8 Makanan Khas Inggris Paling Populer, Enak dan Harus Coba!


Jehan  January 2, 2023  0 Comments

Makanan Khas Inggris – Apa kamu menyukai dan penasaran dengan negara Inggris? Jika kamu ingin mengenal negara ini maka kamu harus tahu juga tentang makanannya yang super lezat. Sebagian makanan yang menjadi sajian tradisional Inggris ini dibuat dengan latar belakang untuk membantu mereka bertahan melawan cuaca dingin di sana loh.

Penasaran apa saja makanan khas Inggris yang cukup popular dan bisa kamu coba? Yuk cari tahu dari melalui ulasan dari GoTravelly di bawah ini. Jangan lupa juga intip keseruan tempat-tempat menarik yang sudah diulas di GoTravelly juga ya!

Makanan Khas Inggris:

1. Sunday Roast

sunday roast
unsplash.com

Sunday Roast adalah makanan khas Inggris yang sangat popular. Hidangan daging panggang ini menjadi salah satu menu tradisional Inggris yang seringkali dinikmati bersama keluarga besar.

Sesuai dengan namanya Sunday Roast adalah makanan yang biasa disajikan di hari Minggu. Ini bermula dari kebiasaan penduduk yang memeluk agama Kristen di Eropa, mereka dilarang untuk memakan daging pada hari Jumat.

Oleh karena itu, mereka mulai memakan daging di hari Minggu sebagai gantinya. Saat hari itu datang, orang-orang akan bersuka ria dengan hidangannya. Sunday Roast sendiri adalah sajian berisi daging panggang dengan kentang panggang. Biasanya akan ditambahkan sesendok pudding Yorkshire khas Inggris. Rasa yang lezat dan cenderung bersih dari Sunday Roast semakin nikmat dengan tambahan saus yang disajikan, seperti saus mint, saus apel atau saus redcurrant yang khas.

Baca juga :  15+ Restoran Korea di Solo Terbaik dengan Harga Terjangkau 2023

2. Shepherd’s Pie

shepherds pie
flickr.com

Shepherd’s Pie adalah salah satu hidangan khas Inggris yang dapat dengan mudah kamu temukan, hampir di setiap sudut restoran. Shepherd’s Pie merupakan salah satu makanan tradisional yang berbentuk seperti pie.

Awal mulanya hidangan Shepherd’s Pie ini menggunakan lapisan adonan tepung di bagian atasnya, sehingga lebih terkesan seperti kue atau roti. Namun kini bagian atas dari Shepherd’s Pie telah diganti dengan kentang.

Perubahan itu membuat Shepherd’s Pie semakin enak dan lezat dijadikan pilihan sebagai salah satu menu utama untuk mengisi perut yang lapar. Cita rasa dari Shepherd’s Pie ini memiliki perpaduan rasa creamy dan gurih yang lezat. Biasanya Shepherd’s Pie terdiri dari daging cincang, irisan kecil sayuran, lalu kentang yang telah dihaluskan.

3. Bread and Butter Pudding

bread and butter pudding

Bread and Butter Pudding adalah sajian yang biasa disajikan sebagai hidangan penutup. Roti Pudding ini merupakan salah satu makanan klasik Inggris yang masih mendapat perhatian dan dicintai oleh penduduk setempat.

Rasa manis dan tekstur lembut dari Bread and Butter Pudding ini tentu akan membuat siapa saja ingin mencobanya, tanpa terkecuali para wisatawan mancanegara seperti kamu! Makanan tradisional ini berasal dari abad pertengahan, awal mulanya puding terbuat dari sumsum tulang. Bisa membayangkan tidak?

Tenang, saat ini Bread and Butter Pudding telah berevolusi. Hidangan yang memiliki rasa manis sederhana dari kismis ini terbuat dari roti yang diiris dan diolesi mentega. Lali, ditambahkan custard telor yang akan membuat tekstur dari roti menjadi semakin lembut setelah dipanggang.

4. Sticky Toffee Pudding

sticky toffee pudding
flickr.com

Dilansir dari Express, dikatakan bahwa Sticky Toffee Pudding adalah salah satu hidangan pencuci mulut favorit dari orang Inggris. Makanan khas Inggris ini memiliki rasa manis pekat sehingga jika kamu ingin mencobanya, pastikan kamu tidak memiliki masalah dengan gigimu!

