Terpesona Keindahan 7 Tempat Wisata di Barito Utara


Fida  September 20, 2022  0 Comment

Barito Utara merupakan sebutan bagi salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah. Kabupaten yang satu ini tidak hanya dikenal dengan budayanya, tetapi juga memiliki banyak destinasi wisata. Inilah daftar 7 rekomendasi tempat wisata di Barito Utara yang cocok untuk kamu datangi saat ingin menghabiskan waktu berlibur.

Wisata di Barito Utara :

1. Gunung Lumut

gunung lumut
metrokalteng.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan destinasi wisata Gunung Lumut? Gunung Lumut merupakan salah satu gunung yang kerap dipilih oleh wisatawan sebagai destinasi wisata di Barito Utara. Gunung yang satu ini berlokasi di kawasan Hutan Lindung Lampoeng, Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara.

Sesuai dengan namanya, Gunung Lumut menyuguhkan indahnya hamparan lumut yang sangat memanjakan mata. Lumut-lumut di kawasan gunung ini tidak hanya menyelimuti batang pohon, tetapi juga ranting dan bebatuan. Indah dan uniknya Gunung Lumut menjadikan destinasi yang satu ini kerap menjadi tujuan wisata bagi wisatawan yang datang ke Barito Utara.

Selain dikenal akan keindahannya, gunung ini juga dikenal sebagai tempat yang dikeramatkan oleh Suku Dayak. Masyarakat setempat mempercayai bahwa arwah orang yang telah meninggal akan menempati puncak Gunung Lumut. Cerita masyarakat tersebut tidak menyurutkan niat pengunjung untuk berlibur dan menghabiskan waktu di gunung yang satu ini. Saat berkunjung ke Barito Utara, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mengunjungi Gunung Lumut, khususnya bagi kamu yang suka mendaki.

2. Gunung Pararawen

Wisata di Barito Utara
celebes.co

Rekomendasi tempat wisata di Barito Utara berikutnya yang juga cocok dikunjungi bagi kamu pecinta alam adalah Gunung Pararawen. Gunung yang satu ini terletak di daerah Limo, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara.

Baca juga :  10 Kota Paling Sehat di Dunia Asyik Buat Jalan Jalan Liburan

Dengan pemandangan yang indah dan masih sangat alami. Gunung yang satu ini dikelilingi oleh hutan dengan pepohonan lebat. Pengunjung dapat menikmati sensasi menghirup udara segar saat berada di kawasan Gunung Pararawen.

Selain dapat menjumpai banyaknya pepohonan dan penghijauan lainnya, Gunung Pararawen juga menawarkan indahnya pemandangan sungai di jalur pendakian. Pengunjung yang datang juga dapat melihat langsung banyaknya pilihan flora dan fauna yang hidup bebas di kawasan gunung ini. Pemandangan di jalur pendakian hingga puncak yang menakjubkan tentu akan membuat pengunjung betah dan enggan pulang.

3. Jantur Doyan

wisata alam terdekat
kumparan.com

Ada cukup banyak pilihan destinasi wisata di Barito Utara yang dapat kamu kunjungi, salah satunya adalah wisata air terjun. Salah satu rekomendasi air terjun yang populer dan bisa kamu kunjungi adalah Jantur Doyan. Air terjun yang satu ini menawarkan pemandangan indah serta suasana yang masih sangat alami. Oleh karena itu, Jantur Doyan nggak cocok kamu datangi sebagai destinasi untuk menyegarkan pikiran maupun melepas penat.

Meskipun untuk menuju ke lokasi air terjun pengunjung harus berjalan kaki, tetapi pemandangan indah juga akan disuguhkan di sepanjang perjalanan. Rasa lelah akan terbayar lunas saat tiba di lokasi air terjun. Dapat bebas bermain air hingga berenang di kawasan air terjun ini. Tidak hanya itu, pemandangan yang indah juga menjadikan Jantur Doyan memiliki banyak spot untuk berfoto.

Tidak hanya dapat menjumpai wisata alam yang masih sangat alami, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti adanya gazebo atau tempat beristirahat hingga adanya tempat bermain yang dikhususkan bagi anak-anak. Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi air terjun ini bersama teman maupun keluarga tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba.

