10 Tebing Terindah di Dunia Favorit Wisatawan Dunia


Altesa  August 24, 2022  0 Comment

Tebing merupakan bebatuan yang berbentuk tinggi menjulang dan biasanya terjadi karena faktor pembentukan alam seperti erosi dan cuaca. Mungkin di beberapa tempat terdapat tebing yang dibentuk bukan karena factor alam, seperti tebing yang terbentuk karena galian bekas tambang. Meskipun jika di deskripsikan tebing hanya sebatas bebatuan yang menjulang tinggi, namun di beberapa daerah tebing memiliki panorama yang indah. Beberapa tebing terindah di dunia memiliki panorama indah banyak dikunjungi masyarakat untuk berlibur kesana. Oleh karena itu, saat ini beberapa tebing yang menyimpan keindahan banyak difungsikan sebagai tempat wisata yang cukup menjanjikan.

Sebagai traveller tak lengkap rasanya jika kamu berlibur dan tidak mencoba mengunjungi beberapa destinasi tebing yang sudah terkenal indah. Destinasi wisata satu ini cukup menyenangkan jika dikunjungi, apalagi beberapa lokasi tebing perlu usaha lebih untuk bisa kesana sehingga kamu bisa menikmati berjalan trekking sembari menikmati pemandangan alam yang disuguhkan. Berikut gotravelly merekomendasikan 10 Tebing Terindah di Dunia yang bisa kamu kunjungi.

Tebing Terindah di Dunia

1. Tebing Vermilion, Amerika Serikat

 Tebing Vermilion, Amerika Serikat
istockphoto.com

Tebing Vermilion atau biasa disebut Vermilion Cliff berlokasi berbatasan dengan Hutan Nasional Kaibab dan Area Rekreasi Nasional Glen Canyon. Tempat ini membutuhkan jutaan tahun untuk berbentuk seperti saat ini. Tebing ini terletak agak terpencil dari pemukiman masyarakat. Diperlukan izin untuk bisa mengunjungi tempat indah satu ini. Memiliki pemandangan tebing coklat yang bergelombang membuat tebing ini masuk dalam jajaran tebing terindah di Dunia.

Tebing ini memiliki tinggi sekitar 3000 kaki. Jika kamu berniat mengunjungi tebing ini kamu akan mendpatkan pengalaman tour trekking dengan pemandangan alam  dan yang paling menarik adalah jejak dinosaurus yang tertanam di sedimen tebing vermilion. Untuk bisa mengunjungi tempat ini Coyote Buttes, menggunakan system lotre agar bisa menentukan jumlah pejalan kaku yang diizinkan untuk mengunjungi tebing ini setiap harinya. Jadi, untuk bisa mengunjungi tebing ini kamu juga tidak hanya memerlukan perbekalan dan fisik yang kuat tapi juga harus sabar untuk bisa mendapatkan akses masuk ke dalam kawasan tebing ini.

Pemandangan Tebing Vermilion ini mengingatkan ku dengan suasana film Dune yang dibintangi oleh Zendaya dan Timothee Chalamet. Tak heran jika tebing ini banyak dikunjungi dan dijadikan salah satu tebing terindah di dunia.

2. White Cliffs of Dover, Inggris

White Cliffs of Dover, Inggris
travel.detik.com

White Cliffs of Dover merupakan salah satu ikon destinasi alam yang populer dan terkenal di Inggris. White Cliffs Of Dover berada di garis pantai yang menghadap ke lautan benua Eropa. Garis sepanjang pantai White Cliffs of Dover ini memiliki peran penting dalam menjaga wilayah inggris dari serbuan perang selama ber abad – abad. Tebing ini merupakan salah satu simbol harapan dan kebebasan bagi rakyat dan negara tersebut. Wah tak heran selain terkenal akan keindahannya tebing ini juga merupakan bagian penting dari sejarah panjang wilayah Inggris.

Tebing ini berlokasi membentang dari timur kota Dover menuju kea rah barat di Kota Kent. Tebing ini menjadi salah satu tebing terindah di Dunia, karena pemandangannya yang menakjubkan. Menjulang tinggi setinggi 350 meter, berbeda dengan tebing biasanya yang berwarna coklat ataupun gelap, tebing ini memiliki warna putih yang terbentaang di pinggir laut. Selain, itu tebing ini juga merupakan Batasan antara laut dan daratan hijau yang melintang. Jika kamu melihat dari kejauhan kamu akan disuguhkan panorama yang kontras namun indah antara lautan yang dipisahkan oleh garis putih yang merupakan tebing ini dan hamparan daratan hijau.

