7 Rekommendasi Tempat Mencari Oleh-oleh Khas Papua di Irian Jaya


sisil angelin  July 15, 2021  0 Comment

Indonesia memang memiliki banyak sekali destinasi wisata alam, kuliner, budaya yang beragam, dan hal inilah yang membuat wisatawan penasaran untuk berkunjung ketempat tersebut. Salah satunya adalah beberapa kuliner di Papua yang membuat wisatawan lokal, dan bahkan mancanegara pun penasaran untuk mampir ke Papua hanya untuk mencicipi beraneka kuliner yang ada di Papua serta mengetahui budaya yang ada di Papua. Memang Papua ini menjadi salah satu pulau yang berada di Ujung Timur yang menyimpan banyak sekali keunikan, dan destinasi wisata yang ada di Papua juga masih sangat asri sehingga membuat siapa saja betah berlama-lama di Pulau ini. Namun setelah traveling untuk menjelajahi wisatanya, mengetahui budaya yang ada di Papua, dan mencoba banyak hal, Tidak lengkap rasanya jika kalian tidak membeli oleh-oleh untuk membawa buah tangan untuk teman, keluarga, orang tersayang, dan barang yang bisa kalian beli untuk kenang-kenangan. Namun untuk kalian pendatang baru pastinya masih bingung, dan bahkan tidak tau apa-apa tentang oleh-oleh yang ada di Papua. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena kali ini GoTravelly bakalan kasih tau kalian beberapa oleh-oleh yang rekommended, dan cocok banget untuk kalian jadikan buah tangan. Nah dari pada penasaran apa saja kerajinan, dan camilan yang wajib kalian beli langsung aja yuk simak artikel dibawah ini!

1. Abon Gulung Khas Papua

Abon Gulung Khas Papua
kompas.com

Abon Gulung Khas Papua ini menjadi salah satu oleh-oleh yang enak banget, dan selalu dicari wisatawan saat berkunjung ke Papua. Jadi sebenarnya Abon Gulung Khas Papua ini menjadi salah satu kuliner khas dari Manokwari yang sangat terkenal diseluruk kota yang ada di Papua, dan hal inilah yang membuat wisatawan memburu Abon Gulung Khas Papua. Memang sekilas Abon Gulung Khas Papua ini mirip sekali dengan roti gulung, dan ukurannya yang besar ini memang sangat mengenyangkan. Abon Gulung Khas Papua ini jadi diisi dengan abon yang melimpah, daun bawang, wijen, potongan daging, dan akan digulung. Bentuk dari Abon Gulung Khas Papua ini memang sangat menggoda, dan bikin siapa aja ketagihan saat mencobanya! Jadi untuk kalian yang berada di Papua wajib banget cobain Abon Gulung Khas Papua.

Gotravelly

Cobain Korean Street Food Di Goryeo Street LaFest, Rasanya Juara!

LaFest, Destinasi Wisata & Kuliner Hits Ala Luar Negeri

2. Kue Lontar

Kue Lontar
yummy.co.id

Siapa sangaka tampilan cantik Kue Lontar yang mirip dengan pie susu ini memiliki nama Kue Lontar. Namun pemberian nama dari Kue Lontar ini dikarenan pembuatan Kue ini menggunakan wadah lontar. Hal inilah yang membuat Kue ini disebut Kue Lontar, dan seiring berjalannya waktu Kue Lontar kini memiliki bentuk bervariasi. ada yang cekung, rata, dan beraneka bentuk. Namun untuk rasa dari Kue Lontar ini manis, legit, dan tekturnya yang lembut bikin siapa saja ketagihan dengan Kue Lontar. Ohya biasanya orang Papua akan memakan Kue Lontar ini bersama dengan kopi hangat, atau teh hangat untuk dimakan saat sarapan. Nah untuk kalian yang penasaran dengan rasa lembutnya Kue Lontar ini wajib banget membelinya, dan mecicipi betapa lumernya Kue Lontar. Namun Kue Lontar ini juga cocok banget untuk dijadikan buah tangan untuk teman, keluarga, atau orang tersayang.

