10 Tempat Ngabuburit di Solo Yang Asyik dan Menyenangkan


Fida  April 10, 2022  0 Comment

Solo memang dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyaknya tempat wisata, mulai dari tempat wisata alam hingga tempat-tempat bersejarah. Oleh karena itu, tidak heran jika daerah yang satu ini kerap menjadi tujuan wisatawan untuk berlibur. Saat bulan Ramadhan tiba, Solo juga menawarkan tempat-tempat yang cocok dikunjungi untuk ngabuburit atau menghabiskan waktu di sore hari. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah 10 rekomendasi tempat ngabuburit di Solo yang populer dan bisa kamu kunjungi.

1. Alun-alun Kidul

alun alun kidul solo
tribunnews.com

Salah satu lokasi yang dapat kamu kunjungi sebagai tempat ngabuburit di Solo adalah Alun-alun Kidul. Di alun-alun ini, kamu dapat memilih untuk bersantai dan menikmati udara yang sejuk sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Alun-alun Kidul tempat kamu kunjungi di Jalan Gading, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Kamu tidak perlu khawatir karena di sekitar alun-alun juga terdapat banyak pedagang makanan sehingga kamu dapat sekaligus membeli menu untuk berbuka. Ada banyak pilihan makanan dan jajanan yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Saat mencari rekomendasi tempat untuk ngabuburit, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang ke aAlun-alun Kidul bersama teman maupun keluarga.

Gotravelly

Serabi Solo Rahayu Di Gresik, Sajikan Serabi Dengan Rasa Otentik

Sekar Kedaton: Makan Mewah Ala Keraton Khas Yogyakarta

2. Pasar Takjil UMS

pasar takjil ums
travel.tribunnews.com

Menikmati ngabuburit dengan berburu takjil tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Pasar takjil UMS dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu yang sedang mencari tempat ngabuburit di Solo. Seperti pasar takjil pada umumnya, di sini kamu akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan jajanan, makanan berat, dan berbagai minuman segar.

Meskipun cukup populer dan dikenal menawarkan menu takjil yang lengkap, harga yang ditawarkan untuk setiap menunya sangatlah terjangkau. Tertarik untuk mengunjungi pasar takjil yang satu ini saat datang ke Solo?

3. Taman Jayawijaya Mojosongo

taman jayawijaya mojosongo
jateng.suara.com

Rekomendasi tempat ngabuburit di Solo berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Taman Jayawijaya Mojosongo. Di taman ini, kamu dapat bersantai dan menghabiskan waktu sore hari sebelum waktu berbuka puasa tiba.

Selain cocok dikunjungi bersama keluarga, taman ini juga cocok dipilih sebagai tempat ngabuburit bersama anak-anak karena terdapat fasilitas playground atau taman bermain. Selain itu, taman Jayawijaya Mojosongo juga memiliki banyak sekali tempat duduk yang cocok dipilih untuk bersantai yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai. Beberapa fasilitas lainnya yang ditawarkan diantaranya adanya toilet serta tempat sampah di area taman. Penataan taman yang indah juga menjadikan taman ini semakin instagramable dan cocok dipilih sebagai lokasi untuk berfoto. Jika ingin datang ke taman ini, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Jaya Wijaya nomor 75, Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

4. Kampung Ramadhan Semanggi

kampung ramadhan semanggi
solo.tribunnews.com

Pilihan tempat ngabuburit di Solo berikutnya yang juga wajib kamu kunjungi adalah Kampung Ramadhan Semanggi. Kampung Ramadhan yang satu ini terletak di daerah Kampung Semanggi, Kecamatan Pasir Kliwon, Kota Surakarta.

Tidak jauh berbeda dengan kampung Ramadhan lainnya, di sini kamu juga dapat menjumpai banyaknya penjual takjil atau menu untuk berbuka puasa. Kamu dapat memilih untuk menyusuri Kampung Ramadhan Semanggi sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Adanya tambahan lampu-lampu di malam hari tentu menjadikan suasana ngabuburit di kampung ini semakin mengesankan.

5. Kawasan Universitas Sebelas Maret

universitas sebelas maret
surakarta.go.id

Tidak kalah dengan tempat ngabuburit di Solo lainnya, Universitas Sebelas Maret juga memiliki kawasan dimana kamu dapat menjumpai banyaknya penjual takjil. Banyaknya pilihan menu yang ditawarkan untuk berbuka puasa menjadi daya tarik tersendiri sehingga kawasan ini selalu ramai pengunjung, khususnya saat sore hari.