Baca juga :  Air Terjun Hingga Situs Bersejarah, Nih! 10 Tempat Wisata di Magelang

3. Torres del Paine, Chili

 Tebing Terindah di Dunia
tripadvisor.com

Torres del Paine yang berada di Chili merupakan salah satu taman nasional yang didalamnya tidak hanya ada tebing namun juga danau, sungai, dan gletser yang berada di Patagonia Chili Selatan. Taman ini berlokasi di 112 km utara Puertoo Natales dan 312 km utara Punta Arenas. Selain itu, taman nasional ini juga berbatasan dengan bebrapa taman nasional lainnya yaitu Taman Nasional Bernardo  O’Higgins di sebelah barat dan Taman Nasional Los Glaciares di seblah Utara nya. Taman nasional ini memiliki arti yang menarik  yaitu, Paine yang berarti biru dan Torres yang berarti menara. Taman nasional ini di bangun dan ditetapkan pada tahun 1959 yang sudah menyuguhkan pemandangan tebing terindah di dunia.

Pemandangan di area taman nasional ini sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Tebing satu ini merupakan tebing granit yang menjulang tinggi dengan hamparan bukit hijau di bawahnya. Tebing ini memiliki tinggi sekitar 2500 meter yang menjulang. Karena pemandangan yang disuguhkannya membuat tebing ini merupakan salah satu tebing yang populer dan tebing terindah di dunia. Tebing ini memiliki iklim yang cukup dingin dengan hujan dan tidak memiliki musim kemarau. Saat kamu mengunjungi tebing ini kamu wajib berhati – hati dan melihat ramalan cuaca sebelumnya, karena wilayah taman nasional ini terkenal dengan anginnya uang kencang, dan mungkin bisa membahayakan pengunjung yang datang jika tidak ber hati – hati.

4. Preikestolen, Norwegia

Preikestolen, Norwegia
norvegia.com

Tebing terindah di dunia selanjutnya adalah tebing Preikestolen yang berada di Norwegia, tepatnya  604 km di sebelah Lysedjorde, dan di sebrang lembah Kjerag Plateau di Forsand. Tebing ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Norwegia oyang banyak dikunjungi bukan hanya warga lokal maupun warga luar Norwegia. Sangking populernya pada tahun 2012 tempat ini dikunjungi kurang lebih 150.000 hingga 200.000 pengunjung setiap tahunya. Dengan banyaknya pengunjung yang pergi ke tebing Preikestolen tidak diragukan lagi tebing ini pasti memiliki pemandangan yang indah dan tidak bisa kamu lewatkan jika kamu berlibur atau mengunjungi Norwegia. Untuk kamu pecinta trekking dan wisata alam tempat ini akan sangat cocok untuk kamu.

Selain Preikestolen ada juga Trolltunga dan Kjeragblten yang merupakan ikon wisata alam indah di Norwegia. Namun jika kamu adalah pemula dan ingin melihat pemandangan alam yang indah di salah satu tebing terindah di dunia ini disarankan kamu mengunjungi tebing Preikestolen saja. Karena dari ketiga ikon wisata alam yang ada di Norwegia tebing Preikestolen memiliki trekking yang lebih ringan dan juga ramai dikunjungi sehingga akan lebih aman untuk kamu pendatang baru.

5. Drakensberg Amphitheatre, Afrika Selatan

Drakensberg Amphitheatre, Afrika Selatan
istockphoto.com

Tebing terindah di dunia selanjutnya terletak di Afrika Selatan yaitu tebing Drakensberg Amphitheatre. Drakensberg Amphitheatre juga memiliki sebutan lain yaitu gunung naga. Daerah Drakensberg sendiri sudah terkenal dengan alamnya yang luar biasa indah. Di Dreakensberg bagian utara kamu akan menemukan tebing ini yang merupakan dinding batu basal setinggi 1.200 meter dan memiliki panjang sejauh 5 km. Kamu bisa mendaki hingga kepuncak tebing dengan menggunakan anak tangga yang dibangun dengan rantai di sepanjang jalan tangga menuju puncak. Setelah berada di puncak kamu bisa juga bisa melanjutkan penjelajahan kamu dengan mengikuti jalur Amphithetre Slackpacking. Selain itu kamu juga bisa menginap di penginapan yang terletak di sepanjang jalur.