3. Sagu Lempeng Khas Ambon

Sagu Lempeng Khas Ambon
kompas.com

Sagu Lempeng Khas Ambon ini rekommended banget untuk kalian coba, dan Sagu Lempeng Khas Ambon ini memang menjadi salah sati camilan yang merupakan makanan masyarakat Papua. Jadi Sagu Lempeng Khas Ambon ini terdiri dari sagu, dan akan dimasukan kedalam cetakan lalu akan dipanggang menggunakan api yang panas sehingga Sagu Lempeng Khas Ambon ini akan garing! Setelah matang Sagu Lempeng Khas Ambon ini biasanya dimakan dengan kopi hitam, atau dimakan dengan parutan kelapa manis. Sehingga Sagu Lempeng Khas Ambon ini sangat gurih, manis, dan bikin siapa aja ketagihan dengan camilan Sagu Lempeng Khas Ambon. Jadi untuk kalian yang ingin mencicipi camilan khas Papua, dan membeli oleh-oleh Sagu Lempeng Khas Ambon ini rekommended banget untuk kalian. Untuk menemukan Sagu Lempeng Khas Ambon ini banyak sekali dijual dipusat oleh-oleh.

4. Sarang Semut Khas Papua

Sarang Semut Khas Papua
merahputih.com

Sarang Semut Khas Papua juga bisa menjadi pilihan kalian untuk dijadikan oleh-oleh, dan Sarang Semut Khas Papua ini juga dipercaya memiliki khasiat yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Seperti yang kalian tau Papua memang memiliki banyak sekali penghasil tanaman obat, dan salah satunya Sarang Semut Khas Papua. Beberapa khasiat Sarang Semut Khas Papua untuk tubuh adalah menurunkan kolestrol, diabetes, kangker, kista, jantung, dan menurunkan hipertensi. Jadi untuk kalian yang penasaran langsung aja yuk beli Sarang Semut Khas Papua untuk oleh-oleh, dan bisa kalian cicipi agar tau bagaimana rasanya.

5. Mutiara Khas Papua

Mutiara Khas Papua
tokopedia.com

Selain beraneka camilan yang bisa kalian jadikan oleh-oleh Mutiara khas Papua juga bisa menjadi buah tangan untuk orang tersayang. Selain bisa jadi oleh-oleh Mutiara Khas Papua ini juga bisa menjadi perhiasan untuk kenang-kenangan saat berada di Papua. Karena Mutiara Khas Papua ini memiliki mutiara yang sangat cantik, dan seperti yang kalian tau Papua ini memiliki lautan yang luas dengan biota laut yang kaya sehingga sangatlah mudah untuk mencari mutiara di Papua. Mutiara Khas Papua ini juga menjadi salah satu buah tangan yang wajib banget dibeli bagi kaum hawa, dan Mutiara Khas Papua ini sangat cantik. biasanya Mutiara Khas Papua ini menjadi gelang, kalung, ating, cicin, dan perhiasan lainnya yang berbahan dasar Mutiara.

6. Koteka Khas Papua

Koteka Khas Papua
portalsains.org

Oleh-oleh khas Papua yang ada diurutan keenam ini memang menjadi salah satu kerajinan tangan yang diolah oleh masyarakat Papua, dan Koreka ini menjadi salah satu aksesoris bagi suku Dani yang digunakan laki-laki untuk menutupi alat vital. Untuk bahan dasar yang digunakan Koteka Khas Papua ini biasanya menggunakan buah labu, dan kulit yang memiliki beraneka ragam bentuk dengan motif yang berbeda-beda. Namun Koteka Khas Papua ini menjadi salah satu kekayaan budaya daerah yang sangat terkenal di dunia loh! Jadi saat kalian berada di Papua wajib banget nih beli Koteka Khas Papua untuk buah tangan, dan disimpan untuk kenang-kenangan.

7. Batik Khas Papua

Batik Khas Papua
budaya-indonesia.org

Di Indonesia memang memiliki banyak sekali beraneka corak, bahan, dan keunikan tersendiri untuk kain batik. Salah satunya ada di Papua, dan memiliki corak yang cantik dengan ciri khas tersendiri. Papua juga termasuk daerah yang menghasilkan kerajinan batik cantik, dan indah di Indonesia. Karena batik yang ada di papua ini memiliki warna, motif, dan coraknya juga memiliki makna tersendiri yang menggambarkan budaya Papua.

Itulah 7 Rekommendasi Oleh-oleh Khas Papua yang wajib banget kalian coba, dan pastinya bikin liburan kalian berekesan. Selamat mencoba!



Leave a Reply