Baca juga :  Nggak Hanya London, Berikut 10 Kota Wisata di Inggris

Sticky Toffee Pudding adalah sajian puding yang terlihat serupa dengan kue bolu berwarna coklat gelap dan padat. Makanan ini memiliki tekstur lengket dan manis dari kurma cincang sebagi bahannya, lalu ditambahkan saus toffee yang memiliki rasa manis juga. Biasanya Sticky Toffe Pudding ini disajikan dengan tambahan es krim vanilla atau custard. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba sajian manis yang satu ini?

Baca Juga:

10 Rekomendasi Air Terjun di Inggris

Pilihan! Spot Sunrise Terbaik di Dunia

5. Lancashire Hot Pot

lancashire hot pot
flickr.com

Sajian tradisional ini menjadi salah satu makanan khas Inggris yang memilik rasa enak dan lezat. Sesuai namanya, hidangan terkenal di dunia ini berasal dari Lancashire, Inggris. Makanan ini terbuat dari daging domba atau kambing, kentang, bawang Bombay, serta kuah kental.

Lancashire Hot Pot akan membuat siapa saja penikmat daging merasa bahagia setelah memakannya. Bukan sekadar karena rasa kenyang saja, namun makanan khas Inggris ini akan membuat penikmat kuliner bertemu dengan cita rasa yang kaya.

6. Pie, Mash & Liquor

pie mash and liquor
flickr.com

Pie, Mash & Liquor adalah makanan khas Inggris yang paling popular di East End, London. Dulunya hidangan ini dibuat dengan belut sebagai isi di dalam pai-nya. Namun kini, masyarakat Inggris lebih memilih daging cincang yang dimasukkan ke dalam pai.

Hidangan ini menyajikan pai kentang yang ditumbuk  dan dilumuri dengan saus peterseli atau minuman keras. Minuman keras yang menjadi bahan campuran dalam Pie, Mash & Liquor ini tidak beralkohol. Sebaliknya, cairan ini terbuat dari air kaldu sisa memasak yang disajikan bersama kentang. Saat mencicipi Pie, Mash & Liquor ini kamu akan merasakan rasa creamy yang memiliki tekstur lembut.

Baca juga :  10 Air Terjun di Inggris Siap Membawamu Berpetualang

7. Scone

scone
unsplash.com

Scone adalah roti dan menjadi salah satu makanan khas Inggris yang cukup sederhana. Roti ini merupakan makanan cepat saji yang terkenal dan popular di seluruh penjuru Inggris. Sepertinya Scone akan sangat cocok untukmu yang sedang diburu waktu atau tidak ingin makanan yang terlalu membuat perutmu terasa penuh.

Scone dibuat dengan tepung barley beragi atau oatmeal yang digulung membentuk adonan bulat. Lalu setiap adonan akan dipotong menjadi beberapa bagian kecil, biasanya menjadi empat bagian sebelum akhirnya di panggang di atas wajan. Roti Scone ada yang dipotong dalam bentuk segitiga atau bulat.

8. Full English Breakfast

full english breakfast
unsplash.com

Apa kamu menyukai makanan super lengkap atau kamu ingin mencoba merasakan hidangan orang Inggris saat sarapan? Jawabannya hanya satu, yakni Full English Breakfast. Menu makanan yang satu ini tidak hanya bisa kamu temui di Inggris saja, melainkan banyak menjadi menu popular di kota Mediterania lainnya.

Full English Breakfast juga disebut dengan ‘’fry-up” terdiri dari telor goreng, sosis, irisan bacon, tomat, jamur, serta roti bakar. Tidak hanya itu saja, biasanya sajian sarapan ini ditambahkan dengan irisan haggis.

Sajian ini akan semakin terasa lezat, terlebih saat menikmatinya kamu menambahkan teh atau kopi hangat sebagai minumannya. Saat ini Full English Breakfast menjadi salah satu menu yang sedikit demi sedikit mengalami perubahan. Ada tambahan seperti kacang goreng atau bahan lainnya sebagai pelengkap. Meskipun begitu, tambahan-tambahan yang ada tidak mengurangi kelezatan dari Full English Breakfast. Apa kamu tertarik mencobanya?



Leave a Reply

One Response
  1. toko vape says:

    menarik sekali makannya, jadi pengen nyoba tapi pasti lidah kabupatenku berontak