5 Makanan Khas Suku Asmat Yang Unik Sekaligus Menyehatkan


sisil angelin  August 26, 2021  0 Comment

Indonesia memang memiliki banyak sekali keragaman budaya, dan suku yang ada di Indonesia memang banyak banget. Makanya jika dibahas 1 hari saja mana cukup, dan untuk kamu yang belum tau di Provinsi Papua aitu terdapat Suku Asmat. Jadi Suku Asmat ini merupakan suku yang banyak sekali hidup di Papua dan Makanan Khas Suku Asmat di dapat dari Provinsi Papua memang memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Mungkin yang kalian tau selama ini Masyarakat yang tinggal di Papua ini makanan pokoknya, dan yang disukai mereka adalah hidangan yang terbuat dari sagu. Namun kalian tau gak sih kalo di Provinsi Papua ini terutama bagi Suku Asmat ini memang terkenal sekali memiliki banyak sekali kuliner enak, unik, dan pastinya wajib kalian coba saat berada di Papua.

Untuk kalian yang belum paham Suku Asmat ini terbagi menjadi 2 yaitu suku yang tinggal di Pesisir Pantai, dan Suku Asmat yang tinggal di pedalaman. Hal ini tentunya memiliki perpedaan yaitu dari segi bahasa, gaya hidup, dan seni setiap wilayah ini terntunta berbeda. Mata pencarian Suku Asmat yang ada di pesisir pantai tentunya menjadi pelayan, dan sedangkan bagi Suku Asmat yang ada di Pedalaman biasanya mata pencarian mereka dari ukiran kayu yang indah hasil karya tangan mereka sendiri. Nah kali ini GoTravelly bakalan bahas beberapa makanan khas Suku Asmat. Daripada penasaran langsung aja yuk simak artikel dibawah ini!

1. Sate Ulat Sagu

Sate Ulat Sagu
idntimes.com

Hidangan khas Suku Asmat yang akan kita bahas pertama ini memang sangat terkenal di Papua, dan menjadi hidagan kesukaan Suku Asmat. Namun memang kebayangan orang mengatakan jika Ulat Sagu salah satu makanan yang megeliat, bikin geli, dan menjijikan. Namun kalian tau gak sih Sate Ulat Sagu ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, dan ulat sagu ini memiliki kadar kolestrol yang rendah. Makanya tak heren jika makanan ini diangap sehat bagi suku asmat, dan penduduk di Papua. Untuk rasa dari Sate Ulat Sagu ini manis, asin, dan tektur dari Sate Ulat Sagu ini memang gurih pada bagian luarnya, namun pada bagian dalam Sate Ulat Sagu ini terasa sangat lembut. Selain memiliki rasa yang sehat, dan kandungan kolestrol yang rendah Sate Ulat Sagu ini tenyata memiliki manfaat lain. Diantaranya memiliki kandungan asam aspartat, asam glutamat, lisin, methionin, dan tirosin. Karena makanan ini menjadi salah satu makanan khas Suku Asmat, dan termasuk makanan kesukaan diberbagai daerah yang ada di Papua. Makanya tak heran jika sangat mudah sekali menemukan Sate Ulat Sagu. Biasanya penjual akan mendagangkan ulat sagu mentah, dan ada juga ulat sagu yang sudah matang seperti Sate Ulat Sagu.

paket wisata murah

Dimsum Taken Cuma 1000an Di Surabaya

2 Fat Guys, Sajikan Ayam Goreng Dengan Level Kepedasan Yang Bisa Kamu Pilih!

2. Ikan Bungkus

Ikan Bungkus
travelingyuk.com

Beralih dari kuliner extrime jika kalian tidak suka dengan Sate Ulat Sagu. Kalian bisa mencoba Ikan Bungkus yang menjadi salah satu hidangan khas Suku Asmat yang memiliki rasa gurih yang sempurna! Memang sekilas Ikan Bungkus ini mirip sekali dengan pepes ikan, dan yang membuat ikan bungkus ini berbeda dari pepes ikan ialah bungkus daunnya, jika ikan bungkus ini menggunakan daun alas, tentunya sangat berbeda dengan pepes ikan biasanya yang menggunakan daun pisang. Hal ini tentunya memiliki maksud yaitu agar aroma dari ikan bungkus ini terasa sangat menggiurkan, dan rempah-rempah pada sajian ikan bungkus ini sangat kaya akan rempah. jadi biasanya ikan bungkus yang sudah dibumbui, dan dibungkus daun alas ini akan dipanggang diapi yang kecil sehingga ikan bungkus ini akan matang dengan sempurna.

