10 Sumber Mata Air di Indonesia Dengan Mitos Memiliki Keajaiban


Reni  June 16, 2022  0 Comment

Sumber mata air di dunia dipercaya memiliki kekuatan ada banyak sekali yang bisa dijumpai dan ada beberapa juga yang terdapat di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya sehingga tak heran jika disini terdapat banyak sekali sumber mata air. Tak hanya sumber mata air biasa saja, namun mata air tersebut dipercaya memiliki mitos yang unik dan juga mempunyai keajaiban. Berikut ini adalah 7 sumber mata air di Indonesia dengan mitos unik dianggap memiliki keajaiban :

1. Sumber Jenon Malang

sumber jenon
sikidang.com

Sumber Jenon Malang merupakan salah satu sumber mata air di dunia dipercaya memiliki kekuatan. Sumber mata air ini menjadi salah satu sumber mata air yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Sumber Jenon Malang merupakan salah satu sumber mata air atau umbul yang terkenal dan berada di Indonesia.

Anda bisa mengunjunginya dengan mudah hanya dengan pergi ke daerah Gunung Ronggo, Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sumber mata air ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan juga mempunyai suasana yang sejuk serta asri. Konon katanya jika berendam di sumber mata air ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Sehingga, tak heran jika sumber mata air ini banyak dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain mempunyai sumber mata air yang cantik dan bersih, juga bisa memberikan manfaat untuk orang-orang yang mengalami permasalahan kulit. Selain itu, pengunjung dari mata air ini juga bisa menjumpai ikan sengkaring yang merupakan ikan langka yang konon berusia ratusan tahun.

Gotravelly

Pesona Air Terjun Jagir Yang Bikin Lupa Diri

Air Terjun Coban Cemoro Gading Yang Jarang Terjamah Dan Alami

2. Wisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo

wisata taman sungai mudal
camerawisata.com

Ada berbagai sumber mata air yang memiliki kekuatan di dunia dan banyak juga yang terdapat di Indonesia. Salah satunya adalah wisata Taman Sungai Mudal yang terdapat di daerah Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Anda akan dimanjakan dengan air yang sangat jernih jika berkunjung kesini. Anda juga akan merasakan suasana yang sejuk ditambah dengan gemericik air yang sangat menenangkan. Kawasan ini mempunyai air terjun yang juga sangat eksotis. Jika Anda mengunjungi sumber mata air ini, konon katanya bisa memberikan ketenangan jiwa. Anda juga bisa sekaligus menyegarkan pikiran dan menenangkan diri.

3. Pemandian Cibulan Kuningan

pemandian cibulan kuningan
jejakpiknik.com

Sumber mata air yang konon unik dan memiliki keajaiban di Indonesia lainnya adalah Pemandian Cibulan Kuningan. Sumber mata air ini menjadi salah satu sumber mata air atau umbul yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pada sumber mata air ini terdapat sumber mata air yang jernih dan bisa digunakan untuk berenang.

Para pengunjung juga bisa berenang bersama ikan-ikan yang konon dianggap sebagai ikan Dewa. Konon katanya ikan-ikan tersebut merupakan prajurit pemberontak yang hidup pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Para prajurit tersebut melakukan pemberontakan dan kemudian dikutuk menjadi ikan.

Pemandian Cibulan Kuningan ini berada di daerah Maniskidul, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sumber mata air ini sangat jernih, sehingga membuat para pengunjung biasanya memanfaatkannya untuk merasakan sensasi berfoto dibawah air. Selain itu, para pengunjung juga bisa berfoto bersama dengan para ikan Dewa.

4. Umbul Ponggok Jawa Tengah

umbul ponggok jawa tengah
travel.tribunnews.com

Umbul Ponggok Jawa Tengah menjadi salah satu mata air yang pernah viral dan dikunjungi oleh banyak pengunjung. Mata air ini menjadi salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi. Sumber mata air ini memiliki dasar seperti kolam yang berpasir dan berbatu. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi berenang bersama ikan-ikan yang ada disana.