Baca juga :  Wisata Sejarah Mengunjungi 10 Candi Terkenal di Kamboja

4. Air Terjun Inih

air terjun inih
celebes.co

Ingin menghabiskan waktu berlibur dengan bermain air? Air Terjun Inih menjadi salah satu destinasi wisata di Barito Utara yang menarik untuk kamu kunjungi. Air Terjun Inih dikenal memiliki aliran air yang cukup deras serta kolam yang luas.

Pengunjung yang datang dapat bebas bermain air di kawasan air terjun. Tidak hanya itu, Air Terjun Inih memiliki banyaknya bebatuan dengan lekukan lekukan yang mempesona. Adanya tebing dan pepohonan di sekitar air terjun juga menambah kesan alami dan asri.

Jika ingin datang dan menghabiskan waktu di Air Terjun Inih, pastikan terlebih dahulu bahwa tubuh dalam kondisi fit. Lokasinya yang sangat terpencil menjadikan pengunjung harus berjalan melewati jalan setapak sebelum tiba di lokasi air terjun. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke kawasan Benangin, Kuari, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara.

5. Bangkai Kapal Onrust

bangkai kapal onrust
antaranews.com

Saat ingin menghabiskan waktu berlibur di beberapa wisata di Barito Utara, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi Bangkai Kapal Onrust. Bangkai Kapal Onrust merupakan bangkai kapal milik Belanda yang masih banyak didatangi oleh wisatawan hingga saat ini. Bangkai kapal yang satu ini menandakan perlawanan yang keras oleh warga Barito Utara kepada Belanda saat terjadi penjajahan.

Yang menjadi daya tarik adalah kapal ini dulunya berhasil ditenggelamkan oleh warga Barito Utara. Pengunjung yang datang dapat menikmati bangkai kapal ini sebagai tempat wisata bersejarah. Tidak jarang wisatawan yang datang ke Barito Utara juga menyempatkan untuk berkunjung ke lokasi Bangkai Kapal Onrust. Lokasi tempat dari destinasi wisata bersejarah yang satu ini berada di Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara. .

Baca juga :  10 Taman Nasional di Jawa, Pilihan Tepat Untuk Liburan Keluarga

6. Jembatan KH. Hasan Basri

jembatan kh hasan basri
kalteng.antaranews.com

Rekomendasi destinasi wisata di Barito Utara berikutnya adalah Jembatan KH. Hasan Basri. Jembatan yang satu ini dikenal sangat ikonik dan berhasil membuat banyak wisatawan penasaran. Sebutan nama dari jembatan ini berasal dari nama tokoh asli Muara Taweh yang saat itu menjabat sebagai ketua MUI.

Baca Juga :

7 Oleh-Oleh Khas Barito Utara Wajib Bawa Pulang

Selain dapat menyusuri jembatan dengan panjang 270 meter, pengunjung juga dapat mencoba sensasi berfoto di sekitar jembatan. Jembatan ikonik yang satu ini menghubungkan antara Kabupaten Barito Utara dengan Kabupaten Murung Raya. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke Jalan Yetro Sinseng, Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara.

7. Rumah Betang Tambau

rumah betang tambau
seringjalan.com

Rumah adat di Indonesia memang dikenal cukup beragam dan memiliki bentuk serta makna masing-masing. Di Barito Utara, kamu akan menjumpai adanya rumah adat milik suku Dayak yang disebut dengan Rumah Betang Tambau. Rumah adat yang satu ini juga kerap dipilih oleh wisatawan saat ingin datang ke salah satu tempat wisata di Barito Utara.

Baca Juga :

Rujak Manis Semeru, Sensasi Pedas Manisnya Bikin Ketagihan

Rumah Betang Tambau sudah dibangun sejak tahun 1918. Terdapat sekitar 17 kepala keluarga yang tinggal di rumah adat ini. Meskipun dihuni oleh banyak orang, tetapi masyarakat suku Dayak tetap menjunjung tinggi kerukunan.

Baca Juga :

Jalan-Jalan & Kulineran Di Gion Shirakawa: Mulai Dari Bangunan Tua Hingga Sushi

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi wisata di Barito Utara yang menarik untuk kamu datangi. Saat ingin menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi salah satu dari banyaknya rekomendasi tempat di atas.



Leave a Reply