10 Keajaiban Alam Paling Menakjubkan Di Dunia Menjadi Destinasi Favorit


Reni  June 16, 2019  0 Comment


Keajaiban Alam Paling Menakjubkan di dunia pasti menjadi daya tarik tersendiri yang banyak dicari untuk dijadikan tempat wisata, sayangnya mereka tidak mengetahui bagaimana terbentuknya fenomena langka tersebut, jadi mereka hanya tahu tempat yang indah saja. Padahal dalam sebuah keajaiban geologis itu terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia sedikit pun. Nah, untuk anda yang penasaran apa saja keajaiban geologis paling menakjubkan di dunia. Yuk simak ulasan keajaiban alam di dunia yang bisa kamu kunjungi

1. The Wave

The Wave

TripAdvisor


Australia terdapat geologis paling menakjubkan. Disana terdapat pemandangan dengan bebatuan cadas dengan warna merah yang akan memukau siapa saja yang melihatnya, lokasinya terletak antara perbatasan Arizona dan Utah. Nama The Wave berasal dari bukit pasir yang usianya mencapai 190 juta tahun yang saat ini sudah berubah menjadi batu. Untuk mencapai lokasi tersebut, anda hanya bisa berjalan kaki dengan jarak tempuh mencapai 3 mil anda tidak perlu khawatir mengenai medannya, karena sudah dijamin anda tidak akan menemui hambatan sedikit pun.

Gotravelly

Memang Beda! Cobain Nyicip Ayam Goreng Dari Spesialis Ayam Kampung

Lotek: Sajian Khas Yang Tak Hanya Sehat Tapi Juga Nikmat

2. Gua Kristal Raksasa

Gua Kristal Raksasa
beautifulworld.com


Di sebelah selatan Chihuahua, Mexico ditemukan sebuah tambang kristal yang bentuknya menyerupai kristal yang sangat mengagumkan, tingginya sekitar pohon cemara, yang paling menakjubkan dari tempat ini adalah terdapat kristal yang menyerupai warna emas dan perak dan masih banyak bentuk yang bisa anda jumpai disana.
Gua kristal ini ini ditemukan antara badan batu dan kapur, di tempat yang sama juga ditemukan sebuah biji perak dan timah, sayangnya keberadaannya sekarang sudah dieksploitasi oleh tambang. Kejadian alam ini kemungkinan terjadi karena adanya larutan zat cair yang panas yang bisa menyimpan logam dengan sebuah gips yang sudah dikristalkan selama terjadi penyusutan dengan proses mineralisasi.

3. Lembah Antelope

 Lembah Antelope
wikipedia


Geologis paling menakjubkan selanjutnya adalah Lembah Antelope yang terletak di barat daya negara Amerika. Tempat ini adalah sebuah jurang. Namun banyak pengunjung yang rela datang jauh-jauh hanya untuk mengabadikan gambar Lembah Antelope ini. Lokasi tempat ini berada di daratan Navajo dekat dengan Page Arizona. Disana juga terdapat dua lembah yang terpisah dan memancarkan keindahan masing-masing. Lembah bagian atas disebut Dengan Jurang Antelope atau biasa disebut dengan The Krack. Sedangkan jurang bagian bawah bernama The Corkscrew.
Nama lain dari Navajo atau Jurang Antelope adalah Tse Bighanilini yang mempunyai arti tempat air di mana air mengalir yang melewati celah batuan. Sedangkan jurang bagian bawah Antelope bernama Hasdestwazi yang berarti Monument Baru Spiral. Kedua bebatuan indah ini berlokasi di Lechee Chapter di sebuah negara Navojo.

4. Mata Sahara

Mata Sahara


Di mauritania terdapat sebuah daratan yang luas, lebih tepatnya berada di barat selatan dari Gurun Sahara yang mempunyai diameter 30 mill, bahkan mata sahara ini bisa dilihat dari luar angkasa. Pembentukan batuan ini disebabkan karena terjadinya tubrukan antara batu meteor. Sayangnya ahli geologi berpendapat jika batuan tersebut terjadi dari sebuah peningkatan tanah yang terjadi karena erosi. Bentuknya yang melingkar sampai sekarang masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

5. Gua Danau Biru

Gua Danau Biru
bonitoway.com.br


Di Mato Grosso Do Sul Di Brazil terdapat sebuah fenomena Keajaiban Alam Paling Menakjubkan yaitu, adanya danau yang terletak dibawah tanah yang sangat indah. Di antara Gruta Do Lago Azul, Gruta di mimoso dan Aquario Natural, yang paling terkenal di dunia adalah Gruta Do Lago Azul yang berarti gua danau biru. Hal ini terjadi pada sebuah gua alam yang di dalamnya terbentuk dari stalaktit, yang akan menambah kecantikan dari danau biru. Bahkan gua ini mempunyai keanekaragaman yang terbentuk karena geologi yang sangat besar dan paling utama dari lokasi ini adalah airnya yang berwarna biru tua .

