7 Jenis Martabak Dari Berbagai Negara Bikin Lidah Bahagia


sisil angelin  January 20, 2022  0 Comment

Martabak tidak hanya di Indonesia setidaknya ada 7 jenis martabak dari berbagai negara. Jika membahas kuliner dari mancanegara memang tidak ada habis-habisnya bikin siapa aja tertarik untuk mencobanya, dan salah satu kuliner yang banyak disukai banyak orang adalah martabak yang menjadi salah satu kuliner timur tengah. Tapi kalian kepikiran gak sih bagaimana martabak diberbagai mancanegara? Tentunya disetiap daerah memiliki keunikan tersendiri untuk mengolah martabak entah bahan, rasa, bentuk, dan cara pengolahannya memang membuat siapa saja penasaran. Nah untuk kalian yang penasaran apa saja perbedaan martabak dari mancanegara, Langsung aja yuk simak artikel GoTravelly kali ini yang bakalan bahas beraneka macam martabak dari mancanegara yang unik, lezat, beragam, dan pastinya wajib kalian cicipi saat berada di negara tersebut. berikut martabak dari berbagai negara!

1. Mutabbaq – Yaman dan Israel

Mutabbaq
idntimes.com

Jika membahas martabak tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas martabak dari Yaman ini. Karena martabak ini memang memiliki rasa yang super enak, dan bikin siapa saja ketagihan saat memakannya. Jadi Mutabbaq ini sangat berbeda dengan martabak yang ada di Indonesia yang menggunakan beberapa bahan yaitu daging cincang (kambing, sapi, ayam), telur, daun bawang yan melimpah, dan semua bahan tersebut akan dimasukan kedalam adonan yang sudah diolah sempurna, agar saat isian dimasukan semua isian pada pada maratak asin ini tidak keluar. Tentunya sangat bebeda jauh dengan Mutabbaq yang tidak diberi isian, dan saat matang adonan mutabbaq ini akan dimakan dengan gula halus, kacang, atau saus kari yang super pedas. sehingga saat kalian makan kalian akan merasakan sensasi rasa yang sempurna saat masuk kedalam mulut entah manis, pedas, ataupun gurih bisa membuat siapa aja ketagihan dengan tekstur mutabbaq yang gurih.

Gotravelly

Martabak Telur Tegal Enaknya Ugal Ugalan

Menyantap Gurihnya Bubur Roomo Salah Satu Kuliner Khas Gresik

2. Apam Balik – Malaysia

 Apam Balik
happyfresh.my

Malaysia memang menjadi salah satu negara yang terkenal sekali dengan kulinernya yang beragam, dan sedap! Makanya tak heran jika banyak sekali wisatawan di Asia akan menghabiskan waktu berlibur ke Malaysia. Karena disini kalian akan dimanjakan dengan kulinernya yang autentik, dan salah satunya adalah Apam Balik. Jadi apam balik ini memiliki rasa yang manis, dan uniknya apam balik atau yang kita kenal di Indonesia sebagai martabak manis ini diberi krim jagung yang akan memberikan citarasa gurih saat digigit lalu meleleh pada bagian tengah. Untuk menemukan apam balik ini kalian bisa dikawasan street food yang biasanya menjual apam balik dengan harga beragam.

3. Uttapam – India

Uttapam
cookandrecipe.com

Untuk kuliner memang India menjadi daya tarik wisatawan diberbagai negara selain unik, dan rasanya berbeda memang India ini yang paling terkenal adalah beraneka hidangan street foodnya. Salah satu hidangan street food yang populer dibeberapa negara adalah Uttapam yang merupakan martabak khas India. Untuk rasa dari Uttapam sendiri hampir sama dengan bika ambon asal Indonesia, namun uniknya Uttapam ini akan diolesi dengan saus yang pedas, dan hal inilah yang membuat Uttapam berbeda dengan martabak manis ataupun bika ambon asal Indonesia. Namun Uttapam ini menjadi salah satu kuliner kesukaan warga India, dan wisatawan yang berkunjung ke India juga penasaran loh dengan rasa Uttapam ini.

