10 Jembatan Terpanjang di Indonesia Dengan Pemandangn Kece!


Fida  June 4, 2022  0 Comment

Jembatan merupakan konstruksi bangunan yang dibuat untuk menghubungkan antara satu tempat ke tempat lainnya. Bangunan jembatan biasa dibuat untuk menyeberangi rintangan seperti sungai, rel kereta api, hingga jalan raya. Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki jembatan dengan panjang hingga ribuan meter? Berikut daftar 10 jembatan terpanjang di Indonesia yang wajib kamu tahu.

1. Jembatan Suramadu

jembatan suramadu
javatravel.net

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan jembatan Suramadu. Jembatan yang menghubungkan antara Kota Surabaya dengan pulau Madura ini dikenal sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia. Bagaimana tidak, panjang Jembatan Suramadu mencapai 5.438 meter dengan lebar 30 meter.

Jembatan Suramadu mulai dibangun pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pada 10 Juni 2009. Jembatan Suramadu juga terdiri dari tiga bagian yakni jalan layang, jembatan penghubung, dan juga jembatan utama. Menarik sekali bukan?

GoTravelly

Terpesona Keindahan Wisata Baturraden, Wisata Legendaris Banyumas

Susuri Keasrian Banyu Urip Mangrove Center

2. Jembatan Pasupati

jembatan pasupati
cnnindonesia.com

Selain Jembatan Suramadu, jembatan Pasupati juga menjadi salah satu jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan yang satu ini membentang dengan panjang hingga 2,8 kilometer. Jembatan yang satu ini memiliki lebar 30 hingga 60 meter. Kamu dapat mengunjungi Jembatan Pasupati di bagian utara dan timur Kota Bandung.

Jembatan yang satu ini tidak hanya dikenal sebagai jembatan terpanjang, tetapi juga sebagai salah satu ikon kota Bandung. Saat malam hari, jembatan yang satu ini tampak semakin menarik karena adanya lampu sorot warna-warni di bagian tengahnya. Kamu juga dapat mencoba bersantai di taman bawah jembatan yakni Taman Pasupati. Sebutan Jembatan Pasupati berasal dari singkatan yakni Jalan Pasteur dan Jalan Surapati. Tertarik untuk melewati jembatan ini saat datang ke Bandung?

3. Jembatan Merah Putih

jembatan merah putih
cnbcindonesia.com

Jembatan Merah Putih dikenal sebagai salah satu jembatan nasional yang dapat kamu kunjungi di Teluk Dalam Pulau Ambon. Jembatan yang juga masuk ke dalam salah satu daftar jembatan terpanjang di Indonesia ini membentang dengan panjang 1140 meter dengan lebar mencapai 225 meter.

Jembatan Merah Putih dibangun pada 17 Juli 2011 dan baru diresmikan pada 4 April 2016. Dengan adanya jembatan ini, masyarakat tentu sangat dimudahkan khususnya dalam menempuh perjalanan menuju ke bandara. Sudah tidak perlu diragukan lagi akan keindahannya karena Jembatan Merah Putih sangat megah dan menelan dana senilai Rp 779,2 miliar dalam pembuatannya.

4. Jembatan Siak

jembatan siak
riauonline.co.id

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah atau yang biasa disebut dengan Jembatan Siak juga dikenal sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan yang satu ini memiliki panjang mencapai 1196 meter dengan lebar 16,95 meter. Sesuai dengan namanya jembatan yang satu ini memang membentang di atas Sungai Siak tempat kamu Datangi di kota Siak Sri Indrapura Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Indonesia.

Jembatan yang satu ini juga menghubungkan lokasi Kantor Bupati Siak yang terletak di Desa Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, dengan Gedung DPRD Kabupaten Siak yang berlokasi di Desa Rawang Air Putih, Kecamatan Siak. Jembatan ini juga dibangun dengan tujuan memperlancar arus transportasi antara Kabupaten Siak dan Kota Pekanbaru. Jembatan Siak diresmikan sejak 11 Agustus 2007 dan menelan biaya Rp 277,65 miliar dalam proses pembangunannya.

