mudah dijumpai dan sayang untuk Anda lewatkan.

8. Cendol

Cendol
travel.kompas.com

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Malaysia yang menggugah selera dan bisa Anda coba, salah satunya adalah cendol. Sebagai warga Indonesia, Anda tentu sudah tidak asing dengan jajanan yang satu ini.

Cendol merupakan jajanan olahan beras yang sangat populer di Asia, salah satunya adalah Malaysia. Meskipun memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan cendol Indonesia, tetapi cendol di Malaysia menawarkan cita rasa khas yang sayang untuk tidak Anda coba. Cendol biasa disajikan dengan berbagai tambahan seperti santan dan gula. Adanya serutan es batu juga menjadikan jajanan yang satu ini semakin segar dan sangat direkomendasikan untuk Anda coba.

9. Ais Kacang

 Ais Kacang
freepik.com

Air kacang menjadi salah satu pilihan jajanan khas Malaysia yang sayang untuk dilewatkan. Malaysia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kualitas kacang-kacangan yang baik. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba ais kacang saat berkunjung ke Negeri Jiran.

Jajanan yang satu ini memiliki isian berbagai jenis kacang dengan bentuk serta cita rasa yang berbeda-beda. Beberapa kacang tersebut kemudian ditambahkan es serut dan sirup yang membuat citarasa semakin segar dan manis. Jajanan yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati saat siang hari. Anda dapat menyempatkan untuk berburu ais kacang saat berkunjung ke Malaysia.

10. Popiah

Popiah
resepkuerenyah.com

Apa yang Anda pikirkan saat melihat tampilan jajanan yang satu ini? Jika dilihat sekilas, popiah mirip dengan jajanan lumpia khas Semarang.

Salah satu jajanan khas Malaysia yang satu ini dibungkus dengan kulit gandum. Popiah memiliki berbagai isian diantaranya bawang goreng, lobak yang telah dihaluskan, tahu, telur, dan taoge. Jajanan yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati dalam keadaan hangat dan disajikan bersama dengan saus kacang. Sangat menggugah selera bukan?

Itulah daftar 10 jajanan khas Malaysia yang bisa Anda coba. Jajanan manakah yang terlihat sangat menggugah selera dan tidak ingin Anda lewatkan saat berkunjung ke Malaysia?



Leave a Reply