6. Jalan Lintas Raksasa

 Jalan Lintas Raksasa
irishcentral.com


Jalan lintas raksasa ini terjadi di atas 40.000 batu vulkanis yang saling menindih atau berlipat, jalan ini terbentuk dari ledakan lava vulkanik purba. Lokasinya berada di Timur Utara atau di tepi lait Irlandia Utara. Bahkan sebagian besar pilarnya terbentuk karena sedimen.
Walaupun ada beberapa yang memiliki tinggi dari 4, 5,7,dan 8 sisi, pilar tertinggi berukuran 12 meter, sedangkan lava yang sudah mengeras terletak di tebing bukit dengan tebal 28 meter dengan jarak sekitar 2005 yang disampaikan oleh pembaca Radio Times, jalan lintasan tersebut juga mempunyai julukan sebagai keajaiban alam yang berurutan ke empat di Inggris.

7. Lubang Biru Besar

Lubang Biru Besar
chabilmarvillas.com


Dalam sebuah sistem menara api terdapat sebuah lubang yang memiliki diameter sekitar 60 mil yang terletak di daratan luar Belize, Amerika Selatan. Bahkan lingkaran yang terdapat pada lubang tersebut hampir mempunyai bentuk sempurna dengan jarak lintas sekitar seperempat dari 1 mil. Tempat ini adalah salah satu air terjun yang sangat memukau. Sedangkan di dalam lubang tersebut anda juga bisa menjumpai air dengan jarak sekitar 480 kaki yang kedalamannya mencapai 145 m. Airnya juga berwarna biru tua yang biasa disebut dengan lubang biru.

8. Batu Ombak

Batu Ombak

tselector.com


Keajaiban Alam Paling Menakjubkan selanjutnya Batu ombak adalah salah satu batu yang terbentuk secara alami, lokasi tempat ini berada di Australia Barat. Namun, kenyataannya batu ombak terbentuk dengan menyerupai ombak laut yang sangat tinggi. Bahkan tingginya bisa menutupi dari bagian ombak tersebut, dari batu sekitar 15 meter, sedangkan panjangnya mencapai 110 meter.
Salah satu aspek terpenting dari batu ombak ini yang jarang diketahui dari sebuah foto adalah dinding penahannya berbentuk setengah keatas dari batu tersebut. Uniknya ketika hujan airnya ditampung di sebuah bendungan yang dibangun oleh Departemen Pekerjaan Umum pada tahun 1951. Sedangkan dindingnya menyerupai batu yang berada di daerah gandum.

9. Bukit Cokelat

 Bukit Cokelat
cruisemapper.com


Di Filipina terdapat sebuah bukit yang terdiri dari 1,268 bukit dengan bentuk kerucut yang sangat sempurna, sedangkan ukurannya pun hampir sama yaitu 50 km. Bukit ini terbentuk tergolong unik dan berbeda dari yang lainnya. Lokasinya di Bohol, Filipina.
Ada banyak pendapat yang berhubungan dengan bentuk bukit tersebut. Dari terjadinya kerusakan batu kapur yang sederhana, sub lautan vulkanik dan terjadinya dorongan yang terjadi dari dasar lautan. Bahkan baru-baru ini muncul sebuah teori yang menyatakan jika gunung berapi aktif bisa menghancurkan dan memuntahkan balok yang sangat besar yang dilapisi dengan batu kapur yang di dorong ke belakang dari dasar laut.

10. Gerbang Neraka

Gerbang Neraka
atlasobscura.com


Keajaiban Alam Paling Menakjubkan selanjutnya adalah gerbang neraka, mendengar namanya saja sudah menyeramkan. Lokasi tempat ini berada di dekat sebuah kota kecil Daevas di Uzbekistan. Ahli geologi pada 35 tahun lalu melakukan pengeboran gas, tanpa disengaja mereka menemukan gua yang terletak di bawah tanah yang mempunyai ukuran yang sangat besar. Bahkan seluruh lokasi dan perlengkapan dan perkemahan jatuh ke bawah tanah.
Sampai sekarang tidak ada yang berani untuk turun kebawah, kerana gua tersebut mengeluarkan gas yang sangat mudah terbakar, jadi mereka sepakat untuk membakar gas beracun tersebut, bahkan sejak saat itu tidak ada yang tahu sebanyak apa gas yang telah di bakar.
Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai 10 keajaiban geologis paling menakjubkan di dunia yang banyak menyita perhatian, semoga informasi di atas bisa menambah wawasan anda. Terimakasih.



Leave a Reply