Umbul Ponggok ini terletak di daerah Desa Jeblogan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Konon katanya jika mengunjungi sumber mata air ini bisa memberikan kebaikan untuk Anda. Sumber mata air ini juga sangat menarik karena mempunyai banyak spot foto yang unik dan bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.

5. Sumber Sirah Malang

sumber sirah
sikidang.com

Sumber mata air yang dianggap memiliki keajaiban lainnya adalah Sumber Sirah Malang. Sumber mata air ini menjadi sumber mata air yang wajib untuk dikunjungi jika Anda sedang berada di Jawa Timur. Sumber mata air ini terletak di Jalan Sunan Kalijaga 1, Kecamatan Gondanglegi, Malang, Jawa Timur.

Sumber mata air ini menawarkan suasana yang sangat alami lengkap dengan perairan yang sangat jernih dan memanjakan mata. Jika mengunjungi sumber mata air ini konon katanya bisa memberikan ketenangan untuk jiwa. Selain itu, Anda juga bisa melepaskan penat disini. Anda juga bisa mencoba untuk berenang dan berfoto dibawah air karena sumber mata airnya yang jernih dan juga indah.

6. Sumber Krabyakan Malang

sumber krabyakan
tirtajayatravel.com

Sumber mata air yang selanjutnya adalah Sumber Krabyakan Malang. Sumber mata air ini terletak di Desa Sumber Ngepoh, Krajan, Kecamatan Lawang, Malang, Jawa Timur. Sumber Krabyakan Malang ini mempunyai mata air yang sangat jernih dan dikelilingi oleh pepohonan sehingga mempunyai suasana yang sejuk.

Jika berkunjung ke sumber mata air ini konon katanya bisa menyembuhkan penyakit kulit. Hal ini disebabkan karena adanya terapi ikan yang disediakan. Disini Anda tidak hanya bisa bermain air, tapi juga bisa berenang dan berfoto dengan suasana yang menarik.

7. Sumber Maron Malang

sumber maron
jejakpiknik.com

Sumber Maron Malang menjadi salah satu sumber mata air unik dan ajaib lainnya yang ada di Indonesia. Sumber Maron terletak di daerah Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Malang, Jawa Timur. Anda bisa menikmati sumber mata air yang sangat indah dan asri jika berkunjung kesini. Sumber mata air nya pun masih sangat jernih. Konon katanya sumber mata air ini bisa memberikan ketenangan untuk jiwa.

8. Umbul Manten Janti Polanharjo Klaten

umbul manten
travel.kompas.com

Sumber mata air lainnya yang ada di Indonesia dan wajib untuk Anda kunjungi adalah Umbul Manten Janti Polanharjo Klaten. Sumber mata air ini terletak di Jalan Janti Boto, Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pengunjung bisa merasakan sumber mata air yang jernih ketika berkunjung ke sumber mata air ini. Sumber mata air ini bisa memberikan ketenangan batin untuk Anda.

9. Umbul Pengging

umbul pengging
travel.kompas.com

Umbul Pengging merupakan sumber mata air atau umbul lainnya yang ada di Indonesia. Sumber mata air ini terletak di daerah Umbulsari, Bendan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Sumber mata air ini sangat cocok sekali dikunjungi untuk melepas penat. Hal ini disebabkan karena sumber mata air ini bisa memberikan ketenangan jiwa. Anda juga bisa merasakan sensasi berenang di sumber mata air yang sangat jernih ini.

10. Umbul Sidomukti Semarang

umbul sidomukti
regional.kompas.com

Sumber mata air lainnya adalah Umbul Sidomukti Semarang. Jika Anda sedang berada di daerah Semarang, maka sangat wajib untuk mengunjungi sumber mata air ini. Sumber mata air ini menawarkan perairan yang sangat jernih sekaligus pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Jika berkunjung ke sumber mata air di dunia dipercaya memiliki kekuatan ini, konon Anda akan merasa lebih tenang dan lebih kuat jiwa raga nya.



Leave a Reply