5. Jembatan Ampera

jembatan ampera
sumsel.inews.id

Mendengar sebutan Jembatan Ampera, beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing bukan? Jembatan Ampera merupakan satu jembatan terpanjang di Indonesia yang dapat kamu datangi di daerah Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Jembatan yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu ikon kota dan berlokasi di tengah-tengah Kota Palembang.

Jembatan Ampera dibangun untuk menghubungkan daerah Seberang Ulu dan daerah Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Karena indah dan uniknya bentuk jembatan, maka tidak heran jika Jembatan Ampera juga kerap dipilih sebagai destinasi yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan saat datang ke Palembang. Jembatan yang satu ini dikenal memiliki panjang mencapai 1177 meter dengan lebar 22 meter.

6. Jembatan Barito

jembatan barito
banjarmasin.tribunnews.com

Jembatan terpanjang di Indonesia berikutnya dapat kamu jumpai di Kota Banjarmasin yakni Jembatan Barito. Jembatan Barito membentang di atas Sungai Barito, Provinsi Kalimantan Selatan. Jembatan yang satu ini dikenal memiliki panjang mencapai 1.082 meter.

Jembatan Barito dikenal menjadi akses Jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan antara Banjarmasin dan Palangkaraya. Jembatan yang satu ini juga memiliki sebutan lain yakni Jembatan Pulau Bakut. Batuan yang telah diresmikan pada 24 April 1997 oleh Presiden Soeharto ini juga tercatat dalam rekor Muri sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Menarik sekali bukan?

7. Jembatan Kutai Kartanegara

jembatan kutai kartanegara
wowkeren.com

Kutai Kartanegara juga tercatat sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan yang satu ini memiliki panjang mencapai 700 meter yang melintas di atas Sungai Mahakam. Jembatan Kutai Kartanegara menghubungkan antara kota Tenggarong dengan Kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju ke kota Samarinda.

Jembatan Kutai Kartanegara sempat ambruk pada 26 November 2011 dan kembali dibangun pada tahun 2013 kemudian diresmikan kembali pada 8 Desember 2015. Kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, maupun pejalan kaki dapat melewati jembatan ini.

8. Jembatan Mahakam Ulu

jembatan mahakam ulu
regional.inews.id

Jembatan terpanjang di Indonesia berikutnya adalah Jembatan Mahakam Ulu. Jembatan yang satu ini dikenal memiliki panjang mencapai 799,8 meter yang membentang di atas aliran sungai Mahakam. Jembatan Mahakam Ulu dibangun untuk menghubungkan Kelurahan Loa Buah, Sungai Kunjang dengan Kelurahan Sengkotek, Samarinda Seberang.

Jembatan Mahakam Ulu mulai dibangun pada tahun 2006 dan diresmikan pada 2009. Terlihat kokoh dan megah, jembatan ini menelan dana mencapai 265 miliar dalam proses pembuatannya.

9. Jembatan Rumpiang

jembatan rumpiang
kalsel.prokal.co

Pernah mendengar sebutan Jembatan Rumpiang? Jembatan Rumpiang merupakan jembatan yang membentang di atas Sungai Barito, Kota Marabahan, Kabupaten Barito Kuala. Jembatan yang satu ini telah diresmikan pada 25 April 2008 dan dikenal sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.

Jembatan Rumpiang memiliki panjang mencapai 753 meter dengan bentang utama sepanjang 200 meter. Pembangunan jembatan ini menghabiskan dana hingga Rp 174,5 miliar.

10. Jembatan Barelang

jembatan barelang
batam.suara.com

Satu lagi jembatan terpanjang di Indonesia yang bisa kamu datangi yakni Jembatan Barelang. Sebutan jembatan ini merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan Barelang memiliki panjang mencapai 642 meter dan dikenal menghubungkan antar pulau seperti Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru.

Jembatan yang satu ini juga dikenal memiliki sebutan lain yakni Jembatan Habibie. Jembatan Barelang juga kerap dikunjungi oleh masyarakat atau wisatawan karena dikenal sebagai salah satu ikon Kota Batam. Menarik sekali bukan?



Leave a Reply