10 Gunung Tertinggi di Kalimantan Kerap Menjadi Incaran Pendaki


prita  July 22, 2021  0 Comment

Mendaki gunung tentu menjadi salah satu aktivitas wisata yang cukup banyak digemari. Indonesia sendiri memang terkenal memiliki banyak sekali gunung yang masih aktif maupun sudah tidak aktif lagi. Tak hanya di Pulau Jawa, kamu juga bisa menemukan banyak gunung di Pulau Kalimantan yang kerap menjadi incaran para pendaki Indonesia. Nah, jika kamu adalah pecinta alam atau pendaki yang ingin menaklukan gunung-gunung di Kalimantan, jangan lewatkan untuk mendaki 10 Gunung tertinggi di Kalimantan

1. Gunung Kalambit

Gunung Kalambit Kalimantan
jejakpiknik.com

Gunung Kalambit menjadi salah satu gunung tertinggi di Kalimantan pertama yang wajib untuk kamu kunjungi. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 1.775 meter diatas permukaan laut dan menjadi salah satu gunung favorit di kalangan pendaki.

Gunung Kalambit ini memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu susah untuk ditaklukan. Jalur pendakiannya didominasi oleh hutan lebat dan hutan tropis yang mana agak sedikit menantang namun menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dari puncaknya.

Paket wisata murah

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Pulau Kumala, Wisata Seru Di Bumi Kukar

2. Gunung Batutikung

Gunung Batutikung Kalimantan
goodnewsfromindonesia.id

Gunung tertinggi di Kalimantan selanjutnya adalah Gunung Batutikung yang memiliki ketinggian mencapai 1.804 meter diatas permukaan laut. Gunung ini cukup populer di kalangan pendaki karena cukup menantang untuk ditaklukan.

Meskipun begitu, jalur pendakian gunung ini tidak terlalu sulit untuk ditaklukan dan cukup ramah untuk pendaki pemula ataupun para pecinta alam. Selain itu, Gunung Batutikung ini juga menawarkan panorama yang menawan dari atas puncaknya yang pastinya bisa membuat kamu terpesona.

3. Gunung Mesangat

Gunung Mesangat Kalimantan
travel.okezone.com

Gunung Mesangat menempati posisi ke enam sebagai gunung tertinggi di Kalimantan. Gunung yang mendapat julukan sebagai Gunung Matumesangat  ini memiliki ketinggian mencapai 1.847 meter diatas permukaan laut.

Gunung Mesangat berada di perbatasan Kabupaten Kutai Timur dengan Kabupaten Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur. Berbeda dengan gunung lainnya yang cukup populer di kalangan pendaki, Gunung Mesangat ini masih belum terlalu banyak yang mengetahuinya. Maka tak heran jika informasi seputar Gunung Mesangat ini masih cukup jarang diketahui.

4. Gunung Kemul

Gunung Kemul Kalimantan
twitter.com

Gunung tertinggi di Kalimantan yang layak untuk kamu taklukan selanjutnya adalah Gunung Kemul. Gunung Kemul ini memiliki ketinggian mencapai 1.847 meter diatas permukaan laut.

Secara administrative, Gunung Kemul ini berada di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Gunung ini cukup dikenal karena menjadi daerah berkumpulnya beberapa suku yang masih suka berperang. Meskipun begitu, kamu tak perlu khawatir jika ingin mendaki kesana karena gunung ini sudah cukup aman sehingga kamu bisa mendakinya dengan nyaman tanpa khawatir akan terkenal dampak peperangan antar suku.

5. Gunung Latuk

Gunung Latuk Kalimantan
pendakicantik.com

Gunung Latuk juga masuk dalam daftar gunung tertinggi di Kalimantan. Gunung Latuk memiliki ketinggian yang mencapai 1.850 meter diatas permukaan laut dan memang masih cukup asing di kalangan para pendaki.

Gunung Latuk ini berada di Long Bena, Pujungan, Kabuaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. Informasi seputar pendakian ke Gunung Latuk ini memang sangat minim, tak heran jika gunung ini tak terlalu banyak dijelajahi oleh para pendaki dan tidak terlalu dikenal.

6. Gunung Halau-Halau

Gunung Halau-Halau Kalimantan
pendaki.id

Gunung Halau-Halau juga masuk dalam daftar gunung tertinggi di Kalimantan yang layak untuk kamu taklukan. Gunung yang berada di Kampung Kiyu, Desa Hina Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai ini memiliki ketinggian mencapai 1.892 meter diatas permukaan laut.

Meskipun Gunung Halau-Halau ini terdengar asing di beberapa orang, namun puncak gunung ini dikenal memiliki jalur yang cukup sulit ditaklukan. Puncak gunung ini tidak bisa dianggap remej karena banyak pendaki atau pecinta alam yang menganggapnya sangat sulit meskipun Gunung Halau-Halau ini sudah tidak aktif lagi. Gunung yang lokasinya mencakup tiga wilayah, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan dan Tanah Bambu ini menawarkan pemandangan yang tak kalah indah dari gunung-gunung lain di Kalimantan. Tak heran jika puncak Gunung Halau-Halau ini menjadi salah satu lokasi pendakian favorit.

7. Gunung Menyapa

Gunung Menyapa Kalimantan
travel.okezone.com

Gunung tertinggi di Kalimantan yang satu ini bernama Gunung Menyapa. Namanya mungkin terdengar cukup unik, karena terdengar seolah gunung ini ramah kepada manusia karena bernama menyapa.

Gunung Menyapa ini memiliki ketinggian mencapai 2.000 meter diatas permukaan laut dan menjadi gunung tertinggi ketiga di Pulau Kalimantan.  Gunung yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur ini memiliki puncak yang berupa kawah yang cukup lebar. Kawah ini terbentuk karena dampak letusan gunung berapi di masa lalu sehingga meinggalkan bekas berupa kawah yang cukup lebar. Gunung Menyapa ini juga sangat minim informasi sehingga dikenal sebagai salah satu surge tersembunyi di Kalimantan karena gunung ini memiliki panorama yang sangat indah.

8. Gunung Batu Tiban

Gunung Batu Tiban Kalimantan
id.theasianparent.com

Gunung tertinggi di Kalimantan berikutnya adalah Gunung Batu Tiban dengan ketinggian mencapai 2.050 meter diatas permukaan laut. Gunung Batu Tiban ini juga tak kalah populer di Kalimantan dan terkenal memiliki jalur yang menantang.

Gunung Batu Tiban memiliki trek pendakian yang cukup variatif sehingga membuat banyak pendaki merasa tertantang untuk tertantang menaklukannya. Namun sebaiknya kamu menggunakan jasa pemandu untuk menaklukan gunung ini karena pemandu yang notabene penduduk sekitar sudah mengenal baik medannya.

9. Gunung Liangpran

Gunung Liangpran Kalimantan
ilmugeografi.com

Gunung Liangpran juga menjadi salah satu gunung tertinggi di Kaliamantan dengan ketinggian 2.240 meter diatas permukaan laut. Gunung yang berlokasi di Kecamatan Long Pahai, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur ini memang menempati urutan kedua sebagai gunung paling tinggi di Pulau Kalimantan.

Gunung Liangpran ini terkenal masih memiliki hutan yang asri dan jarang dijamah manusia, bahkan tidak banyak pendaki yang mengenalnya. Gunung ini juga dikenal sebagai salah satu gunung api tertua di Indonesia yang mana untuk menaklukan puncaknya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itulah tidak banyak pendaki yang ingin menaklukan Gunung Liangpran ini.

10. Gunung Bukit Raya

Gunung tertinggi di Kalimantan
the7summitsindonesia.com

Gunung tertinggi di Kalimantan yang terakhir adalah Gunung Bukit Raya. Gunung Bukit Raya ini dikenal sebagai gunung paling tinggi di Pulau Kalimantan dengan ketinggian mencapai 2.278 meter diatas permukaan laut.

Gunung Bukit Raya ini berlokasi di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah dan masuk dalam area konservasi yang masih dilindungi sampai saat ini. Meskipun dikenal sebagai gunung dengan puncak tertinggi di Kalimantan, namun gunung ini masih terdengar asing di telinga para pendaki karena Gunung Bukit Raya ini memiliki medan yang sulit untuk dilalui. Hal ini karena awal pendakian gunung ini dimulai dari Kalimantan Barat, sementara puncaknya berada di Kalimantan Tengah.

Sama halnya dengan Gunung Liangpran, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa mencapai ke puncak gunung ini. Biaya untuk mendaki Gunung Bukit Raya ini sama berada di urutan kedua setelah puncak Jaya Wijaya. Itulah yang menjadi alasan jarang ada pendaki yang ingin menaklukannya.



Leave a Reply