9 Oleh-oleh Khas Papua Makanan dan Souvenir + Toko Rekomendasi


Dila  May 11, 2018  0 Comment

Papua tersimpan tidak sedikit objek wisata yang dikenal sebagai tempat paling eksotis untuk dikunjungi. Keindahan alamnya tidak diragukan lagi sangat menarik minta wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung kesini. Raja Ampat adalah salah satu ikon wisata Papua yang populer. Buday Papua yang sangat khas membuat wisatwan penasaran ingin segera memasukan Papua kedalam list destinasi selanjutnya. Bagi anda mempunyai planning ingin berlibur, berikut ini ada 9 Oleh-oleh khas Papua yang bisa anda bawa pulang. Ikuti ulasan ini higga akhir untuk mengetahui tempat paling rekomended dimana anda bisa membeli oleh-oleh seperti makanan, baju, souvenir, hiasan dinding, hingga tanaman obat.

1. Batik Papua

Batik Papua

pinterest.com

Kalian tidak menyangka bahwa Papua juga memproduksi batik dengan motif yang khas. Batik Papua menjadi salah satu oleh-oleh yang diburu oleh wisatawan. Motif batik ala Papua sangat identik dengan burung cendrawasih. Warna batik yang mencolok sangat memberikan kesan tersendiri yang terlihat penuh dengan kebahagian bagi siapa saja yang mengenakannya. Selain bermotif burung cendrawasih, ada juga motif yang mengusung budaya suku Asmat. Nuansa batik ini sangat khas dengan warna terakota dan tanah. Dimana tempat membeli batik Papua? Anda bisa datang ke Jl Sam Ratulangi kecamatan Klasuur sorong. Di tempat ini anda bisa menemukan desain batik lokal bergaya modern. Jenis kain batik disini juga bermacam-macam dari batik tulis hingga batik printing.

STMJ Bakso Bakar SS, Tempat Nongkrong Asyik Sambil Ngebakso Di Malang

Nikmati Beragam Menu Hemat Di Dimsum & Suki XL, Bener-Bener Xtra Lezat

Baca juga :  10 Tempat Makan Favorit di Maldive, lokasinya Asik

2. Noken

Noken

elsshope.com

Apakah anda tahu Noken? Ini adalah tas buatan asli Papua dan hanya bisa ditemukan disana. Tas Noken dibuat dengan cara dirajut dengan benang dan tidak membutuhkan waktu yang lama bagi pengrajin untuk menyelesaikannya. Cara mengenakan tas ini juga sangat unik yaitu dengan cara meletakan sandangannya di kepal. Sangat unik bukan? UNESCO sudah mengakui tas Noken selain oleh-oleh khas Papua, dan menjadi warisan dunia. Dari zaman dahulu orang asli Papua menggunkan Noken untuk membwa umbi-umbian, dan sekarang disulap menjadi oleh-oleh nan unik dan terlihat lebih modern. Untuk membeli tas Noken siapkan budget anda dimulai dari 100-500 ribu per item. Kunjungi gerai Lion Art, karena disana paling rekomended yang menjajal tas dengan varisi desain yang keren abis.

3. Sarang Semut

Sarang Semut

daftarprodukwalatra.com

Salah satu oleh-oleh khas Papua yang sangat kaya manfaatnya yaitu sarang semut. Tanaman ini berasal dari Wamena yang sudah diolah menjadi tanaman obat dengan segala khasiatnya seperti menyembuhkan segala penyakit kanker. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Papua untuk membeli sarang semut, karena kami akan merekomendasikan anda untuk mengunjungi situs sarangsemutpapua.web.id. Toko ini menjual sarang semut via online dan bisa dibeli dari seluruh wilayah di Indonesia. Harga sarang semut per 100 gram dibandrol dengan harga Rp 30,000. Selamat merasakan khasiat tanaman obat ini.

4. Ukiran Kayu

Ukiran Kayu

IndonesiaKaya.com

Khas Papua Papua memiliki hutan yang sangat luas dibandingkan dengan pulau Kalimantan. Oleh-oleh khas Papua yang juga sangat direkomendasikan yaitu ukiran dari kayu. Oleh-oleh khas Papua ini juga unik yang diukir diatas kayu atau kulit kayu. Jika anda ingin membeli ukiran
kulit kayu khas Papua, tidak lengakap jika anda tidak membeli sekalian topi bulu khas suku Asmat. Souvenir ini bisa anda pajang di rumah dan tentunya akan membuat rumah anda bernuansa curistic. Cari desain kayu yang unik dan kayunya juga berkualitas agar tidak mudah rusak dan lapuk. Harga pernak-perniki ini bisa mencapai jutaan rupiah. Anda bisa mengunjungi toko souvenir paling populer seperti Lio Art Papua yang berlokasi di jalanMerdeka Kota, Manokwari.

