10 Tanjakan Paling Angker di Indonesia Bertabur Cerita Mistis


Reni  June 9, 2022  0 Comment

Mana saja tanjakan paling angker di Indonesia? Banyak jalanan yang dikaitkan dengan hal berbau mistis seperti jalanan yang memakan korban jiwa karena seringnya terjadi kecelakaan, faktor tanjakan yang curam bisa menjadi alasan terjadinya kecelakaan, namun tidak sedikit orang yang kemudian menghubungkannya dengan hal mistis, apakah Anda pernah melewati dari 10 tanjakan angker berikut ini?

1. Tanjakan Emen

Tanjakan Emen
lifestyle.okezone.com

Siapa yang tidak asing dengan tanjakan yang satu ini? Tanjakan Emen merupakan tanjakan yang sudah begitu akrab di telinga masyarakat Indonesia, apalagi sering terjadi kecelakaan di tanjakan yang dikenal mistis ini.

Tanjakan Emen sendiri berlokasi di kampung Cicenang kabupaten Subang, dikenal dengan sebutan tanjakan Emen karena banyak masyarakat sekitar yang mengaitkannya dengan makhluk astral bernama Emen, bahkan mitos ini sudah ada sejak tahun 1950 yang mempercayai setiap orang yang melintas di jalan sepanjang 2 km ini harus melempar rokok, tak hanya melemparkan rokok tapi tiap pengendara harus membunyikan klakson agar selamat.

Namun ternyata ada kisah pilu dibalik sebutan nama Emen itu sendiri, dimana dulu sekitar tahun 1956 ada seorang sopir oplet jurusan Lembang-Subang yang akrab disapa Emen, oplet yang dikemudikannya tersebut mengalami kecelakaan hingga terbakar dan memakan korban jiwa, namun Emen selaku sopir tidak meningkat di tempat melainkan di rumah sakit, hanya saja mitos penyebab kecelakaan terlanjur menyebar padahal penyebab sering terjadinya kecelakaan adalah kurangnya kehati-hatian dari pengemudi.

Gotravelly

Nekat! Uji Nyali Di Museum Santet

Merinding Disco Di Museum Kematian

2. Tanjakan Gombel

Tanjakan Gombel
correcto.id

Di daerah Jawa Tengah sendiri juga ada tanjakan yang dianggap paling angker oleh masyarakat sekitar, semasa kolonial kawasan Gombel merupakan area pemakaman dan cukup dikenal sebagai wilayah angker di Semarang, sebelum dibangun jalan banyak masyarakat Tionghoa yang menentangnya karena menurut adat dan kepercayaan proses pemindahan jenazah tidak bisa dilakukan sembarangan.

Cukup banyak kabar beredar tentang mistisnya tanjakan Gombel, konon saat terjadi longsor atau kecelakaan di tanjakan Gombel menandakan makhluk astral marah akibat daerahnya dijadikan jalan, tidak sedikit juga korban kecelakaan yang mengaku melihat sosok astral yang tiba-tiba melintas bahkan melambaikan tangan di pinggir jalan, apakah Anda pernah melintas di tanjakan Gombel dan merasakan keanehan?

3. Tanjakan Tarahan

Tanjakan Tarahan
lampungmediaonline.com

Tanjakan yang berada di provinsi Lampung ini juga termasuk ke daftar tanjakan angker selanjutnya, sering terjadi kecelakaan yang menelan korban jiwa saat melintasi tanjakan Tarahan, banyak masyarakat sekitar yang berpendapat seringnya terjadi kecelakaan disebabkan oleh sosok makhluk halus yang bernama Nyai Genih.

Saat melintasi jalan Lintas Sumatera ini pengendara kendaraan akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari hamparan laut luas dan pulau kecil di tengahnya, namun dibalik keindahan tersebut ternyata ada saja cerita horor yang sering terjadi di tanjakan Tarakan mulai dari kecelakaan hingga dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Masyarakat desa Tarahan percaya penyebab kerap terjadinya kecelakaan karena adanya hal mistis, banyak penampakan makhluk astral yang dianggap mengganggu pengendara yang melintasi tanjakan tersebut, sebelum menjadi jalan awalnya Tarahan merupakan sebuah gunung, hingga kemudian gunung dibelah untuk proses pembuatan jalan namun selama proses pembuatan ada cukup banyak korban dari pekerja yang tertimpa alat berat.

4. Tanjakan Krumput

Tanjakan Krumput
youtube.com

Banyak yang percaya akan kejadian mistis yang terjadi di tanjakan Krumput Banyumas ini, jalur yang satu ini memang dikenal rawan kecelakaan, tanjakan Krumput berada di kawasan kebun karet dengan kontur jalan berliku dan suasana yang sepi, ada mitos masyarakat sekitar yang dipercaya oleh pengendara yang melintasi jalur ini yaitu harus melemparkan koin demi keselamatan.

