10 Wisata Alam di Solo, Air terjun Hingga Hutan Instagenic


prita  October 12, 2022  0 Comment

Wisata alam Solo bisa jadi salah satu alternatif destinasi liburan yang menarik untuk dijelajahi. Selama ini, mungkin Solo dikenal dengan wisata budaya ataupun kulinernya. Namun, siapa sangka ternyata kota Batik ini juga memiliki lanskap alam yang sangat indah dan sayang sekali untuk dilewatkan. Mulai dari taman, bukit hingga gua pun bisa kamu temukan disini.

Meskipun begitu, sejumlah tempat wisata alam di Solo masih belum banyak dijelajahi dan diketahui oleh wisatawan. Lalu, wisata alam mana saja yang menarik untuk dikunjungi saat berada di Solo? Berikut adalah daftarnya.

1. Geopark Batu Seribu

Geopark Batu Seribu
pewefeed.com

Destinasi wisata alam di Solo yang pertama adalah Geopark Batu Seribu. Daya tarik utama dari wisata alam ini adalah sumber air yang konon tidak pernah kering meskipun saat musim kemarau. Sumber ini dinamakan sebagai Sumber Pacinan.

Nama Batu Seribu dipilih karena dulunya kawasan ini merupakan perbukitan batu cadas. Tak hanya ada sumber air, disini kamu juga bisa menggunakan area Geopark Batu Seribu sebagai wisata alam pada umumnya. Kamu bisa berkunjung ke kolam renang, pemandian mata air hingga panggung kesenian. Kawasan ini memiliki udara yang sejuk sehingga bisa membuat pengunjung betah.

Gotravelly

Serabi Solo Rahayu Di Gresik, Sajikan Serabi Dengan Rasa Otentik

Sekar Kedaton: Makan Mewah Ala Keraton Khas Yogyakarta

2. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu
bob.kemenparekraf.go.id

Kalau kamu suka bermain di air terjun, maka wisata alam di Solo yang satu ini wajib masuk dalam budket list, yaitu Grojogan Sewu. Berlokasi di Tawangmangu, Karanganyar, Grojogan Sewu ini menjadi salah satu air terjun yang paling populer di Jawa Tengah.

Berada di lereng Gunung Lawu, kawasan wisata ini menawarkan pemandangan yang indah serta udara yang sejuk sehingga kamu akan betah berlama-lama disana. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke air terjun ini adalah saat pagi hari karena kamu bisa merasakan kesejukan air terjun di pagi hari dan bisa menghabiskan waktu lebih lama.

3. Taman Balekambang

Taman Balekambang
travel.detik.com

Wisata alam di Solo yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Taman Balekambang. Taman ini berada di tengah kota Solo sehingga sangat mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan.

Tak hanya memuaskan mata pecinta lingkungan, Taman Balekambang ini juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Selain bisa menikmati pemandangan alamnya, disini kamu akan menemukan beberapa lokasi menarik. Seperti bermain perahu atau mengunjungi taman yang berisi tanaman-tanaman langka. Setelah itu, kamu juga bisa menikmati aneka sajian kuliner yang ada di sekitar Taman Balekambang ini.

4. Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

Wisata Alam di Solo
phinemo.com

Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso atau yang biasa dikenal sebagai Tahura Ngargoyoso ini juga menjadi salah satu wisata alam di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini menjadi satu-satunya taman hutan raya yang berada di provinsi Jawa Tengah. Tak heran jika kawasan ini sangat dijaga kelestariannya.

Disini kamu tak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, tapi juga bisa menginap di area perkemahan. Dengan begitu, pengalaman wisata kamu akan terasa semakin seru. Apalagi kawasan hutan rakyat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai sehingga bisa membuat pengunjung betah. Tak jarang, Tahura Ngargoyoso ini sering dijadikan sebagai acara sekolah.

5. Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagaro I

Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagaro I
inaforester.blogspot.com

Wisata alam di Solo yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagaro I. Menariknya, kawasan wisata ini juga dijadikan sebagai area pendidikan, pariwisata serta rekreasi. Hal tersebut karena banyaknya hal yang bisa dipelajari di taman ini, seperti bunga, sumber mata air, berbagai spesies fauna hingga keberadaan candi.

Tahura ini berlokasi di kaki Gunung Lawu sehingga udaranya cukup sejuk. Untuk menjelajahinya, kamu hanya perlu membayar biaya asuransi sekitar Rp 1.000 saja. Selebihnya, kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp Rp 5.000 untuk mobil.

6. Parang Ijo

Parang Ijo
wisatainfo.com

Tak hanya ada Grojogan Sewu, wisata alam di Solo lainnya yang berupa air terjun adalah Parang Ijo. Berlokasi di Karanganyar, untuk menuju ke air terjun ini kamu hanya perlu menuruni beberapa anak tangga yang telah dibuat oleh pengelola setempat.

Kawasan air terjun ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti jembatan, gazebo serta gardu pandang yang akan menambah seru kunjungan kamu. Tak hanya fasilitas yang memadai, akses untuk menuju ke air terjun ini juga cukup mudah. Bahkan, ada transportasi umum yang menuju kawasan ini. Selain itu, kamu juga bisa mencoba melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain air, berenang hingga mencoba flying fox.

7. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan
brobali.com

Wisata alam di Solo yang wajib masuk dalam daftar kunjungan kamu adalah Bukit Sekipan. Bukit Sekipan ini berlokasi di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar dan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kawasan Solo Raya.

Disini kamu bisa menemukan berbagai wahana dan fasilitas untuk dijadikan wisata yang seru. Mulai dari waterboom mini, mini zoo, taman bunga hingga miniatur berbagai negara dunia bisa kamu lihat disini. Untuk masuk kesini, pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket sekitar Rp 40.000 – Rp 80.000 per orangnya.

8. Bendungan Colo

Bendungan Colo
jateng.inews.id

Kalau selama ini bendungan hanya difungsikan sebagai pengontrol laju air, maka di Solo kamu akan menemukannya sebagai tempat wisata. Bendungan Colo ini juga menjadi salah satu wisata alam di Solo yang menarik untuk dikunjungi.

Disini kamu akan melihat deretan beton yang menarik untuk dijadikan objek foto. Tak hanya bisa berfoto dan bersantai, disini kamu juga bisa memancing. Bendungan ini menjadi habitat berbagai ikan yang bisa kamu temukan. Kalau kamu tertarik untuk mengunjunginya, kamu bisa datang saat pagi satau sore hari menjelang sunset.

9. Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning
salsawisata.com

Kebun Teh Kemuning juga masuk dalam daftar destinasi wisata alam di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Kebun teh ini menawarkan pemandangan hamparan perkebunan teh di pegunungan yang hijau dan asri.

Perkebunan teh ini sudah ada sejak masa kolonial yang sekarang menjadi destinasi wisata favorit di Solo. Beberapa warga sekitar mengelola perkebunan ini sebagai tempat wisata dengan menambahkan bangku dan spot-spot menarik untuk disinggahi.

10. Goa Gong

Goa Gong
totabuan.news

Wisata alam di Solo yang terakhir adalah Goa Gong. Goa Gong ini juga menjadi salah satu wisata yang cukup populer karena menawarkan keindahan stalaktit dan stalagmit kokoh yang tersebar di setiap sudut gua. Tak hanya itu, pemandangan di dalam gua pun diperindah dengan cahaya lampu berwarna-warni.

Nama “gong” dipilih karena di dalam gua sering terdengar suara menyerupai gong. Meskipun menawarkan pemandangan yang indah, namun lokasinya cukup jauh karena gua ini berada di Desa Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan.

Demikianlah daftar wisata alam di Solo yang menawarkan pemandangan indah yang pastinya bisa membuatmu betah berlama-lama disana. Indah sekali kan? Kira-kira destinasi wisata mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply