7 Oleh-Oleh Khas Barito Utara Wajib Bawa Pulang


Fida  September 20, 2022  0 Comment

Karena dikenal menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata, tidak heran jika Barito Utara banyak dikunjungi oleh wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. Banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah dan ingin menghabiskan waktu berlibur di Barito Utara. Selain dapat mengunjungi banyaknya pilihan destinasi wisata, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu oleh-oleh khas Barito Utara sebelum pulang. Ada cukup banyak pilihan oleh-oleh yang cocok untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Inilah daftar 7 oleh-oleh khas Barito Utara yang menarik untuk kamu bawa pulang.

1. Bawang Dayak

bawang dayak
halodoc.com

Saat berkunjung dan menghabiskan waktu berlibur di Barito Utara, tidak ada salahnya jika kamu pulang dengan membawa oleh-oleh, salah satunya adalah bawang Dayak. Jika dilihat sekilas, bawang Dayak memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan bawang merah pada umumnya. Hanya saja bawang Dayak memiliki tampilan warna yang lebih terang serta kulit yang lebih licin.

Bawang yang satu ini dapat diolah menjadi bumbu seperti bawang merah. Selain itu bawang Dayak juga dapat diolah dengan cara dikeringkan dan dihaluskan menjadi bubuk untuk kemudian diseduh menjadi minuman. Bawang Dayak juga dipercaya memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh dan dapat digunakan sebagai obat. Olahan bawang Dayak dapat mengobati penyakit batu ginjal, mencegah gangguan kesehatan jantung, hingga dipercaya sebagai pencegah kanker. Unik sekali bukan?

Kamu tidak perlu khawatir karena meskipun bawang Dayak dikenal sangat khas, tetapi tetap dijual dengan harga yang terjangkau. Saat berkunjung ke Barito Utara, kamu dapat membeli bawang Dayak di berbagai pasar tradisional atau toko oleh-oleh.

Gotravelly

Kelezatan Rasa Es Cendol Durian Jam Besar Bikin Kangen Malaka

Segarnya Es Kelapa Muda Durian D’Lamud Paling Mantep Dinikmati Saat Udara Panas Di Kota Sidoarjo

2. Wadi

Oleh Oleh Khas Barito Utara
tokopedia.com

Pernah mendengar sebutan makanan wadi? Wadi merupakan sebutan bagi olahan makanan yang terbuat dari daging atau ikan. Makanan yang satu ini dikenal sebagai salah satu makanan khas sekaligus oleh-oleh khas Barito Utara yang menarik untuk dibawa pulang.

Untuk membuat wadi, langkah pertama adalah dengan cara merendam daging menggunakan air garam selama 10 jam. Makanan yang satu ini harus terlebih dahulu melalui proses fermentasi sehingga tidak heran jika memiliki rasa yang khas saat dicoba.

Selain cocok untuk dinikmati langsung, wadi juga sangat cocok dipilih untuk dinikmati sebagai lauk dan disajikan bersama nasi putih. Hidangan yang satu ini biasa disajikan dengan dua pilihan yakni goreng atau kuah. Pecinta olahan daging atau ikan, jangan lupa untuk mencoba lezatnya wadi saat berkunjung ke Barito Utara.

3. Minyak Tengkawang

minyak tengkawang
zegahutan.com

Saat mendengar sebutkan minyak tengkawang, beberapa dari kamu tentu akan berpikiran bahwa minyak tengkawang merupakan benda cair bukan? Minyak tengkawang merupakan salah satu oleh-oleh khas Bali Utara yang berasal dari olahan biji tengkawang. Minyak yang satu ini memiliki tampilan yang padat karena diolah terlebih dahulu.

Banyak wisatawan yang penasaran dan menyempatkan untuk berburu minyak tengkawang sebelum pulang dari Barito Utara. Bagaimana tidak, minyak yang satu ini memiliki banyak fungsi diantaranya untuk penyedap makanan, sebagai green butter, hingga dipercaya dapat menjadi ramuan obat.

Tampilannya yang berwarna kuning juga menjadikan minyak tengkawang mirip dengan margarin. Tidak hanya dapat dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, minyak ini juga memiliki peran penting dalam bidang industri. Minyak ini berperan dalam pembuatan kosmetik, pengganti lemak coklat, hingga dipilih sebagai bahan farmasi atau kesehatan.

4. Kain Batik Motif Pisang Bangkaran

batik motif pisang bangkaran
celebes.co

Tidak hanya dapat membawa oleh-oleh khas Barito Utara berupa makanan, kamu juga dapat membeli uniknya kain batik khas daerah yang satu ini. Kain Batik Motif Pisang Bangkaran menjadi Kain batik yang paling banyak diburu oleh wisatawan saat datang ke Barito Utara. Sesuai dengan namanya, motif yang satu ini memang dibuat dan terinspirasi dari pisang hutan dengan bentuk tanduk dan memiliki buah berwarna hijau kecil.

Kain Batik Motif Pisang Bangkaran dapat dibeli dalam bentuk lembaran maupun siap pakai seperti pakaian. Harga yang ditawarkan juga cukup beragam tergantung dengan jenis kain serta tingkat kerumitan pembuatan motif.

Batik yang satu ini hanya dapat kamu jumpai di kawasan Barito Utara dan tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Saat berlibur ke kawasan Barito Utara, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu kain batik untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat di rumah.

5. Papaken

papaken
visitbartim.com

Jika dilihat sekilas, buah yang satu ini sangat mirip dengan buah durian bukan? Tetapi sebenarnya berbeda. Papaken merupakan buah asli Kalimantan yang juga dapat dengan mudah kamu jumpai di kawasan Barito Utara. Oleh karena itu, tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan ingin membeli papaken sebagai oleh-oleh khas Barito Utara untuk dibawa pulang.

Selain bagian luarnya yang berduri, bagian dalamnya yang berwarna kuning juga menjadikan buah ini sangat mirip dengan buah durian. Yang membedakan papaken dengan buah durian adalah baunya yang tidak menyengat. Kamu dapat menikmati buah papaken matang dengan tekstur yang berserat serta menawarkan perpaduan rasa manis dan gurih.

6. Durian Gantar Bumi

durian gantar bumi
celebes.co

Rekomendasi oleh-oleh khas Barito Utara berikutnya yang menarik untuk dibawa pulang adalah durian gantar bumi. Jenis durian yang satu ini dikenal sangat khas serta memiliki daging buah yang tebal. Warnanya yang kuning pekat juga menjadikan buah ini sangat menggugah selera.

Salah satu daya tarik dari durian gantar bumi adalah memiliki ukuran yang mencapai 4 kali lipat lebih besar dari durian pada umumnya. Durian yang satu ini dijual dengan harga sekitar Rp 250.000,- per buah. Setelah mencoba lezatnya durian gantar bumi, kamu tentu akan dibuat ketagihan dan ingin mencobanya lagi.

7. Rabuk Patin Kandas Sarai

rabuk patin kandas sarai
bukalapak.com

Satu lagi rekomendasi oleh-oleh khas Barito Utara yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Rabuk Patin Kandas Sarai. Makanan yang satu ini merupakan abon yang dibuat menggunakan bahan utama ikan patin. Rabuk Patin Kandas Sarai sudah cukup populer dan dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Barito Utara.

Rabuk Patin Kandas Sarai sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh karena selain menawarkan cita rasa yang unik dan lezat, tetapi juga memiliki kemasan yang praktis dan menarik. Kamu dapat menikmati makanan yang satu ini secara langsung maupun dinikmati sebagai lauk bersama dengan nasi hangat. Sangat menggugah selera bukan?

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi oleh-oleh khas Barito Utara. Saat berkesempatan datang dan menghabiskan waktu berlibur di Barito Utara, oleh-oleh manakah yang paling ingin kamu bawa pulang?



Leave a Reply