Baca juga :  20 Makanan Khas Sunda Terkenal Enak Banget dan Rekomended

5. Abon Gulung

Abon Gulung

travel.detik.com

Bisanya makanan Abon berbentuk kecil-kcil dan berserabut, namun berbeda dengan Abon oleh-oleh khas Papua satu ini menjadi isi roti gulung yang beraoma khas. Dilihat dari teksturnya roti ingin sangat lembut dan berisi potongan-potongan daging kecil-keci dengan tambahan daun bawang. Makanan ini paling rekomended anda bawa pulang karena selain rasanya yang enak, roti ini cukup tahan lama. Roti Gulung memang banyak dijual di toko kue yang ada di Manokowari. Namun ada satu toko bakery yang menjula Roti Gulung paling rekomended yaitu di Jalan Jendral Sudirman No 100 Manokwari. Rasanya juga bervarisi seperti rasa asin, coklat, dan pedas. Cukup membayar 125 ribu anda sudah bisa mendapatkan oleh-oleh Roti Abon Gulung yang berisi 10 buah.

6. Martabak Sagu

Martabak Sagu

KSMTour.com

Martabak sagu merupakan olahan dari sagu. Seperti yang kita ketahui bahwa sagu merupakan makanan pokok dari Papua. Jika anda ingin membeli ini, anda bisa pergi ke daerah Fakfak. Ada banyak sekali toko yang menjual martabak di kabupaten Fakfak. Olahan sagu oleh-oleh khas Papua bisa anda masukan kedalam list makanan khas Papua yang bisa anda bawa pulang. Jangan takut mencoba martabak sagu, karena rasanya yang manis dan sangat mengenyangkan.

7. Keripik Keladi

Keripik Keladi

rumah-astri.com

Ada berapa macam keripik yang sudah pernah anda makan? Anda tahu tanaman keladi? Hanya di Papua yang mengolah tanaman berdaun gatal ini menjadi olahan kripik yang renyah. Oleh-oleh khas Papua juga menyajikan kripik dengan bumbu yang khas. Kripik ini terbuat dari talas yang kita kenal dengan tumbuhan daun keladi. Tanaman ini banyak ditemuakn di daerah pedesaan. Jika anda ingin mencoba olahan kripik talas, datang langsung ke tokonya yang beralamat di jalan Bangau II NO. 42 Sorong. Jika anda sedang berkunjung ke Jayapura, anda juga bisa membeli kripik Keladi di toko Sayo Ci gombong Vim. Abepura Jayapura.

Baca juga :  10 Bakso Enak di Batu, Kuliner yang Bikin Ngiler!

8. Mutiara

Mutiara

citraindonesia.com

Mutiara adalah oleh-oleh khas Papua yang paling laris. Papua salah satu wilayah Indonesia yang menghasilkan banyak Mutiara bahkan sudah menjadi produk unggulan atau matapencaharian penduduk. Selain itu Mutiara ini banyak diimpor ke Jepang, Australia dan Singapura. Mutiara terbaik dihasilkan di Laut Selatan Raja Ampat diakui dunia paling berkualitas. Selain snorkling di Raja Empat, anda juga bisa melihat budidaya Mutiara disini. Setiap 6 bulan sekali mutiara yang berhasil dipanen di Raja Ampat sebanyak 150 ribu butir. Bagi anda yang ingin membeli Mutiara, datang langsung ke Raja Ampat, karena disana merupakan pusat produksi Mutiara. Harga Mutiaara berkisar 40-500 ribu rupiah sesuai dengan ukuran dan kualitasnya.

9. Alat Musik Tifa

Alat Musik Tifa

alatmusikindonesia.com

Tifa juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Papua yang berbentuk alat musik. Alat musik Tifa Papua terbuat dari kulit untuk bagian atasnya. Sedangkan bagian bawahnya terbuat dari kayu yang diukir. Bentuknya sangat unik dan bervariasi misalnya satu set alat musik tifa ada ukuran besar, medium, dan kecil. Nah anda bisa membeli satu seti alat musik tifa yang bisa dipajang di lemari kesayangan atau bisa digantung. Datang saja ke pasar Hamadi Jayapura untuk membeli oleh-oleh satu ini. Disana anda juga bisa membeli souvenir lainnya dimulai dari tarif murah hingga mahal.



Leave a Reply