Mitos melemparkan koin berawal dari kisah di zaman kolonial akibat truk yang membawa serdadu Belanda mengalami kecelakaan dan terguling, jadi saat melintas di lokasi kejadian tersebut pengemudi harus melempar koin sebagai tanda upeti untuk keselamatan para pengendara, tidak heran saat melintas di tanjakan paling angker di Indonesia ini para pengemudi akan menjumpai beberapa warga setempat yang menunggu untuk mendapatkan koin.

5. Tanjakan Nagreg

Tanjakan Nagrek
lampungmediaonline.com

Siapa yang tidak takjub dengan pemandangan di Tanjakan Nagreg ini? Tapi dibalik keindahan tersebut terdapat kisah mistis yang menghantui pengemudi saat melintasi jalur ini, pada zaman dahulu Nagreg merupakan kawasan hutan belantara dan merupakan tanah perkebunan, jalur Nagreg adalah penghubung antara Bandung dengan kota di Priangan Timur.

Tidak hanya dikenal sebagai titik rawan kemacetan tapi tanjakan Nagreg juga dikenal memiliki cerita mistis, cukup sering terjadi kecelakaan di jalur Nagreg akibat dari tanjakan tajam yang harus dilewati para pengemudi kendaraan bermotor, beberapa mitos yang beredar mengatakan ada sosok nenek yang menampakkan diri ke pengemudi sebelum terjadinya kecelakaan.

6. Tanjakan Penganten 

Tanjakan Penganten
news.detik.com

Mulanya bernama tanjakan Cisandaan namun karena sebuah kejadian dari banyaknya pengantin yang celaka di tempat tersebut kemudian berubah nama tanjakan Penganten, terletak di kabupaten Garut tanjakan dengan medan curam ini menyimpan cerita mistis, terdapat mitos yang cukup santer beredar dimana seorang pengantin yang melintasi tanjakan ini harus turun dari kendaraan dan berjalan kaki sampai bawah, sesampainya di bawah pengantin bisa kembali naik ke kendaraan untuk melanjutkan perjalanan.

7. Tanjakan Selarong

 Tanjakan Paling Angker di Indonesia
megapolitan.okezone.com

Dimana ada kejadian kecelakaan yang terjadi berulang kali di suatu tempat pasti selalu dikaitkan dengan hal berbau mistis, seperti yang terjadi di tanjakan Selarong Bogor yang menyimpan cerita misteri, warga sekitar percaya di sekitar lokasi kejadian sayup terdengar suara tangisan tepatnya malam hari terlebih setelah terjadi kecelakaan, tak hanya suara tangisan mereka juga bercerita sering muncul sosok hitam yang menyebrang jalan.

Kontur jalan yang menurun dan panjang serta licin setelah diguyur hujan membuat pengemudi kurang bisa mengendalikan kendaraannya, apalagi kendaraan besar yang sering mengalami rem blong menjadikan jalur ini sebagai jalur tengkorak.

8. Tanjakan Bangangah

Tanjakan Bangangah
pandeglang.bco.co.id

Ternyata masih ada tanjakan yang dianggap paling angker di Indonesia yaitu tanjakan Bangangah, banyak kabar beredar yang mengatakan jika tanjakan yang berlokasi di Pandeglang ini meminta tumbal manusia di setiap tahun, sering terjadi kecelakaan hingga memakan korban jiwa tiap kali melintasi jalur dengan tanjakan curam ini.

Padahal faktor kelalaian serta faktor kendaraan menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan, namun banyak masyarakat sekitar yang kemudian mengaitkannya dengan hal mistis, ada batu yang berwujud seperti menjulurkan lidah yang turun temurun diyakini meminta tumbal tiap tahunnya.

9. Tanjakan Manula

Tanjakan Manula
lampungpro.co

Tanjakan yang satu ini berlokasi di dekat makam Syekh Manula, tidak sedikit pengemudi yang takut saat melintasi jalur Lintas Barat Bengkulu-Lampung karena diyakini sebagai jalur angker, sering terjadi kecelakaan di tanjakan Manula karena jalannya yang rusak parah dengan kontur yang curam, pernah terjadi sebuah kecelakaan yang memakan korban jiwa sebanyak 12 orang sehingga makin menambah suasana angker saat melewatinya.

10. Tanjakan Mandalawangi

Tanjakan Mandalawangi
pandeglangnews.co.id

Berlokasi di Pandeglang Banten ternyata tanjakan Mandalawangi juga sering terjadi kecelakaan, kendaraan bermuatan berat seringkali kesulitan melintasi tanjakan yang satu ini karena kondisi tanjakannya yang cukup curam, bahkan hampir setiap tahun terjadi kecelakaan maka tak heran jika tanjakan Mandalawangi menjadi salah satu tanjakan paling angker di Indonesia.



Leave a Reply