3. Sagu Lempeng

Sagu Lempeng
detik.com

Kue yang satu ini memang memiliki bentuk yang terlihat sederhana, namun camilan yang satu ini menjadi salah satu kuliner kesukaan Suku Asmat, dan camilan yang satu ini terbuat dari tepung sagu yang akan dibuat adonan lalu dimasukan kedalam cetakan besi. setelah matang dicetakan besi ini Sagu Lempeng akan menjadi gepeng, dan berwarna kecokelatan. Untuk rasa tidak perlu ditanya Sagu Lempeng ini sangat gurih, dan rasanya ada manis sedikit. biasanya orang Papua akan memakan Sagu Lempeng ini dengan cara dicelup dengan kopi yang panas sehingga membuat Sagu Lempeng ini tekturnya tidak keras, dan Sagu Lempeng ini memang menjadi salah satu makanan tradisional yang sangat populer di Papua. Makanya tak heran jika Sagu Lempeng ini sangat mudah ditemukan di Papua, dan menjadi salah satu camilan kesukaan suku Asmat yang wajib banget kalian coba.

4. Aunu Senebre

Aunu Senebre
lifestyle.okezone.com

Makanan khas Suku Asmat yang satu ini memang masih asing ditelinga, dan pastinya kalian belum tau bukan Aunu Senebre ini makanan sejenis apa? Nah jadi Aunu Senebre ini adalah teri putih yang dimakan bersama papeda, dan Aunu Senebre ini menjadi salah satu hidangan kesukaan Suku Asmat saat pagi, siang, ataupun malam hari. Jadi untuk kamu yang penasaran dengan rasa Aunu Senebre yang terdiri dari ikan teri, dan papeda yang lembut ini wajib banget cobain Aunu Senebre. Namun Aunu Senebre ini masih susah ditemukan dibeberapa daerah di Papua, dan kalian hanya bisa menemukan Aunu Senebre ini diarea Suku Asmat tinggal dibagian Pedalaman ataupun Pesisir Pantai. Dengan memakan Aunu Senebre ini tentunya kalian lebih tau banyak tentang budaya, dan suku Asmat lebih banyak. Karena hanya suku Asmat yang bisa mengolah Aunu Senebre dengan benar, dan enak.

5. Papeda

Papeda
wikipedia.com

Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas makanan khas Suku Asmat yang satu ini, dan seperti yang kalian tau Papeda memang menjadi salah satu sajian yang sangat populer di Indonesia menjadi salah satu makanan khas Papua. Jadi Papeda ini memiliki rasa yang tawar, dan biasanya Papeda akan dimakan menggunakan ikan bakar atau beraneka lauk. Jadi seakan-akan Papeda yang lembut ini menjadi pengganti nasi bagi Suku Asmat, dan orang Papua. Namun yang harus kalian tau untuk memakan Papeda ini tidak menggunakan garpu ataupun sendok. Jadi biasanya akan menggunakan alat yang bernama Gata-gata, dan dari gata-gata memang sekilas mirip dengan sumpit namun ukurannya memang lebih besar dari sumpit. Untuk mengambil Papeda pun harusd di gulung-gulung agar menggumpal, dan setelah menggumpal Papeda bisa dimasukan dipiring lalu dimakan bersama lauk serta sayuran.

Itulah 5 Makanan Khas Suku Asmat yang unik, dan wajib kalian coba saat berkunjung ke Papua. Dengan mencoba beraneka hidangan khas Nusantara kalian akan tau banyak tentang beraneka hidangan unik dari seluruh penjuru Indonesia, dan salah satunya adalah hidangan khas Suku Asmat. Nah menurut kalian 5 Makanan Khas Suku Asmat yang ada diatas yang mana ingin kalian coba, dan menurut kalian unik? Atau kalian sudah pernah mencobanya juga bisa jelaskan bagaimana rasanya, dan kalian bisa jawab dikolom komentar yang ada dibawah ya! Semoga info ini bermanfaat untuk kalian pencinta kuliner nusantara. Selamat mencoba!



Leave a Reply