Selain menu-menunya yang lengkap, harga yang ditawarkan untuk setiap jajanan takjil juga sangat terjangkau. Puas berbelanja berbagai menu untuk berbuka puasa, kamu juga dapat bersantai di taman-taman asri yang ada sembari menunggu waktu berbuka puasa. Meskipun berada di area kampus, tetapi masyarakat umum atau wisatawan juga boleh datang dan ngabuburit di kawasan Universitas Sebelas Maret.

6. Taman Tirtonadi

taman tirtonadi
travel.kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Taman Tirtonadi yang dikenal sebagai salah satu taman populer di Surakarta. Taman yang satu ini juga sangat cocok dikunjungi sebagai tempat ngabuburit di Solo saat bulan Ramadhan tiba. Bagaimana tidak, pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yang ditawarkan.

Taman yang satu ini dapat kamu kunjungi di Jalan A Yani, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Lokasinya yang sangat dekat dengan terminal juga menjadikan taman ini kerap dikunjungi oleh penumpang bus yang sedang transit. Penumpang tersebut sengaja menghabiskan waktu transit dengan menikmati indahnya pemandangan di Taman Tirtonadi. Memilih untuk ngabuburit di taman ini juga menjadikan waktu menunggu berbuka semakin terasa cepat.

7. Kampung Ramadhan Laweyan

kampung ramadhan laweyan
solo.tribunnews.com

Rekomendasi tempat ngabuburit di Solo berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Kampung Ramadhan Laweyan. Kampung yang satu ini dapat kamu datangi di Kelurahan Laweyan, Kota Surakarta.

Sama seperti pasar takjil lainnya, Kampung Ramadhan Laweyan juga memiliki banyak sekali pedagang dengan menu-menu yang ditawarkan. Kamu dapat membeli aneka lauk pauk, jajanan, hingga banyaknya pilihan minuman segar. Kamu juga tidak perlu khawatir karena meskipun menawarkan menu yang lengkap tetapi harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau.

8. Taman Balekambang

taman balekambang
jateng.tribunnews.com

Taman Balekambang menjadi salah satu destinasi yang dapat dikunjungi bagi kamu yang sedang mencari tempat ngabuburit di Solo. Taman ini dikenal menawarkan suasana yang sejuk dan asri dan dapat dikunjungi di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Di taman ini, kamu dapat menjumpai banyaknya tempat untuk bersantai. Tidak hanya itu, kamu juga akan dimanjakan dengan banyaknya spot foto yang menarik dan instagramable. Pengunjung dapat ngabuburit sekaligus melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, berbelanja jajanan untuk berbuka, dan melihat berbagai hewan-hewan yang ada di taman ini seperti rusa, angsa, dan juga monyet.

9. Stadion Manahan

stadion manahan
solopos.com

Stadion Manahan menjadi rekomendasi berikutnya bagi kamu yang ingin mengunjungi salah satu tempat ngabuburit di Solo. Stadion ini memang kerap dikunjungi oleh masyarakat Solo sebagai tempat untuk berolahraga saat pagi dan sore hari. Tetapi saat bulan Ramadhan tiba, stadion ini juga banyak dipilih sebagai tempat untuk ngabuburit karena pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan berolahraga atau bersantai sebelum berbuka puasa.

Di sekitar stadion juga terdapat banyak sekali penjual makanan dan minuman sehingga pengunjung yang datang dapat sekaligus berburu takjil atau menu berbuka. Selain menunya yang lengkap, harganya yang terjangkau juga menjadikan pasar Ramadan di sekitar Stadion Manahan sayang untuk tidak kamu kunjungi.

10. Monumen 45 Banjarsari

Tempat Ngabuburit di Solo
solotourismpromotionboard.org

Monumen 45 Banjarsari juga dikenal sebagai salah satu tempat ngabuburit di Solo yang populer dan bisa kamu kunjungi. Monumen yang satu ini berlokasi di daerah Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Selain dapat menghabiskan waktu sore hari sembari menunggu waktu berbuka puasa, kamu juga dapat melihat bangunan bersejarah yakni monumen ini.

Monumen yang telah dibangun sejak tahun 1973 ini bertujuan untuk memperingati hari bersejarah yakni Serangan Umum Empat Hari. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat datang dan ngabuburit di kawasan monumen ini adalah bersantai maupun berolahraga.



Leave a Reply