Baca juga :  10 Wisata Religi di Turki Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Jika kamu berniat mengunjungi tebing terindah di satu ini, jangan lupa juga untuk mengeksplor daerah Drakensberg lainnya. Daereh Drakensberg selatan populer dengan wisata alam danau dan sungainya serta Sani Pass yang menakjubkan. Sementara di daerah Drakensberg Tengah merupakan area pegunungan yang memiliki pemandangan alam yang indah dannjuga dilengkapi dengan tempat menginap yang nyaman. Jika kamu berniat menginap di Drakensberg tengah jika beruntung kamu akan melihat satwa burung elang yang mulai Langkah terbang di sekitar langit Drakensberg Tengah.

6. El Capitan, Amerika Serikat

El Capitan, Amerika Serikat
cendananews.com

El Capitan merupakan tebing terindah dunia yang berada di Amerika Serikat tepatnya di Taman Nasional Yosemite, di California. berusia leboh dari 103 juta tahun. tebing El Capitan merupakan salah satu tebing dengan medan terberat di dunia dengan ketinggian 3000 kaki menjulang tinggi. Tebing ini merupakan tantangan tersendiri bagi para pemanjat professional maupun pemanjat tebing alam untuk ditaklukan karena memiliki tingkat kesulitan tersendiri dan pemandangan yang indah. Tebing ini terdiri dari batuan granit yang besar menjulang.

El Capitan sangat populer dikalangan pendaki tebing. Salah satu pendaki yang terkenal pada tahun 2019 di berita adalah terdapat bocah perempuan asal Amerika Serikat yang menciptakan sejarah bernama Selah Schneiter berhasil menaklukan tebing ini pada usianya yang masih berusia 10 tahun. anak perempuan ini merupakan pendaki tebing El Capitan termuda yang berhasil mendaki tebing ini bersama sang ayah. Faktanya lebih dari 100 pemanjat tebing El Capitan yang mencoba memanjat tebing ini kecelakaan saat proses mendaki, namun anak perempuan berusia 10 tahun dari Colorado ini berhasil mendaki dan menikmati keindahan salah satu tebing terindah di dunia satu ini.

7. Auyan Tepui, Venezuela

Auyan Tepui, Venezuela
thousandwonders.net

Ayuan Tepui merupakan salah satu tebing terindah didunia selanjutnya. Tebing ini berada di Taman Nasional Canaima, Rio Caroni. Tebing ini masuk dalam salah satu daftar tebing terindah didunia karena memiliki air terjun tertinggi di dunia yang disebut dengan Angel Falls. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 979 meter. Yang menarik adalah air terjun ini benar benar turun dari atas tebing yang menjulang tinggi. Jika kamu melihat air terjun inio dari jauh saking tingginya kamu akan melihat ujung atas air terjun ini di kelilingi awan awan tipis disekitar tebing. Sungguh pemandangan yang menakjubkan bukan.

Air terjun Angel falls pertama kali ditemukan pada awal abad ke 20. Air terjun ini ditemukan oleh seorang penjelajah Ernesto de Santa Cruz, namun secara resmi diperkenalkan ke publik oleh James Crawford Angel. James Crawfod Angel merupakan seorang penerbang yang saat itu berkeliling di sekitar kawasan tebing ini untuk mencari lokasi tambang mas disekitar kawasan tersebut. Meskipun terkenal dengan nama Angel Falls ,namun air terjun ini disebut Gunung Setan oleh suku Indian Pemon. Daerah tebing dan air terjun ini sangat ramai dikunjungi baik oleh warga lokal maupun luar negeri. Seluruh pengunjung pasti penasaran bagaimana penampakan pemandangan air terjun tertinggi didunia dan juga tebing terindah di dunia.

8. Etretat, Prancis

Etretat, Prancis
francetraveltips.com

Etretat merupakan salah satu tebing terindah di dunia yang sudah sangat terkenal. Terletak di Depastemen Seine Maritime, Haute Normandie, Perancis barat laut. Selain memiliki tebing yang indah Etretat juga merupakan sebuah kawasan kota pertanian dan wisata. Tebing ini terkenal dengan keindahan 3 lengkungan dan bentuk batu yang disebut jarum. Batuan tebing yang berbentuk unik terbentuk secara alami. Tiga lengkungan yang membentuk tebing ini diberi nama oleh masyarakat sekitar yaitu Porte d’Aval, Porte d’Amont, dan Manneporte. Kamu bisa melihat  Porte d’Aval dan Porte d’Amont dari kota, namun kamu tidak bisa melihat lengkungan Manneporte dari kota meskipun lengkungan Manneporte merupakan lengkungan terbesar dari ketiga lengkungan tebing tersebut.

Baca juga :  7 Rekomendasi Restoran All You Can Eat Dimsum

Saking indahnya tebing ini sudah menarik beberapa seniman seperti Gustave Courbet dan Eugene Boudin. Salah satu tebing terindah di dunia satu ini telah menginspirasi banyak seniman selama beberapa tahun kedalam karya mereka. Tebing – tebing putih menjulang di tepi pantai merupakan pemandangan yang menjadi ikon Kota Etretat. Tebing – tebing putih ini bak membingkai laut biru yang ada disekitarnya.

9. The Cliffs of Moher, Irlandia

The Cliffs of Moher, Irlandia
irishcentral.com

The Cliffs of Moher merupakan salah satu tebing terindah di dunia yang terletak di County Clare, Irlandia. The Cliff of Moher memiliki tinggi mencapai sekitar 214 meter yang menjulang, dan membentang sejauh 8 kilometer membentang dipinggiran Samudra Atlantik. Tebing ini merupakan salah satu lokasi alam yang spektakuler dan cukup dibangkalan oleh warga Irlandia. Hal menarik dari tebing ini adalah terdapat menara O’Brien atau biasa dikenal dengan O’Brien Tower. O’Brien Tower dibangun oleh Sir Kornelius O’Brien. Dari menara atau tower ini kamu bisa melihat Kepulauan Aran dan Galway Bay yang indah dan menakjubkan.

Baca Juga :

Pantai Menganti Kebumen, Pantai ini Dikelilingi Tebing Lho!

Tebing Moher ini terdiri dari batu kapur dan sejenis batuan sediman serta berbagai mineral yang sudah berumur lebih dari 300 juta tahun. Tebing terindah di dunia ini menyimpan alur sungai – sungai purba yang membelah bebatuan di dasar tebing ini. Jika kamu mengunjungi tebing ini kamu juga bisa menikmati wisata pantai yang dikenal dengan Atlantic Way. Selain itu terdapat rute tebing moher yang berjarak sekitar 18 kilometer dari Hag’s Head ke Doolin yang juga sudah termasuk dengan menara O’Brien yang terkenal.

10. Bandiagara Escarpment, Mali

Bandiagara Escarpment, Mali
kumparan.com

Mali memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi yang terkenal adalah Bandiagara Escarpment. Tebing Bandiagara ini merupakan tebing berpasir dan dataran tinggi dengan pemandangan yang indah. Tebing ini berada di Mopti Region, mali dan diresmikan pada tahun 1985. memiliki ketinggian hingga 1500 kaki yang juga menyimpan berbagai situs masyarakat kaum Dogon. Saat ini wilayah Bandiagara tetap dihuni oleh masyarakat dogon sehingga kawasan ini juga disebut dengan Land of Dogon atau Tanah Dogon.

Baca Juga :

Sensasi Menginap Di Glamping Dengan Fasilitas Modern Dan Pemandangan Pantai Selatan

Bangsa Dogon sudah menghuni wilayah ini sejak abad ke 15. Yang menarik adalah orang – orang Dogon membangun rumah mereka masih menggunakan Teknik tradisional yaitu dengan menggunakan batu bata tanah dan ilalang di tebing sebagai peerlindungan dan siklus udara yang sejuk. Oleh karena itu, jika kamu berniat mengunjungi kawasan ini kamu tidak hanya akan bisa menikmati keindahan tebingnya, namun kamu juga akan bisa melihat bahkan mempelajari budaya dan bentuk bangunan masyarakat lokal dogon yang tinggal disana. Saking terkenal dan indahnya kawasan ini merupakan salah satu warisan dunia UNESCO.

Baca Juga :

Tebing Breksi: Metamorfosis Tambang Kapur Menjadi Wisata Instagenic

Itulah tadi 10 tebing terindah di Dunia yang menarik untuk kamu kunjungi. Dari tebing di pegunungan hingga tebing tepi laut yang memiliki berbagai keindahan dengan caranya sendiri. Beberapa tebing sendiri juga menyimpan sejarah tersendiri dan cerita yang menarik dibaliknya. Jadi tebing mana yang menurutmu patut jadi salah satu wishlist travelling kamu nih.



Leave a Reply