4. Kanom Kork – Thailand

 Kanom Kork
zestysouthindiankitchen.com

Martabak yang akan kita bahas diurutan keempat ini berasal dari Thailand, dan Kanom Kork ini sekilas mirip dengan martabak manis yang ada di Indonesia. karena Kanom Kork ini terdiri dari tepung beras, santan, dan saat matang Kanom Kork ini akan diberi beraneka isian. Untuk menemukan jajanan Kanom Kork ini kalian bisa mampir ke area street food yang ada dibeberapa kota yang ada di Thailand biasanya akan menjual Kanom Kork ini dengan harga yang beragam, dan isian yang beragam.

5. Hotteok – Korea Selatan

Hotteok
detikfood.com

Korea Selatan memang tidak pernah ada habisnya menawarkan beraneka jajanan yang lezat, dan unik. Salah satunya adalah Hatteok yang mirip sekali dengan rasa martabak manis, karena Hatteok ini memiliki isian cokelat, kacang merah, keju, dan masih banyak lagi. Namun Hatteok ini memikiki ukuran yang kecil. Namun meskipun ukurannya kecil Hatteok ini menjadi salah satu jajanan kesukaan orang Korea loh guys! Makanya tak heran jika banyak sekali penjual pinggir jalan yang menjual Hatteok dengan rasa yang beragam, dan harga yang murah. nah untuk kalian yang penasaran langsung aja yuk ke Korea Selatan, dan cobain kuliner khas Korea berupa Hatteok ini.

6. Chiang Kueh – Singapore

Chiang Kueh
monoandco.com

Chiang Kueh ini merupakan martabak manis asal Singapore yang hampir mirip dengan rasa martabak manis asal Indonesia. Karena Chiang Kueh ini diisi dengan beraneka topping, dan dilipat setengah lingkaran selanjutnya Chiang Kueh ini akan dipotong sehingga mudah untuk dimakan. Untuk rasa Chiang Kueh ini memang tidak perlu diragukan lagi Chiang Kueh ini selalu diburu wisatawan saat berkunjung ke Singapore. Jadi untuk kalian yang penasaran bisa mencari Chiang Kueh ini kekawasan Street Food yang ada di Singapore ya guys! Karena rasa dari Chiang Kueh ini memang bikin nagih, manis, dan super cruchy.

7. Mhadjeb – Afrika Utara

Mhadjeb
weheartit.com

Dari fotonya saja kalian bisa bayangin betapa gurihnya martabak asal Afrika utara ini bukan? sudah pasti gurih, dan ukuranya yang tipis ini memang membuat siapa saja memakannya akan merasakan Mhadjeb yang super garing! Jadi Mhadjeb ini merupakan roti pipih yang akan diisi dengan semolina atau gandum. selain diisi gandung biasanya mhadjeb ini akan diberi isian bawang bombay, saus tomat, dan akan dimasak sehingga saat masak biasanya mhadjeb ini akan dimakan dengan madu ataupun minyak zaitun sehingga rasa dari Mhadjeb ini akan sempurna saat dimakan ada manis, dan gurihnya! Makanya tak heran jika martabak asal afrika utara ini menjadi buruan wisatawan saat berkunjung ke Afrika Utara, dan Mhadjeb juga menjadi hidangan makan pagi kesukaan masyarakat Afrika Utara.

Itulah beberapa macam martabak dari berbagai negara yag populer, unik, dan pastinya memiliki rasa lezat. Gimana menurut kalian martabak dari mancanegara yang kita bahas diatas itu menarik untuk dicoba apa tidak? Jika tertarik kalian bisa jelaskan dikolom komentar, dan untuk kalian yang sudah pernah mencoba martabak dari mancanegara yang ada diatas juga bisa banget nih jelasin gimana rasanya martabak dari daerah tersebut. Semoga info kuliner ini menambah wawasan kalian tentang kuliner dari beberapa daerah, dengan mencoba beraneka hidangan dari berbagai negara tentunya akan membuat liburan kalian kali ini berkesan saat berkunjung dinegara tersebut, dan selamat mencoba!



Leave a Reply